Ikan Betok

Diposting pada

Ikan Betok – Ikan Betok(Anabas Testudieus) merupakan ikan air tawar. Habitat ikan betok merupakan rawa, sawah, parit, dan sungai kecil. Selain didaerah tersebut ikan betok juga sering ditemukan pada saluran air terbuka. Ikan ini mempunyai beberapa nama antara lain, Climbing Gouramy (Inggris), ikan betik (Jawa), ikan puyu (Melayu) dan ikan papuyu (Banjar). Ikan puyu termasuk jenis ikan pemangsa (karnivora).

Serangga, hewan air dan ikan yang berukuran kecil merupakan makanan ikan betok di habitatnya. Anabas tertudieus bukan termasuk ikan peliharaan, umumnya orang menangkap ikan betik sebagai ikan rawa atau ikan liar.


Klasifikasi Ikan Betok

Ikan betok Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Class: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Anabantidae
Genus: Anabas
Spesies: A. testudineus


Morfologi Ikan Betok

  • Bersisik keras dan berkepala besar.
  • Ukuran ikan betok tergolong kecil dengan panjang tubuh maksimal sekitar 20cm.
  • Pada bagian sisi samping tubuh ikan betok terdapat warna kekuningan dan pada bagian bawah tampak garis gelap melintang kebawah dan ke atas samar tidak beraturan.
  • Terdapat warna gelap kehitaman dan agak kehijauan atau kecoklatan pada bagian atas tubuhnya.
  • Tutup insang bagian belakang bergerigi tajam bagaikan duri.
  • Di ujung belakan tutup insang tampak sebuah bintik hitam walau terkadang nampak tak jelas.

Budidaya Ikan Betok

Saat ini ikan betok sangat jarang ditemukan dipasar, terkadang ada pedagang ikan yang menjual ikan betok, akan tetapi ukurannya kecil sehingga belum layak untuk dikonsumsi. Usaha budidaya ikan betok belum banyak dilakukan oleh peternak ikan. Salah satu penyebabnya merupakan keterbatasan jumlah indukan, karena indukan yang tersedia saat ini hanya dapat diperoleh dari tangkapan di habitatnya.

Penangkapan yang di lakukan dengan merusak habitatnya juga menjadi faktor semakin sulit untuk mendapatkan indukan ikan betok. Dengan situasi seperti di atas maka budidaya ikan betok merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan menantang.

Karena daging ikan ini memliki rasa yang gurih dan lezat serta bernilai ekonomi yang tinggi  di daerah Kalimantan ikan papuyu mulai di budidayakan. ikan betok hijau merupakan ikan papuyu yang sering dibudidayakan, jenis betok ini dapat mencapai bobot kisaran 200 gram dibanding dengan jenis betok lainnya. Bagi kalian yang ingin mencoba usaha di bidang ini berikut merupakan Cara Budidaya Ikan Betok :


  • Persiapkan Wadah Budidaya Ikan Betok

Ikan Betik merupakan jenis ikan yang tahan kekeringan, kekurangan oksigen di dalam air dan mempunyai toleransi terhadap fluktuasi suhu yang tinggi. Karena itu ikan betik dapat dibudidayakan atau dipelihara diberbagai jenis wadah seperti kolam semen, kolam terpal, tambak atau juga kolam tanah. Akan tatapi untuk budidaya sebaiknya menggunakan jenis kolam terpal, selain lebih efisien untuk perkembangan ikan betok juga lebih memudahkan saat panen dibanding dengan budidaya menggunakan kolam tanah.

Karena kita memilih wadah kolam tanah, ikan puyu dapat bersembunyi di dalam lumpur pada saat hendak di panen. Pemupukan dasar kolam untuk budidaya ikan betok harus dilakukan pada anakan ikan betok. Anakan ikan betok belum sekuat ikan betik dewasa yang mampu hidup pada konsdisi air apa saja, bahkan kondisi air buruk pun ikan puyu dewasa mampu bertahan hidup.


  • Pemijahan Ikan Betok

Benih ikan betok bisa didapatkan dari hasil pemijahan indukan betok jantan dan indukan betok betina. Cara membedakan antara betok jantan dan betina dapat perhatikan pada fisiknya. Berikut merupakan ciri-ciri ikan betok jantan dan ikan betok betina:


Jantan

  • Bentuk kelamin ikan betok jantan merupakan memanjang
  • Ikan betok jantan mempunyai gerakan yang gesit dan lancah
  • Tubuh ikan betok jantan lebih kecil dibandingkan dengan ikan betok betina.

