52 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Mudah di Pelihara!

Diposting pada

52 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Mudah di Pelihara! – Kalau bicara soal aquarium tentunya tak akan luput dari jenis ikan hias, ya karena aquarium digunakan untuk tempat atau wadah memelihara ikan hias. Ikan hias merupakan jenis ikan baik yang hidup di air tawar maupun di air laut yang bisa dipelihara  dan bukan untuk konsumsi melainkan untuk memperindah ruang tamu ataupun taman rumah kalian.

Keindahan bawah laut dinilai sangat mempesona sehingga banyak orang yang rela menghabiskan uang mereka hanya untuk melihat, menyelam, membeli ikan dan menikmati keindahannya. Kemajuan teknologi memungkinkan orang untuk menikmati keindahan bawah laut di dalam ruangan.

Kehadiran ikan hias di dalam ruang tamu maupun taman rumah masyarakat modern bisa menjadi salah satu alternatif hiburan gratis di tengah rutinitas yang padat. Ikan – ikan hias ini dipelihara biasanya bertujuan untuk kesenangan, hiburan ataupun hobi mengkoleksi ikan.

Oleh karena itu bentuk, keserasian, jenis ikan, ukuran, warna,dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Kalian harus tau kalau pasokan ikan hias air tawar dunia hampir 75% berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya terdapat 363 jenis ikan hias air tawar Indonesia yang sudah diekspor ke berbagai negara di belahan dunia.

Ikan hias air tawar ialah jenis ikan yang hidupnya di air tawar. Pemeliharaan ikan hias air tawar biasanya di dalam akuarium maupun di kolam tergantung pada tujuan pemeliharaan. Ikan hias yang dipelihara dengan tujuan hiburan,hobi dan kesenangan biasanya ditempatkan di akuarium, sedangkan ikan yang dipelihara dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari hasil budidaya biasanya ditempatkan di kolam.

Jenis ikan yang dipelihara untuk hiburan biasanya tergantung selera pemilik ikan, namun ikan yang dipelihara dengan tujuan bisnis biasanya tergantung pada harga pasar dan selera masyrakat. Salah satu pakan alami untuk ikan hias air tawar yang masih kecil ialah Artemia.


Daftar Isi

52 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Mudah di Pelihara di Aquarium

52 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Mudah di Pelihara!

Tapi kalau sudah ada aquarium terus kalian bingung untuk memelihara ikan hias jenis apa? jangan khawatir coba kalian lihat jenis jenis ikan hias aquarium air tawar yang sudah dirangkum dibawah ini:


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass

Ikan peacock bass siapa yang tidak mengenal jenis ikan satu ini, ikan peacock bass adalah salah satu jenis ikan hias predator yang saat ini banyak dicari karena warnanya yang cantik dan eksotis, selain karena warnanya yang cantik, ikan ini juga memiliki daya tarik pada saat sedang makan.

Seperti halnya ikan predator pada umumnya, ikan peacock bass sangat agresif saat makan, bahkan ikan ini bisa melompat dan memburu mangsanya, ikan peacock bass merupakan salah satu jenis ikan hias air payau, di alam liar, ikan ini banyak ditemukan di muara sungai, hutan bakau, dan tepi pantai.

Namun sekarang ini untuk anda para pecinta ikan hias predator dan yang sedang mencari ikan peacock bass untuk dipelihara dirumah, maka anda tidak perlu susah-susah mencarinya ke hutan bakau maupun muara sungai karena sudah banyaknya para penjual ikan peacock bass hasil budidaya.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Manfish

klasifikasi ikan manfish

Ikan Manfish  adalah ikan hias air tawar yang memiliki tubuh  lebar dan tipis, sebagian orang menyebut ikan ini dengan Angelfish atau ikan malaikat, tidak heran, warna-warna ikan manfish memang menarik dan berwarna-warni, ditambah, gerakannya yang begitu tenang membuat ikan ini dicintai berbagai kalangan untuk menghilangkan stress.

Tergolong ke dalam family Cichlidea, ikan malaikat ini dapat hidup di perairan air tawar (pH 6 – 8) dengan arus yang tenang serta punya banyak tanaman air, suhu air ideal untuknya berkisar 24 – 30 oC, panjang ukuran ikan Manfish rata-rata  7,5 cm.

Keistimewaan ikan manfish adalah  ia mampu membuat perlindungan terhadap keturunannya, ikan ini tidak memakan burayak atau anakannya yang baru menetas, pakannya pun cukup mudah didapatkan, seperti cacing beku, jentik nyamuk, cacing kering, dan pelet, ikan manfish termasuk omnivora.

Meskipun habitat asli ikan manfish ini ada di perairan Amazon, Brazil, Columbia, dan Peru, ikan ini sudah banyak dibudidayakan pula di Indonesia, usaha pengembangan budidaya ikan ini telah dilakukan melalui Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

Sudah banyak sekali masyarakat indonesia yang telah sukses membudidayakan ikan manfish ini, salah satunya ada di kecamatan natar, kabupaten lampung selatan. Berbagai macam warna ikan manfish tersedia, di antaranya warna putih, hitam, belang-belang ada pula ikan manfish yang warnanya kekuning-kuningan, bagi kamu penikmat ikan hias, pasti ikan ini menambah daya tarik tersendiri.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium:  Ikan Bala Bala (Hiu Bala)

Ikan Bala Bala (Hiu Bala)

Ikan Bala shark ternasuk kedalam jenis ikan yang dinyatakan IUCN sebagai ikan yang masuk daftar ikan langka dan patut dilindungi, bala shark dengan nama daerah ikan puntung kanyut sumatera selatan, ketutung kalimantan barat dan ridik angus jambi merupakan salah satu jenis ikan yang keberadaannya sudah dikategorikan mengkhawatirkan di kalbar dan jambi.

