Inilah Jenis Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya Terlengkap

Posted on

Ikan gurame bakar Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan GambarnyaIkan konsumsi air tawar – Adalah jenis-jenis ikan yang lazim dikonsumsi sebagai bahan pangan oleh manusia. Ikan konsumsi dapat dikelompokkan melalui habitat hidup dan jenis-jenis ikan yaitu dari air laut maupun air tawar. Ikan konsumsi juga bisa dikelompokkan berdasarkan cara mendapatkan ikan tersebut seperti menangkap ikan langsung dari alam atau hasil pembudidayaan.

Pada umumnya jenis-jenis ikan konsumsi yang berasal laut dilakukan dengan penangkapan langsung di laut, sementara hanya sedikit jenis ikan laut yang dapat dibudidayakan. Jenis-jenis Ikan Konsumsi yang didapatkan dari penangkapan di laut dilakukan oleh nelayan yaitu dengan cara memancing langsung dari laut atau melempar jala ketika air laut surut ataupun ada sebagian nelayan yang menangkap ikan menggunakan peralatan modern.

Ikan Konsumsi yang berasal dari perairan di darat biasanya disebut juga sebagai Ikan konsumsi Air Tawar. Cara menangkap ikan air tawar pun hampir dengan cara menangkap ikan air laut yaitu dengan cara dipancing langsung maupun ditangkap dengan jala.

Berikut adalah Jenis Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Yang Sering Dijadikan Sebagai Bahan Pangan:

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Baung Ikan baung Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Baung atau nama ilmiahnya Mystus spp. adalah tergolong dalam ikan air tawar yang terdapat di negara-negara ASEAN termasuk di Indonesia.

Ikan baung banyak terdapat disungai termasuk sungai Kalimantan Tengah dan ukurannya mampu mencapai 20 kg. Umpan yang akan digunakan untuk memancing ikan ini biasanya merupakan induk semut rangrang yang berwarna hijau terang, dalam satu kail mata pancing biasanya dikaitkan 5 hingga 10 ekor induk semut tersebut, atau juga bisa mengunakan cacing tanah yang besar atau usus ayam.

Rasa daging ikan baung ini tidak ada bandingnya apalagi bila diolah dengan cara dibakar atau dipesmol (acar kuning).

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar BawalIkan bawal Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Bawal (Bramidae) merupakan satu famili Perciformes. Secara umumnya ikan Bawal terbagi menjadi dua jenis yaitu bawal putih (bawal air laut) dan bawal merah hitam (bawal air tawar). Ikan bawal putih lebih tinggi peminatnya bila dibandingkan dengan  bawal hitam. Ikan Bawal banyak terdapat di Lautan Hindi selain Afrika, Indonesia dan Jepang.

Ikan Bawal hidup dan berenang membentuk sebuah kelompok kecil. bawal juga dikatakan sering ditemukan beriringan dengan udang di dasar air. Ikan bawal sering juga menjadi pilihan utama bahan pangan.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar BelidaIkan belida Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan lopis atau Ikan belida merupakan jenis ikan sungai yang tergolong dalam suku Notopteridae (ikan berpunggung pisau). Ikan lopis ini lebih populer dengan nama ikan belido/belida, yang diambil berasal dari sungai musi di Sumatera Selatan yang menjadi habitatnya. ikan pipih Orang Banjar menyebutnya. Jenis ikan yang satu ini dapat ditemui di Kalimantan, Jawa, Sumatra, dan Semenanjung Malaya, meskipun sekarang sudah sulit ditangkap karena penangkapan yang secara berlebihan oleh masyrakat.

Ikan ini merupakan bahan utama dalam pembuatan kerupuk khas dari Palembang yang dikenal sebagai kemplang. Dulu ikan lopis juga digunakan untuk pembuatan pempek namun sekarang digantikan oleh ikan tenggiri. Tampilannya yang khas, membuat ikan dipelihara di akuarium sebagai ikan hias.

Karena berpotensi terancam punah, lembaga penelitian berusaha melakukan penangkaran agar ikan ini tidak punah. Hingga tahun 2005, Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin, di Kalimantan Selatan telah menangkarkan, membudidayakan, serta memperbanyak benih ikan belida agar tidak punah.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar BelutIkan belut Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Belut mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, antara lain zat besi, arginin, zink,isoleusin, B2 (riboflavin),  omega 3  leusin, kalori yang tinggi,  vitamin A, sodium, protein, kalsium, omega 6, B3 (niacin), B6 (pyridoxine), B9 (asam folat), B12 (kobalamin), B1 (thiamin), C, E, magnesium, kolesterol, selenium, dan fosfor.

ikan belut memiliki beberapa khasiat, seperti sebagai menutrisi otak dan membantu proses tumbuh kembang anak (isoleusin), sumber vitamin, mencegah anemia (zat besi), sumber protein bagi semua kelompok usia termasuk anak-anak, pembentukan protein otot (leusin), kesehatan jantung dan pengobatan kanker (arginin), memperkuat tulang (fosfor), dan penambah stamina (kalori). Yang perlu diwaspadai adalah kandungan kolesterolnya apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Hinnga saat ini, ikan belut sawah telah dimanfaatkan sebagai sumber protein terutama pada kawasan pedesaan, dan bahkan pada beberapa daerah tertentu ikan belut telah dieksploitasi secara besar-besaran untuk dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan keripik belut pada industri berskala kecil, dan juga sudah menjadi salah satu komoditas ekspor yang cukup menjanjikan.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar BetokIkan betok Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Betok pada umumnya ditemukan di sungai kecil, parit-parit, sawah, rawa-rawa dan juga pada kolam-kolam yang saluran airnya terbuka. Ikan ini memangsa hewan-hewan air yang berukuran kecil dan aneka serangga. Ikan Betok jarang dipelihara, dan lebih sering ditangkap sebagai ikan liar yang mengganggu.

Dalam keadaan normal, sebagaimana ikan pada umumnya, ikan betok bernapas dalam air menggunakan insang. Akan tetapi seperti ikan lele dan ikan gabus, ikan betok juga mempunyai kemampuan untuk mengambil oksigen secara langsung dari udara. Karena, ikan ini memiliki organ labirin (labyrinth organ) yang berada dikepalanya, yang memungkinkan hal itu dapat dilakukan.

Alat bantu pernafasan ini sangat berguna apabila ikan mengalami kekeringan dan harus berpindah ke tempat lain yang masih memiliki air. Ikan Betok mampu berjalan dan merayap naik didaratan karena menggunakan tutup insangnya yang dapat dimekarkan, dan insangnya juga berguna sebagai ‘kaki depan’. Namun, ikan ini tidak dapat terlalu lama bertahan ketika berada di daratan, dan harus mendapatkan air dalam waktu beberapa jam atau ia akan mati. Ikan ini menyebar luas, mulai dari Asia Tenggara, India dan Tiongkok.

Cara memperoleh ikan ini pada kebanyakan daerah dengan cara dipancing yang diberi umpan berupa cacing, akan tetapi ada juga menggunakan jangkrik, cilung (ulat bambu) sebgai umpannya. Di Banjarmasin dan Kalimantan Tengah, penduduk setempat mempunya cara tersendiri, yaitu dengan cara mencampur telur semut (kroto) dengan getah karet yang dimasak dengan cara dikukus. Selain untuk ikan betok, umpan ini juga dapat sebagai umpan ikan seluang.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar BetutuIkan betutu Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan betutu ini memang memiliki penampilan yang khas sehingga mudah di ingat oleh kita. Dengan ketahanannya berjam – jam tanpa bergerak sedikitpun dari tempatnya, ikan betutu dijuluki sebagai ikan ikan pemalas atau ikan bodoh karena bila sudah kenyang tak mau menyentuh makanan meskipun di hadapannya sekalipun. Bagi orang awam, betutu sering kali disebut sebagai ikan gabus karena jika dilihat secara sepintas memang ada kesamaan. Namun, bila di amati dengan teliti, antara keduanya terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Biawanikan biawan Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Biawan termasuk dalam keluarga ikan gurame dan disebut sebagai kissing fish, karena ketika mereka berinteraksi mereka selalu melakukan kontak mulut dengan ikan yang sejenis. kabupaten kutai kartanegara merupakan salah satu tempat penyebarannya yang cukup merata, dan banyak ditemui dianak sungai ketika musim kemarau maupun dirawa – rawa.