Betina

  • bentuk kelamin ikan betok betina merupakan bulat dan berlubang.
  • Ikan betok betina cenderung bergerak lebih lambat dibanding dengan ikan betok jantan.
  • mempunyai tubuh lebih besar dari ikan betok jantan.

Melakukan pemijahan ikan betok dengan cara buatan yakni cara kawin suntik. Sekali musim kawin, ikan betik dapat dipijahkan sebanyak tiga kali dan mampu menghasilkan sekitar 6 ribu hingga 13 ribu butir telur. Pada suhu 26° hingga 28°C telur ikan betok membutuhkan waktu 24 jam untuk menetas sedangkan pada suhu 29° hingga 30°C hanya membutuhkan waktu 12 jam saja. Setelah menetas anakan ikan betok dapat disebar pada wadah kecil seperti aquarium.


  • Penebaran Anakan Ikan Betok Dan Pemeliharaan Dalam Kolam

Anakan Ikan betok yang baru menetas sudah mempunyai cadangan makanan pada kantung yang menempel di perutnya, jadi biarkan anakan ikan tersebut tanpa di beri pakan sampai berusia 4 hari. Setelah 4 hari baru dapat diberikan pakan berupa kuning telur secukupnya. Kuning telur yang sudah di rebus merupakan makanan yang sangat baik buat anakan ikan betik yang baru menetas. Pemberian kuning telur dilakukan secara teratur tiga kali sehari sampai anakan ikan betok berumur dua minggu.

Setelah anakan ikan betik berusia 2 minggu, barulah dapat di beri pakan lainnya, yaitu pellet yang telah di haluskan. Pemberian makanan berupa pellet yang telah dihaluskan pada anakan ikan betok ini dilakukan sampai anakan ikan betok tersebut berumur sekitar 8 minggu. Setelah 8 minggu barulah ikan puyu dapat dipindahkan ke dalam kolam yang telah kalian siapkan.

Makanan ikan betok pada usia 2 bulan keatas, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ikan papuyu di habitatnya memakan serangga, hewan air dan ikan yang berukuran kecil serta tumbuh-tumbuhan air. Namun jika kalian kesulitan untuk mendapatkan makanan ikan betok seperti di habitat aslinya, kalian dapat memberikan pelet berukuran kecil dan sedang 2-3 kali sehari, tentunya dengan takaran yang sesuai dengan jumlah anakan ikan betok dalam setiap kolam.


  • Panen Ikan Betok

Setelah berumur 4 bulan ikan betok sudah dapat dipanen. Pemanenan dapat dilakukan dengan dua cara, tergantung tujuan kalian memanen ikan betok hasil budidaya kalian sendiri. Dapat di panen total, artinya semua hasil budidaya di tangkap untuk kemudian di pasarkan, atau pemanenan selektif, yaitu menjaring ikan betik hasil budidaya, kemudian di pilih yang besar-besar untuk dipasarkan sekaligus memisahkan sebagian untuk di jadikan indukan pada budidaya ikan betok selanjutnya.


Harga Ikan Betok

Ikan betok yang sudah panen dapat langsung di pasarkan, di daerah kalimantan tepatnya di banjarmasin harga ikan betik perkilo mencapai 55 ribu rupiah, sangat menggiurkan bukan…?? karena harga ikan betik terbilang tinggi, tak ada salahnya kalian manfaatkan peluang budidaya ikan papuyu ini, dan raup keuntungannya.


Khasiat Ikan Betok

Khasiat ikan betik ternyata tidak dapat di pandang sebelah mata, ikan betik mempunyai kemampuan farmakologi yang baik dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Karena kandungan gizi yang tersimpan pada daging ikan puyu tidak kalah dengan ikan air tawar lainnya. Berikut merupakan kandungan ikan betok yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia:

  • Omega 3 diperlukan bagi janin di dalam kandungan dan juga sangat diperlukan bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. sebab omega 3 bermanfaat bagi kecerdasan janin dan anak.
  • Manfaat protein pada tubuh adalah untuk meregenerasi sel-sel lama dengan sel baru dan membangun masa otot.
  • Zat besi berguna untuk menambahkan kadar hemoglobin dalam darah merah guna mengikat oksigen.
  • Fosfor sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Itulah beberapa kandungan yang ada pada daging ikan betok sehingga menjadikan ikan puyu layak untuk di konsumsi.


