Pengertian Suhu Beserta Alat Ukurnya

Posted on

Semuaikan – siapa sih yang yang gak tau tentang suhu??? bukan suhu dengan arti yang berbeda ya atau biasa kebanyakan orang mengenal suhu dengan arti “guru” tapi bukan itu maksud admin. Suhu yang admin maksud itu seperti suhu ruangan, suhu pada kolam ikan, suhu pada manusia dll nya. karena suhu ini merupakan indikator yang penting dalam dunia perikanan.

Simak baik-baik ya pengertian suhu nya 😀

 

Pengertian Suhu

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat ketika ingin mengukur suhu cenderung dengan menggunakan indera peraba dan indera perasa (sama seperti admin waktu pkl dulu ketika teknisi admin ingin mengukur suhu dia mencelupkan jari telunjuknya kedalam air lalu mengeluarkan jarinya dari air dan berkata “Suhu air nya 27°C dan ketika admin mengukur suhu airnya menggunakan thermometer dan benar suhu airnya adalah 27⁰C). Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.

Suhu juga mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kelarutan oksigen di dalam air, apabila suhu air naik maka kelarutan oksigen di dalam air menurun. Ikan-ikan tropis tumbuh baik pada suhu 25 °C – 32 °C. Suhu juga mempengaruhi sirkulasi air, sebaran ikan, daur kimia dan sebaran sifat-sifat fisik air lainnya.

Suhu mempengaruhi aktivitas metabolisme organisme, karena itu penyebaran organisme baik di lautan maupun di perairan tawar dibatasi oleh suhu perairan tersebut. Suhu juga sangat berpengaruh terhadap kehidupan dan pertumbuhan ikan.

Secara umum laju pertumbuhan ikan meningkat sejalan dengan kenaikan suhu, dan dapat menekan kenaikan ikan bahkan dapat menyebabkan kematian terhadap ikan bila terjadinya perubahan suhu secara ekstrim. Kisaran suhu optimum untuk kehidupan ikan adalah 25ºC -52 °C.

Bila suhu air rendah ikan akan kehilangan nafsu makan, sebaliknya bila air suhu terlalu tinggi ikan akan stres dan bahkan mati kekurangan oksigen. Bila suhu rendah maupun terlalu tinggi dapat membahayakan ikan, karena beberapa patogen atau parasit berkembang baik pada suhu tersebut.

 

Berikut adalah alat-alat yang digunakan untuk mengukur suhu :

Termometer Laboratorium

Termometer ini menggunakan cairan raksa atau alkhohol. Jika cairan bertambah panas maka air raksa atau alkhohol akan memuai sehingga skalanya bertambah(semakin tinggu suhu makan semakin naik pula skala air raksanya).

Agar termometer sensitif terhadap suhu maka ukuran pipa harus dibuat kecil dan agar peka terhadap perubahan suhu maka dinding termometer dibuat setipis mungkin dan bila memungkinkan dinding dibuat dari bahan yang konduktor (bahan yang dapat menghantarkan energy listrik maupun energy kalor, baik berupa zat padat, cair atau gas dengan baik).

 

Termometer Klinis

Termometer ini khusus digunakan untuk mendiaknosa suatu penyakit dan bisanya diisi dengan air raksa atau alkhohol. Termometer ini mempunyai lekukan sempit diatas wadahnya yang berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu yang ditunjukkan setelah dilakukan pengukuran tidak berubah setelah termometer diangkat dari badan pasien. Skala pada termometer ini antara 35°C sampai 42°C.

 

Termometer Ruangan

Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada suatu ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lainnya, Namun skalanya saja yang berbeda. Skala termometer ini antara -50°C sampai 50°C

 

Termometer Digital

Termometer digital mempunyai prinsip kerja sama dengan termometer yang lainnya yaitu pemuaian. Pada termometer digital ini menggunakan logam sebagai sensor suhunya yang kemudian memuai dan pemuaiannya ini akan diterjemahkan oleh rangkaian elektronik dan ditampilkan dalam bentuk angka yang langsung bisa dibaca.

 

Termokopel

Termokopel (Thermocouple) adalah jenis sensor suhu yang digunakan untuk mengukur suhu melalui dua jenis logam konduktor yang berbeda dan digabung pada ujungnya sehingga menimbulkan efek “Thermo-electric”.

 

Baca juga artikel tentang :

Save

Save

Save

Pengertian Suhu Beserta Alat Ukurnya
Rate this post