Panduan Terlengkap Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah Yang Baik dan Benar Beserta Rumusnya

Posted on

Hama dan Penyakit ikan

Dalam budidaya ikan terdapat hama yang sangat menganggu dalam kelangsungan budidaya ikan kita. Hama ini sangat meresahkan mengingat hama ini dapat memangsa ikan kita, merusak prasarana kita, memakan pakan kita dll. Hama dibagi menjadi 2 bagian yaitu hama predator dan hama kompetitor.

Hama predator yang paling umum dalam budidaya ikan lele seperti seperti linsang, ular, biawak, musang air dan burung. Sedangkan hama kompetiror atau yang menjadi pesaing antara lain ikan mujair dan ikan sepat.

Untuk mencegah hama masuk ke dalam kolam yaitu dengan cara memasang saringan atau jaring pada jalur masuk dan keluar air atau memasang pagar di sekeliling kolam lalu pada atas kolam ditutup dengan jaring.

Penyakit pada budidaya ikan lele berasal dari protozoa, bakteri dan virus. Ketiga mikroorganisme ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang mematikan. Beberapa diantaranya adalah White Spot, perut kembung dan luka di kepala dan ekor.

Untuk mencegah munculnya penyakit infeksi adalah dengan cara menjaga kualitas air, mengontrol pemberian pakan, menjaga kebersihan kolam, dan mempertahankan suhu kolam pada kisaran 26-30°C (suhu ideal untuk budidaya ikan lele). Selain penyakit dari infeksi, ikan lele juga dapat terserang penyakit non-infeksi seperti kuning, kekurangan vitamin dan lain-lain.

Panduan Terlengkap Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah Yang Baik dan Benar Beserta Rumusnya
5 (100%) 5 votes