Manfaat Ikan Betok Bagi Kesehatan

Ikan betik sangat layak untuk di pilih sebagai salah satu lauk-pauk saat kita makan, karena selain rasanya yang lezat dan gurih ternyata manfaat ikan betik bagi kesehatan juga sangat besar. Berikut terdapat beberapa manfaat ikan betok bagi kesehatan tubuh manusia:


  • Meningkatkan Kecerdasan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa ikan puyu mengandung omega 3 didalamnya. Manfaat omega 3 adalah untuk meningkatkan kemampuan otak, oleh karena itu jika dikonsumsi mampu meningkatkan IQ anak dan menjadikan otak lebih cerdas. Banyak orang tua yang memberikan ikan climbing gouramy sebagai lauk pauk bagi anak-anaknya. Dan perlu di ketahui bahwa tidak semua ikan mengandung omega 3 oleh karena itu khasiat ikan betok yang 1 ini perlu menjadi catatan tersendiri bagi orang tua yang ingin meningkatkan IQ dan kecerdasan anak-anaknya.


  • Menambah Nafsu Makan

Ikan betik sudah lama di percaya dapat meningkatkan nafsu makan, oleh karena itu jika kalian mempunyai masalah dengan nafsu makan kalian, tidak ada salahnya mencoba ikan papuyu untuk memancing selera nafsu makan kalian sehingga tubuh kalian tidak lemah dan mudah lelah. Selain orang dewasa ikan papuyu juga baik untuk di konsumsi anak-anak agar nafsu makan anak terjaga sehingga perkembangan tubuhnya berjalan dengan baik.


  • Memperlambat Kepikunan

Salah satu penyakit yang sering di derita orang tua usia lanjut lainnya merupakan pikun (menurunnya daya ingat) salah satu manfaat ikan betok merupakan dapat mencegah kepikunan datang lebih cepat. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi ikan rawa yang satu ini.


  • Mencegah Pengroposan Tulang (Osteoporosis)

Manfaat selanjutnya yang dapat di peroleh dari mengonsumsi ikan betik ialah mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah bagian dari masalah pengeroposan tulang yang efeknya dapat menyulitkan penderitanya untuk bergerak secara normal. Umumnya penderita osteoporosis merupakan orang tua usia lanjut. Tapi bagi orang yang menjalani pola hidup yang tidak teratur dan tidak sehat penyakit ini dapat dirasakan walau usianya kisaran 40 tahunan.


  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Daging ikan betok dapat mempercepat proses trombosit dalam darah yang berguna untuk membekukan darah. Sehingga jika kalian terluka maka darah yang keluar tidak banyak dan luka kalian akan cepat kering. Kemudian khasiat ikan betok juga baik diperuntukan bagi orang yang baru menjalani oprasi, agar jahitan bekas operasi cepat kering sehingga kesehatan tubuh pasien cepat berangsur pulih.


  • Sirkulasi Darah Menjadi Lancar

Khasiat ikan betok berikutnya merupakan dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah, seperti kita ketahui bersama kurang lancarnya sirkulasi darah dapat menyebabkan tubuh kurang bugar dan terlihat tegang seperti banyak fikiran, sehingga mudah terserang penyakit. Untuk pencegahan alami sekaligus merangsang kelancaran peredaran sirkulasi darah dalam tubuh tidak ada salahnya dengan cara mengkonsumsi ikan climbing gouramy yang telah di olah sesuai selera kita masing-masing.


  • Membentuk otot tubuh

Ikan betik merupakan salah satu jenis ikan yang dapat membantu dalam membentuk otot tubuh. Karena  ikan puyu mengandung protein tinggi yang dibutuhkan untuk pembentukan otot juga menjaga kesehatan tubuh kalian.


  • Anemia

Anemia merupakan salah satu akibat dari kekurangan kadar hemoglobin didalam sel darah merah. Seperti di ketahui bahwa hemoglobin berfungsi sebagai pengikut oksigen didalam darah. Beberapa gejala anemia pada tubuh ialah rasa pusing dikepala, kurang bersemangat dan mudah lelah.

walau tampak sederhana tetapi penyakit anemia tidak boleh dianggap remeh. Salah satu cara meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dengan cara menjadikan ikan climbing gouramy sebagai lauk-pauk santapan kalian. Karena didalam ikan puyu terdapat senyawa zat besi yang sangat baik untuk mencegah anemia.


Mancing Ikan Betok

Ikan betik termasuk jarang dijadikan target utama saat memancing sebab ukurannya yang tidak terlalu besar, akan tetapi sesungguhnya ikan betik mempunyai kelebihan yang layak dijadikan target, sebab ikan climbing gouramy merupakan ikan predator atau pemangsa yang sangat rakus sehingga banyak pilihan teknik memancing dan juga umpan mancing ikan betik yang beraneka ragam.


  • Teknik Memancing Ikan Betok

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ikan puyu merupakan ikan yang sangat rakus dan mudah dikelabui bahkan kita dapat memakai umpan buatan atau umpan artifisial sehingga teknik yang dapat kita gunakan bervariasi.


  • Teknik Mancing Ikan Betok Konvensional

Teknik yang paling umum dalam memancing ikan betok adalah dengan memberikan umpan hidup dan menggunakan pelampung, pole rod (tegek) merupakan pilihan utama yang paling efisien. Teknik dasar memancing menggunakan reel, akan tetapi tidak dianjurkan karena ikan papuyu sangat menyukai perairan dangkal atau di pinggiran rawa.


  • Teknik Memancing Dengan Umpan Buatan (Umpan Artifisial)

Teknik memancing dengan umpan artifisial yang paling utama digunakan dalam memancing ikan betok ialah fly fishing. Yaitu menggunakan umpan mancing ikan betok yang terbuat dari bahan ringan seperti benang, bulu dan sebagainya. Untuk menyerupai serangga atau ikan kecil.

Fly fishing merupakan teknik artifisial yang paling efisien dalam memancing ikan betok karena ukuran umpannya sangat kecil, sesuai dengan ukuran ikan betik yang juga tidak terlalu besar. Bila kalian ingin merasakan teknik memancing yang lain, teknik ini dapat di coba karena sudah terbukti efektif. Namun bila kalian bertujuan mendapatkan hasil yang melimpah, teknik konvensional lebih efektif untuk digunakan.


  • Peralatan Memancing Ikan Betok

Ketika kalian sudah menentukan teknik apa yang akan di gunakan saat memancing ikan betok. Selanjutnya persiapkan peralatan yang sesuai dengan teknik pilihan kalian. Untuk teknik konvensional sebaiknya kalian menggunakan pole rod (tegek), dengan kenur kecil dan pelampung bulat. Kail yang berukuran kecil antara 8 hingga 16 sangat cocok untuk memancing ikan betok.


  • Umpan Mancing Ikan Betok

Ikan betik merupakan ikan yang rakus dan memakan apa saja, tetapi perlu diingat bahwa ikan betik merupakan ikan predator. Lebih tepatnya insektivor karena ikan puyu amat sangat menyukai serangga. Umpan ikan betok yang paling cocok digunakan saat memancing merupakan ulat pisang, jangkrik, belatung, ulat bambu, cacing dan belalang. ulat pisang merupakan umpan ikan betok yang paling sering di gunakan para pemancing. Namun bukan berarti umpan lain tidak efektif. Pilihlah umpan mancing ikan betok yang mudah kalian dapatkan.


  • Lokasi Mancing Ikan Betok

Hal selanjutnya yang harus kalian perhatikan merupakan lokasi. Mengetahui lokasi sangat menentukan keberhasilan kalian saat memancing ikan betik. Ikan climbing gouramy menyukai lokasi unik yaitu diperairan yang dangkal atau pinggiran rawa. Karena di lokasi seperti itulah terdapat banyak makanan kesukaanya.

Ikan betik juga sangat suka berada di tepian yang penuh dengan tanaman air sebab di situlah tempat serangga berkumpul. Itu sebabnya penggunaan pole rod atau tegek pendek yang agak keras merupakan pilihan paling efektif. Sebab dengan joran tegek kalian dapat menyelipkan umpan diantara tanaman air yang menghambat.


Tips Memancing Ikan Betok

Ikan papuyu termasuk ikan penyendiri, sehingga satu lokasi umumnya hanya ditempati oleh 1-2 ekor ikan saja. Oleh sebab itu berpindah-pindah lokasi sangat dianjurkan setelah kalian mendapatkan ikan betik dari satu lokasi. Cara ikan betok makan cukup unik, berbeda dengan ikan lainnya seperti mujair. Ikan climbing gouramy tidak ragu dalam memakan mangsanya. Ikan betok akan langsung memakan mangsanya secara utuh dan cepat serta tidak akan lari. Ia hanya akan bergerak santai, terkadang pelampung tidak menampakan pergerakan yang signifikan.

Biasanya pelampung hanya akan bergerak dalam radius 6 sampai 25cm saja, tenggelam secara perlahan atau tenggelam sedikit. Pada saat pelampung bergerak terus menerus ataupun tenggelam dan tidak kembali. kalian harus segera menghentak joran kalian, dijamin ikan betik sudah terpancing dan menggantung di ujung senar kalian.

Ukuran mulut ikan puyu termasuk besar, jika kalian ragu dan membiarkan umpan dimakan agak lama. Dapat dipastikan meski ikan papuyu tetap terpancing, kail kalian akan tertelan cukup dalam ke perut ikan. Sehingga kalian terpaksa membedah ikan atau memotong senar pancing kalian.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Betok semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: