Wadah Budidaya Ikan Manfish

Posted on

Semuaikan – Dalam melakukan budidaya ikan manfish tentunya sangat diperlukan wadah budidaya atau tempat untuk melakukan budidaya. Tapi apa saja wadah budidaya atau tempat budidaya yang bagus untuk ikan manfish, untuk saat ini wadah budidaya untuk ikan manfish yang paling banyak digunakan ialah aquarium karena untuk merawat aquarium tidaklah sulit, tidak seperti merawat kolam semen.

 

Kolam Bak Semen

Ukuran kolam atau bak semen sangat bervariasi, tidak ada ketentuan yang mengatur ukuran maupun bentuknya. Penggunaan kolam berupa bak semen yang masih baru harus lebih hati-hati karena selain bau semen kurang baik untuk ikan, pH airnya akan berubah akibat kikisan semen, bahkan dapat terjadinya sindrom kolam baru. Sindrom kolam yaitu kondisi cepatnya pembentukan racun amonia dan nitrit akibat belum tumbuhnya bakteri pengurai. Oleh karena itu, sebelum digunakan sebagai wadah pemeliharaan, bak semen harus dicuci terlebih dahulu. Selanjutnya, kolam direndam dengan air yang sudah diberi batang pisang atau Kalium Permanganat (PK). Perendaman dilakukan selama 3-5 hari.

Perlakuan perendaman tidak hanya berlaku pada kolam baru, tetapi juga untuk kolam bekas pemeliharaan ikan sakit. Hanya saja setelah dicuci bersih kolam tersebut direndam air PK atau formalin berkadar rendah guna mematikan sisa bibit penyakit di dalam kolam lalu kolam dijemur sampai kering, saluran-saluran kolam harus selalu bersih dan airnya lancar.

 

Akuarium

Penggunaan aquarium sebenarnya paling baik untuk pemeliharaan benih. Hal ini karena aquarium mudah dibersihkan tanpa perlu takut ikan yang berukuran kecil akan terbuang. Permukaan aquarium yang transparan juga membuat ikan di dalamnya mudah terlihat sehingga bila ada ikan yang mati dapat segera diketahui dan dapat dilakukan tindakan sedini mingkin.

Penyusunan aquarium dapat dilakukan pada rak besi atau kayu. Agar tidak mudah pecah, sebaiknya alas aquarium diberi styrofoam atau gabus putih. Seperti halnya kolam, kebersihan aquarim harus selalu diperhatikan. Membersihkan aquarium cukup dengan menyedot atau menyifon air dalam aquarium hingga habis, selanjutnya dinding dasar dilap dengan spons hingga bersih. Setelah itu dicuci dengan air bersih.

 

Baca juga artikel tentang :

Wadah Budidaya Ikan Manfish
Rate this post