12 Rahasia Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on
12 Rahasia Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 votes

Manfaat Ikan MasIkan Mas atau jika dalam nama latinnya (Cyprinus carpio), merupakan salah satu jenis ikan yang cukup popular di kalngan masyarakat Indonesia.

Dengan lekuk tubuh yang cantik serta harga yang ekonomis, memang menambah nilai plus pada ikan yang satu ini, meskipun tergolong bukan ikan asli Indonesia, Goldfish dinilai cukup mudah dibudidayakan.

Kandungan Gizi yang Terdapat dalam Ikan Mas

Kandungan utama dari ikan mas adalah protein hewani, lemak, mineral dan vitamin dalam jumlah dan komposisi yang pas dengan kebutuhan tubuh manusia, rincian gizi lainnya seperti pada table berikut :

tabel kandungan gizi ikan mas

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Mas12 Rahasia Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Sayangnya kita hanya mampu mengonsumsi sebanyak 80% saja, dari keseluruhan total ikan mas, namun jangan salah, ikan asli China ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi tubuh diantara lainnya ialah:

1. Meminimalisir Penyakit Jantung

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh ikan mas salah satunya adalah, manfaat omega 3 yang baik untuk jantung arteri vena, yang membentuk sistem kardiovaskular.

Fungsi lainya yakni mampu mengontrol detak jantung agar tetap bekerja dengan normal, hal ini juga akan melebarkan pembuluh arteri yang menyempit akibat kelebihan lemak, bahkan mengonsumsi 2 porsi ikan mas seminggu, dapat mengurangi resiko kematian gagal jantung

2. Merendahkan Tekanan Darah Tinggi

Pemicu utama tekanan darah tinggi (Hipertensi), adalah lemak jahat yang nantinya akan menimbulkan kolestrol, kandungan dalam ikan mas hanya terdapat lemak sebesar 2 gram saja, sehingga jika kita mengkonsumsi ikan mas bukan menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan.

3. Mengontrol Berat Badan

Keungggulan lainya yang dimiliki oleh ikan mas ini adalah, mampu untuk mengontrol berat badan kita, dengan adanya kandungan penting dalam minyak ikan, mampu memiliki fungsi untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam tubuh.

Ikan mas juga hanya memiliki kalori rendah, sehingga cocok dimasukkan sebagai salah satu menu program diet jika kita sedang ingin menurunkan berat badan kita.

4. Membantu Pertumbuhan Tinggi Badan

Keunggulan lainya yang dimiliki oleh ikan yang mengandung omega 3 adalah, untuk membantu pertumbuhan tinggi badan, rangsangan yang ditimbulkan omega 3 mampu menstimulasi sel -sel untuk berkembang lebih cepat lagi.

5. Mencegah Kanker

Salah satu penyakit mematikan yang menjangkit wanita adalah kanker payudara, tentu penyakit ini kebanyakan menyerang kaum hawa.

Menurut para ahli,dengan mengkonsumsi ikan mas mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang terjadi pada tubuh, terutama kanker payudara, beberapa jenis kanker lainya yang mampu diminimalisir oleh ikan mas ini adalah, kanker usus kolon dan kanker prostat.

6. Mengurangi Resiko Radang Sendi

Selain pengujian terhadap pencegahan kanker, manfaat ikan mas lainnya adalah mampu mengurangi resiko terkenanya radang sendi.

Penyebabnya adalah kandungan minyak ikan memiliki respon pada inflamasi atau pembengkakan, yang menyebabkan sendi yang akan membengkak, hal ini mampu dinetralisir oleh kandungan minyak yang ada pada ikan.

7. Menyehatkan Mata

Mata sehat memang impian seluruh orang, dalam pembentukan struktur membran belakang mata, dibantu oleh lemak tak jenuh, salah satu jenis lemak tak jenuh yang penting adalah DHA dan lemak tak jenuh ini pun bisa kita dapatkan pada ikan mas.

Manfaat minyak ikan dalam ikan mas yang lainya adalah, kelebihanya dalam melawan penurunan macula, sindrom mata kering serta glaucoma yang bisa terjadi pada tubuh.

8. Awet Muda

Begitu juga untuk yang menginginkan untuk tetap tampil awet muda meskipun umur sudah tua, salah satu fungsi minyak ikan mampu menunda proses penuaan dini (keriput), serta dapat juga mencegahnya, selain manfaat vitamin e.

Beberapa krim dan masker untuk kulit diatas 35 atau 40 tahun yang beredar dipasaran juga, sudah mulai menggunakan komposisi minyak ikan.

9. Menyehatkan Mental

Konsumsi ikan dalam jumlah seimbang, jua dipercaya mampu mengurangi stress dan depresi pada mausia, kandunganya yang mampu mengontrol tekanan darah tinggi, sehingga mampu menekan emosionalnya agar selalu positif, dengan begitu dapat berimplikasi pada kesehatan mental anda.

10. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kandungan lemak yang terdapat dalam ikan mas, dapat digunakan sebagai pengontrol kolestrol, dengan kemampuanya yang mampu memacu keluarnya HDL, yaitu kolestrol yang sifatnya baik untuk tubuh.

11. Mengurangi Resiko Penyempitan Pembuluh Darah di Otak

Selain untuk mencerdaskan fungsi otak, fungsi DHA juga mampu digunakan untuk mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah pada otak, DHA merupakan salah satu asam lemah tak jenuh yang cukup bekerja aktif pada bagian otak, penyebabnya adalah asam lemak di otak sebanyak 60% adalah DHA

12. Mengurangi Resiko Aterosklerosis

Dalam suatu penelitian disebutkan, bahwa kandungan dalam manfaat ikan mas terdapat EPA atau (Eikosa Pentaenoat) yaitu sebuah nutrisi yang jika digabungkan dengan DHA akan menjadi omega 3 kompleks, yang mampu menurunkan kadar zat tubuh, misalnya seperti kolestrol, trigliserida, dan lipoprotein.

Dengan adanya asam lemak tak jenuh tersebut, dapat berimplikasi untuk menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis pada tubuh kita.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 12 Rahasia Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.