15 Fakta Ikan Hiu Megalodon Perdator Terganas Sepanjang Sejarah!

Diposting pada

15 Fakta Ikan Hiu Megalodon Perdator Terganas Sepanjang Sejarah! – Adalah sebuah spesies ikan hiu purba raksasa yang pernah hidup sekitar 20 hingga 1,2 juta tahun lalu dan menjadi nenek moyang dari ikan hiu. Ikan hiu ini berukuran lebih besar dari sebuah kapal pesiar atau bahkan lebih besar dari seekor paus bungkuk dengan berat mencapai 80-100 ton. Nama megalodon sendiri memiliki arti “gigi yang besar”.

Para ilmuwan percaya bahwa ikan hiu megalodon adalah ikan predator yang sangat buas dan ganas. Namun banyak juga yang percaya bahwa ikan hiu Megalodon merupakan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang. Anggapan tersebut berdasarkan keterangan para peneliti yang mengatakan Carcharodon Megalodon merupakan hiu tipe laut dalam.

Dan kebanyakan makhluk laut dalam dapat bertahan hidup. contoh nyatanya ialah Frill shark yang masih hidup hingga saat ini meskipun pernah dinyatakan punah. Ikan hiu megalodon masih meninggalkan sejuta misteri di mana ada beberapa orang yang mengatakan bahwa hiu ini telah punah dan ada juga yang mengatakan bahwa hiu ini masih ada sampai sekarang. Berikut admin paparkan informasi tentang 15 Fakta Ikan Hiu Megalodon Perdator Terganas Sepanjang Sejarah! yang harus kalian tahu:

Fakta Tentang Ikan Hiu Megalodon

Ikan Hiu Megalodon Ikan Terbesar di Dunia Yang Pernah Hidup

  1. Ilmuwan Mencoba Membuat Bibit-bibit Ikan Hiu Megalodon

yah, benar, saat sekarang ada beberapa ilmuwan yang mencoba untuk menghidupkan lagi spesies ini dengan cara mengembangkan lagi bibitnya, bahkan Beberapa wilayah pembibitan Megalodon telah ditemukan.

Berdasarkan asumsi peneliti, hiu megalodon melahirkan anak-anaknya di lingkungan perairan yang dangkal dan mereka mencoba mensimulasikannya, beberapa daerah pembibitan yang dibuat berdasarkan konsentrasi tinggi gigi hiu megalodon kecil, panjangnya hanya sekitar 1 ½ inci.

Wilayah yang menurut sumber digunakan untuk pembibitan hiu megalodon mencakup wilayah Lembah Bone di Florida, Tebing Calvert di maryland dan pembibitan yang baru-baru ini dijelaskan ada di Panama.


  1. Fosil Ikan Hiu Megalodon Tersebar di Seluruh Dunia

Gigi fosil hiu megalodon sudah ditemukan di seluruh dunia dari wilayah Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, serta Puerto Riko, Kuba, Jamaika, Kepulauan Canary, Australia, Selandia Baru, Jepang, Malta, Grenadines dan India. Tampaknya dia tinggal di samudra mana saja asalkan tempatnya cukup hangat dan adanya sumber makanan yang banyak untuk menopang hidupnya.


  1. Gigi Ikan Hiu Megalodon Berharga Sangat Fantastis

Luar biasa bukan? konon gigi hiu megalodon berukuran  7 inci yang sangat langka tersebut hampir dapat dijual dengan harga 50.000 USD atau kalau dikurskan ke rupiah bisa sekitar 700 juta, sedangkan untuk gigi hiu megalodon yang berukuran kecil atau sudah patah dihargai murah, sekarang banyak sekali kolektor yang memburunya yang digunakan untuk koleksi antik mereka.

Faktanya, seperti pada hiu umumnya, gigi dari hiu megalodon juga bisa patah dan aus seiring pertumbuhannya, jadi sulit untuk menemukan yang benar-benar utuh, ciri-ciri giginya sangat padat dan mudah disimulasikan pada komputer.


