Harga dan Jenis Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal

Posted on

jenis jenis ikan cupangJenis Ikan Cupang – Ikan Cupang atau ikan laga telah banyak dibudidayakan dalam aneka variasi, kira-kira ada sekitar 13 warna yang berbeda dengan berbagai ragam keindahannya. Seekor cupang jantan dapat dengan mudah dikenali melalui siripnya yang tidak pendek dan mengalir. Sedangkan untuk ikan cupang betina, memiliki ukuran ekor yang lebih kecil daripada jantan. Air hangat adalah air yang bagus untuk hidup cupang, mengingat cupang merupakan ikan tropis.

Cupang bisa mati jika suhu diruangan tempat mereka disimpan rendah, Supaya bisa hidup dengan baik, sebaiknya ditempatkan dalam air dgn volume kira-kira tiga galon serta suhu air dalam kisaran 80-85 F dengan PH 7. Cupang jantan memiliki karakter ingin menguasai wilayah, artinya dia tidak ingin melihat yang lain mendekati wilayahnya, oleh lantaran itu sebaiknya cupang jantan jangan disimpan dalam satu  akuarium yang sama.

Lebih baik hanya 1  jantan dengan beberapa ekor cupang betina dalam 1 wadah. Pastikan untuk cupang betina diberikan tempat persembunyian yang baik didalam akuarium. Cupang jantan tidak cuma agresif terhadap cupang jantan lainnya, dia juga bakal mengejar cupang betina yang berada disekitarnya dan apabila tanpa tempat persembunyian yang cocok, maka cupang betina bisa menjadi stres. Hewan air ini cocok ditempatkan dengan ikan pedang serta anakan gurami yang tidak begitu besar.

Kamu dapat memberi makan cupang dengan pelet khusus, tetapi walau demikian perlu beberapa saat untuk cupang mampu mengenali makanannya. Kamu mesti menggantinya dengan jenis makanan lain seperti cacing sutra atau larva nyamuk. Bila kalian ingin membeli cupang, kalian harus memilih kondisi fisik cupang yang energik. Kalian bisa mengamatinya dari gerakan siripnya. Apabila siripnya lemah, biasanya cupang tersebut sakit atau stres.

Jangan membeli cupang yang berukuran besar biasanya cupang yang berukuran besar sudah berusia tua, beda dengan cupang giant yang pada dasarnya ukuran tubuhnya sudah besar. Perhatikan juga lebih dekat pada kulit dan siripnya, cupang sensitif terhadap parasit eksternal, dan tidak sedikit cupang yang menderita penyakit “white spot atau jamur”. Jika kalian ingin membeli cupang sebaiknya, belilah langsung dari peternak yang sudah terpercaya, sebab kalian bisa mendapatkan cupang dengan kualitas yang lebih bagus dan bisa dijadikan sebagai calon indukan yang cocok untuk pembibitan.

Asal Mula Ikan Cupang

Cupang adalah ikan yang hidup di rawa – rawa dan termasuk kedalam jenis ikan tropis. Paling tidak kecil dan pada umumnya ukuran tubuhnya hanya mencapai 5 cm. Asal mula ikan cupang ada dua  jenis ikan cupang yaitu Cupang hias dan cupang adu. Cupang hias, jenis nya bermacam-macam sesuai dengan bentuk tubuhnya. Misalnya cupang hias jenis serit. Cirinya siripnya bergerigi dan menjuntai panjang mirip sebuah sisir.

Cupang ini berasal dari perairan Indonesia. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah, bila kualitas ekspor. Dan yang mirip burung merak, adalah cupang halfmoon, atau setengah bulan. Sirip nya bisa mengembang sampai setengah lingkaran. Cupang plakat bentuknya hampir sama dengan tipe petarung.

Namun bila dirinya terusik, tipe plakat ini bakal mengembangkan siripnya sampai tegak dan membentuk setengah lingkaran yang sempurna. Karena hal tersebut lah ikan cupang plakat dapat dibedakan dengan ikan cupang tipe petarung.Ikan Cupang Halfmoon merupakan cupang asal Thailand. Dalam Kurun waktu 10 tahun ke belakang ini, ikan ini mulai merambah kepasar Indonesia. Harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Biasanya ikan jenis ini sering dijadikan sebagai cupang kontes .

