Kenalan Yuk??? Sama Ikan Aligator Gar (Atractosteus Spatula)

Posted on

Ikan Aligator – Banyak sekali sebutan untuk ikan yang satu ini seperti Aligator fish, ikan alligator gar, ikan spatula, ikan aligator spatula ataupun ikan buaya. Ikan ini bukan asli ikan Indonesia tetapi berasal dari benua Amerika. Ikan alligator tergolong unik dalam dalam banyak hal. Ikan ini memiliki bentuk tubuh memanjang silindris menyerupai torpedo. Sirip punggung dan sirip analnya terletak pada bagian tubuh belakang dan posisinya hampir berlawanan. Mulutnya bermoncong panjang dengan gigi-gigi tajan dan mirip moncong buaya. Oleh sebab itu ikan aligator kadang juga disebut sebagai ikan buaya. Ikan bergigi tajam ini dilindungi sisik tebal yang berfungsi sebagai perisai. Ikan alligator umumnya berwarna cokelat atau kehijauan pada bagian atas tubuhnya, Namun ada pula beberapa jenis ikan aligator memiliki totol berwarna hitam pada bagian tubuhnya.

Klasifikasi Ikan Aligator

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub-Filum: Craniata
Class: Actinopterygii
Sub-Class: Neopterygii
Ordo: Amiiformes
Famili: Lepisosteidae
Genus: Atractosteus
Spesies: Atractosteus Spatula

Morfologi Ikan Aligator

  • Ikan aligator berbentuk seperti terpedo yakni memanjang silindris
  • Ikan aligator ini memiliki ciri khas yaitu mulutnya seperti mulut buaya, yakni bermoncong dan bergigi tajam
  • Warna pada ikan aligator pada umumnya berwarna coklat atau kehijauan pada bagian atas tubuhnya, dan dibagian bawah tubuhnya berwarna putih terang
  • Ikan bermoncong buaya ini dilindungi sisik tebal yang berfungsi sebagai perisai
  • Sirip punggung dan sirip analnya terletak pada bagian tubuh belakang dan posisinya hampir berlawanan

Tips Memelihara Ikan Aligator Gar

Penghobi ikan hias biasanya memelihara ikan aligator di akuarium. Karena akan lebih indah jika dilihat dari samping, dan ternyata ikan ini mempunyai perilaku yang tidak terlalu agresif. Namun akuarium yang akan digunakan sebaiknya berukuran cukup besar, agar ikan aligator gar bisa berenang lebih bebas di dalamnya mengingat ukuran tubuhnya yang cukup panjang.

Namun, bagaimanakah cara memelihara ikan aligator yang baik dan  benar? Berikut ini faktor-faktor perawatan ikan aligator gar yang harus kalian perhatikan!

  1. Akuarium Yang Berukuran Cukup Luas

Untuk memelihara ikan aligator harus menggunakan akuarium yang proporsional terhadap ukuran tubuhnya. Ukuran standarnya 90 x 45 x 45 cm. Jiak semakin luas ukuran akuarium tersebut, maka semakin bagus pula untuk digunakan karena memungkinkan ikan dapat berenang lebih bebas. Akuarium yang berukuran lebih besar juga dipercaya mampu mempercepat pertumbuhan ikan aligator.

  1. Air Yang Bersih

Yang jelas semua ikan senang hidup diperairan yang bersih. Akan tetapi untuk ikan buaya, ikan ini cukup tolerir terhadap kondisi air yang buruk sekalipun. Sehingga kalian bisa mengganti air di akuarium setiap 1 bulan sekali. Sedangkan untuk temperatur air yang ideal bagi ikan aligator berkisar antara 20-25⁰.

Sebelum kalian melakukan proses penggantian air akuarium, sangat disarankan untuk mengendapkan air tersebut selama 1 hari terlebih dahulu. Tujuannya agar air tersebut terbebas dari kandungan kaporit ataupun mikrooragnisme lain yang dapat menjadi virus. Jangan lupa untuk menambahkan cairan methylene blue dan larutan antikaporit untuk membantu memurnikan air.

  1. Pakan Yang Bervariasi

Ikan aligator gar merupakan ikan karnivora. Berarti, ikan ini mencukupi kebutuhan nutrisinya hanya dengan mengkonsumsi daging. Pakan yang bisa kalian diberikan ke ikan aligator misalnya seperti ikan-ikan kecil, udang, cacing, jangkrik, katak ataupun cacing. Namun jika kalian sering memeberi makan ikan aligator gan dengan cacing, seringkali aka menyebabkan akuarium cepat kotor. Sebisa mungkin, pakan yang akan kalian diberikan ke ikan buaya ini masih dalam kadaan hidup, karena jika pakan dalam keadaan hidup potensi dimakannya ikan hidup jauh lebih besar bila dibandingkan pakan yang mati berupa pelet. Pakan diberikan sebanya dua kali sehari dengan porsi yang secukupnya.

  1. Aksesoris Untuk Menciptakan Ekosistem Yang Mirip Dengan Habitat Aslinya

Agar ikan spatula dapat menyesuaikan diri dengan habitatnya diakuarium, kalian bisa menambahkan aksesoris yang sesuai dengan ikan spatula. Perlu kalian ketahui, habitat ikan spatula berada di sepanjang sungai dangkal yang ditumbuhi dengan tanaman air. Jadi aksesoris yang bagus di antaranya seperti batu, tanaman air, kayu dan pasir.

  1. Dapat Dipelihara Bersama Ikan Hias Lainnya

Meskipun Aligator fish merupakan predator yang buas, tapi ikan ini dapat dipelihara didalam akuarium bersama ikan hias lainnya. Asalkan ikan hias lain tersebut memiliki ukuran tubuh yang setara dengan ikan buaya kalian, atau bahkan ukuran tubuhnya lebih besar. Nah berikut contoh ikan hias yang dapat dipelihara bersama ikan aligator misalnya ikan naga, ikan sembilan, dan ikan hiu air tawar.

Baca juga artikel tentang :

Save

Kenalan Yuk??? Sama Ikan Aligator Gar (Atractosteus Spatula)
5 (100%) 3 votes