  1. Ikan Hiu Megalodon Mempunyai 276 Gigi Dalam 5 Ruas

Sebagaimana dengan jenis hiu yang lainnya, ikan hiu megalodon kadang melepas giginya saat mulai aus, hiu megalodon kemungkinan mempuyai 5 ruas gigi, yang cara kerjanya seperti ban berjalan, apabila ada gigi yang patah maka dapat diganti dengan cepat, kemungkinan dalam waktu 24-48 jam.

Sementara tingkat kehilangan gigi kurang dipahami bahkan hiu sekarang, kemungkinan hiu megalodon kehilangan ribuan gigi selama masa hidupnya, sebagian besar gigi hiu megalodon fosilnya yang dikumpulkan menunjukkan keausan makanan yang signifikan di ujungnya, yang diantaranya ada yang tergores karena mengunyah tulang atau gigi lainnya saat sedang menyusui.


  1. Gigitan Yang Terkuat Sepanjang Sejarah Ikan Hiu

Hiu megalodon diyakini mempunyai gigitan yang sangat kuat dibandingkan dengan hewan apapun, meskipun hampir mendekati, sebuah simulasi komputer memperkirakan kekuatan gigitan hiu megalodon antara 24.000 sampai 40.000 pound (10.900 sampai 18.100 kilogram).

Dari situ kekuatan gigitannya adalah 6 sampai 10 kali kekuatan gigitan hiu putih dan buaya, bahkan katanya kekuatannya sebanding dengan kekuata 2-3 kali dari perkiraan kekuatan gigitan 12.800 Pound T-Rex dan mosasaurus, kekuatan gigitan yang sangat besar tersebut benar-benar dapat menggigit paus kecil menjadi dua bagian.


  1. Gigi Ikan Hiu Megalodon Dapat Mencapai Ukuran Lebih Dari 7 Inci.

Pada umumnya gigi hiu Megalodon dewasa berkisar antara 4-5 inci, beberapa gigi fosil besar yang sudah berhasil ditemukan adalah lebih dari 7 inci, gigi hiu Megalodon terbesar yang pernah tercatat dengan ukuran 7,48 inci yang ditemukan diperairan daerah Ocucaje peru.

Bandingkan saja dengan hiu putih besar yang giginya dapat mencapai ukuran maksimal dibawah 3 inci untuk yang paling besar, dari rekonstruksi rahang Megalodon dapat menunjukkan bahwasanya rahang megalodon mencapai ukuran 7 kaki.


  1. Ikan Hiu Megalodon Merupakan Predator Terbesar Yang Pernah Ada

Ikan Hiu megaladon dapat mencapai panjang hingga 60 kaki dan berat maksimum yang diperkirakan lebih dari 60 ton, hiu megalodon adalah predator terbesar yang diketahui dalam sejarah Bumi, mungkin sekarang paus yang kita kenal seperti paus sperma modern lebih panjang, tapi mungkin beratnya tidak seberat hiu Megalodon.

Sebagai pembandingan lagi, sekarang hiu terbesar yang masih hidup adalah Hiu Putih dengan besar maksimal sekitar 23 kaki dan 3 ½ ton, namun ukuran tersebut tidak dapat mengalahkan hiu Megalodon karena hiu megalodon hampir 3 kali lebih panjang, dan 20 kali dan berat seperti Hiu Putih Besar.

Namun dibandingkan dengan reptil laut besar yang sudah punah seperti mosasaurus, tylosaurus dan Liopleurodon, berat hiu Megalodon terbilang kalah, disebabkan Karena kerangka hiu terbuat dari tulang rawan yang tidak mudah disimulasikan dalam bentuk kerangka utuh, para ilmuwan hanya meneliti giginya saja untuk memperkirakan ukuran maksimum dari hiu megalodon ini.

