Harga dan Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Dunia Terlengkap Beserta Gambarnya

Posted on

Ikan Mas Koki – Siapa sih yang tidak tahu dengan ikan yang satu ini? Ya karena bentuk tubuhnya yang unik dan cara berenang nya yang menggemaskan menjadikan ikan mas koki menjadi sangat popoler dikalangan masyrakat.

Betapa tidak, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun sangat menyukai ikan yang satu ini itu semua karena ikan mas koki mempunyai bentuk tubuh yang bulat serta memiliki warna yang indah dan cara berenang nya yang menggemaskan mejadikan ikan ini sangat populer.

Tapi apa kalian tahu jenis jenis ikan mas koki ini dan berapa kisaran harganya jika kalian ingin membeli ikan ini? Ya jadi bingung juga jika kalian tidak tau jenis dan kisaran harganya.

Jenis jenis Ikan Mas Koki

  • Ikan Mas Koki Fantailikan mas koki faintail

Ikan Mas Koki Fantail tersedia dalam tiga jenis warna : silver, oranye kemerahan, dan putih. Mereka adalah ikan mas berbentuk bulat seperti telur. Tubuhnya pendek dan gemuk, dan kepalanya sangat lebar.

Jangka waktu ikan mas jenis ini hidup rata-rata adalah 10 – 15 tahun, ikan dapat hidup lebih dari 15 tahun atau lebih asalkan akuarium atau kolam ikan mas terawat secara baik.

Dalam versi Jepang dari Fantail, Ryukin Goldfish memiliki punggung yang sangat melengkung dan sirip ekor yang lebih lebar daripada ikan mas koki Fantail .

Baik ikan mas koki Fantail dan ikan mas koki Ryukin umumnya akan mencapai panjang tubuh sekitar 6 inci (15 cm), meskipun beberapa hobbyist melaporkan Fantails mereka mencapai panjang tubuh 10-12 (25-30 cm).

Ikan ini dibesarkan untuk dipamerkan, dan keindahan ikan ini adalah sirip ekor split yang berukuran sedang dan sedikit bercabang.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Fantail adalah: Rp. 30.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Black Moorikan mas koki black moor

Ikan Mas Black Moor berbentuk bulat dengan tubuh pendek dan gemuk dan mata besar menonjol dari kedua sisi kepalanya.

Ikan Mas Black Moor adalah salah satu spesies ikan mas yang lebih sensitif. Mereka sangat tidak tahan terhadap kualitas dan suhu air yang berubah secara dratis.

Ikan Mas Black Moor umumnya akan mencapai sekitar 4 inci (10 cm), meskipun beberapa penggemar melaporkan Black Moor mereka tumbuh dengan kekalahan 10 “(25 cm).

Rata-rata umur ikan mas koki ini adalah 10 – 15 tahun.

Kiasaran Harga Ikan Mas Black Moor adalah: Rp. 25.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Bubble Eyeikan mas koki bubble eye

Ikan Mas Koki Buble Eye adalah sejenis ikan mas berbentuk bulat. Ikan ini memiliki ekor ganda, dan bentuk dan ukuran tubuhnya sangat mirip dengan Goldfish Celestial, yang juga sedikit lebih ramping daripada ikan mas koki lainnya.

Ikan mas ini memiliki berbagai warna yang meliputi merah, biru, coklat, dan hitam dan putih. Mereka umumnya akan mencapai panjang tubuh sekitar 5 inci (13 cm), meskipun beberapa penggemar melaporkan Bubble Eye mereka tumbuh jauh lebih besar.

Kantong tata berisi cairan, mulai berkembang seperti gelembung di bawah matanya pada usia 6-9 bulan. Pada saat mereka berusia 2 tahun, gelembung tersebut akan sangat besar.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Bubble Eye adalah: Rp. 40.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Wakinikan mas koki wakin

Ikan mas koki wakin adalah jenis ikan mas koki yang populer di Jepang. ikan mas jenis ini sudah dianggap sangant umum di Asia Timur.