Ikan cupang sangat banyak di gemari oleh semua kalangan masyrakat seperti anak-anak, remaja, maupun orang tua. Tapi begitu indahnya Ikan cupang memiliki berbagai ragam warna dan jenis yang penuh pesona. Selain mudah untuk dibudidayakan, jenis ikan yang hidup di rawa ini, juga mempunyai kesempatan bisnis yang lumayan bagus. Orang lain tidak akan menyangka kalau ikan sekecil cupang ada yang dihargai sampai jutaan rupiah.

Karena sangking kuatnya gigitan dari cupang bagan ini sehingga sirip lawan nya terbetot lalu putus dan terlepas dari tubuh lawannya. Pukulan telak pada insang luar disusul dengan gigitan yang kuat sehingga mampu merobek sirip bawah, sekaligus mengakhiri pertempuran sengit 2 ekor ikan cupang bagan yang bertempur lebih dari 2  jam. Asal Mula Ikan Cupang Bagan adalah salah satu jenis ikan cupang tipe petarung, jenis ini yang paling banyak mendominasi di arena adu cupang.

Nama bagan sendiri diambil dari nama Kota Bagan Siapi Api di Sumatera Utara, karena memang cupang ini berasal dari sana. Tak semua cupang ganas dan suka bertempur. Seperti  jenis Halfmoon, anda bisa langsung terpesona ketika melihat ikan cupang jenis ini. Kemampuan sirip bisa mengembang sampai 180⁰ menjadikan nilai plus untuk cupang halfmoon.

JENIS-JENIS IKAN CUPANG BESERTA HARGANYA

  1. Ikan Cupang Halftmoon atau Ikan Cupang Bulan Setengahikan cupang halftmoon

Ikan cupang halfmoon dikenal sebagai salah satu jenis ikan cupang yang mempunyai sirip ekor yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan. Ikan cupang halfmoon merupakan ikan cupang hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner sekitar tahun 1980-an.

Kecantikan ikan cupang halfmoon tidak cuma terlihat pada bagian ekor dan siripnya saja, tapi juga terdapat hampir keseluruhan tubuh ikan. Selain itu, gerakan ikan cupang halfmoon ini juga terlihat anggun ketika dia bergerak. Ikan cupang halfmoon juga pernak dikawin silangkan dengan ikan cupang plakat, dan didapatkan hasil ikan cupang plakat halfmoon. Ikan cupang plakat halfmoon memeiliki ukuran sirip ekor yang lebih pendek bila dibandingkan dengan ikan cupang halfmoon.

Setelah berkembang di Amerika Serikat, ikan cupang halfmoon juga mulai dikembangkan di Perancis. Sebab ikan ini telah mulai populer di kalangan pecinta ikan hias, ikan cupang halfmoon mulai diikutsertakan dalam satu kontes cupang internasional, yakni IBC. Tetapi, dalam kontes tersebut, IBC masih belum mau mengakui akan kehadiran ikan cupang halfmoon ini walaupun ikan cupang ini memiliki banyak keistemawaan dan juri-juri IBC belum mau memberikan kemenangan pada ikan ini.

Penilaian IBC pada itu sangat berbeda dengan penilaian para hadirin yang hadir pada saat itu mengenai ikan cupang ini. Sejak diikutsertakan dalam kontes IBC di Alabama, ikan cupang halfmoon mulai terkenal. Perihal ini diperlihatkan dengan semakin menyebarnya ikan cupang halfmoon di wilayah Eropa lainnya, seperti Swiss.

Karena pada saat itu ikan cupang halftmoon masih dianggap remeh di dalam kontes IBC, breeder-breeder dari Amerika Serikat, Swiss, dan Perancis mulai membentuk organisasi baru yang dinamakan International Betta Splendens Club dengan tujuan untuk mewadahi kontes ikan cupang halfmoon dari berbagai belahan dunia. Dari organisasi tersebut menjadikan ikan cupang halfmoon dikenal di semua belahan benua, termasuk di Asia Tenggara.

Kisaran Harga Ikan Cupang Halftmoon ini adalah: Rp 5.000,00 –  Rp 300.000,00

  1. Ikan Cupang Serit atau Ikan Cupang Crown Tailikan cupang serit

Ikan cupang serit dikenal sebagai jenis ikan cupang yang berasal dari Indonesia. Jenis ikan cupang ini dikenal sebagai hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia. Jenis cupang ini mempunyai sirip yang khas seperti sisir,atau bahkan terlihat seperti layar yang sobek. Ada 2 jenis cupang serit yang lebih dulu popular seperti, serit double, atau serit ganda.

