Ikan Arapaima Gigas, Ikan Sungai Air Tawar Amazon Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup di Dunia Sampai Sekarang

Posted on

Ikan Arapaima Gigas -Pirarucu, atau Paiche, adalah ikan air tawar terbesar di dunia yang masih hidup dan merupakan Binatang purba yang masih hidup sampai sekarang. Arapaima ini menjadi salah satu ikan air tawar yang berukuran terbesar di dunia. Arapaima ini adalah keluarga ikan Arowana yang populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Ukuran tubuh Ikan Arapaima dapat mencapai panjang sekitar 3 m dengan bobot lebih dari 200 kg atau bahkan lebih. Populasi Arapaima Gigas ini mulai terancam, karena para kolektor ikan eksotis terus memburu ikan ini untuk dijadikan salah satu peliharaan pribadinya. Di Amerika Selatan, ikan ini sering ditangkap terutama sebagai bahan ekspor, selain itu masyarakat lokal juga mengkonsumsi ikan ini, dan akibatnya populasi Ikan Arapaima Gigas ini semakin menyusut dan jarang ditemui di habitat aslinya.

Karena ukuran tubuh yang besar dan Arapaima sering muncul di permukaan air untuk bernafas, membuat ikan ini mudah ditangkap. Ikan ini memiliki ketergantungan pada udara permukaan yang membuat ikan ini sering muncul kepermukaan air untuk bernapas. Selain insang, ikan ini mempunyai kantung kemih berenang yang dimodifikasi dan diperbesar, terdiri dari paru-patu dan seperti jaringan, yang memungkinkan Arapaima untuk mengekstrak oksigen dari udara secara langsung. Hal Ini, merupakan proses adaptasi terhadap kondisi dan sering terjadi dari Sungai Amazon. Kondisi ini membuat Ikan Arapaima Gigas naik ke permukaan untuk bernafas setiap 5 sampai 15 menit.

Pemerintah Brazil telah melarang masyrakat untuk menangkap ikan ini karena populasinya semakin sedikit. Memancing ikan ini diperbolehkan hanya di daerah terpencil atau pedalaman tertentu di lembah Amazon, penangkapan diperbolehkan hanya untuk dikonsumsi oleh penduduk setempat. Ikan Arapaima Gigas merupakan ikan predator dan ikan ini memangsa ikan yang berukuran lebih kecil, krustasea, katak serta beberapa binatang darat yang kebetulan masuk ke dalam air seperti jangkrik ataupun hewan darat lainnya.

Arapaima Gigas akan bertelur selama berbulan-bulan ketika tingkat mulai air rendah ataupun mulai meningkat. Mereka akan membangun sarang sekitar dengan panjang 50 cm dan lebar 15 cm, biasanya di daerah dipercaya berlumpur. Ketika nusim banjir biasanya telur akan menetas. Oleh karena itu, proses pemijahan hanya terjadi pada musim banjir saja. Ikan Arapaima Gigas Jantan sama seperti ikan arwana jantan, yang berarti Arapaima Gigas muda dilindungi dalam mulutnya sampai mereka dapat mencari makan sendiri. Sedangkan Arapaima betina membantu melindungi sang jantan dan anak-anaknya dengan cara mengelilingi mereka dan mengusir para predator potensial yang akan memangsa sang jantan.

Ikan Arapaima Gigas lebih populer sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar yang dipelihara oleh para kolektor ikan eksotis. Tempat yang dibutuhkan untuk memelihara ikan ini merupakan sebuah akuarium yang berukuran sangat besar, agar tidak membuat ikan ini mudah stress.

Klasifikasi Ikan Arapaima

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Class: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Famili: Osteoglossidae
UpaFamili: Heterotidinae
Genus: Arapaima
Spesies: A. Gigas

Morfologi Ikan Arapaima

  • Ukuran tubuh Arapaima bisa mencapai panjang sekitar 2,5 m dengan bobot lebih dari 100 kg
  • Ikan arapaima memiliki tipe sisik cikoid
  • Sisik ikan ini terdiri dari beberapa lapisan, yang berturut-turut atau rapi
  • Pertumbuhan sisik ini hanya pada bagian bawah, sedangkan pada bagian atas tidak terdapat sel-sel hidup yang menutupi permukaan
  • Pada setiap sisiknya terdapat warna merah menyala dibagian belakang tubuh ikan arapaima
  • Sirip dada agak besar dan membulat
  • Umumnya arapaima memiliki warna hijau keperakan
  • Memiliki sirip punggung yang panjang hampir 1/3 dari panjang tubuhnya
  • Memiliki sirip dubur yang sama panjang dengan sirip punggung
  • Bentuk kepala lonjong dan memanjang

Baik itulah sedikit ulasan tentang Ikan Arapaima Gigas, Ikan Sungai Air Tawar Amazon Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup di Dunia Sampai Sekarang semoga artikel ini dapat menambah sedikit wawasan kita tentang Ikan Arapaima Gigas.

Baca juga artikel tentang :

Ikan Arapaima Gigas, Ikan Sungai Air Tawar Amazon Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup di Dunia Sampai Sekarang
4.3 (86.67%) 3 votes