Akhirnya banyak dari para ilmuwan yang berbeda-beda dalam masalah hasil pengukurannya karena berbedanya cara atau metodologi dalam pengukurannya. namun ukuran maksimum yang paling diterima secara ilmiah ditetapkan dalam kisaran 50 sampai 60 kaki.


  1. Ikan Hiu Megalodon Memiliki Nafsu Makan Yang Besar

Memiliki kemampuan berburu yang mematikan, ukuran yang tubuh yang besar dan kecepatan berenang cepat, praktis membuat ikan hiu Megalodon menjadi penguasa yang mutlak pada puncak rantai makanan. Para peneliti menyatakan bahwa hiu purba raksasa yang satu ini punya nafsu makan yang sangat besar dan memangsa apa pun yang ada dihadapannya ketika ia lapar.

Beberapa mangsa favoritnya ialah kura-kura raksasa, ikan paus dan juga mungkin Megalodon lain yang lebih kecil ukurannya. Merupakan hukum alam jika Makhluk yang besar memiliki nafsu makan yang besar pula.


  1. Makanan Ikan Hiu Megalodon Adalah Ikan Paus

Hiu raksasa ini jelas membutuhkan energi yang sagat besar dan otomatis jumlah makanannya juga tidak sedikit, diperkirakan hiu megalodon dewasa mungkin harus mengkonsumsi lebih dari satu ton makanan per hari untuk asupan energinya.

 Dari bukti fosil menunjukkan bahwasanya hiu megalodon memangsa paus dan mamalia laut besar lainnya seperti sapi laut dan singa Laut, banyak fosil tulang ikan paus telah ditemukan sebagai bukti yang jelas dari gigitan besar yang dibuat oleh giginya yang sesuai dengan penggalian fosil megalodon lainnya, ditemukan gigi megalodon yang tergeletak di samping sisa ikan yang dikunyah.


  1. Ikan Hiu megalodon Berbeda Dengan Ikan Hiu Putih Besar

Berlawanan dengan kepercayaan masyarakat umum, dari bukti fosil menunjukkan bahwa hiu megalodon sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hiu putih besar, ketika hiu Megalodon pertama kali dideskripsikan berdasarkan gigi fosil pada tahun 1843, ia dimasukkan dalam genus yang sama dengan Hiu Putih Besar, genus Carcharodon.

kedua hiu tersebut sama-sama mempunyai gigi yang besar bergerigi dan merupakan predator puncak laut pada zaman mereka, jadi, apakah kedua hiu tersebut sama? seiring perkembangan ilmu tentang taksonomi hiu telah berkembang dan penemuan fosil baru membuka pencerahan bagi masalah tersebut dan secara jelas asumsi tersebut tidak benar, akhirnya genus Carcharocles baru diciptakan.

Hiu megalodon kemungkinan generasi terakhir dari genus chronospecies, atau satu garis evolusi yang dapat ditelusuri kembali hampir 60 juta tahun ke hiu otodus,pada saat yang sama penelitian telah menunjukkan bahwa hiu mako dan hiu putih mempunyai kesamaan.

Fosil menunjukkan bahwa kedua hiu tersebut kemungkinan hasil evolusi dari Broad Tooth Mako yang telah punah (Isurus hastalis), yang bercabang sekitar 5 juta tahun yang lalu, jadi, berdasarkan apa yang dibawa oleh berita atau media populer lainnya yang menunjukkan bahwa megalodon dan hiu terkait erat, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan bukti fosil atau pandangan konsensus di antara para periset.


  1. Ikan Hiu Megalodon Merupakan Predator Yang Pintar

Megalodon mungkin dapat dimasukkan ke kategori hewan purba. Namun, bicara soal kemampuan nyatanya Megalodon merupakan hewan purba yang luar biasa cerdas. Terutama tentang caranya berburu mangsa. Diketahui Megalodon tak hanya memanfaatkan kecepatan berenangnya yang luar biasa cepat, kecepatan berenangnya merupakan teknik khusus untuk melumpuhkan mangsanya.

Para peneliti percaya bahwa jika Megalodon berburu ia akan menyerang sirip mangsanya terlebih dahulu. Memang pada awalnya mangsanya tersebut dapat melarikan diri, Namun bila ikan kehilangan salah satu siripnya maka kemampuan berenangnya akan berkurang dan membuat mereka kesulitan dalam berenang.

Belum lagi mangsa tersebut akan mengalami pendarahan yang hebat dan secara perlahan akhirnya pendarahan tersebut membuat si mangsa semakin lemah. Jika mangsanya sudah menunjukkan tanda-tanda seperti akan mati, barulah Carcharodon Megalodon akan memakan mangsanya dengan kekuatan gigitan 18 ton tadi.


  1. Ikan Hiu Megalodon Mengguasai Seluruh Perairan

Kebanyakan predator pada zaman modern seperti sekarang hanya menguasai wilayah teritorial tertentu saja. Misalnya saja ikan hiu putih besar yang hanya menguasai wilayah Selatan Afrika ataupun laut-laut di Artik.

Peneliti percaya jika hewan super buas satu ini memiliki Kebiasaan menguasai suatu wilayah dan jika suatu wilayah sudah berhasil ia kuasai maka ia akan mencari tempat yang baru untuk ia kuasai lagi dan ikan hiu megalodon berada diperairan mana pun.

Tidak hanya menguasai suatu wilayah perairan, ikan hiu megalodon diketahui melakukan perjalanan ke penjuru lautan di seluruh dunia. Akhirnya, megalodon dapat dikatakan monster yang memuncaki seluruh rantai makanan perairan dunia.


  1. Kepunahan Ikan Hiu Megalodon Tidak Diketahui Dengan Jelas

Carcharodon Megalodon raja dari rajanya ikan hiu dan merupakan hewan purba terkuat di lautan, ia predator puncak pada rantai makanan, punya kekuatan gigitan yang terkuat dari semua jenis ikan hiu, lalu bagaimana bisa megalodon punah?

Jawabannya tidak diketahui dengan pasti kenapa megalodon punah. Namun para peneliti pernah mengatakan ada 2 faktor utama yang jadi penyebab punahnya ikan hiu megalodon. Kepunahan Carcharodon Megalodon cukup erat kaitannya dengan Fenomena global cooling.

Karena hal inilah yang mungkin membuat Megalodon kurang bisa menyesuaikan diri dan akhirnya Megalodon berakhir dengan kepunahan. Alasan kedua yaitu mangsa yang susah ditemukan. Ya, hal ini mungkin cukup masuk akal mengigat dominasi Megalodon yang benar-benar menggila dan menguasai seluruh lautan.


  1. Ikan Hiu Megalodon Sudah Punah Sekitar 2,6 Juta Tahun Yang Lalu

Sayangnya hiu megalodon sudah punah sekitar 2,6 juta tahun yang lalu, penyebabnya adalah pada masa itu, Bumi sedang mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrem yang mana secara signifikan mempengaruhi kehidupan hiu megalodon, samudra sangat dingin dan permukaan air laut turun, akhirnya banyak mamalia laut besar yang mana hiu megalodon bergantung kepadanya sebagai makanan menjadi hilang selamaya perkiraan waktu itu.


  1. Apakah Ikan Hiu Megalodon Masih Ada?

Beberapa kali, ada laporan tentang hiu monster yang dicurigai sebagai hiu megalodon, namun, para ilmuwan tidak yakin, beberapa penelitian telah dipublikasikan dengan menyatakan bahwa hiu megalodon telah punah, dan sudah berlangsung selama dua atau tiga juta tahun yang lalu. Andaikan masih hidup, hiu atau paus yang kita kenal sekarang kemungkinan tidak akan banyak jumlahnya karena mereka pasti sudah dimakan olehnya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 15 Fakta Ikan Hiu Megalodon Perdator Terganas Sepanjang Sejarah! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

15 Fakta Ikan Hiu Megalodon Perdator Terganas Sepanjang Sejarah!
5 (100%) 100 vote[s]