3 Cara Merawat Ikan Louhan Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Diposting pada

3 Cara Merawat Ikan Louhan Yang Baik dan Benar Untuk Pemula – Ikan Louhan adalah salah satu ikan hias air tawar yang unik. Keunikan ikan terletak di dahi atau ‘Jenong’, yang membesar dan cerah, yang juga merupakan ciri khas ikan Louhan. Tidak mengherankan, ikan louhan sangat populer di masyarakat Indonesia.

Dipercaya juga bahwa ikan louhan adalah sejenis ikan hias atau pameran yang dapat membawa kebahagiaan bagi pemelihara mereka. Tahukah Anda asal usulnya, mengapa mitos di kalangan pecinta ikan tersebar luas tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia?

Singkatnya, kepercayaan bahwa ikan Louhan dapat memberi keberuntungan dimulai dengan mitos di Cina. Cukup banyak penggemar ikan hias di Taiwan juga menganggap ikan Louhan sebagai tanda kebahagiaan. Bahkan, nama Louhan sendiri memiliki arti sebagai dewa pelindung.

Jika Anda melihat ketenaran ikan Louhan sebagai pemain hoki, Anda mungkin tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang ikan “Jenong” ini. Terutama mereka yang memiliki rencana untuk memelihara ikan louhan di rumah. Dengan keunikan dan keindahan wanitanya, Louhan Fisch adalah keindahan banyak orang. Meski harganya mahal, banyak yang rela membelinya.

Namun, jika kita tidak bisa merawatnya dengan baik, kekuatan ikan Louhan tidak harus terlihat. Jadi kita perlu tahu cara menangani ikan Louhan dengan benar. Inilah cara menangani ikan Louhan dengan benar. Tentu saja, jika Anda ingin ikan louhan yang cantik dan sehat dan memiliki jenong yang baik, Anda perlu tahu cara merawatnya. Mari kita bahas pembahasan tentang perawatan ikan Louhan jauh sebelumnya


Karakteristik Ikan Louhan15 Makanan Ikan Louhan Agar Cepat Jenong dan Tips Perawatannya

Selain benjolan di kepala, ada beberapa fitur lain dari ikan Louhan ini yang perlu Anda perhatikan. Beberapa karakteristik ikan Louhan memang spesifik dan juga sangat mudah diamati. Jadi, inilah beberapa ciri khas ikan Louhan yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki Warna Terang

Hampir semua ikan Louhan memiliki sifat dan sifat khusus yang berwarna cerah seperti merah, perak, dan oranye. Selain itu, ikan louhan juga memiliki titik-titik skala hitam memanjang.

Untuk alasan ini, ikan louhan diklasifikasikan sebagai ikan hias karena mereka memiliki pola warna yang cerah dalam kombinasi dengan skala pola yang unik. Tidak jarang ikan Louhan dirawat oleh beberapa konglomerat, karena ikan Louhan tidak hanya memiliki warna dan motif yang unik, tetapi juga dikatakan membawa keberuntungan bagi pemilik hewan peliharaan mereka.


  1. Bentuk Tubuh Yang Unik

Bentuk tubuh ikan Louhan memang sedikit unik. Ya, ikan louhan tidak hanya memiliki tonjolan di kepala, tetapi juga ukuran kepala yang relatif kecil dan bibir yang sedikit cemberut.


  1. Jenis Ikan Air Tawar

Yang perlu Anda ketahui tentang ikan ini adalah jenis ikan segar yang hanya bisa hidup di kolam air tawar, sehingga ikan tidak bisa hidup di air jenis lain seperti air asin atau air payau.


  1. Ikan Karnivora (Pemakan Daging)

Mungkin banyak orang curiga bahwa ikan Louhan ini hanya memakan tanaman air atau hewan kecil. Namun sebaliknya. Ikan louhan adalah sejenis ikan karnivora atau ikan karnivora, sehingga makanan ikan itu sendiri terbuat dari spesies ikan atau sejenisnya.


