Jenis Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Terindah Yang Mudah Dipelihara di Rumah

Posted on

aquarium

Ikan Hias Air Tawar – kalau bicara soal aquarium tentunya tak akan luput dari jenis ikan hias, ya karena aquarium digunakan untuk tempat atau wadah memelihara ikan hias. Tapi kalau sudah ada aquarium terus kalian bingung untuk memelihara ikan hias jenis apa? jangan khawatir coba kalian lihat jenis jenis ikan hias aquarium air tawar yang sudah dirangkum dibawah ini…

Berikut Jenis Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dirumah

  • Ikan Hias Arwanaikan hias arwana

Ikan Arwana merupakan salah satu ikan hias yang populer hingga saat ini. Bahkan ada juga yang mengatakan kalau ikan hias arwana tidak akan pernah berkurang peminatnya. Ikan ini memiliki warna yang cerah dan memiliki sisik yang rapi dan unik, sehingga siapa saja yang melihat ikat hias ini akan langsung terpesona akan keindahan ikan ini. Ikan hias arwana mempunyai ukuran tubuh yang besar, bahkan bisa mencapai hampir 1 meter.

  • Ikan Hias Black Ghost atau Ikan Hantuikan hias black ghost

Ikan Hantu memilki nama latin Apterontus Albifrons. Ikan ini berasal dari Sungai Amazon dan Surinam, ikan Hantu memiliki banyak sebutan. Diantaranya Black Ghost karena jika dilihat secara sepintas ikan hias ini nampak seperti hantu, apalagi dengan bentuk tubunhnya yang bergelambir membuatnya semakin cocok menyandang nama tersebut.

Ada juga yang menyebut ikan black ghost dengan sebutan Ikan Penari Balet. Disebut sebagai ikan penari balet bukan tanpa alasan, sebutan itu karena gerakannya yang selalu maju mundur dan jungkir balik dengan tubuhnya yang sangat lentur. Hal ini karena faktor dukungan dari bentuk tubuh yang menggelambir dan lentur sehingga dapat melakukan manuver yang tidak dapat dilakukan oleh ikan hias jenis lainnya.

  • Ikan Hias Botiaikan hias botia

Ikan botia merupakan ikan hias yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias diIdalam maupun luar negeri. Habitat asli ikan botia berasal dari sungai yang memilki arus deras. Sehingga untuk siapa saja yang ingin memeliharanya sangat disarankan untuk membuat arus buatan pada aquarium atau kolam yang akan digunakan. Suhu idel untuk memelihara ikan ini adalah 24-26ᵒ.

Karena pada suhu tersebut merupakan suhu ideal untuk ikan botia untuk hiudp maupun berkembang biak. Ikan botia memiliki panjang mencapai 30-40 cm dan ikan ini lebih menyukai hidup dengan cara bekelompok. Jadi untuk siapa saja yang ingin memeliharanya ikan hias jenis botia ini harus membeli minimal 4-10 ekor untuk memeliharanya serta menyiapkan aquarium yang berukuran lebih besar daripada aquarium biasanya.

  • Ikan Hias Cupangikan hias cupang

Ikan cupang tentunya sudah sangat familiar dikalangan masyarakat, terutama pada anak-anak yang masih kecil karena ikan ini sangat disukai anak-anak kecil. Ikan hias cupang juga banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional maupun pasar yang ikan hias.

Untuk memelihara ikan ini sangatlah mudah cukup diletakkan dalam botol dan ikan hias cupang termasuk juga ikan adu. Jika ingin mengetahui perbedaan antara ikan jantan dan betina, dapat di perhatikan pada bagian tubuhnya terutama pada bagian perutnya.

  • Ikan Hias Discusikan hias discus

Ikan discus berasal dari Sungai Amazon. Namun sekarang telah disepakati bahwa ikan discus dapat ditemukan dalam tiga jenis saluran air Amazon, air putih Amazon Upper, air hitam Rio Negro, dan air jelas dari Amazon Bawah. Ikan hias jenis discus ini merupakan ikan hias yang indah dan menawan, dan memiliki harga yang mahal. Selain itu keindahan warnanya dan ukuran tubuhnya dapat mempengaruhi harganya. Hal ini disebabkan karena ikan ini memiliki warna yang cerah menyala serta prilaku yang amat pemalu.

  • Ikan Hias Guppyikan hias guppy

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias yang populer di Indonesia setelah ikan cupang. Ikan hias guppy memilki warna yang sangat indah dan ada sebagian dari ikan guppy yang memiliki sirip ekor yang panjang seperti ikan cupang jenis serit. Bentuknya tubuhnya juga menarik tak jauh beda dengan bentuk tubuh ikan cupang. Ikan ini berasal dari daerah Amerika Selatan, ikan ini mudah sekali beradaptasi dengan lingkungannya. Pada ikan jantannya lebih cenderung menarik bila dibandingkan dengan betina yang siripnya terlihat agak kusam.

  • Ikan Hias Koiikan hias koi

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang tetap populer adalah ikan hias jenis koi. Ikan ini pertama kali di kenalkan di Jepang pada tahun 1920-an, ikan hias jenis koi termasuk hasil persilangan beberapa strain ikan mas dengan warna putih dan merah.

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki harga jual yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan corak warna yang dihasilkan pada tubuh ikan koi yang sangat indah dan beragam yang menjadikan ikan koi ini di gemari oleh para hobbis.

  • Ikan Hias Kometikan hias komet

Ikan komet memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki tubuh yang ramping dengan warna tubuh yang mengkilap dan menyala. Ekornya yang panjang dan terus melambai-lambai seperti bendera yang berkibar membuat siapa saja yang melihat ikan ini akan langsung terpesona akan keindahannya. Ikan hias yang masih satu keluarga dengan ikan mas ini berasal dari Jepang. ikan hias jenis komet ini baru masuk di Indonesia sekitar tahun 1970.

  • Ikan Hias Louhanikan hias louhan

Ikan hias louhan merupakan ikan hias yang pernah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena sangking populernya ikan louhan ini bahkan tidak sedikit orang yang tidak pernah memelihara ikan hias, berbondong-bondong hanya untuk memelihara ikan louhan dan menjadi pecinta ikan hias air tawar.

Hal tersebut dikarenakan sangat terkenalnya ikan hias jenis louhan ini bahkan ada sebagian orang yang rela untuk membeli ikan ini dengan harga yang mahal hanya untuk dapat memelihara ikan louhan. Yang menjadi daya tarik dari ikan ini karena louhan memilki jenong yang terdapat di kepalanya, memiliki warna yang indah dan menarik, serta sisik ikan hias louhan terkadang membentuk sebuah tulisan.

  • Ikan Hias Manfishikan hias manfish

Ikan Manfish termasuk dalam satu di antara ikan hias yang memiliki penampilan khas, yakni anggun, lemah lembut, dan cantik. Perilakunya itu membuat manfish terlihat seperti peragawati air tawar. Daya tariknya membuat manfish sangat populer sebagai ikan hias akuarium. Manfish memiliki bentuk tubuh yang unik seperti anak panah, dan pipih ke samping dengan sirip punggung serta sirip perut yang simetris dan melebar seperti bendera yang berkibar ketika tertiup oleh angin.

Manfish termasuk ikan hias yang mudah dibudidayakan karena sering bertelur. Budidaya ikan manfish tidak membutuhkan lahan yang luas, bahkan dapat dilakukan dalam aquarium atau paso dari tanah, sehingga tidak membutuhkan daa yang begitu besar untuk budidayanya.

  • Ikan Hias Mas kokiikan hias mas koki

Ikan hias mas koki termasuk salah satu jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara dan dibudidayakan di rumah. Jenis ikan hias ini sudah familiar, karena banyak dari masyarakat kita yang memeliharanya sebagai ikan hias. Ikan mas koki memiliki gerakan tubuh yang lucu dikarenakan bentuk badannya yang bulat namun tetap seimbang, akan tetapi apabila ikan mas koki terlalu banyak diberi makan maka ikan ini akan berenang dengan posisi yang tidak biasa atau berenang secara terbalik.

  • Ikan Hias Mickey Mouseikan hias mickey mouse

Ikan mickey mouse termasuk dalam famili ikan platty. Dari sekian banyak jenis dalam keluarga ikan platty, ikan mickey mouse merupakan yang paling populer dari semua jenis ikan platty. Tidak ada yang tau kenapa sebabnya disebut dengan ikan mickey mouse, namun terdapat sebagian orang yang menganggapnya bentuk tubunya mirip sekali dengan mickey mouse.

Dibalik sifatnya yang tenang ternyata ikan hias jenis mickey mouse termasuk kedalam ikan yang agresif. Jadi ketika memelihara ikan ini diakuarium ada baiknya ikan ini dipisah dengan ikan hias lainnya. Tujuan tersebut untuk menghindari tidak terjadinya kanibalisme satu sama lain.

  • Ikan Hias Neon Tetraikan hias neon tetra

Ikan neon tetra termasuk kedalam ikan hias yang populer, selain ikan cupang dan ikan guppy. Ikan ini memiliki warna yang beragam dan cerah menyala yang membuat ikan ini semakin menarik. Ikan hias jenis neon tetra berasal dari Amerika Latin, lebih tepatnya disungai Amazon. Neon Tetra lebih sering di pelihara secara massal atau berkelompok karena warna tubuhnya akan semakin terlihat lebih jelas dan menarik ketika ikan ini berenang secara berkelompok.

  • Ikan Hias Oscarikan hias oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Selain itu ada juga ikan hias oscar albino atau putih pucat dengan gariss totol orange ataupun berwarna polos. Ikan oscar termasuk kedalam ikan karnivora jadi berhati-hati lah ketika memelihara ikan ini, sebab ada sebagian orang yang iseng dengan sengaja memasukan jarinya kedalam aquarium hanya untuk meledek ikan ini dan tak jarang pula jari tangan kita akan dimakan oleh ikan oscar ini.

  • Ikan Hias Rainbowikan hias rainbow

Ada dua jenis ikan rainbow yang populer, yaitu ikan Rainbow Papua ( Irian ) dan ikan Rainbow Sulawesi.  Namun yang banyak di minati oleh pecinta ikan hias adalah ikan rainbow Irian. Ikan hias rainbow berkembang biak dengan menempelkan telurnya pada tanaman air atau subtrat lainnya. Ikan ini memilki ukuran panjang sekitar 7-9 cm. Ikan Rainbow termasuk dalam famili Melanotaeniidae karena memiliki bentuk tubuh yang pipih dan memiliki sirip yang mengkilap. Namun ada beberapa dari jenisnya yang terlihat lebih pendek dan membulat atau membesar pada bagian perutnya, seperti Rainbow Ballon yang populer di pasaran.

 

Bagaimana indah dan menawan bukan ikan-ikan tersebut? pastinya kalian yang melihat artikel ini akan terpikat oleh salah satu ikan yang sudah disebutkan diatas, dan kalian pastinya ingin memelihara ikan tersebut hehehehe

itulah sedikit ulasan tentang Jenis Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Terindah Yang Mudah Dipelihara di Rumah semoga artikel ini dapatmenambah wawasan kalian tentang ikan hias.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Jenis Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar Terindah Yang Mudah Dipelihara di Rumah
5 (100%) 7 votes