Cara Merawat Ikan Cupang: Aduan, Hias, Anakan Serta Tipsnya

Diposting pada

Cara Merawat Ikan Cupang: Aduan, Hias, Anakan Serta Tipsnya – Untuk membentuk mental ikan cupang kita diperlukan dengan latihan pernafasan yakni jantur/ tabung, Jadi intinya Latih/ rawatlah ikan cupang kamu dengan langkah-langkah sederhana, namun rutin dan telaten. Nihhh!! berikut cara merawat ikan cupang aduan yang harus kalian coba:


Cara Merawat Ikan Cupang Hias atau Kontes

Peliharalah cupang hiasa/kontes yang masih muda, asalkan tidak cacat, berkelamin jantan, sehat dan lincah, perhatikan pula warna tubuhnya yang harus cemerlang, warnanya harmonis, merata, baik di tubuh dan siripnya, serta bermental baja.

Menurut pengalaman para pakar, untuk memperoleh bakalan cupang hias yang baik memang tidak sesulit mendapatkan bakalan cupang aduan, sebab cupang hias lebih mudah dilihat kelebihan fisiknya ketimbang jenis aduan yang kudu dinilai juga gaya bertarungnya, pukulan andalannya dan perilaku lain yang kadang susah ditebak jika tak melihat sendiri, sementara cupang aduan belum dijamin kualitasnya hanya dengan melihat sosoknya.

Usia cupang yang ideal untuk dipelihara berkisar 1,5—5 bulan, di umur itu, harganya pun lebih murah di bandingkan cupang hias yang sudah dewasa, lagi pula menyaksikan ia berkembang dan bertumbuh besar mempunyai keasyikan tersendiri, saat ini cupang untuk kontes usianya 3—5 bulan dengan kategori yunior.

Untuk membekali cupang agar memenangkan kontes di kemudian hari, perlu mengikuti latihan, training itu dilakukan saat ikan berusia ideal yakni 1,5—2 bulan dengan sarana yang ideal bagi perkembangannya, sebaiknya sejak dini juga diperkenalkan ”teknik bertanding”.


Cara Merawat Ikan Cupang

cara merawat ikan cupang tergolong mudah karena dia bisa hidup di wadah yang sulit contoh , airnya sedikit ,kotor dan gelap  jika memelihara ikan cupang kita hanya perlu megatur kebersihan air dan pakan ikan cupang makan 2kali sehari bisa lebih bisa kurang itu tergantung si ikan sendiri  yang mudah lapar atau cepat lapar.

merawat kebersihan air juga penting untuk kesehatan ikan dan sebaiknya air diganti setiap 3 hari sekali dan setiap 1 minggu kalian harus membersihkan secara total yaitu membersihkan wadahnya disikat,  kalian harus memberi pakan kepada ikan kalian pakannan yang bermanfaat bagi tubuhnya seperti incuk ini bagus karena mempunyai protein yang tinggi ini di butuh kan ikan cupang untuk keindahan nya.

Pelet khusus cupang kalian bisa memberi pelet ini dan kalian tidak perlu memikirkan kandungan gizi nya karena dalam pelet sudah dimasukan vitamin vitamin yang di butuhkan ikan cupang, tetapi kelemahan pakan ini adalah cepat membuat air kotor .

kutu air pakan ini memiliki semua gizi yang dibutuhkan ikan cupang dan gampang dibersihkan akan tetapi pakan ini sangat sulit di cari bahkan di kembang biakan .

cacing beku atau kering dapat di berikan ,gizi mencukupi ,dapat di beli tetapi pakan ini tidak baik bagi aktivitas cupang karena dapat membuat perut ikan gendut kaya mau meledak ,dan kegendutan ini dapat membuat ikan malas dan tidak mau ngedo, pakan ini tidak di rekomendasikan jadi terserah kalian mau pakai pakan yang mana.


Cara Merawat Burayak Ikan Cupang atau Anakan Ikan Cupang

Merawat burayak cukup sulit karena faktor yang menyabab kan ia mati terjadi sangat sering yaitu:

  • Air kotor

Cara mengatasi hal berikut dengan cara kita tidak boleh memberi pakan yang membuat air menjadi kotor , karena kita tidak bisa mengganti air selama burayak masih kecil jdi kalian hrus menjaga kebersihan air.


  • Kelaparan

ini di karena kan tidak ada pakan yang dapat ia telan pada saat umur 1-3 hari burayak tidak perlu di beri makan karena masih mempunyai kuning telur ,umur 3-30hari , burayak bagusnya di beri makan kutu air berhubung kutu air susah didapat jadi kalian bisa menggantinya dengan kuning telur rebus yang di peras menggunakan kain itu sudah cukup tapi telur dapat mengotori air jadi kalian harus hati hati memberikannya harus sedikit2.


