Kultur Phytoplankton Pada Bak Beton

Posted on

Semuaikan – Phytoplankton sangat berperan penting sebagai kebutuhan hidup zooplankton, selain sebagai pakan zooplankton. Phytoplankton berfungsi sebagai peneduh media, penstabil kualitas air dan pakan zooplankton. Phytoplankton membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis (memproses makanannya sendiri) untuk kelangsungan hidupnya.

 

Persiapan Media

Wadah yang digunakan untuk kultur Nannochloropsis sp adalah bak beton berkapasitas 12 ton. Sebelum digunakan terlebih dahulu disterilisasi menggunakan larutan kaporit, kemudian dinding dan lantai disiram sampai merata dan diamkan selama 10 menit. Bak langsung digosok menggunakan spon atau sikat, setelah bersih langsung dibilas menggunakan air tawar lalu dikeringkan.

 

Penebaran Bibit Dan Pemeliharaan Phytoplankton

Kegiatan awal adalah memasukkan air laut dengan penyaringan menggunakan filterbag sebanyak 2 lapis, kemudian isi air laut sebanyak 8 ton dan tambahkan bibit sebanyak 2 ton sampai air terlihat pekat. Setelah volume air terisi untuk selanjutnya pemberian pupuk dengan dosis pupuk yang diberikan yaitu terdapat pada tabel berikut.

Tabel Jenis-Jenis Pupuk yang Digunakan Untuk Kultur Nannochloropsis sp

Jenis pupuk Banyaknya pupuk yang

digunakan ( gr )

ZA 300
UREA 300
TSP 100

 

Pupuk sebelum diberikan, terlebih dahulu dilarutkan, pengenceran pupuk dilakukan satu persatu dalam wadah. Setelah diencerkan semua kemudian pupuk ditebar menggunakan gayung secara merata. Pada media kultur Nannochloropsis sp. Pemeliharaan harus selalu diperhatikan, jangan sampai ada benda atau sesuatu yang masuk kemedia, karena akan mengurangi kepadatan dan mengganggu pertumbuhan. Nannochloropsis sp dapat digunakan setelah berumur 4-5 hari. Data kecerahan dapat dilihat pada Tabel berikut.

Tabel Kecerahan Air Dalam Wadah Kultur Nannochloropsis sp

Pengamatan Hari ke Kecerahan(cm)
1 1 50
2 2 40
3 3 30
4 4 25
5 5 20

 

Kepadatan dari Nannochloropsis sp terus meningkat hal ini terlihat dari data yang dihasilkan, peningkatan terus terjadi pada awal kultur sampai pada hari ke 4  dan hari ke 5 kultur dilakukan.

 

Baca juga artikel tentang :

Kultur Phytoplankton Pada Bak Beton
Rate this post