Mengenal Ikan Barakuda Siikan Laut Yang Berbahaya

Posted on

barakuda5

Semuaikan – Ikan barakuda atau Ikan Alu-alu dikenal dengan ikan yang berwujud menyeramkan dan bertubuh besar yang sampai panjang tubuh 6 kaki dan lebar tubuh sampai 1 kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang sangat halus. Ikan barakuda dapat ditemukan di perairan tropis dan sub tropis diseluruh dunia.

Ikan barakuda adalah salah satu predator yang paling sengit diperairan tropis. Mereka akan melingkari ikan-ikan kecil hingga ikan-ikan kecil tersebut membentuk sebuah kelompok dan membuat ikan-ikan kecil tersebut ketakutan, pada saat yang bersamaan ikan barakuda akan menyelam kedalam gerombolan ikan-ikan kecil lalu barakuda akan memangsa ikan-ikan kecil tersebut yang sedang berada dalam ketakutan.

Ikan barakuda memiliki mulut yang panjang dan mempunyai gigi yang besar dan tajam seperti pisau.tubuhnya yang kuat dan ramping membantu barakuda untuk memungkinkan memburu mangsanya dengan mudah. Barakuda melakukan perjalnan yang jauh untuk mencari mangsanya. Barakuda biasanya memangsa ikan-ikan kecil seperti ikan belanak dll.

Klasifikasi ikan barakuda

Berikut adalah klasifikasi dari ikan barakuda :

barakuda5

Domain: Eukaryota
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub-filum: Vertebrata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Subordo: Sphyraenoidei
Famili: Sphyraenidae
Genus: Sphyraena
Scientific name: Sphyraena jello
Nama Inggris: Banded Barracuda
Nama Lokal: Ikan Barracuda

 

Morfologi ikan barakuda

barakuda1

  • Tubuhnya ditutupi oleh sisik yang halus
  • Ikan barakuda memiliki tipe sisik ctenoid
  • Mulut barakuda berbentuk superior
  • Benuk ekor barakuda yaitu forked
  • tidak memiliki adipose
  • Dorsal fin : 2
  • total spines : 6 – 6
  • total soft-rays : 9 – 9
  • Anal fin : 1,
  • total spines : 2 – 2
  • total soft-rays : 7 – 9

Habitat Ikan Barakuda

Ikan barakuda biasa ditemukan di permukaan atau dekat permukaan air. Ikan-ikan muda biasanya sering membentuk sekumpulan kelompok kecil, yang berada di tepi karang dan diatas tempat-tempat dangkal. Ikan barakuda termasuk ikan carnivora yang dimana makanannya utamanya ialah ikan-ikan kecil, cumi- cumi dan udang.

Barakuda termasuk jenis ikan pelagis. Barakuda muda biasanya berada di daerah Bakau, dan terumbu karang bagian dalam. Barakuda dewasa tersebar luas dari leas pantai sampai kelaut lepas. Ikan ini bersifat Soliter namun bisa juga ditemukan dalam gerombolan kecil.

Tips Memancing Ikan Barakudaumpan ikan barakuda

Teknik atau cara memancing ikan barakuda cukup mudah, karena ia merupakan ikan carnivora yang selalu kelaparan. Kita tidak perlu menggunakan jenis umpan racikan ketika memancing ikan yang cukup agresif ini. Kita cukup menggunakan umpan tiruan atau imitasi seperti minnow, spon garpu, cumi-cumi dan masih banyak lagi. Pemakaian umpan ikan barakuda secara buatan tersebut bisa dikatakan lebih dari cukup dan sudah bisa mendapatkan ikan yang cukutp besar. Untuk menaklukkan ikan barakuda atau ikan alu-alu bisa memakai teknik casting dan trolling dengan posisi umpan agak sedikit melayang-layang ke permukaan air. Strategi memancing ikan barakuda dengan kedua teknik tersebut tentu mempunyai alasannya, karena mengingat kebiasaan ikan alu-alu yang selalu mencari mangsanya ketika berada ditempat-tempat yang terang ataupun berada dipermukaan air.

 

Baca juga artikel tentang :

Mengenal Ikan Barakuda Siikan Laut Yang Berbahaya
5 (100%) 2 votes