21 Jenis Ikan Guppy Yang Paling Banyak Dicari Oleh Kolektor Ikan

Diposting pada

21 Jenis Ikan Guppy Yang Paling Banyak Dicari Oleh Kolektor Ikan – Ikan guppy merupakan salah satu komoditi ikan hias yang memiliki nilai ekonomis cukup bagus dikelasnya. Panjang tubuhnya maksimal mencapai sekitar 5-6cm. Sirip-sirip ikan guppy berwarna- warni sangat menarik dan cantik bagi siapa saja yang melihatnya.

Berbagai variant warna seperti hitam, biru, kuning, hijau, merah, kuning maupun kombinasi  warna  sudah  beredar di  pasaran. Bentuk  ekornya  pun sangat  menarik,  ada yang berbentuk seperti kipas, membulat, ataupun melebar. Pada guppy jantan, sirip ekornya tampil sangat menarik karena lebar dan berwarna cerah.


21 Jenis Ikan Guppy Yang Paling Banyak Dicari Oleh Kolektor Ikan

Dari sekian banyak jenis ikan guppy yang ada didunia ini, kali ini admin hanya akan membahasa sekitar 21 Jenis Ikan Guppy Yang Paling Banyak Dicari Oleh Kolektor Ikan untuk dipelihara dirumah mereka. Berikut adalah Jenis Jenis Ikan Guppy Yang Populer:

  • Ikan Guppy Cobra

Ikan Guppy Cobra

Ikan Guppy Cobra atau Gen Cobra ditandai dengan corak tubuh seperti kulit ular (snake  skin)  pada  bagian seluruh  tubuh guppy jantan yang mempunyai kombinasi warna seperti hitam, putih atau kuning. Sangat banyak ikan guppy yang bercorak seperti kulit ular, karena  corak  inilah  yang  pertama  kali  sudah  bisa  diidentifikasi.

Perubahan gen yang umumnya dijumpai pada guppy jenis cobra adalah yang dikenal sebagai Gen lace. Gen lace mempunyai corak yang komplek dan lebih halus. Karena sangat mudah dikawin silangkan, corak cobra ini dapat pula ditemui pada guppy betinanya.


  • Ikan Guppy Metalik

Ikan Guppy Metalik

Bukan tanpa adanya alasan pada pemberian nama pada guppy jenis ini, pemberian nama ikan guppy metalik  ini  merujuk kepada adanya warna biru atau abu-abu gelap metalik pada tubuh  guppy  jantan. Yang paling sering terlihat adalah jenis Metalik Cobra yang merupakan  kombinasi gen cobra dan gen metalik.  Jenis  ini  memiliki  kepala  dan  dada berwarna metalik dan tubuh bagian belakang bercorak cobra.


  • Ikan Guppy Japan Blue

Ikan Guppy Japan Blue

Ikan guppy Japan Blue diperkirakan berasal dari guppy liar yang berada di Jepang. Karakteristik jenis ini  adalah  adanya  warna  biru  langit pada bagian dipinggang  guppy  jantan,  karena  adanya pengaruh dari  gen  lain, warnanya pun sangat  bervariasi  dari  ungu  ke  turquoise. Perkembangan  terbaru  dari  jenis  Japan Blue adalah Lazuli yang umumnya memiliki warna biru langit pada bagian kepala dan pangkal ekor.


  • Ikan Guppy Pink White

Ikan Guppy Pink White

Karakteristik jenis guppy ini adalah terdapat warna putih pink pada pangkal ekor. Jenis ini baru saja diidentifikasi dengan sumber yang tidak diketahui asalnya. Namun pada saat  ini lebih banyak dijumpai dengan warna solid terang seperti biru dan putih. Warnanya pun bervariasi dari putih ke pink. Pada awal kemunculannya guppy jenis ini memiliki ekor yang berwarna semburat merah.


  • Ikan Guppy Tuxedo

Ikan Guppy Tuxedo

Ikan Guppy  tuxedo  mempunyai  warna  gelap  pada tubuh  bagian  belakangnya  (pinggang)  seperti  warna biru  dan hitam,  namun  pada tingkat  coverage  nya  berbeda-beda, dan pada umumnya  menutupi  separuh tubuh  bagian  belakang  guppy.

Gen  tuxedonya  selain  memberikan  pengaruh  warna, dapat  juga memberikan pengaruh terhadap pada ukuran sirip. Tuxedo cenderung memiliki sirip yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis guppy lainnya.