Di daerah sumatera selatan jenis ini masih bisa didapatkan walaupun jumlahnya tidak banyak, bala shark kecil benih merupakan ikan hias yang sangat indah dipandang dengan tubuh yang berwarna perak dan pada tiap siripnya terdapat warna hitam dan kuning, ikan ini biasanya damai dan baik sahabat untuk berbagai jenis ikan tropis.

Ikan bala bala merupakan ikan yang sangat mudah mati, sehingga penanganannya pun harus ekstra hati-hati, bala shark membutuhkan oksigen yang tinggi dan air yang jernih terutama dalam penampungan, karena ikan ini termasuk ikan yang hidup didaerah hulu dari sungai bagian tengah dimana kondisi oksigennya relatif tinggi yaitu lebih dari 6 ppm.

Suhu air harus tetap dijaga antara 23-28° : C-72-82° f, bala shark lebih suka disimpan dalam kelompok dua atau lebih spesimen, hal ini membutuhkan aquarium tertutup karena ia tergolong ikan terampil jumper.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Guppy

Ikan Guppy

Siapa sih yang gak kenal ikan kecil yang satu ini, ikan yang bernama latin poecilia reticulata guppy ini berhabitat diperairan yang berarus tenang, ikan guppy juga termasuk ikan yang bersahabat atau dapat berkawan dengan ikan jenis lainnya, asalkan jangan dicampurkan dengan ikan yang bertipe predator.

Jenis Ikan Guppy sendiri sebenarnya bukanlah ikan hias yang seperti ada saat ini, awal mulanya ikan ini hanya dipergunakan untuk membasmi penyakit malaria dengan cara memakan jentik jentik nyamuk (Encuk). Namun hal ini jauh dari harapan, populasi ikan Guppy tidak sebanding dengan populasi jentik nyamuk yang ada pada saat itu.

Ian ini banyak ditemukan diperairan Asia, sebenarnya banyak panggilan untuk ikan ini ada yang menyebut dengan sebutan ikan cere, ikan seribu, ikan gupi itu semua hanya untuk ikan Guppy yang hidup liar dialam beda dengan ikan Guppy hasil budidaya yang mempunyai  corak tubuh lebih cantik dari ikan guppy liar.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Flying Fox

Ikan Flying Fox

Ikan Flying Fox merupakan yang hidup di perairan tawar mulai dari sungai-sungai di dataran rendah hingga daerah perbukitan, biasanya jenis sungai yang dihuni oleh kawanan ikan ini memiliki arus sedang dan agak sedikit deras.

Selain itu negara-negara yang menjadi tempat tinggalnya hanya ada beberapa saja seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia, diindonesia, daerah-daerah yang banyak terdapat populasi ikan Flying Fox terbilang cukup luas mulai dari Kalimantan, Jawa, dan Sumatera, karenanya jenis ikan Flying Fox sudah cukup populer bagi para penghobies ikan hias di berbagai daerah.

Ciri fisik ikan Flying Fox memiliki tubuh yang memanjang dengan ukuran sekitar 11 cm saja, di bagian atas tubuhnya terdapat sirip yang berwarna transparan dengan bentuk tampak meninggi pada bagian depan dan semakin menurun ke arah belakangnya.

Pada bagian pertengahan badan dekat bawah perutnya terdapat dua sirip kecil dengan warna yang transparan juga, ekor ikan Flying Fox tampak berukuran agak besar di bagian tiap ujung atas dan bawahnya.

Di sepanjang tubuhnya terdapat garis hitam tebal yang berwarna hitam terbentang secara horizontal mulai dari pangkal mulut sampai menyentuh sedikit pangkal ekornya, di bagian sisi atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ujung pangkal ekor terlihat berwarna hijau zaitun yang agak kecokelatan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Convict Cichlid

Ikan Convict Cichlid

Ikan Convict Cichlid merupakan salah satu dari sederet jenis ikan hias yang berasal dari Benua Amerika, dibenua amerika keberadaan ikan ini umumnya menghuni perairan tawar yang ada di Guatemala sampai ke Panama. Di habitat aslinya biasanya ikan Convict Cichlid mendiami sungai-sungai kecil berbatu yang berada di daerah pegunungan, selain itu, bila merawatnya dengan baik kemampuan bertahan hidupnya tergolong cukup lama hingga mencapai 10 tahun.

Dan juga, ikan Convict Cichlid cukup mudah beradaptasi dengan kondisi air yang tidak sama dengan habitat aslinya, biasanya kondisi air yang layak ditinggali ikan Convict memiliki kadar pH sekitar 7.5-8.0, namun bila pH air sekitar 6.5 – 8.5 ikan ini pun masih sanggup untuk bertahan hidup.

Ciri fisik ikan yang bernama latin Archocentrus nigrofasciatus memiliki bentuk tubuh mirip ikan Louhan dengan panjang tubuh sekitar 15 cm, sirip di bagian atas dan bawah tubuhnya tampak berduri agak tajam dan tumbuh di sepanjang tubuhnya hingga mencapai pangkal ekornya.

Pada bagian bawah insangnya terdapat dua sirip yang tidak terlalu lebar dan agak lebar, ekornya tampak lebar mirip kipas dengan ukuran yang tidak terlalu panjang, matanya tampak berukuran cukup besar dengan pupil berwarna hitam dan area pupilnya cokelat kekuningan, mulutnya juga berukuran cukup lebar dan tebal yang menandakannya sebagai ikan pemakan segala.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Royal Pleco

Ikan Royal Pleco

Ikan Royal pleco merupakan ikan dari keluarga pleco yang tersebar dan hidup di sungai amazon dan percabangannya seperti rio orinoco yang memanjang di columbia dan venezuela, royal pleco memiliki beberapa nama lokal yaitu carachama dalam bahasa spanyol, acari-da-pedra dan portugis serta panaque dari venezuela.

