Inilah Ikan Paus Biru (Balaenoptera Musculus), Hewan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Posted on

inilah gambar ikan paus biru binatang purba yang masih hidup sampai sekarang

Ikan Paus Biru – Blue Whale yang memiliki nama ilmiahnya Balaenoptera musculus adalah ikan paus terbesar di dunia, dan diyakini sebagai makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di bumi dan merupakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Blue Whale adalah mamalia laut yang masuk kedalam subordo Paus Balin (Mysticeti). Ikan Paus biru mempunyai tubuh yang lonjong dan panjang dengan panjang tubuh mencapai 33 meter dan berat tubuh mencapai 181 ton atau lebih. Dengan ukurannya ini paus biru dipercaya sebagai makhluk terbesar yang pernah ada di dunia.

Pada abad 20 habitat ikan Paus Biru tersebar hampir di seluruh samudera. Ikan paus biru hampir punah setelah lebih dari 40 tahun paus-paus tersebut diburu, dan sejak tahun 1966 dilindungi oleh komunitas internasional. Diperkirakan ada 5.000 sampai 12.000 Paus Biru di seluruh dunia Pada tahun 2002 dan lokasinya terbagi dalam sedikitnya lima kelompok. Samudra Antartika merupakan populasi terbesarnya dari ikan paus biru sebelum terjadinya perburuan paus, dengan jumlah yang diperkirakan sekitar 239.000 ekor.

Warna biru kehijauan atau abu-abu dengan pembatas putih tipis mendominasi punggung ikan paus biru. Warna yang lebih terang berada di bagian perutnya. ekor dan Ujung kepala umumnya berwarna abu-abu. Ikan Paus biru memiliki bentuk kepala seperti huruf U dan pipih. Di bagian atas kepala terdapat lubang kecil yang berguna untuk membuang karbondioksida dan menghirup oksigen. Ketika bernafas, paus mengeluarkan sebuah semburan air yang seperti air mancur dengan ketinggian mencapai 12 meter. Paru-paru paus biru mampu menampung udara mencapai 5000 liter.

Indera pendengaran dan peraba paus cukup tajam. Ia mampu arah di dalam air dengan mengikuti gema suara yang dibuatnya sendiri. Selain sebagai alat untuk menentukan arah, suara yang dihasilkan dipercaya juga sebagai bentuk komunikasi antar sesama ikan paus dan untuk mendeteksi mangsa.

Beberapa dari vokalisasi mereka telah terekam sekeras 188 decibel dan suara tersebut dapat didengar sejauh 848 km! Sebagai perbandingan, suara pesawat jet yang sedang lepas landas bisa mencapai 120 decibel. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ikan paus biru adalah hewan yang mampu menghasilkan suara terkeras di dunia.

Linnaeus memberi nama ikan paus biru dengan nama genus “balaena” yang berarti “paus” dan kata Yunani pteron yang berarti “sirip” atau “sayap.” Nama spesiesnya, “musculus” berasal dari kependekan kata Latin mus yang berarti “tikus”. Kata “musculus”  dapat juga diartikan sebagai “otot”.

Hingga sekarang, pemberian nama spesies “musculus” pada blue whlae masih menjadi misteri dan hanya Linnaeus saja yang tahu alasannya. Mungkin dalam hal ini, Linnaeus telah bersepakat dengan si Shakespeare, penyair Inggris yang terkenal dengan ungkapannya, “Apalah arti sebuah nama ?”. Dalam ilmu biologi, kata “musculus” dapat diartikan sebagai “otot” atau diinterpretasikan sebagai tikus putih/mencit “Mus musculus”.

Ternyata makanan utama hewan raksasa dengan ukuran terbesar di dunia ini tidaklah sebanding dengan ukuran tubuhnya. Blue whale ternyata mempunyai makanan utama yaitu krill. Krill adalah sejenis udang kecil dengan ukuran tubuh sekitar 8-60 mm. Hewan sebesar 33 meter mempunyai makanan utama hewan dengan ukuran 8-60 milimeter. Ikan Paus biru mampu memakan krill hingga 40 juta ekor atau setara dengan 3,6 ton krill.

Spesies zooplankton ini dimakan oleh berbagai jenis ikan paus. Ikan Paus Biru juga memakan crustacea, cumi-cumi, dan ikan kecil yang secara kebetulan tersedot bersama krill. Paus biru dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Blue Whale, Sibbald’s Rorqual, Sulphur-bottom Whale, Pygmy Blue Whale. Sedangkan dalam bahasa latin, paus biru diberi nama Balaenoptera musculus.

