Morfologi dan Klasifikasi Ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)

Posted on

cucut2

semuaikan – Ikan cucut memiliki gigi yang banyak, tajam dan runcing serta berbaris condong kedalam sehingga mangsa yang sudah di terkamnya susah untuk melepaskan diri. Cucut hidup di paisan air bagian atas atau permukaan air. Ikan cucut merupakan pemakan ikan segala sesuatu yang bisa dimakan (omnivora). Makanan ikan cucut tidak terbatas mulai dari ikan kecil, ikan besar, kepiting, cumi-cumi, penyu, duyung dan segala sisa makanan yang dibuang oleh kap al kelaut. Ikan cucut bahkan mampu memakan jenisnya sendiri (kanibalisme).

Klasifikasi Ikan Cucut

Adapun kalsikasi ikan cucut adalah sebagai berikut  menurut  Last dan Stevens, (1994) :

cucut1

Kingdom: Animalia
Phylum; Chordata
Sub Fillum: Vertebrata
Kelas: Chondrichthyes
Sub Kelas: Elasmobranchii
Sub Ordo; Euselachii
Ordo: Carcharhiniiformes
Famili: Carchahinidae
Genus; Rhizoprionodon
Spesies: Rhizoprionodon acutus
Nama Inggris; Milk shark
Nama local: Hiu Pisangan

 

Morfologi Ikan Cucut

Dinas Perikanan dan Kelautan Cilacap (2003), mengatakan ikan cucut memiliki ciri morfologi antara lain :

  1. Beberapa ikan cucut hampir mempunyai bentuk tubuh yang relatif sama yaitu fusiform, kecuali beberapa famili seperti famili Rhinidae, Rhynchobatidae, Sphymidae dan Squantinidae.
  2. Bentuk kepala meliputi : panjang kepala, bentuk moncong, bentuk mulut, besar dan kecil mata, letak mata, gigi, ada tidaknya spirakel, dan ada tidaknya labial furrow.
  3. Bentuk sirip meliputi bentuk sirip (kerucut atau membulat) panjang dan lebar sirip, keberadaan sirip (dorsal (1,2), pectoral, anal dan caudal fin), jarak antara sirip, dan lain sebagainya.
  4. Ada tidaknya anterior dan inner margin ikan cucut pada sirip, panjang predorsal, panjang precaudal ada tidaknya precaudal pit dan lain sebagainya.

 

Baca juga artikel tentang :

 

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Cucut (Rhizoprionodon acutus)
Rate this post