Coba deh kamu lihat sekilas tubuh ikan Royal Pleco, sepertinya biasa-biasa aja ya, seperti ikan Sapu-sapu pada umumnya, namun sebenarnya ikan ini cukup unik lho untuk selevel ikan Sapu-sapu yang notabene sebenarnya tidak terlalu menarik untuk ikan hias.

Tubuh ikan ini terbungkus semacam armor yang berat, kecuali untuk perut, tubuhnya bakal terasa lebih lunak, soal panjang tubuh, Ikan Royal Pleco dapat tumbuh mencapai panjang hingga 43 cm. Jika diperhatikan, tubuh Royal Pleco berwarna abu-abu muda dengan pola bercorak abu-abu gelap, mereka memiliki mata merah dan sirip punggung bermata krim atau emas, seram sekali bukan?


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Lemon

Ikan Lemon

Bila ditanyakan tentang ikan Lemon mungkin banyak di antara para pembaca sekalian yang sudah mengenal ataupun sedang memeliharanya, ya, ikan Lemon memang sederet jenis ikan hias air tawar yang sudah cukup familiar di masyarakat dengan banyaknya toko ikan hias yang menjualnya.

Selain itu, ikan yang tubuhnya berwarna kuning terang ini pun sudah mulai banyak dibudidayakan oleh para penghobies, akan tetapi tahukah bahwa ikan lemon bukanlah ikan asli indonesia melainkan berasal dari benua afrika, oleh karena itu kami akan mencoba mengulik lebih dalam lagi mengenai ikan lemon agar semakin digemari masyarakat kita.

Ikan Lemon termasuk jenis ikan hias yang bertubuh sedang dengan bentuk agak pipih dan memanjang, warna tubuhnya hampir keseluruhan diselimuti oleh warna kuning keemasan mirip buah lemon, selain warna kuning terdapat juga warna hitam yang tampak di bagian sisi atas siripnya yang berpadu dengan warna kuning dan putih.

Kepala ikan Lemon berbentuk sedikit agak memanjang di bagian atasnya dengan bagian bawah yang dekat mulut berbentuk datar, sirip tergolong cukup mulai dari dua sirip utama di bagian bawah insang yang berukuran sedang.

Dua sirip lainnya terlihat di bagian bawah perut dekat ekor yang berukuran agak lebar, di bagian atas tubuhnya terdapat satu sirip yang tumbuh mulai dari punggung sampai mendekati ekor, sedangkan ekornya pun berukuran agak lebar dan tidak panjang mirip seperti kipas.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Black Ghost/Black Phantom

ikan black ghost

Ikan hias black ghost berasal dari sungai amazon, ama si setan hitam memang terdengar sangar, hal ini di karenakan seluruh tubuhnya berwarna hitam dengan sedikit hiasan warna putih di bagian ekornya, ama boleh angker namun kenyataanya ikan ini termasuk ikan yang pemalu, selain gemar bersembunyi di siang hari dan beraktifitas pada malam hari.

Ikan black ghost juga termasuk kedalam jenis ikan yang jinak dan dapat bersahabat dengan ikan-ikan lainnya, bagi anda penggemar ikan hias air tawar, ikan hias black ghost sangat saya rekomendasikan untuk menambah koleksi anda.

Karena keunikan bentuknya yang seperti bendera berkibar pada saat berenang vertikal, dan tingkah lakunya yang eksotik bergerak maju mundur ketika berenang dengan posisi horizontal, dapat mempercantik pemandangan aquarium anda.

Ikan hias black ghost dapat menghasilkan listrik dengan frekuensi 0,2-10KHz, berkekuatan lemah di bawah 1v/cm, bagian ekor adalah organ yang menghasilkan listrik dan kemudian akan di kirim oleh reseptor yang berada pada kulitnya.

Listrik yang di hasilkan berfungsi sebagai pendeteksi adanya mangsa berupa larva serangga, dan sebagai navigasi untuk mengenali objek di sekitarnya, serta di gunakan untuk berkomunikasi dengan ikan lainnya.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Red Eye Tetra

Ikan Red Eye Tetra

Ikan Red-Eye Tetra merupakan salah satu jenis ikan Tetra dari Amerika Selatan yang banyak dipelihara dan dibudidayakan orang-orang tidak hanya di Indonesia namun juga di berbagai negara di kawasan Asia.

Alasan banyak nya yang menyukai ikan endemik Amerika Selatan untuk dipelihara di akuarium tergolong beragam mulai dari corak warna badannya yang terlihat keperakan dan sifatnya yang pendamai atau mampu hidup bersama jenis ikan hias lainnya, keberadaan ikan Red-Eye Tetra di Amerika Selatan tersebar merata di beberapa negara seperti Paraguay, Bolivia, Peru, dan Brazil.

Ukuran tubuh ikan yang bernama latin Moenkhausia Sanctaefilomenae ini tergolong kecil dengan panjang hanya sekitar 5 sampai 7 cm saja, walaupun ukuran tubuhnya sangatlah mungil namun umurnya dapat mencapai hingga usia 5 tahun.

Tubuhnya berbentuk pipih dan agak panjang dengan bagian lingkaran atas matanya yang berwarna merah saga serta pupilnya berwarna hitam, mulutnya berada sejajar dengan letak matanya yang berukuran sedang dan agak lebar.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Paradise

Ikan Paradise

Paradise fish mempunyai nama latin yaitu macropodus opercularis merupakan ikan hias jenis air tawar yang berasal dari cina, mempunyai bentuk dan warna yang menarik yakni ada garis warna merah dan biru berselang-seling pada tubuhnya.