Masyarakat sering menggunakan alat tangkap berupa jaring yang telah dipasang pelampung untuk menangkap ikan ini, masyarakat di sabintulung kecamatan Muara Kaman menyebut teknik itu dengan sebutan  Langit – langit. Ukuran ikan Biawan besarnya bisa mencapai setelapak tangan orang dewasa. Dan merupakan ikan konsumsi yang cukup favorit karena memiliki rasa daging dan telurnya yang gurih.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Bilih Atau Bilisikan bilih atau ikan bilis Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan bilis atau ikan bilih merupakan ikan konsumsi yang cukup penting, setidaknya untuk wilayah di Sumatera Barat. Pada tahun 2003 Ikan ini mendominasi hingga 73,8% produksi ikan di Danau Singkarak, yang totalnya hingga 352,3 ton. Namun produksi ikan bilih ini sebetulnya sudah banyak menurun, apabila dibandingkan dengan produksi pada tahun 1998 sebesar 736,46 ton. Umumnya ikan bilis diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan sehingga awet untuk waktu yang cukup lama.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar GabusIkan gabus Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan gabus atau ikan kutuk biasa ditemui di sungai, rawa, danau, dan sawah-sawah hingga ke saluran-saluran air. Ikan ini memangsa berbagai serangga, ikan kecil-kecil, kodok dan berudu. Seringkali ikan gabus terbawa oleh banjir ke parit-parit dan berada sekitar rumah kita, atau memasuki kolam-kolam pemeliharaan ikan dan tentunya menjadi hama karena akan memangsa ikan-ikan peliharaan dikolam terebut.

Jika dikolam, sawah atau parit yang mengering, ikan ini akan pindah ke tempat lain. Dan bila terpaksa, ikan kutuk ini akan mengubur dirinya di dalam lumpur hingga tempat itu kembali memiliki air. Oleh karena, itu ikan Kutuk sering kali ditemui berjalan di daratan, khususnya ketika pada malam hari pada musim kemarau, ikan ini akan mencari tempat lain yang masih berair. Fenomena ini dapat terjadi karena karena gabus memiliki kemampuan untuk bernapas secara langsung dari udara, dengan menggunakan organ pernafasan tambahan yaitu organ labirin.

ketika musim kawin, ikan gabus jantan dan betina akan bekerjasama untuk menyiapkan sarang di antara tumbuhan yang berada ditepi air. Anak-anak ikan kutuk berwarna jingga merah dengan garis hitam, mereka berenang membentuk kelompok yang bergerak secara  bersama-sama untuk mencari makanan. Kelompok muda ikan gabus ini dijaga oleh induknya.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar GurameIkan gabus Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Di habitatnya, ikan gurami hidup dirawa, sungai-sungai dan kolam. Sesekali ikan ini muncul ke permukaan air untuk bernapas secara langsung dari udara. Induk ikan gurame, untuk beberapa waktu lamanya, akan melindungi dan memelihara anak-anaknya. Telurnya dilekatkan pada tumbuhan air atau ditaruh di sarang yang telah terbuat dari tumbuh-tumbuhan.

Ikan gurami sangat digemari sebagai ikan konsumsi. Karena, dagingnya yang padat, durinya besar-besar, rasanya gurih dan enak. Setiap restoran hampir menyajikan Ikan Gurame sebagai salah satu menu andalan, terutama gurami bakar dan gurami asam-manis. Ikan ini memiliki harga yang cukup mahal. Gurami juga disukai sebagai ikan hias akuarium air tawar dan jenis yang dijadikan sebagai ikan hias tersebut ialah Ikan Gurame padang.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Hampalaikan hampala Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Hampala menyukai sungai-sungai besar dan kecil yang jernih, dengan dasar berpasir atau berlumpur dan berair deras. Ikan ini banyak ditemukan pada danau dan waduk. Ikan hampala termasuk ikan predator. Ikan dewasa tercatat memangsa ikan-ikan kecil, akan tetapi pada pengamatan di Waduk Saguling bahwa 74% makanan ikan hampala adalah serangga air. Ikan Hampal merupakan ikan konsumsi yang cukup lumayan penting di daerah sebarannya. Selain digemari sebagai ikan konsumsi air tawar, Ikan ini juga digemari sebagai ikan pancingan.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Jelawatikan jelawat Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Jelawat sering disebut juga sebagai ikan sultan atau ikan lemak dengan nama ilmiahnya yaitu “Leptobarbus hoeveni”, ikan merupakan golongan ikan-ikan karper / carp fish (suku Cyprinidae) yang tersebar luas di Kalimantan, Thailand, Sumatra dan Malaysia. Ikan ini merupakan jenis ikan herbivore atau pemakan tumbuhan.

Populasinya memang masih cukup lumayan, karena pada beberapa daerah sudah dipelihara di keramba bambu seperti di daerah Kalimantan, Riau, Kampar dan Jambi. Ikan ini termasuk dalam ikan karper kelas menengah, dengan berat tubuh maksimal mencapai 10 kg.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Jendilikan jendil Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Bila kalian tengah melakukan perjalanan yang melewati kota-kota yang dilalui Sungai Bengawan Solo, maka kalian bisa menjumpai rumah makan yang menyajikan ikan Jendil sebagai salah satu menu masakan dan ikan ini merupakan ikan khas sungai dari sungai Bengawan Solo.

Ikan jendil dengan nama ilmiahnya “Clupisoma sinensis” adalah salah satu jenis ikan air tawar. Ikan ini  adalah ikan asli dari Sungai Bengawan Solo. Ikan yang cukup berlendir dan warna putih hijau ini sejenis dengan ikan patin yang hidup di sejumlah sungai di berbagai daerah nusantara.

Bedanya dengan ikan Patin, ikan Jendil bentuk tubuhnya agak lebih kecil dan memanjang. Masyrakat sekitaran Sungai Bengawan Solo mengkonsumsi ikan ini, karena lemaknya cukup relatif sedikit dan tekstur dagingnya yang lembut. Ikan Jendil berbeda dengan ikan patin hasil budidaya, yang biasanya banyak mengandung lemak.

Biasanya ikan Jendil hidup pada kedalaman air 2-3 meter dan cenderung berada di air yang mengalir. Para pemancing biasanya menggunakan umpan, mulai dari ulat daun, jangkrik, umpan buatan, atau cacing. Ikan ini biasa diolah dengan cara digoreng biasa atau dibuat sayur lodeh jendil yang terkenal di warung-warung sepanjang Sungai Bengawan Solo.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar LeleIkan lele Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Banyak jenis ikan lele sebagai ikan konsumsi yang disukai orang. Sebagian jenis ikan lele telah dibudidayakan orang, namun pada kebanyakan lele ditangkap dari populasi liar di alam. Misalnya, Ikan Lele dumbo yang populer sebagai ikan ternak, sebenarnya ikan dumbo merupakan jenis ikan lele yang didatangkan dari Afrika.

Ikan Lele atau Ikan Keli banyak diternakkan di Indonesia untuk dikonsumsi. ikan keli biasanya didapatkan dengan cara dipancing maupun dibudidayakan. Penilaian terhadap rasa daging ikan lele bervariasi, ada yang mengatakan memiliki rasa yang luar biasa enak, ada juga yang menganggapnya memiliki rasa yang tidak enak. Ikan lele diolah dengan berbagai cara seperti digoreng ataupun dipindang. Ikan keli mengandung VItamin D yang cukup tinggi. Ikan keli hasil budidaya mengandung asam lemak omega-3 yang cukup rendah namun memiliki asam lemak omega-6 yang cukup tinggi.

  • Jenis Ikan Konsumsi Lundu atau Ketingikan lundu atau ikan keting Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan lundu atau ikan keting yang memiliki nama latin mystus Nigricheps adalah ikan yang hidup di air tawar. ikan keting mempunyai ciri khusus yaitu memiliki 3 buah patil, kumis, dan tubuh yang tidak memiliki sisik. Ikan jenis lundu ini hampir mirip bentuk tubuhnya dengan ikan sembilang, hanya saja ikan keting memiliki ukuran yang lebih kecil dan mempunyaui ekor bercabang dua. Ikan keting memiliki banyak nama seperti : ikan penyengat, ririgi, kating, ndaringan, kelibere ikan tedon, senggiringan, dan lain-lain tergantung pada species dan sebutan didaerahnya berada.

Ikan lundu banyak dijumpai di rawa, muara, sungai, waduk dan danau. Ikan lundu menyebar hampir diseluruh perairan Indonesia dan ikan lundu suka hidup didasar air. Ikan lundu adalah binatang omnivora dan terkenal sangat rakus dalam memangsanya yang berada disekitarnya. Biasanya ikan lundu dapat ditemui pada siang dan malam hari karena ikan lundu tidak memiliki batas waktu untuk beraktifitas. Pada saat banjir ikan lundu akan bermigrasi ke sungai dan kemudian akan kembali lagi kemuara ketika hujan mulai turun.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar MasIkan mas Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi, dan hal itu dapat di buktikan dengan begitu mudah nya kita bisa mendapatkan ikan mas di mana pun kita berada. Cara budidaya ikan mas ini pun gampang karena hanya membutuhkan manipulasi lingkungan dan kawin suntik.

Ikan mas menyukai habitat yang alirannya airnya tidak terlalu deras sertaairnya tidak terlalu dalam, seperti di pinggiran sungai atau danau. Salah satu kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan mas ialah manfaat omega 3, yang baik untuk perkembangan otak manusia.

manfaat minyak ikan mas cukup berperan dalam mengontrol kadar kolesterol . Komponen utama minyak ikan ini adalah omega 3 yang memiliki fungsi mencegah datangnya lemak jahat ke dalam tubuh. Keungggulan lainya yang dimiliki oleh ikan mas ialah dapat mengontrol berat badan. Dengan adanya kandungan gizi yang penting, minyak ikan ini memiliki fungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh manusia.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar MujairIkan mujair Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Mujair dianggap sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang cukup invasif, karena sangat adaptif dan perkembangbiakannya sangat pesat pada beberapa daerah tertentu, sehingga mampu mengganggu ekosistem yang ada. Para pembudidaya ikan air tawar juga menganggap ikan mujair sebagai ikan hama, karena ikan-ikan menjadi kompetitor dalam hal makanan.

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai rasa daging yang lezat apabila diolah dengan baik. Ikan mujair biasanya hidup di telaga, waduk, rawa-rawa dan juga di dalam kolam petani ikan. Karena perkembangbiakannya sangat pesat, sehingga membuat harga ikan mujair cukup terjangkau.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nila Merahikan nila merah Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Nila maupun ikan mujaer adalah ikan air tawar yang memiliki rasa daging cukup lezat, serta memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kita, seperti: dalam membantu mengurangi berat badan, mempercepat perbaikan dan pertumbuhan seluruh tubuh, meningkatkan kesehatan rambut, meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, menurunkan kadar trigliserida, membangun tulang yang kuat, mencegah penurunan kognitif, mencegah arthritis,  mencegah berbagai jenis kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda .

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nila HitamIkan nila hitam Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Nila Hitam adalah jenis nila yang mempunyai sirip warna hitam. Ikan ini lebih mudah ditemui di pasar ketimbang ikan Nila Merah. Maka tidak heran apabila harganya pun cenderung lebih murah karena ketersediaannya yang melimpah-ruah. Nila Hitam memiliki rasa daging yang sangat lezat. Dagingnya empuk dan mampu diolah menjadi berbagai macam makanan.

Manfaat ikan Nila Hitam untuk kesehatan manusia sangatlah banyak. Ikan ini bisa dijadikan sebagai bahan alternatif untuk penyembuhan penyakit gangguan darah, seperti Talasemia dan Anemia. Karena kandungan gizi ikan ini mampu mendukung kerja eritrosit atau sel darah merah dan trombosit atau keping darah.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nilemikan nilem Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan nilem merupakan salah jenis ikan air tawar yang masih belum banyak di budidayakan di berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini hanya di daerah Tasikmalaya yang baru mengembangkannya. Cita rasa dari ikan nilem ini cukuplah spesifik dan lebih gurih bila dibandingkan dengan ikan tawar yang lainnya.

Hal tersebut karena, ikan nilem banyak mengandung sodium glutamat di dalam dagingnya yang dengan alami terbentuk karena pengaruh dari kebiasaan makan ikan ini. Pakan ikan nilem biasanya berupa phytoplankton dan terutama dari ganggang air yang banyak tumbuh hasil dari pemupukan kolam.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar PatinIkan patin hitam Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan patin, merupakan jenis ikan air tawar yang mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Terlebih lagi untuk ibu hamil, anak – anak maupun bayi yang masih dalam proses pertumbuhan. Karena besarnya manfaat dari ikan patin ini, tidak heran jika masyarakat banyak yang memulai membudidayakan ikan patin ini.

Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan lele. Rasa dari ikan patin ini juga tidak kalah lezat dengan ikan lele. Kandungan gizinya yang cukup tinggi membuat ikan patin harus masuk kedalam daftar lauk yang ada di meja makan kita.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Semah atau Tamberaikan semah atau ikan Tambera Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan semah atau ikan Tambera adalah ikan air tawar yang berasal dari anak benua India dan Indo-Australia. Nama lain dari ikan ini adalah tåmbrå (Jawa), kancra (Sunda), ihan batak atau curong (bahasa Toba), kelah atau mahseer (Malaysia) sapan (Kalimantan). Nama “ikan semah” lebih populer dipakai di Sumatra bagian tengah hingga ke selatan.

Ikan yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini populer sebagai bahan pangan kelas tinggi, dan yang biasa ditemui dan dikonsumsi di Indonesia dan Malaysia. Ikan semah mampu mencapai panjang sekitar 1 meter, walaupun hasil tangkapan yang dijual biasanya berukuran maksimum 30 cm.

Ikan ini hidup di sungai-sungai berarus deras di pegunungan dan populasinya terancam punah akibat penangkapan secara berlebihan. Hal tersebut karena ikan semakin jarang terlihat dihabitat aslinya, distribusi menurun, dan ukuran tangkapan semakin kecil. Bahkan ada yang telah dilaporkan pula penangkapan dilakukan di beberapa taman nasional.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Seluangikan seluang Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan seluang batang atau ikan seluang begitu sebutan oleh orang-orang di daerah Sumatra Selatan khususnya daerah Palembang, merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran tubuh cukup kecil. Ikan ini bisa juga dikonsumsi karena rasanya dagingnya yang gurih dan renyah apabila digoreng sampai kering.

Beberapa penduduk setempat percaya bahwa Ikan Seluang, ikan yang mampu menyembuhkan sejumlah penyakit, seperti pengeroposan tulang atau osteoporosis selain dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi, sekarang banyak petani yang membudidayakan ikan seluang ini.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar SepatIkan sepat hitam Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Meski kerap dianggap sebagai hama namun Ikan Sepat merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai komoditas perikanan cukup tinggi serta sangat digemari oleh konsumen rumah tangga. Ikan sepat sebagian besar dipasarkan dalam bentuk ikan asin, ikan segar, dan ada juga dijadikan sebagai ikan hias aquarium air tawar. Ada dua jenis ikan sepat yang banyak di temui di Indonesia, yaitu sepat rawa dan sepat siam.

manfaat ikan sepat antara lain: Mengurangi risiko adanya kanker, Omega 3 juga sangat penting untuk mencegah inflamasi yang menjadi sebab penuaan dini. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi dengan demikian kalian yang suka dengan makan ikan akan sedikit mengurangi risiko punya penyakit stroke. Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Sidatikan sidat Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan sidat yang memiliki nama ilmiah Anguilla spp merupakan komoditas perikanan yang masih baru dan memiliki potensi ekonomi yang cukup menjanjikan dengan pasar yang cukup luas. Misalnya, Negara Jepang merupakan konsumen dan importir ikan sidat terbesar dunia dan juga Taiwan, Eropa dan Amerika.

Ikan sidat yang mampu hidup di dua alam yang berbeda yaitu air tawar dan air laut yang menjadikan ikan tersebut sangat istimewa. Karena proses hidup di dua alam tersebut menjadikan ikan sidat mempunyai keunggulan dalam soal kandungan gizi.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar TawesIkan tawes hitam Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan Tawes adalah salah satu jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi orang di daerah Asia Tenggara daratan maupun kepulauan. Ikan tawes tergolong ikan yang sangat digemari sebagai ikan konsumsi. Ikan ini diolah dengan cara digoreng ataupun dijadikan pencok ikan tawes.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Tomanikan toman Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan toman adalah salah satu jenis ikan air tawar yang digemari. Karena memiliki rasa daging yang putih lembut menjadikan toman sebagai salah satu ikan bakar yang favorit, dimasak sup ataupun digulai. Toman juga sering dijadikan ikan asin dan dijual ke Jawa sebagai ikan toman asin. Di Negara Singapura, ikan ini lebih dipelihara di kolam-kolam dan saluran untuk rekreasi memancing.

Ikan toman lebih disukai para pemancing karena ‘tarikannya’ yang kuat ketika menyambar umpan di ujung kail mata pancing kita. Ikan toman yang masih muda berwarna indah dan disukai sebagai ikan hias akuarium air tawar. Karenanya, ikan ini kerap diekspor sebagai ikan hias air tawar ke mancanegara, termasuk ke Amerika Serikat.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Tombroikan tombro Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan tombro adalah salah satu jenis ikan air tawar dan biasanya hidup secara bergerombol. Karena ikan ini menyukai tempat yang tidak terlalu dalam dan air yang mengalir, ikan ini lebih mudah ditemui di dekat pintu masuk air, atau di pinggiran sungai atau di danau. Jika kalian ingin memeliharanya, ikan ini akan lebih memilih tempat di bawah pancuran air atau biasanya ditengah-tengah kolam.

Ikan Tombro merupakan ikan konsumsi air tawar yang banyak diminati oleh banyak kalangan masyrakat karena mempunyai rasa daging yang gurih dan enak, dan juga mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Pada beberapa daerah tertentu, ikan tombro sering juga disebut sebagai ikan mas sebagai ikan mas.

  • Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar waderikan wader Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah tidak asing dan mudah ditemukan di Indonesia. Ikan wader terbukti sangat populer untuk dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk produk seperti snack atau sebagai lauk lalap.

Cukup sekian dulu ulasan tentang Inilah Jenis Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya Terlengkap Semoga artikel ini dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Inilah Jenis Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya Terlengkap
5 (100%) 6 votes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *