13 Cara Merawat Ikan Arwana Bagi Pemula Yang Baik dan Benar

Diposting pada

13 Cara Merawat Ikan Arwana Bagi Pemula Yang Baik dan Benar – Merawat ikan Arwana memang akan memiliki beberapa masalah. Ikan arwana tidak hanya peka terhadap faktor-faktor yang membuatnya stres, ia juga memiliki label harga yang mahal. Dengan faktor-faktor ini, ada kemungkinan bahwa kita dapat kehilangan uang yang digunakan untuk membeli ikan arwana.

Tetapi meskipun risiko ini bisa terjadi pada pecinta Arwana, banyak yang tidak terlalu memperhatikan kecintaan mereka pada ikan Arwana. Berikut adalah tips yang dapat membantu dengan beberapa masalah dengan ikan arwana yang akan menentukan habitat mereka.

Ikan arwana yang telah dewasa memiliki kemampuan untuk memecahkan kaca akuarium yang rapuh sehingga air akuarium berkurang dan ikan melompat keluar atau tinggal di dalam ruangan saat air habis. Ini juga salah satu penyebab kematian ikan arwana. Untuk mencegah hal ini terjadi, kita dapat mencegahnya dengan membeli akuarium yang kuat dan tebal.


Cara Merawat Ikan ArwanaCara Merawat Ikan Arwana

Meskipun ikan arwana dapat hidup dengan baik di akuarium, ikan ini membutuhkan perawatan kita agar ikan arwana merasa nyaman di Akurium. Agar akuarium cocok untuk ikan arwana, berikut adalah beberapa tips:


Siapkan Akuarium Yang Cocok Dengan Ukuran Tubuh Ikanakuarium ikan arwana

Ikan arwana sebagai ikan air tawar dapat disimpan di akuarium dari petani hingga orang dewasa. Namun, perlu dicatat bahwa ukuran akuarium untuk ikan arwana bervariasi tergantung pada ukuran tubuh. Ukuran akuarium ikan Arwana setidaknya tiga kali panjang tubuh ikan dari bibir ke sirip punggung. Lebar akuarium 1,5 kali panjang ikan. Secara sederhana, ketika ikan mencapai 1 meter, ukuran minimum adalah 1,5 meter, lebar 75 cm dan tinggi 60 cm.

Jika panjang tubuh ikan Arwana lebih dari 20 cm, ia harus dipindahkan segera di akuarium sekitar 100 cm x 50 cm x 45 cm dengan ketebalan kaca sekitar 8 mm. Untuk panjang tubuh ikan Arwana dari 45 cm atau lebih, ukuran akuarium yang sesuai harus 120 cm x 60 cm x 55 cm. Ketebalan kaca harus sekitar 10-12 mm.

Panjang tubuh ikan Arwana saat akuarium 80 cm terlampaui memiliki ukuran 200 cm x 100 cm x 75 cm dan ketebalan 30 mm. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan ikan arwana dari anak anjing hingga dewasa, siapkan akuarium seukuran ikan arwana dewasa.

Ukuran akuarium ikan arwana mempengaruhi perkembangan tubuhnya dan pasti akan memberikan keindahan jika dilihat. Keberhasilan atau kegagalan akuarium, yang menyenangkan bagi ikan arwana, sangat dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pendukungnya.


  • Aerator

Keuntungan dari aerator atau pompa udara adalah bahwa udara secara bersamaan dimasukkan ke dalam air akuarium, di mana hasil residu nafas diuapkan atau dipindahkan dari akuarium. Aerator dikatakan baik ketika arus listrik yang menggerakkan mereka kecil tetapi udaranya relatif banyak.


  • Pemanasan dan termometer

Pemanasan ini diperlukan jika suhu air di akuarium turun secara signifikan. Pengontrol suhu air dari termometer juga dipasang di akuarium. Di tempat dingin, pemanas dan termometer ini sangat penting.


  • Saring

keunggulan saringan atau saringan air di akuarium. Filter ini menyerap air akuarium, menyaringnya dan mengembalikannya ke akuarium dalam situasi bersih.


  • TL menyala

Kehadiran lampu tampaknya tidak hanya meningkatkan cahaya, tetapi juga penampilan akuarium. Namun, cahaya dari lampu sebenarnya dapat menghasilkan lebih banyak panas daripada yang dibutuhkan. Lampu 20 watt sangat ideal untuk akuarium dengan lebar 80 kali 40 cm. Rajin memelihara akuarium. Jika sudah menyukai ikan arwana di akuarium, Anda harus rajin merawatnya. Dengan perawatan yang baik, penampilan Arwana terlihat sehat, segar dan mengasyikkan di akuarium.


Penempatan Akuarium

Jangan memasang akuarium di tempat yang sering dilewati orang ketika Anda memulai perawatan. Karena ikan membutuhkan suasana yang tenang dan aman terhadap semua gangguan. Biasanya ikan beradaptasi dengan lingkungan sekitar seminggu melalui gerakan dan kebisingan. Ketika ikan kemudian berenang bolak-balik dari bagian yang tertutup kertas, Anda dapat melepas penutup untuk menyembunyikannya.


