Pengertian Fekunditas Beserta Cara Menghitung Fekunditas

Posted on

Semuaikan – kali ini admin mau bahas tentang Fekunditas, bingungkan banyak istilah baru yang mungkin kalian dengar. Coba simak pengertian fekunditas yang mudah untuk kalian pahami.

Fekunditas

Fekunditas adalah jumlah telur yang terdapat pada induk ikan betina yang telah matang gonad dan siap untuk dikeluarkan pada proses pemijahan. Pengetahuan tentang fekunditas dalam bidang budidaya perikanan sangat penting karena untuk memprediksi berapa banyak jumlah telur yang akan dihasilkan oleh induk ikan pada waktu mijah sedangkan dalam bidang biologi perikanan untuk memprediksikan berapa jumlah stok suatu populasi ikan dalam lingkungan perairan.

Banyaknya jumlah telur yang belum dikeluarkan sebelum ikan memijah atau biasa disebut dengan fekunditas memiliki nilai yang sangat bervariasi sesuai dengan spesies ikan. Jumlah telur yang dihasilkan merupakan dari hasil pemijahan yang tingkat kelangsungan hidupnya dialam sampai menetas dan mencapai ukuran dewasa sangat ditentukan oleh faktor lingkungan. Dalam pendugaan stok ikan dapat diketahui dengan melihat tingkat fekunditasnya. Tingkat fekunditas ikan air laut biasanya relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan air tawar. Telur yang dihasilkan memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Ukuran telur dapat dilihat dan dihitung dengan diameter telur. Diameter telur merupakan garis tengah atau ukuran panjang dari suatu telur dengan mikrometer yang berskala yang sudah tertera. Pengamatan fekunditas dandiameter telur dilakukan pada ikan dengan TKG III dan IV

Di alam, pemijahan atau spawing sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan misalnya : hujan, habitat, oksigen terlarut, daya hantar listrik, cahaya, suhu, kimia, fisika air, waktu pemijahan dll. Kondisi lingkungan ini akan mempengaruhi kontrol endokrin yang akan menghasilkan hormon – hormon yang mendukung proses perkembangan gonad dan pemijahan. Faktor – faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap jumlah telur yang akan dihasilkan ketika melakukan pemijahan.

Diameter telur adalah garis tengah atau ukuran panjang dari suatu telur yang dihasilkan dan diukur dengan mikrometer berskala yang sudah ditera. Semakin meningkat tingkat kematangan gonad , maka garis tengah telur yang ada dalam ovarium semakin pula besar. Masa pemijahan setiap spesies ikan berbeda-beda, ada pemijahan yang berlangsung sangat singkat (total leptolepisawner), tetapi banyak pula pemijahan dalam waktu yang sangat panjang (partial leptolepisawner ) dan ada pula waktu pemijahan ikan yang berlangsung selama beberapa hari.

jumlah telur yang terdapat dalam ovarium induk ikan dinamakan fekunditas individu. Dalam hal ini ia akan memperhitungkan telur yang ukurannya berbeda-beda. Oleh karena itu dalam untuk memperhitungkannya harus disertakan semua ukuran telur dan masing-masing harus mendapatkan kesempatan yang sama. Bila ada telur yang jelas kelihatan ukurannya berlainan dalam daerah yang berlainan dengan perlakuan yang sama harus dihitung terpisah.

 

Rumus Menghitung Fekunditas

Hasil Fekunditas Total

Rumus : Fekunditas total (FT) = n.(Wt/Ws)

Dimana n = jumlah telur yang diambil (1000)

Wt = berat gonad total yang ditimbang (g)

Ws = berat telur 1000 yang ditimbang (g)

 

Diketahui :    n = 1000 butir telur

Wt = 4 gr

Ws = 2 gr

Maka FT = n. (Wt/Ws)

FT = 1000. (4 gr / 2 gr)

FT = 2000 butir telur

 

Hasil Fekunditas Relatif

Rumus :Fekunditas total (FR) = (n. Wt/Ws)/ BW

Dimana n = jumlah telur yang diambil (1000)

Wt = berat gonad total yang ditimbang (g)

Ws = berat telur 1000 yang ditimbang (g)

BW = bobot tubuh ikan tanpa gonad (g)

 

Diketahui :

n = 1000 butir telur

Wt = 4 gr

Ws = 2 gr

BW = 500 gr

Maka FR = n. Wt/Ws)/ BW

FR = 2000/500 gr

FR = 4 butir/ gr ikan

 

Baca juga artikel tentang :

Save

Pengertian Fekunditas Beserta Cara Menghitung Fekunditas
3 (60%) 1 vote