Ikan Hiu Megalodon Makhluk Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup

Posted on

Ikan Hiu Megalodon Ikan Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup

Ikan Hiu Megalodon – adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa yang pernah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu dan menjadi nenek moyang dari ikan hiu. Ikan hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar atau bahkan lebih besar dari seekor paus bungkuk dengan berat mencapai 80-100 ton. Nama megalodon sendiri memiliki arti “gigi yang besar“.

Para ilmuwan percaya bahwa ikan hiu megalodon adalah ikan predator yang sangat buas dan ganas. Namun banyak juga yang percaya bahwa ikan hiu Megalodon merupakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Anggapan tersebut berdasarkan keterangan para peneliti yang mengatakan Carcharodon Megalodon merupakan hiu tipe laut dalam. Dan kebanyakan makhluk laut dalam dapat bertahan hidup. contoh nyatanya ialah Frill shark yang masih hidup hingga saat ini meskipun pernah dinyatakan punah.

Ikan hiu megalodon masih meninggalkan sejuta misteri di mana ada beberapa orang yang mengatakan bahwa hiu ini telah punah dan ada juga yang mengatakan bahwa hiu ini masih ada sampai sekarang.

Berikut Beberapa Fakta Tentang Ikan Hiu Megalodon:

  1. Ikan Hiu Megalodon Menguasai Seluruh Perairanhiu megalodon penampakan dinosaurus yang masih hidup

Kebanyakan predator pada zaman modern seperti sekarang hanya menguasai wilayah teritorial tertentu saja. Misalnya saja ikan hiu putih besar yang hanya menguasai wilayah Selatan Afrika ataupun laut-laut di Artik. Peneliti percaya jika hewan super buas satu ini memiliki Kebiasaan menguasai suatu wilayah dan jika suatu wilayah sudah berhasil ia kuasai maka ia akan mencari tempat yang baru untuk ia kuasai lagi dan ikan hiu megalodon berada diperairan mana pun.

Tidak hanya menguasai suatu wilayah perairan, ikan hiu megalodon diketahui melakukan perjalanan ke penjuru lautan di seluruh dunia. Akhirnya, megalodon dapat dikatakan monster yang memuncaki seluruh rantai makanan perairan dunia.

  1. Gigitan Yang Terkuat Sepanjang Sejarah Ikan Hiu

Para peneliti gabungan antara Amerika dan Australia telah melakukan sebuah kajian yang unik dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan gigitan seekor Megalodon pada tahun 2008. Pertama, mereka menguji kekuatan gigitan seekor ikan hiu putih dan didapatkan kekuatan sekitar 1,8 ton. Perlu kalian ketahui, bahwa ikan hiu putih merupakan keturunan yang paling identik dengan ikan hiu Megalodon.

Dari data tersebut akhirnya para peneliti tinggal mengkalkulasikan saja berdasarkan dimensi tubuh. Akhirnya diketahui besarnya kekuatan gigitan ikan hiu Megalodon, yaitu sekitar 10-18 ton. Dengan kekuatan tersebut ini, mengkoyak tengkorak ikan paus pun akan terasa mudah sekali untuk ikan hiu megalodon.

  1. Ikan Hiu Megalodon Memiliki Nafsu Makan Yang Besargambar ikan hiu megalodon terbesar di dunia

Memiliki kemampuan berburu yang mematikan, ukuran yang tubuh yang besar dan kecepatan berenang cepat, praktis membuat ikan hiu Megalodon menjadi penguasa yang mutlak pada puncak rantai makanan. Para peneliti menyatakan bahwa hiu purba raksasa yang satu ini punya nafsu makan yang sangat besar dan memangsa apa pun yang ada dihadapannya ketika ia lapar.

Beberapa mangsa favoritnya ialah kura-kura raksasa, ikan paus dan juga mungkin Megalodon lain yang lebih kecil ukurannya. Merupakan hukum alam jika Makhluk yang besar memiliki nafsu makan yang besar pula.

