Habitat Morfologi dan Klasifikasi Ikan Kakap Putih (Lates Calcalifer)

Posted on

Ikan Kakap Putih – Ikan kakap mempunyai banyak nama baik di Indonesia maupun di luar negeri. Misalnya di Jawa Tengah dan di Jawa Timur, orang-orang menyebutnya pelak, petehan, tetahan, cabik dan cebeh. Di Madura kadang disebut dengan dubit, tekong, cakong atau cateh, di Sulawesi Selatan dikenal sebagai dengan nama talungsar, pica-pica, ganja atau kaca-kaca dan diluar negeri umumnya dosebut dengan sebutan giant seaperch, akan tetapi bila di Asia Tenggara ikan kakap lebih dikenal dengan nama seabass, dan untuk dinegara lain disebut dengan sebutan  white seabass, silver seaperch, giant perch, palmer, coo-up, two finned seabass dan lain-lainnya.

Ikan kakap putih dalam komoditas perdagangan hasil laut untuk masyarakat internasional dikenal dengan nama Giant Seaperch. Ikan kakap di Negara Eropa populer dengan nama Seabass, dan di Negara Australia populer dengan nama Barramundi.

Ikan kakap putih (Lates calcalifer) bila di dalam air akan kelihatan cokelat tua atau kehitaman, akan tetapi bila diamati secara cermat dan akan kelihatan ada warna putih atau keperakan yang dominan pada tubuh kakap putih, terutama pada bagian diperut.

Klasifikasi Ikan Kakap Putih

Adapun klasifikasi ikan kakap putih adalah sebagai berikut :

Kingdom: Animalia
Fillum: Chordata
Sub Fillum : Vertebrata
Genus: Lates
Kelas: Pisces
Sub Kelas: Teleostomi
Ordo: Percomorphi
Famili: Centropomidae
Species: Lates calcarifer

Morfologi Ikan Kakap Putih

  • Badan memajang , gepeng, batang sirip ekor lebar, kepala lancip dengan bagian atas cekung cembung didepan sirip punggung
  • Mulut lebar, gigi halus dan bagian bawah preoporculum berduri kuat
  • Operculum mempunyai duri kecil, cuping bergerigi diatas pangkal gurat sisi
  • Sirip punggung memiliki jari- jari keras yaitu antara 7 – 9 dan jari jari lemah antara 10 – 11
  • Sirip dada pendek dan membulat
  • Sirip punggung dan sirip dubur mempunyai lapisan bersisik
  • Sirip dubur bullat dan berjari-jari keras
  • Sirip ekor bulat
  • Sisik bertype sisir besar
  • Tubuh berwarna dua tingkatan yaitu kecoklatan dengan bagian sisik dan perut berwarna keperakan untuk ikan kakap putih yang hidup diperairan laut dan berwarna coklat keemasan pada ikan kakap putih yang hidup diperairan tawar
  • Ikan dewasa berwarna kehijauan atau keabu – abuan pada bagian atas dan keperakan pada bagian bawah

Habitat Ikan Kakap Putih

Ikan Kakap putih hidup diperairan tawar selama kurang lebih 2-3 tahun seperti sungai dan danau yang berhubungan langsung dengan laut. Ikan kakap putih dewasa yang berumur 3 – 4 tahun biasanya beruaya kemuara sungai, danau atau laguna yang mempunyai salinitas 30 – 32ppt untuk pematangan kelamin kemudian memijah secara alami. Pemijahan biasanya terjadi pada akhir musim panas dan awal musim hujan.

Pemijahan pada musim penghujan terjadi karena salinitas dan suhu merupakan salah satu factor yang penting karena dapat mempengaruhi siklus pemijahan ikan kakap putih. Bila musim hujan terlambat kemungkinan musim pemijahan ikan kakap putih juga terlambat. Biasanya ikan kakap putih memijah pada saat permulaan bulan gelap atau bulan penuh mulai pukul 18.00 – 20.00 malam bersamaan dengan datangnya air pasang.

Baca juga artikel tentang :

Habitat Morfologi dan Klasifikasi Ikan Kakap Putih (Lates Calcalifer)
5 (100%) 1 vote