Peralatan Untuk Perawatan Ikan Louhan

akuarium

  • Akuarium

Anda perlu memperhatikan ukuran akuarium untuk merawat ikan Louhan. Ukuran akuarium harus sesuai dengan ukuran ikan Louhan. Ukuran akuarium yang baik untuk ikan Louhan adalah 3/4 lebih besar dari ukuran ikan Louhan kami. Misalnya, ikan louhan memiliki panjang antara 40 dan 50 cm, ukuran akuarium harus memiliki ukuran sekitar 200 x 70 x 80 cm.


  • Aerator

Memelihara ikan di akuarium sangat berbeda dengan memelihara ikan di alam liar. Ikan di alam liar mendapat lebih banyak oksigen. Oleh karena itu, ikan yang disimpan di akuarium memerlukan bantuan alat untuk suplai oksigen.

Alat yang digunakan akuarium untuk menyediakan oksigen adalah aerator atau pompa udara. Aerator memiliki fungsi membawa udara ke akuarium dan menghilangkan udara dari sisa-sisa pernapasan ikan. Untuk memilih aerator yang baik, pilih aerator yang dapat membuang banyak udara tetapi menggunakan listrik yang sedikit.


  • Heater & Termometer

Suhu air di akuarium harus diatur agar ikan Louhan kami dapat tumbuh dengan baik. Karena pertumbuhan ikan Louhan melambat ketika suhu air di akuarium dingin. Untuk menentukan suhu air di akuarium, gunakan termometer.

Jika termometer menunjukkan suhu air akuarium saat dingin, kita dapat meningkatkan suhu udara menggunakan pemanas atau pemanas. Suhu ideal untuk ikan Louhan adalah 28-30 derajat Celcius.


  • Filter

Kebersihan air di akuarium sangat penting untuk diperhatikan. Jika air akuarium kotor, sangat mungkin ikan Louhan kita akan mati. Jadi kita selalu harus membersihkan air akuarium. Ini sangat bermasalah bagi kami karena air akuarium biasanya menjadi sangat cepat kotor.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan filter atau filter air. Filter ini memiliki fungsi menyaring air akuarium setiap saat agar selalu bersih. Kami masih harus mengganti air akuarium, tetapi mengganti air tidak umum seperti jika kami tidak menggunakan filter.


  • Penerangan

Pencahayaan di akuarium sangat penting bagi ikan Louhan kami agar ikan Louhan kami tidak menjadi malu. Untuk menerangi akuarium, kita bisa menggunakan lampu TL. Lampu TL tidak hanya menerangi akuarium kami, tetapi juga berkontribusi pada keindahan akuarium kami.

Namun, lampu TL ini dapat menghasilkan panas sehingga dapat mempengaruhi suhu air akuarium. Jadi kita harus memperhatikan ukuran lampu TL dengan ukuran akuarium. Ukuran lampu TL yang ideal untuk akuarium 80 x 40 cm adalah 20 watt.


  • Tanaman Air

Untuk menyerupai ruang hidup di luar ruangan, akuarium harus dilengkapi dengan tanaman hias. Itu juga bisa mempercantik akuarium ikan Louhan kami.


  • Pasir & Batu

Pasir digunakan untuk meletakkan batu atau kerikil. Pasir sungai yang dicampur dengan humus adalah pasir terbaik untuk akuarium kami. Kerikil 3 mm juga harus ditambahkan ke akuarium kami.


  • Kontrol Akuarium

Akuarium ikan Louhan harus melihat atau mengontrol suhu air, pH air dan kebersihan air setiap hari. Untuk mengetahui keadaan suhu air, kita bisa menggunakan termometer yang kami sediakan. Sementara itu, pH air dapat ditentukan dengan mengukur pH. PH air normal untuk akuarium adalah 6-8.5.

Selain itu, kita perlu membuat jadwal untuk mengganti air akuarium kita. Namun, mengganti air akuarium tidak perlu terlalu sering. Karena kami sudah menggunakan filter. Jadwal ideal untuk mengganti air di akuarium adalah sekitar sekali atau dua kali seminggu.


Cara Merawat Ikan Louhan Dewasaikan louhan

Secara umum, merawat ikan louhan memang sangat sulit. Bahkan, jika Anda memperlakukan ikan Louhan dengan benar dan benar, tentu saja Anda akan berhasil dalam proses pemuliaan. Namun, jika Anda tidak mengerti dan tidak tahu bagaimana mengobatinya, Anda akan mengalami kegagalan dalam proses perawatan. Karena itu, Anda perlu memahami dan tahu cara merawat ikan Louhan dewasa. Diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Pindahkan Louhan Dewasa ke Akuarium Besar

Cara merawat ikan Louhan dewasa harus terlebih dahulu dibawa ke akuarium sekitar 25×35 cm. Secara umum, ikan louhan saat ini berukuran antara 7 dan 8 cm. Ketika ikan Louhan telah mencapai ukuran ini, ia harus dipindahkan ke akuarium yang lebih besar.

Namun, untuk menghindari tekanan ikan louhan, sebaiknya jangan pernah pergi ke akuarium besar. Kemudian ajarkan dan latih ikan Louhan secara mental untuk melatih keterampilan dan pelatihan ikan Louhan yang responsif. Caranya adalah dengan meletakkan gelas di depan ikan Louhan.

Ketika dia mendekati gelas, mentalitasnya harus baik. Tujuan dari pelatihan ini tidak hanya untuk melatih ketangkasan dan daya tanggap, tetapi juga untuk mencegah ikan louhan yang Anda tanam terpapar stres yang dapat menyebabkan kematian ikan louhan.


  1. Beri Makan Pelet dan Asupan Spirulina

Jika ikan Louhan masih dalam tahap pengembangan, Anda dapat menggunakan pelet Louhan untuk memberi makan yang sesuai dengan jenis ikan Louhan yang Anda budidayakan. Untuk mempercantik warna ikan louhan sendiri, Anda juga bisa memberikan Asupa Spirulina untuk mempercantik penampilan kulit bersisik ikan louhan yang telah Anda budidayakan.


  1. Berikan Pakan Udang Tambahan

Memang, ikan Louhan termasuk dalam kategori ikan karnivora, yang cukup “rakus” untuk makanan. Oleh karena itu, petani ikan Louhan biasanya memberikan pakan tambahan dalam bentuk udang yang telah dipotong di kepalanya. Usahakan untuk memberi makanan tambahan 2 kali setiap 1 hari.


  1. Pindahkan Louhan Kembali ke Kolam Yang Lebih Besar

Ketika ikan Louhan tumbuh, tubuhnya juga tumbuh. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan kolam Louhan dewasa dengan ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan dengan kolam pertumbuhan dari masa pubertas hingga dewasa. Setelah ikan Louhan mencapai usia dewasa, Anda perlu membawanya ke kolam yang lebih besar.


Cara Merawat Anakan Ikan LouhanCara Merawat Anakan Ikan Louhan

Anda juga perlu tahu cara merawat ikan Louhan yang sudah berumur dan Anda perlu memahami cara merawat ikan Louhan yang masih anak ayam. Jadi, berikut adalah beberapa cara untuk merawat anak ikan Louhan yang baik, termasuk yang berikut:


  1. Siapkan Kolam Untuk Anakan Ikan Louhan

Cara pertama untuk merawat anak ikan Louhan adalah menyiapkan kolam untuk bibit ikan Louhan atau bibit. Ya, untuk kolam khusus ini, ikan louhan memiliki ukuran antara 15 × 20 cm. Juga pastikan untuk mengisolasi ikan Louhan satu per satu sehingga mereka tidak saling serang nantinya.

Pastikan juga Anda mengisi akuarium dengan air bersih. Jika Anda tidak menjaga kualitas air, bibit ikan Louhan tidak mungkin mati karena kualitas air di akuarium tidak memenuhi standar. Karena itu, pastikan air untuk akuarium tidak kotor dan berkualitas tinggi.


  1. Tambahkan Makanan Sesuai Dengan Porsi

Anda juga perlu memantau pemberian makan petani Louhan. Karena Anda harus memberi makan anak ikan Louhan sesuai dengan porsinya. Sebagai aturan, bibit Louhan diberi makan tiga kali sehari dalam bentuk ulat sutera atau cacing beku.

Pastikan juga jenis pakan Louhan ini dijamin untuk kebersihan dan kesehatan. Karena jika Anda memberi makanan kotor dan tidak sehat, ikan anak anjing Louhan akan berubah menjadi putih nantinya. Ini menunjukkan bahwa anak-anak ikan Louhan kesakitan, yang dapat menyebabkan kematian.


  1. Pindahkan Anakan Ikan Louhan ke Akuarium Yang Lebih Besar

Setelah ikan Louhan mencapai pubertas, Anda perlu membawa ikan Louhan remaja ke kolam yang lebih besar dan mengganti pakan yang sebelumnya menggunakan ulat sutera atau ikan beku. Kemudian biasakan menggunakan pakan pelet khusus Louhan dengan spirulina.


Cara Merawat Ikan LouhanCara Merawat Ikan Louhan

Dengan kondisi fisik yang unik, tidak semua orang bisa merawat ikan Louhan dengan baik. Karena cara perawatan yang dilakukan pada ikan dapat memengaruhi keindahan “alis yang bergetar” dan warna kulit. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami prosedur merawat ikan yang dijuluki dewa pelindung. Jadi, pelajari lima hal yang harus dipantau saat memelihara ikan Louhan di rumah.


  1. Gunakan Akuarium Yang Cukup Luas

Pastikan akuarium cukup besar untuk Louhan berenang. Jadi, Anda harus melihat ukuran ikan Louhan dan menyesuaikannya dengan ukuran akuarium Anda.


  1. Pemeriksaan Kondisi Air Secara Rutin

Jika Anda hidup secara alami di habitat air tawar, Anda juga harus secara teratur memeriksa kondisi air di akuarium. Pastikan airnya jernih dan memiliki kandungan oksigen yang halus. Dengan cara ini, ikan louhan bisa hidup sehat dan tidak mudah sakit.


  1. Selalu bersihkan filter akuarium

Ujung ketiga yang perlu dilakukan agar ikan Louhan dirawat dengan baik adalah dengan hati-hati membersihkan filter akuarium. Ini merujuk pada tips sebelumnya agar air dalam kondisi baik. Jadi tidak ada salahnya membersihkan filter air setiap minggu.


  1. Makanan Harus Berkualitas

Selanjutnya adalah pemberian makan ikan Louhan yang berkualitas. Biasanya, aktivis ikan Louhan yang berpengalaman menawarkan kombinasi pakan yang bervariasi untuk ikan, mulai dari pelet hingga cacing beku hingga udang kecil segar.


  1. Berinteraksi Dengan Ikan Louhan

Tip terakhir bagi ikan Louhan untuk berkembang dengan baik adalah untuk selalu terlibat dalam interaksi dan pendidikan mental. Ini mungkin terdengar aneh, tetapi ikan Louhan adalah spesies ikan yang dapat memahami perhatian penjaga. Ini juga mempengaruhi kualitas ikan Louhan Anda jika Anda ingin memasukkannya ke dalam ras atau sejenisnya.


Cara Perawatan Akuarium Ikan LouhanCara Perawatan Akuarium Ikan Louhan

Selain memahami prosedur pemuliaan dan prosedur untuk budidaya ikan Louhan, Anda juga perlu memahami prosedur untuk memelihara kolam ikan Louhan. Faktanya, ikan ini tidak bisa hidup di tangki akuarium dengan air kotor dan suhu yang tidak terkendali.

Akibatnya, ikan louhan dapat mengalami stres dan kemudian perlahan-lahan mati karena stres atau depresi. Ini adalah prosedur yang tepat untuk merawat kolam ikan Louhan yang bisa Anda lihat. Diantaranya adalah:


  1. Gunakan Akuarium Tiga Kali Ukuran Tubuh Ikan Louhan

Sebelum membahas cara merawat kolam ikan akuarium Louhan, Anda harus terlebih dahulu menggunakan kolam akuarium yang berukuran tiga kali ukuran ikan Louhan. Tujuannya agar ikan Louhan dapat bergerak bebas ke mana saja untuk mengurangi stres dan depresi yang disebabkan oleh ikan Louhan.


  1. Periksa Suhu dan Isi Air Akuarium

Setelah itu, Anda harus secara teratur memeriksa suhu dan kadar air akuarium untuk merawat kolam ikan.

Pastikan kolam ikan Louhan memiliki pH 7 atau 8 sehingga kualitas airnya tidak terlalu asam atau asin, dan usahakan untuk menjaga suhu akuarium Louhan pada suhu 28 hingga 30 derajat Celcius untuk dijaga.


  1. Pasang Filter Air

Langkah kedua dalam pemeliharaan kolam ikan Louhan adalah memasang filter air untuk mengurangi kadar amonia dan nitrat beracun yang dapat dicampur dalam air kolam akuarium Louhan. Ya, asal usul racun ini adalah karena sisa-sisa ikan Louhan, yang bisa larut dalam air. Karena itu, racun ini dapat diatasi dengan filter air dan disaring di filter air kolam akuarium Anda.


  1. Kuras Akuarium Ikan Louhan Sekali Dalam 2 Minggu

Langkah terakhir dalam merawat kolam ikan akuarium Louhan adalah dengan mengalirkan ikan akuarium Louhan setidaknya sekali setiap 2 minggu. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas akuarium ikan Louhan sedemikian rupa sehingga tetap bersih dan tentu saja tidak mengandung beberapa racun berbahaya yang sebelumnya terkandung dalam air akuarium.


Keunikan Ikan LouhanKeunikan Ikan Louhan

Sebagai ikan hias, ikan Louhan secara alami memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya. Ya, sampai sekarang, banyak orang percaya bahwa merawat ikan Louhan ini tentu saja akan membawa keberuntungan bagi seseorang yang merawat ikan yang memiliki benjolan di kepalanya.

Ya, semakin besar benjolan di kepala ikan Louhan yang dia tangani, semakin besar peluang bagi administrator untuk mendapatkan aset finansial dan profesional.

Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa banyak konglomerat pejabat negara memilih untuk memelihara ikan Louhan sebagai ikan hias di akuarium rumah mereka. Tahukah Anda, bahwa ada beberapa ikan louhan unik yang bukan milik ikan hias lainnya? Diantaranya adalah sebagai berikut:


  1. Harga beli cukup tinggi

Keunikan pertama ikan Louhan dengan jenis ikan hias lainnya ditemukan pada harga beli. Ya, harga pembelian untuk ikan Louhan memang cukup tinggi, karena menanam ikan Louhan sendiri juga sangat sulit dan jenis ikan Louhan yang ia beli juga memiliki dampak besar pada harga jual.

Selain itu, berat total ikan Lohan juga mempengaruhi harga dan gaya serta skala motif yang unik juga meningkatkan harga jual. Harga jual terendah untuk ikan louhan adalah Rp. 500.000,00 untuk ikan Louhan termahal dengan harga Rp. 3,000,000.00. Jadi tidak heran kalau ikan Louhan adalah salah satu ikan hias paling mahal di dunia.


  1. Dapat menghilangkan stres

Keunikan kedua ikan Louhan dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya adalah untuk menghilangkan stres atasan. Bagaimana bisa? Karena ikan louhan ini termasuk ikan penurut. Jika Anda meletakkan jari Anda di dinding akuarium, ikan Louhan akan mengikuti jari Anda.

Jadi jika jari Anda bergerak ke mana pun Anda inginkan, ikan Louhan akan tertarik pada gerakan jari Anda yang sebelumnya Anda tempatkan di akuarium.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 3 Cara Merawat Ikan Louhan Yang Baik dan Benar Untuk Pemula semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: