13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting pada

Manfaat Ikan Cakalang – Ikan Cakalang adalah salah satu jenis ikan laut yang masih berkerabat dengan Tongkol dan juga Tuna, Ikan ini adalah anggota family Skombride dari genus Katsuwonus.

Orang yang tidak benar- benar paham ciri fisik Cakalang akan anggap ikan ini sebagai Tuna atau Tongkol karena bentuknya memang sangat mirip ddengan kedua ikan tersebut.

Namun ada perbedaan menonjol dari ikan tersebut, yakni Cakalang memiliki bentuk yang membulat pada bagian lateralnya atau tengah tubuhnya.

Ikan Cakalang umumnya tinggal di perairan antar pulau yang menjadi pertemuan antar arus (konvergensi) yang bertemu.

Cakalang biasa ditemukan di dekat pantai -pantai yang memiliki pulau-pulau kecil dan sudah berbatasan dengan samudera besar.

Di Indonesia sendiri, Cakalang banyak dijumpai di perairan Indonesia Timur, seperti : perairan Laut Banda, Laut Maluku, Selat Makassar, dan juga lepas pantai NTT.

Baca Juga: Habitat, Morfologi dan Klasifikasi Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis)

Maka tak heran bila di wilayah Indonesia bagian Timur, ikan ini sangat populer diperdagangkan, ketimbang jenis ikan dari family Skombride yang lainnya.

Masyarakat Sulawesi bahkan sangat senang memakan ikan ini, mereka dapat mengolahnya sebagai aneka macam masakan.

 

15 Manfaat dan Khasiat Ikan Cakalang untuk Kesehatan13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Ikan Cakalang untuk kesehatan sangatlah banyak sekali, salah satunya adalah sebagai obat untuk ejakulasi dini.

 

1. Obat Ejakulasi Dini

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, ternyata Cakalang dapat menjadi obat penyakit ejakulasi dini yang terjadi pada kaum muda.

Obat alami dari rebusan insang ikan cakalang yang ditambah dengan daun jeruk purut dan garam tampaknya aman untuk dikonsumsi.

 

2. Mengandung Omega 3

Ikan cakalang juga memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi, kandungan omega-3 ini bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung kita.

Kandungan omega-3 juga dapat menurunkan kadar kolesterol didalam darah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Untuk menghindari terjadinya masalah pada sistem peredaran darah, sangat disarankan mengonsumsi 3,5 ons daging cakalang merah dua kali dalam seminggu.

Baca Juga: Kandungan Gizi Ikan Cakalang

 

3. Mencegah Penuaan Dini

Orang yang sering dan juga hobi memakan ikan-ikanan memang sangat berkhasiat tinggi, salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan, yakni untuk menjaga keindahan dan kehalusan kulit kita.

Hal ini sangat baik untuk menjaga diri kita jauh dari kata penuaan, inilah yang menyebabkan anda tetap awet muda.

 

4. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Hormon Leptin adalah sebuah hormon yang disekresikan atau dilepaskan dari sel lemak yang ada didalam tubuh manusia.

Hormon ini berfungsi dalam metabolisme tubuh, ketika tubuh mengandung banyak Leptin, maka otak akan memerintahkan terjadinya pembakaran kalori.

Nah, inilah yang dibutuhkan oleh semua orang yang melakukan diet.

Kalori yang mudah terbakar akan membuat berat badan tetap terjaga dan selalu dalam bentuk yang ideal, ikan cakalang tergolong kaya dengan Hormon Leptin.

Maka tak ada salahnya bila kalian igin memasukkannya dalam menu diet kalian.

Baca Juga: Menganal Ikan Koi, Serta Tips Memilih Ikan Koi Yang Berkualitas Bagus

 

5. Mengobati Kolesterol

Khasiat Ikan cakalang ternyata juga dapat mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah, lemak jahat LDL akan diberantas habis dengan aneka macam lemak tak jenuh yang terkandung dalam daging ikan cakalang ini.

Anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi, jangan pernah takut makan ikan ini karena benar-benar aman.

Hanya tinggal anda bijaksana saja dalan memakannya namun jangan berebihan juga karena memang segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.

 

6. Mencegah Penggumpalan Darah

Fungsi lain yang bisa kita dapatkan dari Omega 3 adalah mampu membantu untuk penggumpalan darah, karena jaringan protein yang dihasilkan dapat membantu pekerjaan fibrinogen.

Khususnya dalam proses pembentukan benang-benang fibrin untuk menutup luka yang terjadi.

 

7. Mengobati Rematik

Rematik pada dasarnya adalah masalah yang terjadi pada tulang persendian sekaligus masalah pembuluh darah, rematik sangat menyiksa karena tangan dan kaki akan merasakan pegal linu.

Obat rematik biasanya tergolong obat keras yang diminum berdasarkan resep dokter yang diberika oleh dokter.

Buat kalian pengidap rematik, cobalah makan Ikan Cakalang ini, karena sangat bagus untuk terapi penyembuhan rematik karena kaya vitamin D.

Baca Juga: Pengujian Mutu Pakan Buatan Ikan

 

8. Mencegah Depresi Setelah Melahirkan

Kandungan ikan tuna lainnya yaitu adalah asam dokosaheksaenoat (DHA) , yang sangat baik terutama untuk mencegah wanita mengalami depresi setelah melahirkan (postpartum depression)

Hanya saja, konsumsi DHA tersebut sangat disarankan hanya diperoleh langsung dari makanan saja, bukan dari suplemen, ikan laut merupakan salah satu sumber yang sangat kaya akan kandungan DHAnya.

Begitulah beberapa manfaat dari Ikan Cakalang untuk kesehatan manusia, masih ada manfaat lainnya yang patut untuk anda ketahui, contohnya sebagai berikut:

  • Mencegah Alzheimer
  • Ikan Penambah Nafsu Makan
  • Sumber Protein Hewani
  • Pemasok Mineral Langka Selenium
  • Makanan Diet

Demikian sedikit pembahasan mengenai 13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.

13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Article Title: 13 Manfaat Ikan Cakalang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Short Description: Manfaat Ikan Cakalang - Ikan Cakalang adalah salah satu jenis ikan laut yang masih berkerabat dengan Tongkol dan juga Tuna, Ikan ini adalah anggota family Skomb

Author: SemuaIkan

Publisher - Orgnization: SemuaIkan.Com

Publisher Logo: logo semuaikan.com

  • Rating On Google :
5