Siapa penemu ikan cupang serit ini, masih belum pasti siapa penemunya, menurut peternak cupang di Slipi, Jakarta barat, menganggap Achmad Yusuf sebagai penemu jenis Crowntail. Crowntail lahir pada tahun 1998 dan mulai terkenal pada tahun 2000.

Pada awal lahirnya jenis ini tidak sedikit pihak yang menganggap jenis ini sebagai “Produk Gagal”. Jenis cupang ini pun menjadi “warga kelas dua” dalam setiap kontes cupang. Bayangan munculnya serit dua di awal penangkaran tidak terfikir. Namun, pada tahun 1997 setelah 3 kali penyilangan dari 5 – 10 indukan yang didapat sekitar 10% cupang serit 2. Saat tersebut seluruh serit 2 berwarna hijau. Pada tahun berikutnya, yakni tahun 1999, beberapa peternak lain sukses pula mengembangkan serit 2 itu.

Sejarah Ikan Cupang Crown Tail (Serit) Diantaranya menjadi tipe balok, tipe balon, serit 4 (double ray) dan serit 8. Tipe balok berarti jenis serit yang bertulang serit kasar. Sedangkan tipe balon memiliki selaput diantara tulang serit yang melebar. Berkembangnya era baru pada ikan cupang membuat tidak sedikit pihak mengaggumi jenis ini dan berlomba-lomba untuk memperbanyak cupang serit…akhirnya keberadaan cupang serit diakui oleh International Betta Congress (IBC).

Kisaran Harga Ikan Cupang Serit ini adalah: Rp 5.000,00 –  Rp 300.000,00

  1. Ikan Cupang Plakat atau Plakat Halftmoonikan cupang plakat

Dalam sejarahnya, ikan cupang Plakat dikawinkan dengan ikan cupang Halfmoon. Hasil perkawinan tersebut menghasilkan ikan cupang Plakat yang memiliki bentuk ekor seperti Halfmoon, namun ekornya mempunyai ukuran yang tidak panjang daripada ikan cupang Halfmoon. Lalu ikan cupang jenis ini dinamakan ikan cupang Plakat Halfmoon.

Ada juga ikan cupang Plakat yang sengaja dikembangkan dengan tujuan supaya ikan cupang memiliki tubuh yang menarik dan besar. Maka lahirlah ikan cupang Plakat yang memiliki ukuran jauh lebih besar bila dibandingkan dengan ikan cupang Plakat lainnya dan tetap memiliki ciri khas ikan cupang Plakat. Ikan cupang Plakat ini dinamakan sebagai ikan cupang Plakat Giant. Pertama kali, ikan ini diperkenalkan pada suatu acara pameran yaitu Jakarta International Betta Show 2007 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Ikan cupang Plakat merupakan jenis ikan cupang hias yang mempunyai ekor tidak panjang dan biasa di sebut ikan cupang ekor pendek. Nama “Plakat” sendiri berasal dari bahasa Thailand, yaitu “Plakad” yang memiliki makna ikan aduan. Di Thailand sendiri, istilah Plakat digunakan untuk mengucapkan ikan cupang aduan ekor pendek. Ikan ini mempunyai penampilan yang menarik, sehingga tidak sulit diterima oleh pecinta-pecinta ikan cupang di semua dunia, termasuk di Indonesia.

Ikan cupang Plakat pertama kali datang di Indonesia pada tahun 2000-an. Sebelumnya, ikan cupang yang datang di Indonesia didominasi oleh ikan cupang Serit dan Halfmoon. Ikan cupang Plakat ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Joty Atmadjaja, Hermanus & Henry Gunawan. Ikan ini diperkenalkan di Indonesia dengan tujuan untuk melawan boomingnya ikan Louhan pada saat itu. Semenjak tersebut, ikan ini semakin dikenal dan mulai diminati oleh tidak sedikit orang karena tampilannya yang jauh lebih menarik dan indah.

Kisaran Harga Ikan Cupang Plakat ini adalah: Rp 5.000,00 –  Rp 300.000,00

  1. Ikan Cupang Double Tail atau Ikan Cupang Ekor Gandaikan cupang double tail

Ikan Cupang Double Tail atau Ekor Ganda adalah ikan cupang yang cukup unik bila kita melihat ekornya. Ikan cupang jenis ini mempunyai bentuk ekor yang terbelah menjadi 2 pada bagian ekor belakangnya. Ikan cupang ini juga di sebut sebagai ikan cupang Cagak. Setiap sirip ekor (belahan) tersebut mempunyai persamaan ukuran yang sama besar dan sama lebar. Diduga, cupang cagak adalah mutasi dari halfmoon yang mempunyai 1  sirip ekor (single tail).