Sirip dipunggungya panjang dan berwarna biru, sedangkan sirip yang berada di perut berpangkal biru dan warna merah pada ujungnya, untuk saat ini, ikan hias memiliki panjang mencapai 7,5 cm ini telah banyak berkembang dengan berbagai warna diantaranya biru, cokelat dan albino.

Ikan paradise merupakan ikan yang agresif, karena saling menyerang satu sama lain dan berpotensi memakan ikan-ikan kecil, di habitat liar, paradise fish adalah predator yang makan serangga, ikan kecil dan invertebrata. Lawan yang sebanding dengan paradise fish ini yaitu ikan bala-bala atau hiu bala, jadi jangan kita memelihara dua predator ikan hias ini dalam satu  akuarium, karena bisa berkibat fatal.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Endlers Livebearer

Ikan Endlers Livebearer

Ikan live-bearer (livebearing fish) merupakan jenis ikan yang memiliki intensitas perkembang-biakan yang cepat, hal ini karena jenis ikan ini tidak mengeluarkan telur sebagaimana ikan lainnya, tetapi langsung melahirkan anak-anak ikan yang memiliki tubuh sempurna dan sudah dapat berenang sendiri serta mencari makan dalam hitungan jam.

Ikan live-bearer adalah ikan yang mudah untuk dipelihara dan diternakkan sebab ikan dari jenis ini dapat melahirkan dalam jumlah puluhan bahkan ratusan anak ikan  tergantung dari usia dan ukuran indukannya, perlu diketahui bahwa ikan betina dapat menyimpan sel sperma dari ikan jantan didalam tubuhnya sehingga ikan ini akan dapat hamil kembali setelah melahirkan tanpa melalui proses perkawinan kembali.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Clown Kill Fish

Ikan Clown Kill Fish

Ikan hias jenis clown kill fish dikenal dengan banyak sebutan diantaranya  clown panchax dan rocket killfish serta mempunyai nama latin pula yaitu pseudepiplatys annulatus, berasal dari daerah liberia dan Guinea atau Afrika Barat, ikan Hias clown killfish mempunyai warna yang menarik dengan strip kuning dan hitamnya yang vertikal.

Warna pada bagian punggung dan sirip analnya sama dengan warna pada tubuhnya, bagian yang istemewa adalah pada ekornya yang berwarna biru dengan strip merah seperti api roket. Ukuran panjang dari clown killfish sekitar 4 cm dengan lingkungan hidup berada pada suhu 23-25 derajat celcius, clown killfish termasuk dalam golongan omnivora karena terima bermacam makanan seperti daphnia, bloodworm, makanan pellet dan lainnnya.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Black Skirt Tetra

Salah satu varian tetra yang cukup di kenal di kalangan pecinta ikan hias air tawar adalah Black Skirt Tetra dengan bentuk yang pipih seperti discus dan warna hitam perak membuat ikan ini banyak di sukai sebagai penghias aquascape. Black Skirt Tetra memiliki bentuk badang yang berbeda dari keluarga tetra lainya namun di situlah yang membuatnya di sukai beberapa pecinta ikan hias air tawar, black Skirt Tetra bisa tumbuh hingga mencapai 6cm.

Bagi para pemula ikan hias air tawar bisa mencoba memelihara ikan ini karena daya tahannya lebih kuat di banding ikan tetra lainya, suhu yang di sukai ikan Black Skirt Tetra adalah 23C-29C, dengan aquarium yang agak besar ikan Black Skirt Tetra akan terlihat lebih indah bereang mengelilingi sisi-sisi aquarium atau aquascape.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Koi

ikan koi

Ikan Koi atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper, lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak, di jepang koi djadikan semacam simbol cinta dan persahabatan. Karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta, ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas cyprinus carpio yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak.

Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan, karena ikan koi sangat dekat berteman dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi.

Untuk dapat membedakan ikan koi yaitu dengan cara melihat warnanya, polanya, dan ukurannya, beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem, jenis koi paling dikenal adalah jenis gosanke, yang terdiri dari kohaku, taisho Sanshoku, and showa sanshoku.


  1. Jenis ikan hias air tawar aquarium: Ikan Oscar

ikan oscar

Ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh pecinta ikan hias dalam maupun luar negeri. Selain itu ada juga ikan hias oscar albino atau putih pucat dengan gariss totol orange ataupun berwarna polos.

Ikan oscar termasuk kedalam ikan karnivora jadi berhati-hati lah ketika memelihara ikan ini, sebab ada sebagian orang yang iseng dengan sengaja memasukan jarinya kedalam aquarium hanya untuk meledek ikan ini dan tak jarang pula jari tangan kita akan dimakan oleh ikan oscar ini.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Siamese Algae Eater

Ikan Siamese Algae Eater

Ikan SAE ikan pembersih aquascape yang memiliki nama ilmiah Crossocheilus siamensis adalah ikan yang damai, berukuran tidak terlalu besar dan merupakan pembersih tangki aquarium, ikan ini sering disebut SAE, yang merupakan singkatan dari nama lengkapnya yaitu Siamese Algae Eater.

Ikan SAE memakan alga/ganggang yang hidup di dalam tangki dan tugas pembersih tangki ini cukup menantang, karena tidak semua ikan bisa melakukannya, kecuali siamese Algae Eater, Anda mungkin juga menjumpai ikan lain – Flying Fox (Epalzeorhynchus kalopterus) yang dijual di toko ikan hias atau toko online, masalahnya, kedua ikan ini sangat mirip.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Zebra Danio

Ikan Zebra Danio

Ikan Zebra Danio (Brachidanio rerio) berasal dari Myanmar, India, dan Srilangka, ukuran tubuh maksimal sekitar 5 cm, ikan ini bersifat omnivora, tetapi senang pakan alami permukaan seperti kutu air karena hidupnya di kolam air.

