Teknik dan Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawal di Kolam Terpal Untuk Pemula Agar Cepat Panen!!!

Posted on

gambar ikan bawal

Budidaya Ikan Bawal – Peluang usaha Budidaya ikan bawal di kolam terpal menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Ikan bawal sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi dan banyak diolah di berbagai warung makan sebagai masakan ikan bawal goreng, ikan bawal goreng, ikan bawal asam manis, masakan ikan bawal bumbu kuning, ikan bawal saus tiram, bumbu ikan bakar bawal, pepes ikan bawal, aneka masakan ikan bawal, resep sup ikan bawal, resep ikan bawal saus kecap, resep pepes ikan bawal, sop ikan bawal, bumbu pepes ikan bawal dan masih banyak lainnya.

Klasifikasi Ikan Bawalklasifikasi ikan bawal

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Sub-Filum: Craniata
Class: Pisces
Sub-Class: Neopterigii
Ordo: Cypriniformes
Sub-Ordo: Cyprinoidea
Famili: Characidae
Genus: Colossoma
Species: Colossoma macropomum

Morfologi Ikan Bawalmorfologi ikan bawal

  • Bentuk tubuh ikan bawal bulat (oval) dan pipih
  • Sisiknya berbentuk ctenoid
  • Warna tubuh bagian ata berwarna abu-abu gelap, sedangkan bagian bawah berwarna putih
  • Pada ikan bawal dewasa, dibagian tepi sirip anus, sirip perut dan bagian bawah sirip ekor berwarna merah
  • Warna merah ini merupakan ciri khusus ikan bawal
  • Kepala ikan bawal air tawar berukuran kecil yang terletak di ujung kepala tetapi agak sedikit ke atas
  • Bawal memiliki sirip yang lengkap
  • Bentuk sirip ekor hiposerkal
  • Posisi mulut terminal dan tidak dapat di sembulkan

Usaha budidaya ikan bawal ini cukup menguntungkan karena banyaknya permintaan akan ikan bawal ini dalam kondisi segar. Sekarang sudah tidak perlu lagi lahan yang begitu luas untuk melakukan budidaya ikan bawal, karena dapat dilakukan dengan menggunakan kolam terpal. Cara budidaya ikan bawal air tawar di kolam terpal tidak membutuhkan lahan yang luas dan biaya yang mahal. Nah, berikut tahap-tahapan cara budidaya ikan bawal dikolam terpal untuk pemula yang bisa kalian lakukan.

Persiapan kolamgambar budidaya ikan bawal air tawar di kolam terpal

Budidaya ikan bawal menggunakan kolam terpal dinilai lebih efisien, dan juga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak bila dibanding kolam tanah maupun kolam semen. Kolam terpal yang sudah jadi tidak bisa digunakan secara langsung begitu saja. Kolam terpal harus diisi air dengan ketinggian 50 cm kemudian dibiarkan selama 2-3 hari. Setelah 2-3 hari, air kolam kembali diganti dan dibiarkan lagi selama 7 hari dengan ditambahkan daun papaya atau daun ketepeng sebagai antiseptic.

Pilih benih yang berkualitas bagus

Kunci sukses dalam melakukan budidaya ikan bawal di kolam terpal ialah salah satunya yaitu dari pemilihan bibitnya. Bibit ikan bawal yang dipilih harus berkualitas bagus. Ukuran bibit ikan bawal yang ideal digunakan dalam budidaya yaitu sekitar 5 sampai 12 cm.

Penebaran benih

Penebaran bibit bawal dalam kolam terpal tidak sama dengan kolam tanah. Benih ikan bawal yang ditebar paling tidak berukuran 5 sampai 12 cm. Sebelum benih ditebar, usahakan lakukan tahapan pendederan terlebih dahulu. Cara pendederan ikan bawal cukup mudah, masukan benih bawal yang berada diplastik kedalam kolam terpal gunanya untuk membiarkan benih bawal beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setelah 2 sampai 3 jam, baru kalian buka penutup plastic tersebut sambil masukan air kolam dikit demi sedikit lalu biarkan benih ikan bawal keluar dengan sendirinya dari kantong plastik.

Kepadatan ideal benih ikan bawal pada kolam terpal adalah 100-150 ekor/meter. Ketinggian air yang ideal dalam budidaya ikan bawal adalah 30 sampai 40 cm. Yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan bawal dikolam terpal adalah menjaga kualitas air agar tetap stabil.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan juga harus di perhatikan mulai dari mementukan jenis pakan, Kandungan gizi pakan, frekuensi pemberian pakan, serta jumlah pakan. Pakan yang akan dipakai yaitu berupa palet maupun pakan alternatif lainnya. Frekuensi pemberian pakan biasanya 4x dalam satu hari yaitu pagi, siang, sore, serta malam. Jumlah pakan yang dibutuhkan juga harus sesuai dengan jumlah ikan serta berat tubuh ikan. Upayakan 70% pakan yang diberikan memiliki kandungan protein bagus untuk ikan.

Pemanenan

Waktu pemanenan ikan bawal dapat dilakukan setelah ikan berumur 4 sampI 5 bulan, atau berat tubuh ikan bawal sudah mencapai 300 sampai 500 gram/ekor. Alat yang digunakan untuk membantu proses panen biasanya berupa jaring yang berdiameter lebar. Sama seperti budidaya ikan nila ataupun budidaya ikan lele mapupun budidaya ikan lainnya, panen ikan bawal juga bisa dilakukan panen secara selektif maupun panen secara total.

Dalam melakukan kegiatan budidaya ikan bawal di kolam terpal memang tidak terlalu sulit. Benih yang ditebar juga menyesuaikan dengan ukuran kolam. Biaya untuk produksi budidaya ikan bawal sendiri lebih banyak digunakan untuk pakan ikan bawal. Dalam melakukan kegiatan budidaya ikan bawal di kolam terpal air tetap harus dijaga dan diperhatikan, Agar oksigen dalam air berkualitas dan ada baiknya dilakukan pergantian air.

Demikian sedikiti ulasan tentang Teknik dan Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawal di Kolam Terpal Untuk Pemula Agar Cepat Panen!!! semoga artikle ini bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Teknik dan Cara Budidaya Ikan Bawal Air Tawal di Kolam Terpal Untuk Pemula Agar Cepat Panen!!!
5 (100%) 1 vote