Ikan Dori Adalah Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang

Posted on

ikan dori adalah

Semuaikan – Ikan Dori adalah salah satu character dari film “Finding Nemo”. Difilm tersebut ikan dori memiliki warna biru yang cerah, serta pada bagian sirip dada dan sirip ekor berwarna kuning cerah. Tapi sebenarnya ikan dori adalah Ikan Botana Biru atau Blue Tangs.

 

Ikan Botana Biru atau Blue Tangs

Ikan Botana Biru adalah ikan yang hidup dilingkungan laut dangkal, terumbu karang pesisir pantai dengan kedalaman berada pada 0-25 meter. Ini biasanya dijumpai di rataan terumbu dan sepanjang lereng ke laut atas. Ia hidup sendirian atau dalam kelompok besar yang mencari makan bersama-sama. Ukuran ikan botana biru bisa mencapai ukuran rata-rata 23 cm dan ukuran terbesar botana biru adalah 54 cm. Ikan Botana/Tangs yang pada umumnya memakan tumbuhan (Herbivora) seperti ganggang laut atau alga. Meskipun ada beberapa spesies botana yang menjadi pemakan daging (Karnivora).

 

Habitat Botana Biru

Ikan Botana Biru hidupnya yang bergerombol didaerah karang yang dangkal, Hidup pada kedalaman air 0 – 25 meter. Membutuhkan cahaya yang cukup. PH 8,1 – 8,4. Temperatur 25° – 27° C. ikan Ini biasanya dijumpai disekitaran terumbu karang dan sepanjang lereng ke laut atas. ikan ini tersebar sepanjang pantai daerah tropis indo-pasifik.

 

Baca juga artikel tentang:

Ikan Dori Adalah Ikan Botana Biru atau Powder Blue Tang
Rate this post