√ 17 Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula Agar cepat Menghasilkan

Diposting pada

Cara Budidaya Ikan Guppy

√ 17 Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula Agar cepat Menghasilkan– Ikan guppy, siapa yang tidak mengenal ikan hias cantik dan dapat memanjakan mata yag satu ini, ikan guppy sendiri dipilih oleh kebanyakan penggemar ikan hias karena warna dan corak yang ada pada tubuh nya yang begitu menarik.

Selain dapat dipelihara sendiri di rumah guna mempercantik pemandangan di dalam maupun di luar rumah anda, banyak juga yang menjadikan ikan hias yang satu ini sebagai lahan bisnis untuk mencukupi ekonomi mereka masing- masing.

Nah bagi kalian yang tertarik dengan cara budidaya ikan guppy satu ini, kali ini tim semuaikan.com akan memberikan berbagai tips yang dapat membantu kalian dalam membudidayakan ikan cantik yang satu ini secara benar dan cepat agar dapat cepat menghasilkan.

Cara Budidaya Ikan Guppy Aagar Cepat Menghasilkan

  1. Siapkan bibit Ikan Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy

Tahap pertama yang haruas anda lakukan dalam membudidayakan ikan guppy adalah dengan melakukan persiapan bibit ikan guppy yang bagus dengancorak yang beragam, karena dengan melalui pemilihan pada indukan ikan guppy yang bagus tersebut maka akan membuat anakan atau keturunan yang cantik dan bagus juga, maka dari itu siapkanlah bibit ikan guppy yang benar- benar sehat dan bagus untuk di kawinkan nantinya.

  1. Persiapkan Modal

Cara Budidaya Ikan Guppy

Tidak terlepas dari pengeluaran modal, dalam budidaya ikan guppy juga ternyata memerlukan setidaknya modal yang cukup, guna untuk pembeliam pakan dan bahan yang lainnya, oleh karena itu sebaiknya kalian siapkanlah modal yang cukup, agar proses budidaya ikan guppy berjalan dengan lancer tanpa hambatan nantinya.

  1. Pembuatan Tempat Budidaya

Cara Budidaya Ikan Guppy

Dalam melakukan pembuatan tempat budidaya kan guppy, alangkah pentingnya juga harus diperhatikan karena dengan begitu maka ikan guppy akan tumbuh bagus dan baik ketika tempat budidayanya juga bagus, luas dan juga bersih.

  1. Proses Pemilihan Induk

Cara Budidaya Ikan Guppy

Hal yang tak kalahpenting selanjutnya adalah dalam proses pemilihan indukan yang bagus, induk ikan guppy yang bagus adalah ikan yang tidak terkena penyakit atau cacat dan biasanya bibit indukan tersebut lincah dan tidak diam ketika di dalam air.

  1. Lakukanlah Pemijahan

Setelah pemilihan indukan ikan guppy tersebut selesai maka tahap selanjutnya yang haruas kalian lakukan adalah dengan melakukan pemijahan antara ikan guppy betina dengan ikan guppy jantan, lakukanlah pemijahan dengan baik, dengan indukan jantan yang sehat begitu juga dengan yang betina nya.

  1. Proses Perkawinan

Cara Budidaya Ikan Guppy

Pada proses perkawinan ikan hias jenis guppy tersebut biasanya dilakukan selama pemijahan berlangsung selama 3 hingga 4 minggu antara janta dan betina selama itu tunggulah sampai ikan tersebut menghasilkan telur.

  1. Pemilihan Pakan Makanan

Cara Budidaya Ikan Guppy

Ketika melakukan pemijahan ada bagusnya jika kalian juga melakukan pemilihan dalam pakan ikan guppy yang bagus, hal ini berguna untuk budidaya ikan tersebut, karena dengan melakukan pemilihan pakan tersebut akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ikan guppy nantinya.

  1. Pemberian Pakan

Cara Budidaya Ikan Guppy

Setelah melakukan pemilihan pakan yang baik dan bagus sesuai dengan ikan tersebut, maka tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemberian pakan makan yang tepat dan dapat dilakukan setiap hari antara pagi dan sore hari pada ikan.

  1. Proses Pemindahan Induk

Cara Budidaya Ikan Guppy

Ketika 4 minggu sudah selesai setelah tahap pemijahan, maka selanjutnya hal yang harus kamu lakukan adalah  memindahkan induk ikan jantan ke tempat yang lainnya dan biarkan ikan guppy yang betina, biarkan hingga ikan betina melakukan peteluran sampai selesai hingga kurun waktu sampai 2 hinga 3 minggu ke depannya.

  1. Pencagaan Telur Ikan Guppy

Ketika induk ikan guppy sudah selesai dalam bertelur, maka tahap selanjutnya adalah dengan memindahkan ikan guppy betina ke wadah kolam yang lainnya lagi dan biarkan hidup seperti biasanya.

  1. Proses Penetasan Telur

Proses penetasan telur akan memakan waktu yang cukup lama juga, maka dari itu sangat dibutuhkan kesabaran yang tinggi.

  1. Perhatikan Pemberian pakan

Cara Budidaya Ikan Guppy

Setelah telur tersebut sudah mulai menetas dan telah menjadi burayak yang banyak dan hidup pastinya burayak tersebut akan memerlukan makanan dalam jangka lama, maka dari itu siapkanlah pakan yang sesuai dengan ukuran danjenis ikan tersebut, itu mengapa saya bilang tadi pasti kita membutuhkan modal.

  1. Pendederan Benih

Cara Budidaya Ikan Guppy

Setelah benih ikan guppy tersebut sudah mulai besar, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pendederan atau pemindahan tempat burayak tersebut ke tempat yang luas seperti kolam khusus tentunya juga harus bersih dan aman dari predator yang dapat membahayakn ikan- ikan rmaja tersebut.

  1. Pemberian pakan Ulang

Setelah pendederan burayak tadi sudah selesai maka tahap selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah melakukan pemberian pakan yang baik dan bagus untuk ikan tersebut, karena dengan memberikan pakan yang baik dan sehat tersebut maka akan sangat berpengaruh terhadap pembesaran ikan guppy tersebut.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Cara Budidaya Ikan Guppy

Sebaiknya ketika ikan guppy sudah mulai dewa, perhatikanlah juga tempat tinggal dan kondisi airnya, hal ini dikarenakan bisa saja ikan- ikan yang mulai tumbuh dewasa tersebut bisa juuga terserang penyakit yang menyebabkan kita bisa gagal dalam membudidayakannya.

  1. Ikan siap di jual

Cara Budidaya Ikan Guppy

Ketika ikan guppy sudah besa dan dewasa, maka tahap selanjutnya yang pasti harus kalia lakukan adalah dengan melakukan penjualan kepada berbagai pelanggan dengan berbagai cara pemasarannya, bisa menjualnya di tempat khusus ikan hias atau di pasaran ikan maupun dengan cara menjual online.

  1. Menikmati hasil

Nah disinilah fase dimana kalian akan menikmati jerih payah kalian sebelumnya ketika kalian merawat hingga membesarkan ikan hias guppy tadi, setelah ikan semakin berkembang semakin banyak dan coraknyapun semakin bagus, maka sangat memungkinkan akan banyak yg tertarik dengan ikan kalian dan akan terus membeli ikan milik kalian.

Demikian sedikit pembahasan mengenai √ 17 Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula Agar cepat Menghasilkan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca artikel lainnya tentag:

√ 17 Cara Budidaya Ikan Guppy Bagi Pemula Agar cepat Menghasilkan
5 (100%) 5 vote[s]