Ikan zebra umum ditemukan tumbuh dan berkembang pada air yang mengalir, oleh karena itu kalau ia dipelihara dalam aquarium atau bak pemeliharaan air terlihat amat gesit dan lincah, begitu lincahnya ada kesan si zebra ini amat liar padahal didalam aquarium ia hidup amat tentram dengan ikan jenis lain meski tidak seukuran dengan dia.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Komet

ikan komet

Ikan komet juga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi pecinta ikan hias, bukan hanya itu saja, sudah banyak yang berawal dari sekedar hobi kemudian mengkomersilkannya.

Hal ini dikarenakan ikan komet memiliki warna yang indah dan eksotis serta bentuk dan gerakan yang menarik, dan dikenal sangat jinak karena dapat mudah hidup berdampingan dengan jenis ikan lain bila berada didalam satu tempat, karena sifatnya yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, ikan ini dapat dipelihara di hampir semua tempat di dunia asal saja tempatnya bersih dan sehat.

Ikan komet juga merupakan jenis ikan hias yang populer saat ini, keunggulan ikan komet adalah pada warna yang terdapat pada ikan tersebut yang bermacam-macam seperti putih, kuning, merah, atau perpaduan lain dari warna-warna tersebut.

Hal inilah yang membuat ikan komet memiliki nilai daya jual yang tinggi, sehingga banyak orang yang berusaha memperoleh keuntungan yang tinggi, budidaya ikan hias ini tidak sulit, modalnya kecil dan seluruh anggota pun bisa dilibatkan, tidak membutuhkan lahan yang luas, modal utamanya justru keterampilan atau teknik budidaya yang harus terus ditingkatkan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)

ikan neon tetra

Ikan dengan nama latin Paracheirodon innesi ini memang menjadi salah satu ikan hias primadona dikalangan pegkolektor ikan hias air tawar, bentuknya yang kecil dan memiliki keunikan yang khas berupa sisik yang seolah-olah menyala di kegelapan ini memeliki kesan tersendiri dibandingkan dengan ikan hias lainnya.

Ikan yang termasuk kedalam Cardinal Fish atau ikan yang hidup bergerombol ini berasal dari negara bagian amerika,seperti brazil, kolombia, dan peru, ciri-ciri ikan neon tetra terdapat pada perut berwara silver, sisik membentuk horizontal bagian mata sampai ekor berwarna biru menyala, dan bagian pangkal ekor berwarna merah terang.

Ikan ini hanya memiliki ukuran maksimal 4-5 Cm, ikan neon tetra pertama kali di temukan oleh dr george s myers dan nama latin paracheirodon innesi diberikan oleh dr william t.innes.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Botia

ikan botia

Ikan botia merupakan ikan asal Sumatera dan Kalimantan, ikan ini diketahui pertama kali di eksport ke luar negeri pada tahun 1935 (Grund, 1988), sampai saat ini, mereka termasuk ikan favorit dan memiliki banyak penggemar di luar negeri.

Di habitat aselinya, Botia hidup pada air mengalir di sungai-sungai, oleh karena itu, untuk pemeliharaan dalam akuarium sering disarankan agar dilengkapi dengan arus buatan, botia toleran terhadap selang parameter air yang lebar, sedangkan didaerahnya mereka hidup pada selang pH 7 – 8.5, kesadahan: 8 – 12 dH, dan suhu 23 – 26 °C.

Botia merupakan ikan dari famili Cobtidae, jenis ikan botia tersebar di perairan utamanya daerah tropis, diantara jenis ikan botia yang laku sebagai ikan hias adalah ikan Botia Badut, Botia Macan, Botia Morleti, Botia India dan Botia Myanmar, sejak tahun 2004 ikan botia telah ditangkarkan di Loka Riset Budidaya Ikan Hias Air Tawar (LRBIHAT) di Depok.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arulius Barb

Ikan Arulius Barb

Arulis sudah dikenal usang para pembudidaya ikan hias dalam negeri, karena selain praktis dibiakkan , ikan ini bisa menunjukkan keturunan yang tidak mengecewakan banyak setiap kali memijah, lain dari pada itu, arulius juga mempunyai daya tarik ditubuhnya yang menyerupai ikan bandeng,  warna dasar sulit diuraikan secara tepat, pada bab punggung berwarna keperakan, perut kekuningan, sedangkan tutup insangnya dilekati warna-warni kehijauan.

Bagian sirip ekor dan anus memiliki warna antara hijau dan merah diminan, sirip punggung mempunyai tulang sirip yang mencuat keluar menyerupai duri, sedangkan sirip perut dan dada transparan hijau gelap, warna-warni tubuh arulius ini tidak selalu permanen, tetapi yang niscaya semua warna ditubuhnya mengundang banyak perhatian.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Platydoras

Ikan Platydoras

Ikan Platydoras ialah salah satu jenis catfish yang termasuk dalam keluarga koradid yang berasal dari sungai amazon , amerika selatan, meski tak sepopuler ikan botia, koki, maupun koi, namun platydoras tetap banyak peminatnya karena ikan ini terbilang baik dan pendamai terhadap jenisnya sendiri dan juga terhadap ikan lainnya.

Platydoras dapat mengeluarkan suara menyerupai ‘deritan pintu’ apabila ia merasa dirinya dalam bahaya/terganggu, suara tersebut akan terdengar jelas pada saat kita menangkap dan mengangkatnya dari air.

Ikan platydoras merupakan ikan yang sangat mudah untuk dijinakkan dan bisa dicampur dengan ikan dari jenis lainnya, ikan platydora memiliki yang tajam dan terletak disirip dada dan punggung yang dapat melukai, jika terkena anggota badan.