  1. Kepunahan Ikan Hiu Megalodon Tidak Diketahui Dengan Jelasgambar ikan hiu megalodon hewan purba yang masih hidup sampai sekarang

Carcharodon Megalodon raja dari rajanya ikan hiu dan merupakan hewan purba terkuat di lautan, ia predator puncak pada rantai makanan, punya kekuatan gigitan yang terkuat dari semua jenis ikan hiu, lalu bagaimana bisa megalodon punah? Jawabannya tidak diketahui dengan pasti kenapa megalodon punah. Namun para peneliti pernah mengatakan ada 2 faktor utama yang jadi penyebab punahnya ikan hiu megalodon.

Kepunahan Carcharodon Megalodon cukup erat kaitannya dengan Fenomena global cooling. karena hal ini lah yang mungkin membuat Megalodon kurang bisa menyesuaikan diri dan akhirnya Megalodon berakhir dengan kepunahan. Alasan kedua yaitu mangsa yang susah ditemukan. Ya, hal ini mungkin cukup masuk akal mengigat dominasi Megalodon yang benar-benar menggila dan menguasai seluruh lautan.

  1. Predator Yang Pintar

    gambar ikan hiu megalodon di palung mariana

Megalodon mungkin dapat dimasukkan ke kategori hewan purba. Namun, bicara soal kemampuan nyatanya Megalodon merupakan hewan purba yang luar biasa cerdas. Terutama tentang caranya berburu mangsa. Diketahui Megalodon tak hanya memanfaatkan kecepatan berenangnya yang luar biasa cepat, kecepatan berenangnya merupakan teknik khusus untuk melumpuhkan mangsanya.

Para peneliti percaya bahwa jika Megalodon berburu ia akan menyerang sirip mangsanya terlebih dahulu. Memang pada awalnya mangsanya tersebut dapat melarikan diri, Namun bila ikan kehilangan salah satu siripnya maka kemampuan berenangnya akan berkurang dan membuat mereka kesulitan dalam berenang. Belum lagi mangsa tersebut akan mengalami pendarahan yang hebat dan secara perlahan akhirnya pendarahan tersebut membuat si mangsa semakin lemah. Jika mangsanya sudah menunjukkan tanda-tanda seperti akan mati, barulah Carcharodon Megalodon akan memakan mangsanya dengan kekuatan gigitan 18 ton tadi.

Berikut adalah ilustrasi gambar Hiu Megalodon :

Dunia sempat dihebohkan dengan video rekaman yang diklaim sebagai penampakan dari ikan hiu megalodon pada tahun 2015. Video tersebut berasal dari palung Mariana, palung terdalam yang ada didunia. Robot pembawa kamera tersebut  ditenggelamkan di palung mariana dengan memperlihatkan penampakan ikan hiu purba raksasa tersebut. Perlu diketahui, hiu megalodon tidak pernah ditemukan dalam keadaan hidup. Akan tetapi, banyak juga para ilmuwan yang berpendapat bahwa megalodon masih hidup, dan termasuk fosil hidup.

Itulah beberapa fakta-fakta tentang ikan hiu Megalodon. Kita mungkin bisa bernafas sedikit lega karena hewan ini sudah punah, jika hewan purba ini masih hidup tentunya dilautan akan banyak korban jiwa yang diakibatkan oleh ikan yang satu ini. tapi beberapa peneliti meyakini bahwa Ikan Hiu Megalodon hewan terbesar di dunia yang masih hidup dan bersemayam di laut dalam.

Itulah sedikit ulasan tentang Ikan Hiu Megalodon Makhluk Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup. semoga artikel ini dapat menambah sedikit wawasan kita tentang ikan hiu megalodon.

Baca juga artikel tentang :

Ikan Hiu Megalodon Makhluk Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup
5 (100%) 4 votes