9 Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Untuk Pemula

Diposting pada

9 Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Untuk Pemula – Berbentuk panjang,licin dengan warna hitam kecokelatan, siapa orang di Negara Indonesia ini yang tidak mengenal jenis ikan air tawar yang satu ini, apa lagi jika bukan ikan lele, selain pada rasanya yang enak dan gurih harga untuk ikan ini pun cukup terjangkau, ikan lele sendiri sudah sangat banyak di budidayakan di Negara Indonesia ini, mulai dari lele jumbo, lele sangkuriang hingga jenis ikan lele yang lainnya.

Untuk cara budidaya nya sendiri kalian dapat melakukannya di brbagai tempat dan lahan yang kalian miliki, baik itu di dalam kolam tembok maupun di dalam bak kolam tanah, bahkan kalian bisa menggunakan terpal sebagai kolam nya.

Nah bagi kalian yang ingin ikutan untuk mencoba membudidayakan jenis ikan yang satu ini tapi masih bingung dengan jenis ikan lele mana yang bagus untuk di budidayakan dan juga masih bingung ataupun tidak tahu dengan caranya, kalian tidak perlu khawatir karena tim semuaikan.com kali ini akan berbagi sedikit pengetahuan yang semoga saja bisa menjadi bahan referensi bagi kalian. Langsung saja kita simak cek ke tkp.


Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal yang Baik dan Benar

9 Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Untuk Pemula

  1. Konstruksi kolam ikan lele sangkuriang kolam terpal

Kolam terpal merupakan tempat budidaya ikan lele dimana pembuatan nya sendiri terbilang cukup mudah, berikan daun- daun seperti daun singkong, atau papaya, hal ii berujuan agar air berwarna hijau, air yang berwarna hijau sendiri berguna untuk mencegah bau yang disebabkan karena penguapan air kolam, lakukanlah 25% penambahan dan penggantian air.

Untuk mencapai keberhasilan dalam membudidayakan lele sangkuriang, ketika kamu akan membuat kolam terpal kamu juga harus memperhatikan kondisi pada lingkungan, termasuk dengan tekstur tanah, ketersediaan air dan faktor- faktor lainnya yang dapat mempengaruhi si ikan.


  1. Memilih benih ikan lele sangkuriang kolam terpal

Pastikan kalian membeli bibit ikan lele sangkuriang yang baik, pastikan tidak ada cacat, penyakit pada benih ikan lele tersebut, pilihlah bibit yang benar- benar bagus, sehingga akan menambah nilai point saat kamu akan membudidayakannya.


  1. Penebaran Benih ikan lele sangkuriang kolam terpal

Setelah 7 hingga 10 hari setelah air kolam sudah berwarna kehijauan, maka benih ikan lele siap ditebar, perlu diperhatikan bahwa penambahan air pada kolam terpal dilakukan secara berkala hingga ketinggian ideal yang disesuaikan dengan pertumbuhan si ikan lele tersebut, ketinggian atau kedalaman air kolam untuk ikan lele idealnya adalah 80 hingga 110cm.

Penebaran benih secara langsung dapat mengakibatkan benih ikan stres bahkan mati. Berikut ini cara menebar benih ikan lele yang baik dan benar agar ikan tidak stres dan mati ;

  • Masukkan benih ikan lele kedalam air kolam bersama wadahnya
  • Kepadatan benih permeter persegi idealnya adalah 200 hingga 400 ekor
  • Taburkan benih ikan lele sesuai dengan kapasitas kolam, tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit
  • Saat benih ditebar hendaknya kedalaman air kolam tidak lebih dari 40 cm, tujuannya agar benih ikan dapat menjangkau permukaan air untuk mengambil pakan dan bernafas
  • Biarkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit untuk menyesuaikan suhu air didalam wadah Selanjutnya wadah benih dimiringkan kemudian biarkan benih- benih ikan lele tersebut keluar dengan sendirinya

Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah perhatikan kedalaman pada air kolam, air kolam bisa kamu tambah secara bertahap sesuai dengan umur dan ukuran tubuh si ikan.


  1. Pengaturan Kualitas air ikan lele sangkuriang kolam terpal

Air kolam akan berkurang karena adanya prosesdari  penguapan yang terjadi pada kolam yang terbuat dari terpal, maka perlu tambahkan air hingga tingkat air kembali ke posisi normal, pada tingkat air bulan pertama mencapai 20 cm, kemudian 40 cm pada bulan kedua, hingga pada ketinggian air 80 cm pada bulan ketiga.

Warna air yang terbaik bagi ikan lele yakni air yang berwarna hijau, jika air sdah berwarna hijau maka  menunjukkan bahwa kualitas air sudah baik untuk ikan lele, perlu kamu ingat bahwa lele tidak suka keadaan air jernih.


  1. Kedalaman air ikan lele sangkuriang kolam terpal

Pada ketinggian air didalam kolam terpal, usahakan agar air jangan terlalu dangkal karena penguapan yang terjadi pada kolam akan membuat ikan menjadi terlalu panas, tentunya jika hal ini terjadi maka akan membuat ikan menjadi kelelahan, stres, dan bahkan mati, hal yang perlu kamu lakukan disini adalah dengan menambahkan air kedalam kolam hingga kembali keposisi air yang telah ditentukan.

Selain itu kamu juga perlu untuk menambahkan tanaman air seperti kangkung, daun tala, ayau bisa juga eceng gondok, fungsi dari pemberian tanman air ini yakni agar air mendapat peneduh sehingga tidak terlalu panas jika terpapar sinar matahari, selain itu hal ini juga berguna sebagai penyerap racun yang terkandung dalam air kolam.


  1. Tingkat Kejernihan Air ikan lele sangkuriang kolam terpal

Pada dasarnya lele tidak suka dengan keadaan air yang jernih, hal ini dapat kamu lihat dari sifat dan bentuk struktru pada tubuhnya, memberikan pakan alam untuk lele di malam hari menyebabkan lele tidak perlu penglihatan yang baik, hal ini juga didukung dari bentuk tubuhnya yang memiliki kumis di sekitar area mulut, fungsi pada kumis ini berguna untuk meraba makanan.

Selain itu, sistem pernapasan pada ikan lele menggunakan labirin, yang berarti lele bernapas tidak bergantung pada oksigen terlarut yang ada dalam air, dengan demikian meskipun dengan keadaan kondisi oksigen yang minim, ikan lele masih dapat bertahan hidup pada air yang terdapat lumpur tersebut, perlu kamu ingat meskipun ikan lele tidak suka dengan keadaan air yang jernih, bukan berate kita bisa memasukan sembarangan air ke dalam kolam.


  1. Pakan yang baik untuk ikan lele sangkuriang kolam terpal

FCR merupakan singkatan dari (Food Convertion Ratio), yaitu perbandingan jumlah pakan dengan bobot ikan, semakin kecil nilai rasio FCR- nya maka akan semakin baik pula kualitas pada pakan ikan tersebut, sebagai contoh:

  • jika pakan yang kamu berikan sebanyak 1 kg dan dapat menghasilkan bobot ikan seberat 1 kg, artinya nilai pada FCR pakan tersebut adalah 1.
  • jika pakan yang kamu berikan sebanyak 2 kg dan dapat menghasilkan bobot ikan seberat 1 kg, artinya nilai pada FCR pakan tersebut adalah 2.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit ikan lele sangkuriang kolam terpal

Untuk cara mengendalikan penyakit dan hama yang bisa saja menyerang  ikan lele sangkuriang, kamu  dapat melakukanya dengan menggunakan cara- cara sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan kolam
  • Menjaga kualitas air agar tetap bersih dan sehat
  • Memberi pakan sesuai kebutuhan, tidak boleh lebih dan tidak juga kurang
  • Mempertahankan suhu air kolam pada kisaran 28 derajat celcius

  1. Cara panen ikan lele sangkuriang kolam terpal

Agar ikan lele tidak membuang kotoran pada saat diangkut juga agar ikan dalam keadaan bersih hingga sampai ketangan pembeli, satu hari sebelum ikan lele dipanen, sebaiknya kamu tidak memberi pakan pada ikan- ikan tersebut, serta saat panen, sebaiknya kamu sortir ikan lele sesuai dengan ukurannya, sebab pada setiap ukuran harga jualnya tentu saja juga berbeda- beda.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 9 Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Untuk Pemula semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca artikel lainnya tentang:

9 Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal Untuk Pemula
5 (100%) 5 vote[s]