Ikan platydoras hidup merayap didasar air yang bersuhu 25-28°C, dengan ph sedikit asam hingga netral 6,6-7,5 dan lunak 3-5 derajat dh, banyak yang belum dapat membudidayakan jenis ikan ini, karena ikan platydoras belum dapat dipijahkan secara alami, namun baru dapat dilakukan secara buatan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Aligator Gar (Spatula) atau Ikan Buaya

Ikan Aligator Gar (Spatula) atau Ikan Buaya

Ikan air tawar jenis ini memiliki moncong denga bentuk sedikit  panjang ke depan layaknya seekor buaya, wajar saja, karena moncongnya itulah ikan ini sering dikenal sebagai ikan buaya.

Ikan Aligator Gar atau ikan buaya ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa, tergantung pada varietasnya, bahkan, saking besar ukurannya menjadikan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan hias sekaligus ikan predator terbesar di dunia.

Walaupun berkarakter ganas dan mampu tumbuh hingga mencapai ukuran yang amat luar biasa, ternyata tidak menjadikan ikan asal benua Amerika ini hidup tanpa penggemar, justru, ikan aligator ini terkenal sebagai ikan hias cantik yang sudah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pada dasarnya, ikan Aligator Gar ini termasuk salah satu spesies ikan purba yang masih hidup hingga saat ini, ikan aligator gar telah meninggali dunia ini sejak lebih dari 1000 juta tahun yang lalu, dan karena itu ikan ini juga sering dijuluki sebagai ikan primitif atau fosil hidup.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Blue Ram

Ikan Blue Ram

Ikan Blue Ram Cichlid , Mikrogeophagus ramirezi , adalah salah satu yang tterbaik dan paling populer dari semua cichlids, ia memiliki sejumlah nama-nama umum termasuk: Butterfly Cichlid, Ram Cichlid, Blue Ram , blue ram german dan golden ram, walaupun mereka jarang disebut sebagai butterfly cichlids lagi, sebagian besar nama-nama lain yang umum digunakan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Mickey Mouse

ikan mickey mouse

Bila ditanyakan tentang ikan Mickey Mouse mungkin banyak dari para penghobies ikan hias yang telah mengenalnya, hal ini dikarenakan ikan berukuran sedang ini termasuk dari jenis ikan hias populer yang banyak dipelihara orang-orang tidak hanya di Indonesia namun juga diberbagai negara.

Ketertarikan orang-orang untuk memelihara ikan Mickey Mouse disebabkan oleh ciri fisiknya yang unik dan warna tubuhnya yang terang, untuk itu pada tulisan coba mengulik lebih dalam lagi terkait keindahan ikan Mickey Mouse agar semakin dikenal oleh para penghobies ikan hias.

Ikan Mickey Mouse adalah penghuni ikan air tawar yang berasal dari Benua Amerika tepatnya di bagian Amerika Utara dan Tengah yang banyak terdapat aliran sungainya, selain itu, ikan yang dikatakan mirip tokoh kartun Mickey Mouse ini sebenarnya termasuk ke dalam keluarga ikan Platy yang terkenal memiliki bentuk tubuh unik dan warna yang terang, begitu pula dengan nama yang disematkan kepadanya terbilang cukup banyak mulai dari Golden Moon Platy, Moonfish, dan Mickey Mouse Platy.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Flame Angel

Ikan Flame Angel

Yup, flame angel fish (Centropyge loricura), ikan hias flame angel fish merupakan ikan hias yang bisa hidup di air laut dan air tawar, ikan hias flame angel memiliki warna corak cerah seperti api, dan terlihat menarik jika dilihat dari luar akuarium.

Ikan hias flame angel fish banyak ditemukan di Samudera Pasifik, Hawai, Lautan Australia, dan Laut Koral, ikan ini juga punya sebutan lain, yaitu Dwarf Flame Angelfish karena Flame Angelfish hanya bisa mencapai panjang 5 inch (11 cm), rata-rata umur  ikan hias flame Angelfish bisa mencapai selama 5-7 tahun, ikan ini termasuk ikan yang agresif, karena punya kebiasaan membully ikan sejenis lainnya, dan menyerang ikan yang ukurannya lebih kecil.

Ikan ini termasuk omnivora, biasanya memakan ganggang dan udang kecil, ikan hias flame angel fish termasuk ikan yang gampang-gampang sulit untuk dipelihara di akuarium, karena itu ikan hias flame angel fish termasuk ikan yang langka dipelihara, sulit untuk membedakan ikan hias flame angel fish jantan atau betina, namun bisa dilihat dari corak dan ukurannya.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Fantail Guppy

Cara Budidaya Ikan Guppy

Ikan Guppy Fantail memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Mempunyai panjang kurаng lebih 26mm, sirip punggungnya muncul dі ujung segitiga dаrі ekor, bentuk ekor jenis faintail berbentuk agak melengkung, tepi bеlаkаng cekung dan panjangnya sesuai dеngаn 8/10 panjang tubuh, mungkіn tіdаk kurаng dаrі 5/10 dаrі total panjang tubuh, Sirip ekor lengkung membulat.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Julie Cichlid

Ikan Julie Cichlid

Marlier’s Julie (Julidochromis marlieri) merupakan ikan kecil dari keluarga Cichlid dan endemik dari Danau Tanganyika, Afrika, mereka juga ditemukan di Burundi, Kongo, Zambia dan Tanzania, ikan yang mempunyai nama lain seperti Spotted julie dan Marlieri cichlid ini, mendiami bebatuan dasar di perairan dalam dan tersebar luas di sebelah utara dan selatan danau.