  • Di makan Oleh Induknya

faktor ini di karena kan sang induk kelaparan jadi kalian  memberi makan secara teratur kadang kadang itu pun belum cukup karena sang induk sangat cepat lapar itu di karenakan ia harus menjaga anak anak nya agar tetap di permukaan air sampai anaknya bisa berenang selain memberi makan teratur kalian harus menjaga suara ,getaran ,angin karena ini bisa membuat wadah bergerak sehingga anak 2 ikan terjatoh dari permukaan maka sang induk harus segera mengambilnya karena itu lah ia jadi cape dan cepet laper.


Cara Melatih Mental Ikan Cupang Aduan

Cara Melatih Mental Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas

HARI Pertama :

Ambil ikan Cupang yang akan dilatih, lalu masukan ke dalam toples dengan kapasitas air ½ volume dari toples tersebut, yang tentu sudah diberi daun ketapang bersih dan tidak banyak garam (agar tidak tumbuh jamur/white spot), adapun tujuan dari penggunaan air stengah dari kapasitas toples bertujuan untuk tidak membuat kaget si ikan.


HARI KE – dua :

Nah!!pada hari ke-2 kita buka sekat/ sebeng ikan kita biarkan sampai ikan agak sediit galak dan lentur badannya, sesudah itu kita putar ikan cupang kita.

Nah pada saat pemutaran dilakukan anda bisa memutarnya di wadah ember ataupun bisa dilakukan pemutaran pada toples tapi kita lihat dulu air toplesnya kotor atau tidak.

Yah pemutaran ikan sih bagi saya dapat dilakukan dimana saja dengan wadah yang bulat tentunya, intinya kita bisa mampu membuat ikan kita mampu melawan arus air yang tidak begitu deras.

Nantinya perihal tersebut bisa membuat ikan stress. Sesudah kita usai memutar ikan kita ganti air toples.

ikan dengan kapasitas air penuh (seleher toples) pastinya dengan diberikan daun ketapang & tidak banyak garam, kemudian istirahatkan ikan cupang.

Nahh sorenya sebelum kita kasih makan ikan, kita bisa lakukan sekat miring atau dengan kata lain membuka sekat ikan hanya sedikit saja.

Dengan tujuan ikan dapat mengintip lawannya, hal tsb bisa kita lakukan selama 10-15 menit saja, lalu berikan makan secukupnya, seteleh tersebut istirahatkan ikan cupang.


HARI KE – 3 :

Pada hari yang ke3 kita masih sama dengan pelatihan hari ke-2, tetapi perbedaanya ialah sesudah ikan cupang kita latih putar.

Kemudian masukan kedalam jantur/tabung selama 2 jam sesudah itu kembalikan ikan kedalam toples yang sudah diganti dengan air baru atau air yang sudah dikasih Methylene Blue.

Sore harinya kemudian lakukan penyekatan miring selama 10-15 menit, sesudah tersebut beri makan secukupnya saja dan istrihatkan lagi cupangnya.


Pada HARI KE-4 s/d HARI KE- 7 :

Selama 15 menit, hanya kita bisa lakukan penyelatan miring saja jangan lupa berikan daun ketapang yaa!! setelah tersebut kasih makan ikan secukupnya, sesudah istirahatkan ikan cupang kita ditaruh ditempat yang agak gelap.


Pada HARI KE-9

Buka tutup sekat ikan, sampai ikan cupang kita cukup panas, jangan sampai galak sekali, setelah itu kita pindahkan ikan dalam tempat botol adu/ botol trek.


Cara Melatih Mental Ikan Cupang

Kalau faktor kalah bertarung ini faktor yang paling sering di temui , langkah-langkah mengatasi faktor ini cukup memakan waktu sebab perlu tahap dan bahan materi.

Kita memerlukan bahan bahan sepeti :

  • Perisapan wadah seperti botol atau akuarium yang tidak besar.
  • Ikan cupang bermental bagus atau standard juga bisa yang krusial punya mental.
  • Cermin.
  • Pakan ikan cupang yang biasa di kasih kalo bisa berupa pakan hidup seperti cuk atau jentik nyamuk
  • Sebatang lidi.
  • Satu buah karet gelang (harus berwarna hijau).