Ikan mas Wakin menyerupai ikan mas komet dengan tubuh memanjang namun memiliki sirip ekor ekor ganda seperti ikan mas fantail, hanya lebih pendek.

Hanya ikan mas wakin yang memiliki tubuh memanjang dan sirip dubur ganda dan sirip ekor.

Warna yang paling umum dari ikan mas wakin adalah merah dan putih yang beraneka ragam. Warna lain termasuk logam atau beraneka ragam: jingga, kuning, coklat dan hitam.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Buble Eye adalah: Rp. 45.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Lionheadikan mas koki

Ikan Mas Koki Lionhead adalah sejenis ikan mas berbentuk bulat. Tubuhnya pendek dan gemuk, dan mereka memiliki sirip ekor ganda (ekor) dan sirip dubur ganda. Lionhead Goldfish umumnya akan mencapai sekitar 5 inci (13 cm), meskipun beberapa penggemar melaporkan Lionheads mereka mencapai lebih dari 10 “(25 cm).

Ciri mereka yang paling khas adalah pada bagian kepala, yang kecuali mata, mulut dan lubang hidungnya bisa benar-benar tertutupi oleh pertumbuhan daging. Ikan ini kebanyakan memiliki sirip pendek, tapi ada beberapa juga bersirip panjang yang agak langka.

Varietas warna yang tersedia meliputi jenis silver, merah, oranye, coklat, biru, dan hitam.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Buble Eye adalah: Rp. 50.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Orandaikan mas koki oranda

Ikan Mas Koki Oranda adalah salah satu jenis ikan mas yang paling populer, dan menjadikan oranda sebagai salah satu jenis ikan mas koki yang paling banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias. Ikan ini ridak dapat hidup dengan baik di perairan dengan suhu kurang dari 65ᵒ.

Cara terbaik untuk memeliharanya adalah dengan menempatkannya di aquarium yang berada didalam ruangan dan diberi beberapa tanaman air ataupun hiasan untuk aquarium. Karena bentuk tubuhnya, ikan mas oranda bergerak lambat dan harus diberi makanan yang seimbang agar tidak oranda tidak terkena penyakit kembung.

Memelihara ikan mas oranda merupakan tantangan bagi peternak ikan mas koki. Sangat sulit untuk menentukan jenis kelamin ikan ini, biasanya jantan lebih kecil dan lebih ramping daripada betina. Jika peternak berhasil mengawinkan dua ikan mas oranda, sangat jarang untuk mendapatkan benih yang berkualitas tinggi.

Ikan mas oranda berkualitas tinggi akan memiliki tubuh dalam yang pendek, sekitar dua pertiga panjang tubuhnya. Sirip dorsal harus tinggi di tubuhnya seperti ikan mas ryukin. Semua sirip lainnya harus sama rata. Sirip ekornya harus terlihat anggun seperti ikan mas liltail dan memiliki sedikit garis miring.

Ikan mas oranda mudah dikenali karena dagingnya yang lembut seperti tudung tumbuh menutupi kepalanya. Warna ikan mas oranda sangat beragam seperti: hitam, biru, coklat, merah dan perak.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Oranda adalah: Rp. 50.000/ekor

 

  • Ikan Mas Koki Ranchuikan mas koki ranchu

Ikan mas koki ranchu adalah ikan yang bertubuh besar tetapi tidak memiliki sirip punggung dan memiliki penutup tudung atau daing yang tumbuh dikepala seperti oranda.

Bagian belakang ranchu harus memiliki lengkungan ke atas yang menonjol dimana melengkung tajam ke bawah pada sirip ekor dan ekor. Kekurangan pada ikan mas koki ranchu adalah tidak adanya sirip punggung. Tutup tudung ranchu biasanya lebih besar dari oranda.

Kiasaran Harga Ikan Mas Koki Oranda adalah: Rp. 30.000/ekor

Demikian sedikit pembahasan mengenai Harga dan Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Dunia Terlengkap Beserta Gambarnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga artikel tentang:

Harga dan Jenis Ikan Mas Koki Termahal di Dunia Terlengkap Beserta Gambarnya
5 (100%) 3 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *