Jenis Jenis Parasit Yang Biasa Menyerang Pada Ikan

Posted on

jenis jenis parasit

Jenis jenis Parasit – Parasit  didefinisikan sebagai organisme  yang  hidup pada organisme  lain atau inang dan mendapat  keuntungan dari inang  yang  ditempatinya,  sedangkan inang akan dirugikan. Parasit  hidup didaerah tertentu dalam tubuh inang. Parasit pada ikan berdasarkan tempat hidupnya dibedakan menjadai tiga yaitu ektoparasit, mesoparasit dan endoparasit.

EktoparasitEktoparasit

Ektoparasit adalah parasit  yang  menyerang  tubuh  ikan pada bagian  luar  seperti kulit, sirip dan insang. Beberapa contoh parasit  yang  bersifat  ektoparasit  antara lain adalah  ciliata, copepod,  monogenea, flagellata,  isopod,  dan  lintah.

EndoparasitEndoparasit

Endoparasit adalah parasit yang menyerang organ-organ dalam tubuh ikan. Seperti pada  usus,  ginjal,  hati,  otak,  dan  otot  daging.  Beberapa contoh  parasit  yang  masuk kelompok endoparasit antara lain adalah nematoda,cestoda, microsporidia, acantocephala, coccidia,  digenea, dan amoeba.

MesoparasitMesoparasit

Mesoparasit adalah parasit menginfeksi ikan dimana sebagian tubuh parasit mesoparasit  menembus  sampai  organ dalam  tubuh  inang  sedangkan  bagian  tubuh  lainnya  berada  diluar  tubuh  inang. Beberapa contoh  mesoparasit  adalah  parasit  Lernaeocera  sp.  Parasit Lernaeocera  sp hidup  pada  rongga insang  ikan  dan  dapat  menembus  jantung  ikan  untuk  mengisap  darah

Baca juga artikel tentang:

Jenis Jenis Parasit Yang Biasa Menyerang Pada Ikan
5 (100%) 3 votes