Pengertian Mortalitas Beserta Cara Menghitung Mortalitas Pada Ikan

Posted on

Semuaikan – Mortalitas itu apa sih? Langsung bingungkan pas ditanya kaya gitu sama orang lain? Mau jawab A takut salah, mau jawab B juga takut salah juga? Eh pas giliran dijawab ternyata memang salah kan jadi malu nantinya wkwkwk

Pengertian Mortalitas

Mortalitas didefinisikan sebagai jumlah individu yang hilang atau mati selama satu interval waktu tertentu. Dalam dunia Perikanan mortalitas dibedakan menjadi dua mortalitas penangkapan (F) dan kelompok yaitu mortalitas alami (M). Mortalitas alami adalah mortalitas yang disebabkan oleh faktor selain dari penangkapan seperti kanibalisme, suhu yang tidak stabil, predasi, stress pada waktu pemijahan, kada amonia yang tinggi, kelaparan dan umur yang tua. Spesies yang sama biasanya memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dan tergantung pada predator dan competitor yang mempengaruhinya. Mortalitas alami yang tinggi didapatkan pada suatu organisme yang memiliki nilai koefisien Iaju pertumbuhan yang besar atau sebaliknya. Mortalitas alami yang rendah akan didapatkan pada suatu organisme yang memiliki nilai koefesien Iaju pertumbuhan yang keci. Sedangkan mortalitas akibat penangkapan adalah kemungkinan ikan yang mati karena penangkapan selama periode waktu tertentu, dimana semua faktor penyebab kematian ini berpengaruh terhadap populasi. Mortalitas dinyatakan dengan satuan persen (%).

Mortalitas penangkapan disebabkan oleh kecepatan eksploitasi suatu stok karena kegiatan manusia yang melakukan penangkapan selama periode waktu tertentu, dimana semua faktor penyebab kematian tersebut berpengaruh terhadap populasi. Kematian alami merupakan parameter yang sama sekali tidak dapat dikontrol dan diamati secara langsung, maka yang perlu dikontrol adalah dua besaran yang berhubungan langsung dengan mortalitas penangkapan.

Ikan yang memiliki mortalitas tinggi adalah ikan yang memiliki siklus hidup yang pendek, pada populasi tersebut hanya terdapat sedikit sekali variasi umur dan pergantian stok yang berjalan relatif cepat dan serta mempunyai daya produksi yang lebih tinggi.

Ada 2 pendekatan yang umum untuk menduga mortalitas. Salah satu diantaranya adalah mempertimbangkan jumlah populasi yang akan dipanen sebagai pengukuran jumlah eksploitasi, dan cara lain yang paling tepat adalah dengan mempertimbangkan beberapa usaha alat penangkapan yang tertentu dan proporsional dengan kekuatan fishing mortality.

 

Rumus untuk menghitung mortalitas :

Jumlah ikan yang mati selama satu periode : jumlah penebaran benih ikan x 100% = Tingkat Kematian (Mortalitas)

Contoh

Diketahui

Jumlah penebaran benih : 3000ekor

Jumlah ikan yang mati selama 1 periode : 589

Maka untuk menghitung Mortalitas nya adalah :

589 : 3000 x 100% = 19,63%

 

Baca juga artikel tentang :

Save

Save

Pengertian Mortalitas Beserta Cara Menghitung Mortalitas Pada Ikan
5 (100%) 1 vote