Dengan bahan materi tersebut kita dapat melatih mental ikan cupang kita dengan cara :

  • Ikat kan karet hijau ke ujung lidi.
  • Lalu letakan ikan cupang yang sudah bermental ke sebelah wadah ikan cupang kita.
  • Lalu letakan cermin di sebelah ikan cupang yang memiliki mental bajaPasti ikan cupang yang sudah bermental baja akan ngedok ke cermin atau mungkin ke cupang.
  • Lalu sediakan pakan ikan cupangnya jika bisa pakan hidup seperti jenitk nyamuk atau cuk.
  • Lalu kalian celupkan lidi yang sudah d pasang karet hijau ke wadah ikan cupang dan senggolkan karetnya ke tubuh cupang tentunya, cupang tersebut bakal ngedokin si karet dan kalau sang cupang mematok karet nya kalian berikan bonus makanan satu cuk.
  • Hal tersebut dilakukan untuk ikan cupang kita iri kepada ikan sebelahnya maka ia bakal mencari tau apa yang membuat ikan cupang sebelah diberikan pakan bonus, hal ini dilakukan setiap hari pada saat sebelum makan (kalian sesekali harus mencob mental ikan yang dilatih supaya mengetahui apakah sudah bermental atau belum ) biasanya cara ini butuh waktu bahkan bisa bisa sampai satu bulan.

Cara Melatih Teknik Bertanding Ikan Cupang

Bila kita memperoleh ikan cupang dengan cara membeli, cupang dimasukkan ke dalam akuarium soliter dan diberi penyekat antar- akuarium lainnya.

Air yang dipakai harus diganti tiap 3  hari sekali. Supaya kualitas airnya terjaga, airnya ditambahkan ammonia chloraminei dengan takaran dua ml tiap dua koma  lima liter air.

Selama 10  menit, di pagi hari bukalah sekat setinggi setengah ketinggian air. Sirip-siripnya di dalam air diembangkan oleh ini bertujuan biar cupang sudah terbiasa ketika berhadapan dengan cupang lain.

Sesudah sepuluh  menit, sekat kembali ditutup seluruhnya. Supaya tak ada sisa makanan untuk menjaga kebersihan air, barulah diberi pakan sampai kenyang, tetapi usahakan Kalau siang hari, sekat kembali dibuka. Biarkan selama 10 menit, setelah 10 menit, sekat ditutup kembali dan pakan diberikan.

Ketika pada sore hari, ikan cupang masukkan ke dalam akuarium cupang betina yang belum siap kawin. Biarkan selama 15—20 menit.

Segera pisahkan jika betina lebih galak Bila sudah usai, pakan baru diberikan. Pelatihan lain yang tidak kalah penting dikenal sebagai penjemuran.

Tapi frekuensinya tidak tiap hari, cukup 2  kali selama sepekan dan lamanya sekitar 15—20 menit, sambil dihadapkan dengan cupang lainnya.

Setelah itu jangan lupa untuk mengganti air dengan air yang baru, tetapi harus dilakukan tahap penyifonan(disedot) terlebih dahulu, sisakan sepertiganya.

Kemudian isi dengan air yang sudah diendapkan selama 1 hari. Pelatihan yang seperti ini membuat cupang hias lebih siap disertakan dalam kontes ”kecantikan cupang”.

Tapi untuk menjaga keutuhan sirip dan kesehatannya, sebelum dikonteskan, cupang dimasukkan dalam ”pelatnas”, alias dipersiapkan secara eksklusif.


Tips Sukses Bermain di Kalangan

  1. Mengadu ikan atau bahasa kalangannya menge-trek ikan yaitu anda wajib memperhatikan secara detil posisi ikan kamu, yang paling utama ialah kepala dan tebal ikan kita jangan sampai kalah, kemudian perhatikan tidak pendek ikan kita.
  2. Pada saat ikan turun air/ bertanding, anda mesti teliti memperhatikan ikan anda, apabila ikan kamu memukul ikan lawan lalu menyemburkan sisik kamu boleh bermain sale-an, tetapi apabila ikan kamu memukul tapi tidak menyemburkan sisik lawan, anda wajib berhati hati jangan terpancing untuk main oleh lawan.
  3. Perhatikan karakter ikan kamu, apakah baling atau tusuk atau menitir (mengikuti kepala lawan), kamu mesti teliti sebab disinilah permainan 40% bisa ditebak karena apa??? Ikan baling tersebut merupakan permainan terkunci oleh ikan tusuk, sementara ikan tusuk terkunci oleh ikan menitir, dan ikan menitir terkunci oleh ikan baling, yah silahkan anda analisa sendiri, tetapi semuanya tersebut tidak 100% menjadi patokan kita utk menang.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Cara Merawat Ikan Cupang: Aduan, Hias, Anakan Serta Tipsnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Cara Merawat Ikan Cupang: Aduan, Hias, Anakan Serta Tipsnya
4.9 (98.6%) 100 vote[s]