Jaga Kebersihan akuarium

Kebersihan adalah bagian dari kepercayaan. Ini juga berlaku untuk akuarium ikan Arwana. Bersihkan kotoran di akuarium setiap hari dan lakukan perlahan-lahan tanpa memengaruhi ikan Arwana. Perangkat yang digunakan juga dapat ditemukan di toko ikan hias seperti tangki isap dan jaring untuk akuarium.


Berikan Pakan Yang Cocokmakanan ikan arwana

Pakan yang cocok untuk ikan arwana dapat memberikan kualitas yang baik. Pemberian makan dapat dilakukan secara rutin dua kali sehari di pagi dan sore hari. Berikut ini adalah beberapa pakan ikan yang cocok untuk diberikan kepada ikan Arwana, yaitu:

  • Memanggang
  • Lipan / Lipan
  • Ikan kecil
  • udang
  • Kroto
  • belalang
  • ulat Hong Kong
  • ulat Jerman
  • Pelet Arwana Khusus

Kontrol dan Lakukan Pergantian Air

Setiap hari Anda perlu memeriksa suhu dan pH air. Suhu air ideal untuk ikan arwana adalah sekitar. 25-27 derajat Celcius. Jika suhu air dingin, segera nyalakan pemanas sampai suhu air sesuai. Namun, pH yang diinginkan kurang lebih 6-8, 5. Jika pH terlalu rendah, tambahkan jeruk nipis ke akuarium. Selain itu, perhatian juga harus diberikan pada kebersihan air. Keraskan air akuarium dengan warna hijau perunggu dengan frekuensi 3 minggu. Dan jangan lupa bahwa air akuarium juga harus diganti. tetapi penggantian air dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • air biasa berubah setiap 2 hari dengan volume 10% dari semua volume air akuarium dan
  • Seluruh pertukaran air berlangsung setiap 3 bulan. Sekali. Jika Anda menggunakan air PAM, ada baiknya menghabiskan 24 jam pertama sehingga kandungan klorin mengendap dan kemudian Arwana baru dimasukkan ke dalam akuarium.

Pencahayaan

Cahaya yang mengenai ikan akuarium di daerah terang tanpa sinar matahari langsung, karena meningkatkan suhu di dalam air dan di akuarium ikan arwana. Selain itu, bola lampu harus diperhitungkan untuk menghindari panas berlebih. Lampu 20 watt diperlukan untuk akuarium berukuran 80 x 40 cm.


Tingkat Kesadahan Air

Kekerasannya adalah kandungan mineral tertentu di dalam air. Ikan arwana berasal dari air tawar dengan kekerasan rendah. Beberapa ahli merekomendasikan untuk mengikuti interval GH 4-10 (kekerasan umum).


Suhu

Temperatur sekitar. Ikan arwana direkomendasikan antara 26 ° C dan 30 ° C. Hindari perubahan suhu mendadak karena ini dapat membuat ikan stres. Tempatkan akuarium di tempat teduh. Temperatur yang terlalu tinggi juga menyebabkan insang ikan melengkung.


PH (Keasaman Air)

Keasaman air juga harus diperhitungkan. Secara umum, air tawar normal memiliki keasaman sekitar 7. Untuk air arwana, interval pH yang diperlukan adalah netral hingga sedikit asam (pH 6,0 hingga 7,0). Air kotor membuat air menjadi asam.


Perhatikan Jumlah Ikan Arwana Dalam Wadah Pemeliharaan

Jumlah Ikan Arwana

Selain ukuran akuarium, pergerakan ikan arwana dipengaruhi oleh jumlah ikan. Tidak masalah bagi anak-anak untuk menyimpan sejumlah ikan arwana di akuarium. Namun, jika Anda sudah dewasa Anda harus menempatkan ikan arwana satu per satu. Menempatkan ikan dewasa di akuarium membuat ikan agresif dan konsumsi pakan tidak merata.


Interior Akuarium

Kehidupan di akuarium adalah tiruan dari lingkungan di alam liar. Oleh karena itu diperlukan interior di akuarium. Hal ini berarti menuntut apresiasi estetika hingga perpaduan keindahan akuarium dengan ikan arwana yang anggun dapat menunjukkan nuansa harmonis.


Tanaman Air

Tanaman Air Ikan Arwana

Mengingat asal usul ikan arwana, yang suka bersembunyi di bawah tanaman air, Anda juga perlu menyediakan tanaman air. Ada beberapa jenis tanaman air yang dapat dipilih, termasuk: Vallisneria spiralis, Hidrilla verticillata, Riccia fluiutana, Hygrophila polisperm, Pistia stratiotes dan Najas indica.


Pasir Batu

Pasir digunakan sebagai dasar untuk peletakan batu. Anda harus menggunakan pasir sungai yang masih dicampur dengan tanah lapisan atas. Anda juga harus memberi batu dan karang. ukuran batu ideal 3 mm. Batuan ini memiliki beragam pola dan warna serta pemandangan yang indah.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 13 Cara Merawat Ikan Arwana Bagi Pemula Yang Baik dan Benar semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: