Manfaat Ikan Manyung, Si Bahan Pembuat Ikan Asin Jambal Roti

Posted on

Semuaikan.com – Ikan manyung ini cukup luas yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Manfaat yang paling besar dari ikan manyung ini adalah sebagai ikan konsumsi, bahan pangan dan bahan untuk campuran produk makanan lainnya.

Manfaat Ikan Manyung Untuk Kesehatan Tubuh Manusiaikan manyung

Ikan Manyung bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber protein hewani yang bagus untuk pengidap kolesterol karena kandungan lemak Baik (HDL) nya lebih tinggi daripada lemak Jahat (LDL) nya.

  • Mencegah Stroke

Stroke merupakan hasil dari gumpalan dalam arteri otak. Tanpa pasokan oksigen yang cukup, otak tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika aliran oksigen rusak dapat menyebabkan hilangnya persepsi sensorik, kerusakan otak, kelumpuhan, atau bahkan kematian bisa terjadi. Ikan manyung ini berkhasiat juga untuk mencegah stroke.

  • Mengatasi Masalah Kekurangan Gizi

Nilai gizi yang terdapat pada ikan manyung tergolong cukup tinggi. Kandungan gizi yang tinggi dalam ikan manyung ini, memberikan manfaat yang begitu besar untuk kesehatan manusia dan mencegah dari penyakit seperti: stroke, kolesterol dan jantung. Minyak dalam ikan Manyung ini mempunyai kandungan Omega-3 yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia yang karena mengandung lemak yang berkolesterol rendah, sehingga jika ikan ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak akan menyebabkan kelebihan kolesterol dan tentunya aman untuk kesehatan manusia.

  • Mengobati Radang Kulit

dermatitis atau Radang kulit adalah suatu gejala penyakit pada kulit saat jaringan terinfeksi oleh virus atau bakteri. Penyakit ini tidak dapat di derita seumur hidup. Penyakit ini hanya akan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman serta mengurangi penampilan diri. Kombinasi antara pengobatan medis dan  pengobatan tradisional akan menghilangkan penyakit radang kulit. Hal inilah, sebabnya kenapa kalian harus mulai tertarik dengan manfaat Ikan manyung untuk kesehatan kulit ini.

  • Meningkatkan Selera Makan

Banyak sekali berbagai macam olahan berbahan dasar ikan manyung. Diantaranya ialah olahan ikan asin yang dikenal dengan sebutan “jambal roti”. Istilah “jambal roti” muncul karena ikan manyung asin yang telah di goreng tekstur dagingnya rapuh seperti rapuhnya roti panggang. Potensi lain yang terdapat pada ikan ini dapat dijadikan sebagai abon dan juga bagian kepala ikan manyung dapat di buat gulai yang merupakan makanan khas pantai utara Jawa (Pantura), selain itu telur ikan manyung pun dapat dijadikan pepes. Dari beraneka ragam makan yang dapat di olah dari bahan dasar ikan manyung seperti di atas bermanfaat dapat meningkatkan selera makan.

  • Meningkatkan Trombosit

Trombosit juga sering disebut sebagai Platelet atau keping darah yang merupakan sel-sel berbentuk oval kecil yang dibuat di sumsum tulang. Trombosit memiliki fungsi membantu dalam proses pembekuan. Ketika pembuluh darah pecah, trombosit berkumpul di daerah dan membantu menutup kebocoran. Khasiat ikan manyung ini ternyata dapat meningkatkan trombosit.

  • Menurunkan Obesitas

Obesitas merupakan kelebihan berat badan. Orang yang mengalami obesitas akan kurang lincah dalam bergerak dan mudah capek. Untuk menurunkan obesitas anda perlu makan-makanan yang rendah lemak, dan mudah di cerna. Tapi anda tenang saja, Ikan manyung dapat menjadi solusi dalam menurunkan obesitas.

  • Menurunkan Gejala Diabetes Mellitus

Kencing Manis atau Diabetes Mellitus penyakit ini terjadi karena adanya gangguan pada sistem metabolisme tubuh, yaitu dimana tubuh tidak dapat mempergunakan untuk mengubah gula darah menjadi energi atau Pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin. Penyakit ini disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis, pola makan yang tidak teratur serta jarang olah raga. Untuk menurunkan atau meringankan penyakit kronis ini, Ikan Manyung dapat dijadikan sebagai salah satu obat alternatif mengingat ikan manyung kaya akan protein.

  • Meringankan Penderita Osteoarthritis

Degeneratif sendi atau Artritis Degeneratif atau Osteoarthritis merupakan penyakit yang menyerang sendi. Dimana keadaan sendi terasa nyeri diakibatkan oleh inflamasi ringan yang timbul karena adanya gesekan diantara ujung-ujung tulang penyusun sendi. Penyakit ini memiliki gejala sederhana seperti nyeri pada lutut ketika naik tangga atau bangun dari jongkok. Jadi kalian harus ketahui lebih dini bila anda memiliki gejala penyakit ini. Ikan Manyung dapat meringankan penyakit osteoarhritis, karena ikan manyung dapat menghilangkan nyeri sendi dan memperbaiki tulang yang rawan.

Produk Olahan Ikan Manyung

Ikan manyung dengan nama latin Arius Thalassinus mampu dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan seperti ikan asin jambal roti, dengan bagian kepalanya bisa digulai, dimangut, ataupun diasap yang menjadi makanan khas wilayah Pantura.

Istilah “jambal roti” sendiri muncul karena ikan manyung asin yang telah digoreng tekstur dagingnya rapuh seperti rapuhnya roti panggang. Selain dapat diolah, kantung udara ikan manyung juga dapat diperjual belikan untuk dikonsumsi serta telurnya dpat dijadikan telur pepes ikan manyung.

Ikan manyung biasanya diolah secara tradisional, baik yang didapatkan melalui hasil tangkapan nelayan ataupun dari hasil budidaya ikan manyung. Kandungan gizi yang tinggi dalam ikan manyung memberi manfaat yang begitu besar untuk kesehatan serta mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti kolesterol, stroke dan jantung. Minyak ikan manyung banyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Berikut Tabel Kandungan Gizi Ikan Manyung:tabel kandungan gizi ikan manyung

Demikian sedikit pembahasan mengenai Manfaat Ikan Manyung, Si Bahan Pembuat Ikan Asin Jambal Roti semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga artikel tentang:

Manfaat Ikan Manyung, Si Bahan Pembuat Ikan Asin Jambal Roti
5 (100%) 3 votes