  • Ikan Guppy Mozaic

Ikan Guppy Mozaic

Ikan Guppy mozaic  memiliki  pola  garis  atau corak yang bergelombang  pada  siripnya. Karakteristiknya berupa pola warna biru pada pangkal ekor dan memanjang ke arah sirip ekor. Polanya selalu  mempunyai  susunan yang  rapi atau beraturan  antara  biru dengan kuning  ataupun  merah dengan biru tua. Untuk dapat mempertahankan gen  mozaic  sangatlah sulit,  dia  harus  disilangkan  dengan gen lain agar dihasilkan gen mozaic yang bercorak cantik.


  • Ikan Guppy Grass

Ikan Guppy Grass

Ikan Guppy Grass merupakan perkembangan dari guppy mozaic. Guppy grass dimemiliki corak pada sirip ekor  dan  sirip  punggungnya. Bentuk noktah grass ternyata dapat memberikan perbedaan warna yang nyata, grass  bercorak  pisau  halus  muncul  pada  red  grass  sementara  corak  noktah  titik  pada  blue grass. Namun saat ini baik blue gress maupun red grass memiliki  corak noktah titik halus. Pada  awal  kemunculan  guppy grass  memiliki warna  sirip  punggungnya yang transparant  sehingga  kadang  disebut juga glass grass.


  • Ikan Guppy Leopard

Ikan Guppy Leopard

Guppy Leopard  dicirikan  dengan  adanya  noktah yang tebal  dan  tersebar  acak  pada  siripnya yang berwarna biru gelap hingga hitam. Kemungkinan gen varietas ini merupakan perkembangan dari guppy mozaic. Namun  dapat  dijumpai  juga  pada  hasil perkawinsilangan  jenis  cobra  dengan  jenis  guppy berwarna polos. Saat ini guppy jenis leopard ini tidaklah terlalu banyak karena kurang begitu disukai oleh para hobbies.


  • Ikan Guppy Green Red DragonIkan Guppy Green Red Dragons

 Jenis ini adalah ikan guppy pertama yang menjadi primadona bagi para pencintanya di indonesia. Harga untuk ikan guppy jenis ini juga terbilang fantastis, bisa Kamu bayangkan tiga ekor ikan guppy jenis red dragon ini bisa terjual dengan harga satu jutaan rupiah. Ikan berukuran kecil dengan harga jutaan rupiah ini tergolong cukup aneh ketika berenang di dalam air. Sebab seperti sedang membawa ekor yang terlalu berat dan lebar. Ikan guppy jenis red dragon mempunyai bentuk sirip yang melebar kearah samping dan dikenal dengan ekor delta.


  • Ikan Guppy German Platinum Crown TailIkan Guppy German Platinum Crown Tail

Mirip dengan namanya, ikan ini termasuk jenis ikan guppy termahal. Bentuknya pun cukup unik dan berbeda dengan ikan guppy pada umumnya. Bagian aneh ini terletak pada ekornya yang membentuk mahkota atau sisir. Jadi tidak heran jika ikan ini dinamakan Crown Tail.


  • Ikan Guppy Blue MoscowIkan Guppy Blue Moscow

Ikan guppy ini merupakan ikan guppy yang berasal dari daerah moscow australia. Warna dasar tubuhnya berwarna pink dan sedikit keunguan. Ekornya panjang dan tampak sangat elegan ketika berenang di bawah air. Karena bentuknya yang indah ini menjadikan Blue Moscow banyak diburu oleh orang.


  • Ikan Guppy Blue Moscow AlbinoIkan Guppy Blue Moscow Albino

Sama halnya dengan jenis sebelumnya, ikan ini juga berasal dari kawasan Moscow, Australia.  Sesuai dengan namanya ikan albino, tubuhnya berwarna pink dan tercampur dengan warna ungu putih. Ekornya juga panjang, sehingga membuatnya terlihat indah ketika berenang. Jadi tidak salah lagi jika ikan ini dibanderol dengan harga yang fantastis.


  • Ikan Guppy Black MoscowIkan Guppy Black Moscow

Ikan guppy black moscow mempunyai warna hitam pekat atau gelap hampir di semua bagian tubuhnya. Ikan guppy bertubuh hitam ini tidak hanya dari moscow saja namun juga ada yang dari thailand. Keduanya sama hanya asalnya saja yang berbeda.


  • Ikan Guppy Young Pair Champion PurpleIkan Guppy Young Pair Champion Purple

Dari namanya saja kamu sudah dapat membayangkan betapa mewah serta mahalnya jenis guppy yang satu ini. Ikan guppy ini dibanderol dengan harga sangat mahal karena tergolong ikan guppy yang langka dan mempunyai corak warna cantik. Apabila ikan guppy pada umumnya mempunyai corak warna seperti bintik-bintik, pada ikan guppy young pair ini hanya bercorak polos. Di pasaran, Kamu dapat membeli satu ekor ikan guppy jenis ini seharga $80 atau jika dikurskan kerupiah sekitar Rp. 1.000.000 per ekor.


  • Ikan Guppy Platinum Half MoonIkan Guppy Platinum Half Moon

Ikan guppy ini juga termasuk kedalam jenis guppy termahal. Corak warna tubuhnya yang bergradasi mampu menjadikan bentuk tubuhnya terlihat begitu cantik. Sama dengan namanya guppy jenis ini semua bagian tubuh berwarna silver platinum. Sedangkan di bagian tengah memiliki warna hitam ke-silveran.


  • Ikan Guppy Silver LaceIkan Guppy Silver Lace

Jenis guppy termahal ini memiliki warna yang sangat mempesona. Corak tubuhnya menyerupai bentuk dari lukisan berwarna abstrak putih. Saking langkanya ikan ini, maka tidak heran jika kemudian dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Bahkan menurut beberapa pecinta ikan hias, bisa mendapatkan ikan jenis ini ada suatu keberuntungan yang tidak setiap orang dapatkan. Di pasaran ikan ini dijual dengan perkiraan harga Rp. 400.000 /ekor.


  • Ikan Guppy Dragon Big EarIkan Guppy Dragon Big Ear

Jenis ikan guppy ini sangat berbeda dengan ikan guppy pada umumnya, dimana terdapat dua bagian warna tubuh yang berbeda. Pada bagian kepala hingga tengah tubuh ikan ini berwarna silver dan tengah sampai ujung ekor berwarna orange bercorak hitam besar. Sama seperti namanya bentuk sirip ekornya besar.


  • Ikan Guppy Metal Yellow LaceIkan Guppy Metal Yellow Lace

Bagi kalian yang pertama kali melihat jenis guppy termahal metal yellow lace pasti akan merasa kagum dengan bentuk dan kecantikannya. Bahkan rasa ingin memelihara di rumah juga semakin besar. Ikan guppy ini bentuknya hampir sama dengan silver lace, hanya coraknya saja yang berbeda. Warna yellow atau kuning keemasan ada pada bagian kepala sampai ujung ekor.


  • Ikan Guppy Blue GrassIkan Guppy Blue Grass

Ikan guppy blue grass memilki corak warna yang cantik. Ciri khasnya dapat kalian lihat pada bagian ekornya. Bagian kepala hingga ekor berwarna kuning dan bagian sirip serta ekornya memiliki warna biru lengkap dengan bintik totol hitam. Sedangkan pada bagian ujung ekornya berwarna hitam. Kamu harus merogoh kantong dalam-dalam untuk jenis ikan ini, karena lebih mahal dari pada jenis guppy lainnya.


  • Ikan Guppy Red MosaicIkan Guppy Red Mosaic

Sama halnya dengan namanya, corak dan warna dari jenis ini mirip dengan sebuah seni mozaik. Selain itu bentuk dari sirip ekornya kecil dan tidak beraturan. Salah satu hal yang menjadikan ikan ini mahal adalah keunikan yang ada pada bagian tubuhnya. Di pasaran red mozaik dibanderol dengan harga sekitar Rp. 150.000 an per ekor.


  • Ikan Guppy Cherry GrassIkan Guppy Cherry Grass

Jenis guppy ini lebih cocok untuk dipelihara oleh wanita karena sangat bentuk tubuhnya sangat cantik dan unik. Salah satu ciri khasnya adalah warna pink di bagian kepala sampai ujung ekor, hal inilah yang menjadikan ikan ini sangat mahal. Di pasaran dihargai sekitar Rp 250.000 per ekor.

Hayoooo buruan kalian beli ikan Guppy nya supaya hiasan rumah kalian bertambah indah 😀

Demikian sedikit pembahasan mengenai 21 Jenis Ikan Guppy Yang Paling Banyak Dicari Kolektor Ikan semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: