Mengenal Ikan Lepu Batu Yang Beracun di Lautan

Posted on

ikan lepu batu

Ikan Batu -Salah satu jenis ikan lepu yang yang paling menakutkan bagi manusia adalah ikan lepu batu. Hampir sebagian besar ikan lepu sangat pandai menyamarkan dirinya. Ada beberapa jenis ikan lepu yang sangat umum diperairan yang dangkal atau wilayah terumbu yang dangkal, dan mereka biasa menempatkan dirinya diantara batu batuan dan karang laut.

Deskripsi Ikan Lepu Batuikan batu

Lepu adalah sekelompok spesies ikan laut yang beracun dan merupakan spesies ikan predator. Ketika berburu, lepu batu akan diam dengan menyamarkan dirinya diterumbu karang, ketika masanya sudah mulai mendekat lepu batu dengan reflex yang begitu cepatnya mereka menerkam mangsanya dan menelan mangsanya hidup-hidup sekaligus. Lepu batu terkenal karena durinya yang memiliki racun neurtoksin.

Habitat Ikan Lepu Batulepu batu

Ikan Lepu Batu berada di bebatuan karang wilayah Indo-Pasifik. Ada beberapa spesies juga ditemukan di pantai timur Atlantik dari Long Island sampai Florida. Banyak sekali ragam biota laut yang tinggal di terumbu karang, dan hampir semuanya indah dan memiliki beragam warna. Salah satunya adalah Lion Fish atau disebut juga Ikan Lepu Ayam yang merupakan kerabat dari ikan lepu batu.

Ketika kita sedang menyelam dilautan hendaklah hati-hati dengan ikan lepu batu dan ikan lepu ayam karena jika menyentuh ikan ini, sirip dan durinya sangat beracun bila menusuk kulit. Sengatan dari ikan lepu ini sangat menyakitkan bagi manusia dan dapat menyebabkan pusing, demam, mual, muntah, kesulitan bernafas, kejang-kejang, Akan tetapi tidak menyebabkan kematian. Area yang terkena sengatan ikan lepu akan berwarna kemerahan dan terasa seperti ditusuk-tusuk. Para penyelam jelas harus mewaspadai ikan ini. Biasanya ikan lepu berada di kedalaman laut sekitar 20-50m.

Racun Ikan Lepu Batu

Racun yang di hasilkan ikan ini merupakan jenis racun heat-labile. Berarti racun ikan ini akan hilang bila terkena panas. Jadi jika ada manusia yang terkena racun ikan lepu, cara mengobatinya dengan merendam bagian yang terkena sengatan ikan lepu dengan air hangat yang suhunya kira-kira 45 derajat C⁰, jangan terlalu panas karena kulit dapat melepuh. Lama perendaman kira-kira 30-90 menit.

Baca juga artikel tentang:

Mengenal Ikan Lepu Batu Yang Beracun di Lautan
5 (100%) 1 vote