Selain keanehan tersebut, ikan cupang jenis ini mempunyai pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama rata. Cupang cagak yang baik tak mempunyai celah atau jarak di antara ketiga siripnya (anal, kaudal, dan dorsal). Ketika pada saat mengembang sempurna, keseluruhan sirip itu akan membentuk 1  kesatuan berupa lingkaran utuh yang simetris. Dikarenakan Pengembangan cupang cagak ini masih relatif jarang ditemukan, didalam suatu kontes ikan cupang jenis ini jarang sekali diikutsertakan.

Karena keterbatasan peserta Cupang cagak yang sempurna dihasilkan. Hal tersebut disebabkan karena rendahnya tingkat keberhasilan untuk menghasilkan cupang cagak yang berkualitas baik. Namun tampaknya sekarang selain ikan cupang jenis halfmoon dan crowntail ikan cupang jenis ini sudah mampu di jumpai di mall-mall maupun toko ikan yang menjual jenis ikan cupang Double tail.

Kisaran Harga Ikan Cupang Double Tail atau Ikan Cupang Ekor Ganda ini adalah: Rp 10.000,00 –  Rp 300.000,00

  1. Ikan Cupang Giant atau Ikan Cupang Raksasaikan cupang giant

Ikan cupang giant pertama kali dikembangbiakkan oleh Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee. Kedua breeder tersebut berasal dari Thailand dan merupakan pemiliki dari Diamond Fish Farm. Keduanya mulai mengembangbiakkan ikan cupang giant pada tahun 1999. Awalnya, breeder ini mempunyai ikan cupang plakat jantan dengan panjang 10 cm.

Ikan cupang plakat itu dengan ikan cupang yang mempunyai ukuran yang hampir sama dikawin silangkan. Kemudian breeder ini memiliki ide untuk dengan ikan cupang plakat yang dimilikinya. Tujuan perkawinan silang ikan cupang itu tak lain untuk mendapatkan ikan cupang yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari ikan cupang lainnya.

Untuk memperoleh hasil yang diinginkannya oleh keduanya, mereka terus mencoba untuk mengawin silangkan kedua ikan cupang tersebut. Usaha kedua breeder itu memperoleh hasil yang memuaskan. Ukuran dan bentuk ikan cupang yang dikehendakinya bisa tercapai. Lalu ikan cupang ini diberi nama ikan cupang giant betta. Pada tahun 2001, Uncle Sala mulai memasarkan ikan cupang giant ini. Setahun lalu, ikan cupang giant diikutsertakan dalam kontes internasional yang bernama IBC di Amerika Serikat. Pada saat itu, ikan cupang giant ini dibandrol dengan harga senilai $1000.

Pada awal kemunculannya, ikan cupang giant bisa mencapai ukuran 7,5 cm dengan membutuhkan waktu 8-9 bulan. Sekarang untuk mencapai ukuran yang sama, hanya diperlukan waktu sekitar lima bulan saja. Selain itu, warna dan sirip yang dimiliki ikan cupang giant juga saat ini semakin bervariasi, serta telah muncul jenis ikan cupang giant baru lainnya, seperti: ikan cupang giant halfmoon, giant crowntail, dan giant double tail.

Kisaran Harga Ikan Cupang Giant ini adalah: Rp 5.000,00 –  Rp 300.000,00

  1. Ikan Cupang Aduanikan cupang aduan

Pada Umumnya ikan cupang aduan memiliki ciri-ciri tubuh seperti tubuhnya full pressed body( ramping), bila diperhatikan secara seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, bersisik kecil dan tebal, memiliki dahi seperti ikan arwana.

Ring bibir tebal, jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak atau luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Ikan cupang model ini sering kali menjadi raja yang kejam ketika di medan laga sangat bertolak belakang dengan warna-warni tubuhnya yang indah. Mereka menghabisi musuh tanpa ampun, kadang di setiap petarungan mereka berakhir dengan kematian lawannya.

Kisaran Harga Ikan Cupang Aduan ini adalah: Rp 5.000,00 –  Rp 300.000,00

Bagaimana menarik dan indah-indah bukan ikan cupangnya? Nah kalau kalian sudah baca artikel ini setidak nya kalian tidak akan salah pilih ketika membeli ikan cupang.

Catatatan: harga ikan cupang yang sudah disebutkan diatas dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga artikel lainnya:

Harga dan Jenis Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal
5 (100%) 6 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *