WOW!!! Inilah Jenis Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Posted on

Jenis Ikan Paus -Ikan Paus termasuk salah satu jenis ikan air laut yang cerdas dan istimewa, karena Ikan Paus bernapas menggunakan paru-parunya, ikan paus ini sedikit berbeda dengan ikan pada umumnya yang bernafas menggunkan insang.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh Ikan Paus yaitu menjadi satu-satunya jenis mamalia laut dan mampu bertahan hidup di air laut selama hidupnya. Oleh karena hal itu, Ikan Paus mampu dengan mudahnya beradaptasi dengan kedalaman laut yang tidak terkira jumlahnya.

Selain itu, Ikan Paus juga merupakan sebagai salah satu jenis ikan air laut terbesar di dunia yang masih hidup, mengingat hampir semua jenis Ikan Paus berukuran sangat besar. Lalu, jenis Ikan Paus apa saja yang terbesar di dunia? berikut ulasannya

.

Jenis Ikan Paus Beluga atau Ikan Paus Putih

Ikan Paus beluga atau Paus Putih (Delphinapterus leucas) adalah jenis cetacean yang terdapat diwilayah perairan laut kutub utara dan sekitarnya. Beluga merupakan salah satu dari 2 jenis paus keluarga Monodontidae, bersama dengan ikan paus Narwhal. Mamalia laut ini dikenal secara umum sebagai beluga atau kenari laut karena memiliki ciri khas dari lengkingan suaranya yang tinggi.

Jenis Ikan Paus Biru

Paus biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang masih satu keluarga dengan ikan paus balin (Mysticeti). Panjang tubuhnya bisa sampai dengan ±33 meter dan mungkin bobotnya bisa mencapai ±181 ton. Ikan paus biru merupakan ikan terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang.

Jenis Ikan Paus Bryde

Paus Bryde adalah salah satu spesies paus rorqual.Paus ini menyukai perairan tropis dan hangat daripada perairan kutub. Makanan paus ini kebanyakan adalah ikan-ikan kecil. Nama “Bryde” diucapkan dengan “broo-de”, dan kadang-kadang namanya disebut sebagai “Paus Brutus”

Jenis Ikan Paus Kepala Melon

Ikan paus berkepala Melon adalah lumba-lumba dari keluarga cetacean, meskipun namanya ikan paus kepala semangka tapi ikan paus ini adalah lumba-lumba dari keluarga cetacean. Paus melon berkepala tersebar luas di seluruh perairan tropis dunia, meskipun tidak sering terlihat oleh manusia karena lebih memilih air yang dalam.

Jenis Ikan Paus Narwhal

Paus Narwhal, atau narwhale (Monodon monoceros), adalah paus bergigi berukuran sedang yang memiliki  “gading atau tanduk” yang menonjol. Ia hidup sepanjang tahun di perairan Arktik sekitar Greenland, Kanada, dan Rusia. narwhal adalah salah satu dari dua spesies hidup dari ikan paus di keluarga Monodontidae, bersama dengan ikan paus beluga.

Jenis Ikan Paus Orca

Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Sebenarnya orca tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena orca berukuran sangat besar, banyak yang menyebutnya sebagai paus

Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar.

Jenis Ikan Paus Cuvier

Ikan Paus Cuvier atau Ikan paus berparuh angsa (Ziphius cavirostris) merupakan satu-satunya anggota paus dari genus Ziphius. Meskipun ikan paus ini termasuk ikan pelagis, namun ikan paus ini lebih memilih untuk hidup diair yang lebih dalam dari 1.000 m dan untuk menghindari kapal.

Jenis Ikan Paus Pilot

Nama ilmiah Paus Pilot (Globicephala) berasal dari bahasa Latin dan Yunani. Globus berarti bola dalam bahasa Latin, sedangkan kephale berarti kepala dalam bahasa Yunani. Oleh karena itu, Globicephala berarti “kepala bola”

Jenis Ikan Paus Pembunuh Kerdil

Paus pembunuh kerdil (Feresa attenuata) adalah lumba-lumba laut kurang dikenal dan jarang terlihat, nama itu berasal dari berbagi beberapa karakteristik fisik dengan paus pembunuh. Paus kecil adalah spesies terkecil yang memiliki “paus”. Meskipun spesies telah dikenal sangat agresif ketika berada penangkaran, perilaku agresif ini belum diamati ketika berada dialam liar. Paus pembunuh kerdil masuk kedalam keluarga Delphinidae tau keluarga lumba-lumba.

Jenis Ikan Paus Pembunuh Palsu

Pembunuh paus palsu (Pseudorca crassidens) adalah lumba-lumba terbesar keempat, anggota dari Delphinidae. Ia hidup di perairan beriklim sedang dan tropis di seluruh dunia.

Jenis Ikan Paus Sperma

Paus Sperma atau Paus Kepala Kotak (Physeter macrocephalus) adalah hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia. Paus ini dinamakan paus sperma karena berasal dari bahan putih susu spermaceti yang terdapat pada bagian kepalanya, dan pada awalnya dikira sebagai sperma.

Jenis Ikan Paus Sperma Kerdil

Ikan Paus Sperma Kerdil (Kogia sima) adalah salah satu dari tiga spesies yang masih ada dalam keluarga paus sperma. Mereka tidak sering terlihat di laut, dan informasi yang paling sering terdengar hanyalah terdamparnya ikan paus ini.

Nah, itulah sedikit dari ulasan artikel ini yang berjudul WOW!!! Inilah Jenis Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga tentang :

WOW!!! Inilah Jenis Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
5 (100%) 3 votes