Pengertian Tingkat Keasaman/pH Beserta Contoh Alat Ukurnya

Posted on

Semuaikan – Bingung dengan pH? atau apa itu pH? coba searching lewat browser tapi kurang puas dengan hasil dari pengertian nya? HAHAHA. Coba deh simak Pengertian dari pH dan Beserta Alat Ukurnya, karena admin menjabarkan pengertian pH dengan semudah mungkin untuk dipahami.

Pengertian Tingkat/Derajart Keasaman (pH)

Tingkat keasaman merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen dari larutan. Air dikatakan basa apabila pH lebih dari 7 dan dikatakan asam apabila pH kurang dari 7. Secara ilmiah pH suatu perairan dipengaruhi oleh konsentrasi karbondioksida dan senyawa yang bersifat asam.

Pada siang hari fitoplankton dan tanaman air mengkonsumsi CO2 dalam proses fotosintesis yang menghasikan O2, dalam air mengkonsumsi O2 dalam proses respirasi yang menghasilkan CO2, bahwa pH turut mempengaruhi kehidupan ikan, pH air yang mendukung bagi kehidupan ikan berkisar 6,5- 7,5.

pH air yang kurang dari 6 atau lebih dari 8,5 perlu diwaspadai karena mungkin ada pencemaran diperairan tersebut, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan metabolisme dan respirasi ikan.

Berikut adalah alat-alat yang digunakan untuk mengukur pH :

Kertas Lakmus (kertas pH)

Untuk mengukur pH air anda bisa memanfaatkan alat yang mudah dan sederhana yaitu kertas lakmus. Kertas lakmus ini dapat digunakan sebagai alat pengukur pH air non elektronik.

Dengan keunggulan bila didalam air banyak lumpur atau kondisi air yang keruh dan bisa dijadikan sebagai alat untuk mengukur pH air yang lebih akurat ketika didalam air terdapat banyak lumpur.

Untuk menggunakannya anda hanya tinggal memasukkan kertas lakmus ke dalam air sekitar 5 menit kemudian anda tinggal mengangkat kertas lakmus dari dalam air dan lihat kadar pH nya.

Setelah itu anda bisa mencocokkannya dengan skala pada tempat kertas lakmus. Kemudian anda bisa mengamati perubahan pada kertas lakmus secara seksama yakni:

  1. Warna hijau berarti basa kuat
  2. Warna merah berarti asam kuat
  3. Warna kuning berarti pH netral yang berarti basa dan asam dalam kondisi seimbang yakni 5,5 hingga 6,5

pH meter

pH meter merupakan alat pengukur pH elektronik yang umum dipakai untuk air yang jernih dan tidak bercampur lumpur. Karena jika digunakan pada air yang keruh dan bercampur dengan lumpur maka pH tersebut tidak lagi akurat atau hasil ukuran akan selalu berubah-ubah, dan setiap pemakaian wajib dikalibrasi atau disetel ulang.

Untuk memakainya anda bisa mengambil air yang akan diukur kadar pH nya, setelah itu nyalakan pH meter dan masukkan pada air uji. Lalu tunggu hingga digital number pada alat tersebut tenang atau tidak berubah-ubah.

TDS Meter

TDS (Total Dissolved Solids) merupakan alat ukur pH air dengan partikel padatan yang terlarut didalam air, contoh partikel ini misalnya : aluminium, besi, mangan dll yang tidak terlihat oleh mata dan bisa secara terus menerus dipantau dan ditempel pada dinding.

TDS meter ini begitu tepat apabila digunakan untuk mesin pengolah air minum, sehingga TDS air yang diolah senantiasa terjaga kualitasnya karena dapat dipantau dengan mudah. Alat pengukur pH air ini bisa mengukur jumlah padatan yang terlarut dalam air dengan satuan mg/L (ppm) yang ditampilkan berupa angka digital.

 

Baca Juga artikel tentang :

Save

Save

Save

Save

Pengertian Tingkat Keasaman/pH Beserta Contoh Alat Ukurnya
Rate this post