Klasifikasi Ikan Paus Birugambar ikan paus biru hewan terbesar di dunia yang masih hidup

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Clade: Synapsida
Class: Mammalia
Ordo: Artiodactyla
Infraordo: Cetacea
Famili: Balaenopteridae
Genus: Balaenoptera
Species: B. musculus

Morfologi Ikan Paus Birugambar ikan paus biru makhluk terbesar di dunia yang pernah hidup

  • Paus biru merupakan hewan terbesar di dunia dengan panjang mencapai ±33 m dan bobot mencapai ±200 ton
  • Biasanya ukuran tubuh paus jantan lebih kecil dari pada betina
  • Spesies ini memiliki bentuk tubuh ramping dan streamline, sedangkan bentuk kepala lebar dan berbentuk huruf U ketika dilihat dari atas dan relatif rata jika dilihat dari samping
  • Terdapat alur memanjang (ridge) ditengah-tengah rostrum sampai ke lubang hidung
  • Sirip dorsal relatif kecil, bentuknya beragam dan terletak ¾ bagian dari ujung moncong ke arah ekor
  • Paus biru memiliki flipper yang panjang dan menajam
  • Warna tubuhnya abu-abu kebiruan dengan totol abu-abu atau putih keabu-abuan
  • Terkadang terdapat warna kuning atau kuning kecoklatan di sekitar perut yang disebabkan oleh diatom
  • Spesies ini terkadang melakukan lobtailing dan breaching

Berikut Beberapa Fakta Tentang Ikan Paus Biru

Mengapa Ikan Paus Biru bisa berukuran begitu besar?

Hingga saat ini, para penelitipun masih belum begitu yakin sebabnya, tapi mereka yakin secara pasti  bahwa sebesar apapun dinosaurus di zaman purba dulu, dinosaurus tersebut tidak akan pernah bisa mencapai ukuran sebesar ikan paus biru. Inilah makhluk terbesar yang pernah hidup didunia, dan masih hidup hingga kini yaitu ikan paus biru.

Salah  satu alasan penting kenapa ikan paus biru bisa mencapai ukuran besar adalah karena mereka memiliki ruang hidup yang begiu besar, kawasan yang besar untuk bebas bergerak dan menjelajah. Lebih dari 70% bumi terdiri dari lautan dan lautan merupakan habitat dari ikan paus.

Paus Biru Merupakan Raksasa sejati

Selama ribuan tahun, para pelaut jarang sekali melihat hewan terbesar ini dan kalaupun bertemu dengan paus biru, para pelaut akan langsung menghindar secepatnya karena merasa takut akan kemunculannya untuk menghndari hal yang tidak diinginkan. Tentu dapat dipahami oleh orang awam seperti kita untuk merasa was was dan takut jika bertemu dengan makhluk berukuran raksasa ini karena kita tidak tahu apa yang ia lakukan ketika bertemu dengan para pelaut.

Namun, kita semakin tahu bahwa ikan paus biru sama sekali tidak berbahaya untuk manusia, dan pada kenyataannya, mereka memiliki sedikit persamaan dengan manusia, yakni mereka adalah mamalia berdarah hangat yang harus menghirup udara.

Blue whale juga makhluk sosial dengan bahasa dan kecerdasan yang cukup kompleks. Dan yang terpenting, paus biru sama sekali bukan monster. Meskipun ukuran tubuh mereka begistu besar, mereka adalah raksasa yang lembut yang harus kita lindungi.

Ikan Paus Biru adalah Hewan Paling Besar di Dunia

Bila dibandingkan jenis makhluk di dalam laut lainnya seperti ikan hiu megalodon, ikan memang merupakan yang terbesar. Meskipun demikian, ikan ini juga termasuk yang paling besar bila dibandingkan dengan binatang darat lainnya di dunia ini. Dan jenis paus yang paling besar adalah Paus Biru ataublue whale (Balaenoptera Musculus). Panjang jenis paus in ibis amencapai 33 meter atau lebih. Sedangkan beratnya bisa mencapai 181 ton atau lebih dan setara dengan berat 1.600 orang atau 30 ekor gajah.

Ikan Paus Biru Bukanlah Jenis Ikan

Meskipun sering disebut sebagai ikan paus, Pada kenyataannya ikan paus bukan jenis ikan. Ikan Paus lebih dikelompokkan dalam binatang yang menyusui karena berbagai sifat mamalia yang ada padanya. Diantaranya seperti ia bernafas menggunakan paru-paru berbeda dengan ikan yang pada umumnya bernafas dengan insang. Paus juga berkembang biak dengan cara melahirkan dan Hewan terbesar di dunia ini pun menyusui anaknya sama seperti halnya mamalia lain. Hanya bedanya, air susu ikan paus biru memiliki bentuk yang agak padat dan sangat berlemak. Ikan Paus biru betina melahirkan 1 bayi setelah mengandung bayinya selama 1 tahun, dan berat bayi paus biru yang baru dilahirkan tersebut bobot tubuhnya sekitar 3 ton dan panjang sekitar 8 meter.

Ikan Paus BiruTermasuk Binatang Purba

Menurut hasil penelitian para ahli terhadap fosil-fosil ikan purba yang sudah ditemukan dan memperlihatkan fakta yang cukup mengejutkan, yaitu Fosil itu menunjukan bahwa ikan paus telah hadir di bumi sejak sekitar 7 juta tahun yang lalu. Dan yang lebih mengejutkan lagi, berdasarkan penelitian yang lebih dalam menemukan bahwa ikan besar ini telah hadir jauh lebih lama lagi, yaitu sejak 55 hingga 60 juta tahun yang lalu.

Demikian sedikit ulasan tentang Inilah Ikan Paus Biru (Balaenoptera Musculus), Hewan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan untuk kalian.

Baca juga artikel  tentang :

Inilah Ikan Paus Biru (Balaenoptera Musculus), Hewan Terbesar di Dunia Yang Masih Hidup Sampai Sekarang
5 (100%) 2 votes