Morfologi dan Klasifikasi Ikan Haring Atau Herring (Clupea harengus)

Posted on

semuaikan – Haring atau herring merupakan ikan pelagis yang kecil dan menjadi makanan predator yang lebih besar darinya. Ikan haring sering bergerak dalam kelompok yang besar pada bagian laut yang memiliki perairan yang dangkal dan dekat pantai. Ikan haring merupakan spesies ikan yang paling berlimpah jumlahnya. Secara komersial ikan haring termasuk dalam genus Clupea, utamanya terdapat di perairan beriklim sedang dan dangkal pada Samudra Pasifik Utara dan Atlantik Utara, termasuk Laut Baltik, serta lepas pantai barat dari Amerika Selatan.

Ada tiga spesies Clupea yang telah dikenali, dan memberi kontribusi yang cukup besar sekitar 90% dari seluruh penangkapan ikan haring

dalam dunia perikanan. Yang paling banyak memberi kontribusi dari semua penangkapan  adalah ikan haring atlantik, kontribusinya lebih dari separuh dari seluruh penangkapan haring. Ikan-ikan haring juga kadang ditemukan di India, di Laut Arab, Samudera Hindia dan Teluk Benggala.

Ikan haring memiliki peranan yang sangat penting dalam sejarah perikanan laut di Eropa diawal abad ke-20 dan penelitian atas ikan-ikan tersebut menjadi dasar bagi evolusi ilmu perikanan. Ikan yang berminyak ini juga mempunyai sejarah panjang sebagai suatu ikan makanan yang penting, dan seringkali diasinkan, diasapkan, atau diasamkan.

 

Klaifikasi Ikan Haring atau Herring

Adapun klasifikasi ikan haring adalah sebagai berikut :

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Clupeiformes
Famili: Clupeidae
Genus: Clupea
Spesies: C. Harengus
Nama Biomial: Clupea Harengus

 

Morfologi Ikan Haring atau Herring

  • Memiliki warna perak
  • Memiliki sirip punggung tunggal lembut yang tanpa duri
  • Tidak memiliki garis lateral
  • Memiliki rahang bawah yang menonjol
  • Memiliki bentung tubuh seperti torpedo
  • Bentuk kepala lebih kecil bila dibandingkan dengan tubuhnya

 

Baca juga artikel tentang :

Morfologi dan Klasifikasi Ikan Haring Atau Herring (Clupea harengus)
Rate this post