Mereka berada di kedalaman 5-30 meter dan menghabiskan banyak waktunya di celah atau lubang bebatuan baik untuk berburu makanan maupun untuk mencari perlindungan, anggota ikan dari genus ini selalu menggunakan nama “Julie”.

Julie merupakan nama untuk kebanyakan ruang atau rongga di banyak celah pada habitat danau, marlier’s julie mempunyai tubuh seperti turpedo dengan panjang maksimal 15 cm. Pola tubuhnya yang berupa garis hitam berlapis pada warna dasar tubuhnya yang kream membuat ikan ini seperti remote control kecil yang berenang.

Semua sirip dan ekor mempunyai warna biru muda pada tepiannya, mereka dapat berenang ke samping, menggantung ke atas bawah, dan bergerak seperti gerakan yang terencana, selain itu, mereka kadang juga pemalu dan sangat susah dipisahkan dari bebatuan tempat dia sembunyi, walaupun pemalu, ikan ini bersifat teritorial dan akan menyerang tank matenya jika dia merasa terganggu, lama hidup ikan berkisar antara 5-8 tahun.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Cupang

ikan cupang

Ikan air tawar ini terkenal dengan sebutan ikan petarung yang sangat agresif dan suka menyerang, beberapa jenis ikan cupang mempunyai warna tubuh yang menarik, bentuk siripnya yang indah, gerakannya tenang dan berwibawa, ikan cupang dipelihara sebagai ikan hias ataupu sebagai ikan aduan.

Daerah asli ikan cupang tersebar di wilayah asia tenggara, meliputi thailand, vietnam, kamboja, malaysia, brunei dan indonesia, ikan ini banyak ditemukan di rawa-rawa, danau, lubuk, sawah, dan selokan yang menggenang.

Kebanyakan pehobi mengenal jenis ikan cupang dengan berbagai sebutan nama indah, seperti bulan sepotong (halfmoon), serit (crown tail), laga (plakat), cagak (double tail), dan berbagai variasi silangannya, nama-nama tersebut ditentukan dari bentuknya, misalnya halfmoon memiliki sirip yang membentuk setengah lingkaran, serit memiliki sirip yang bergerigi runcing seperti sisir.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Flagtail Characin

Ikan Flagtail Characin

Ikan flagtail characin (akuariumhias) -Dikenal juga dengan silver prochilodus banyak ditemukan dibagian sedang sungai amazon, Brazil, tepatnya di danau, sungai rimba hujan serta anak sungai, tubuh ikan ini berwarna perak dengan sisik tubuh yang besar.

Seluruh sirip serta ekor berwarna orange kemerahan, tetapi pada ekor, sirip punggung serta sirip anal memiliki garis-garis horizontal besar berwarna hitam, pada kepala serta insang mempunyai warna merah yang tersamar.

Pada ikan muda warna orange belum nampak serta tetap dominan keperakan, warna orange nampak bersamaan pertambahan umur, makan flagtail characin yang utama yaitu sayuran, ikan ini lebih bertipe vegetarian di banding mesti mengonsumsi makanan hidup.

Tipe sayuran yang disukai yaitu alga, bayam, selada, mentimun serta sebagian pakan beku, flagtail characin dapat tumbuh dengan panjang maksimum 30 cm, oleh arena itu perawatan di aquarium memerlukan space yang luas, ukuran tangki yang pas adalah 160 cm kali 70 cm kali 70 cm.

didalam perihal dekorasi tangki, ikan ini tidak terlampau rewel, tetapi agar lebih nyaman tangki dapat di set dengan setting alami sesuai lingkungannya, substrat tangki menggunakan pasir sungai dengan sebagian cabang atau akar.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Arwana

ikan arwana

Satu hal yang harus kalian ketahui selain untuk mnyalurkan hobi, ikan arwana juga dipercaya membawa keberuntungan bagi yang merawatnya, ada yang percaya tipe penolak bala hadir pada ikan jenis golden red arwana, sementara itu, jenis golden pino dipercaya membawa rezeki, ada juga jenis arwana yang diyakini bisa mendatangkan kesembuhan bagi pemiliknya yang sedang sakit, benar tidaknya, tergantung kepercayaan masing-masing.

Dahulu penghobi ikan Arwana tumbuh dan berkembang dari kalangan ekonomi menengah atas, namun, semenjak maraknya internet dan media sosial, hobiis dari berbagai usia dan kalangan bermunculan menggemari ikan hias air tawar tersebut, begitupunkomunitas dan klub penggemar arwana di media online, serta kontes-kontes di daerah-daerah juga ikut ramai.

Di kalangan hobiis ikan hias, arwana dikenal awet dan stabil untuk urusan trend, hal ini disebabkan harga ikan arwana, khususnya tipe Red, cukup stabil di pasaran, selain itu, jenis ikan arwana termasuk kuat siklus hidupnya, maka tidak heran jika ada yang menyebut arwana sebagai ikan hobi sepanjang masa.

Selain sebagai hobi, ada juga hobiis yang memanfaatkan sebagai barang investasi, ya ada yang merawat arwana untuk tujuan bisnis, jual beli, dari anakan ikan yang dibeli dengan harga jutaan rupiah, ketika dipelihara selama 5-7 tahun, harga Arwana bisa mencapai belasan, bahkan hingga puluhan juta rupiah.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Louhan

ikan louhan

Ikan Louhan yang memiliki nama latin Flowerhorn juga dikenal sebagai ikan jenong di Indonesia. Sebutan ini muncul karena ciri khas ikan Louhan yaitu bagian kepala yang menonjol seperti jenong. Di antara berbagai ikan hias, ikan Louhan termasuk salah satu ikan hias yang memiliki banyak peminat.

Bukan hanya karena bentuknya yang unik saja, tapi juga karena warna tubuh yang sangat cantik dan unik. Tak heran jika ikan Louhan disebut sebagai primadona di antara ikan hias. Keindahan ikan Louhan membuat beberapa jenis ikan ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi bahkan hingga mencapai ratusan juta Rupiah. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis ikan Louhan termahal di dunia.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Corydoras

Ikan Corydoras

Ikan coridoras adalah ikan jenis carfish yang menjadi pilihan para pecinta ikan selain jenis ikan sapu-sapu, algae eater, nama ikan ini berasal dari bahasa yunani yang artinya kory (topi zirah) dan doras (kulit), spesies ini sangat banyak sampai 142 spesies. Ikan coridoras bisanya dikalangan Para penjual ikan sering menganggapnya jenis ikan sapu, karena bentuk dan sifatnya mirip namun bedanya corydoras lebih atraktif dan jarang berdiam diri dalam satu tempat.

Coridoras termasuk dalam 3 jenis tipe ikan catfishes, seperti corydoras, pleco (ikan sapu-sapu), Catfishes,habitat umum ikan coridoras tropis berkisar 5,5-7 pH. dengan suhu 24-28 derajad celcius, tingkah laku ikan coridoras umumnya suka mengali dan mengerus pasir saat mencari makanan, ikan ini biasa berenang di dasar perairan dengan subtrat ataupun bebatuan.

Ikan ini disebut sebut sebagai ikan tikus katanya, habitat asli ikan coridoras di sungai beraliran lambat dangkal jernih, ukuran umumnya bisa mencapai 7 cm, perbedaan coridoras jantan dan betina secara umum, betina sirip dorsal lebih lancip, sedangkan jantan lebih tumbuh, jika dilihat dari atas ikan betina terlihat lebih gemuk dan lebar.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium:  Ikan Rainbow

ikan rainbow

Ikan rainbow merupakan ikan yang memiliki warna mirip dengan pelangi, panjang maksimal ikan rainbow bosmani sekitar 9cm ukuran jantan dewasa, dan 7cm ukuran betina dewasa (diukur dari ujung mulut sampai sirip ekor).

Ikan hias air tawar rainbow fish balon adalah jenis yang paling lucu tubuhnya yang seperti balon, ketika berenang kelihatan kesusahan kaya ikan mas koki, ikan rainbow sendiri tergolong famili melanotaeniidae yang terdiri dari enam genus, yaitu chilatherina, glossolepis, iriantherina, melanotaenia, cairnsichthys, dan rhadinocentrus yang meruakan endemik di papua, australia, dan sulawesi.

Ikan rainbow merah merupakan salah satu jenis ikan asli dari indonesia yang telah dikenal dalam perdagangan ikan hias, ikan ini ditemukan dengan bentuk tubuh yang abnormal atau dengan nama lokal parrot atau perot sehingga menjadikan ikan ini semakin diminati dan memiliki nilai eknomis yang tinggi.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Red Finned Shark

Ikan Red Finned Shark

Ikan hias jenis red finned shark atau ikan yang bernama latin ephalzaerhynchus frenatus adalah ikan dasar yang memiliki habitat asal di sungai mekong, thailand, ikan hias yang indah dengan warna cokelat hitam atau putih albino pada tubuhnya ini termasuk pemakan omnivora, selain itu sirip-sirip merah terangnya membuatnya lebih indah dan menarik.

Red finned shark ini dapat bertahan hidup pada suhu ideal pemeliharaan antara 26-28 derajat celcius, apabila kita memeliharanya di dalam akuarium, biasanya dinding-dinding akuarium akan bersih dari lumut, hal ini karena pada habitat aslinya red finned shark suka memakan lumut.

Sifat dari red finned shark ini adalah pemalu dan suka bersembunyi pada siang hari sehingga lebih sering keluar pada malam hari untuk mencari makanan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Denison’s Barb

Ikan Denison’s Barb

Nama denison diambil dari kata belakang nama ilmiahnya, yaitu puntius denison, ikan denison sendiri mempunyai harga yang sangat mahal untuk seukuran ikan jenis barb, mahalnya harga jenis ikan ini mungkin karena sulitnya membudidayakan dan masuk kedalam kategori ikan yang vulnerable atau ikan yang mencapai posisi terancam punah dalam status konservasi IUCN (Intetnational Union for Conservation of Nature).

Ikan denison sendiri memiliki banyak nama populer diseluruh dunia, antara lain sebagai berikut: denison’s barb, red line torpedo barb, roseline shark dan bleeding eye barb, sedangkan di indonesia ikan ini sangat populer dengan sebutan ikan torpedo, ikan yang habitat aslinya berasal dari sungai sungai yang berarus deras di daerah karela dan karnataka di selatan india ini hidup pada kondisi subtropis dengan suhu optimum sekitar 16-26C dan dengan pH air sekitar 6,8-7,8.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gourami Mini

Ikan Gourami Mini

Ikan gurame mini atau dwarf gourami colisa lalia adalah spesies ikan air tawar bersifat bentik pelagis, merupakan ikan asli dari daerah bangladesh, india dan pakistan, bahkan ditemukan juga dimyanmar dan nepal ikan gurame mini atau dwarf gourami telah banyak diintroduksi ke beberapa negara lainnya seperti singapura, kolombia dan amerika serikat, termasuk juga indonesia

Habitat asli ikan gurame mini adalah danau atau sungai berarus tenang dan anak-anak sungai, habitat ikan gurame kerdil umumnya padat ditumbuhi oleh tanaman air dan pada habitat tersebut dapat dijumpai banyak jenis ikan gurame mini dari genus colisa hidup bersama sama.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gold Barb

Ikan Gold Barb

Gold barb (Puntius sachsii) merupakan ikan keluarga Puntius yang berasal dari Singapura dan Asia timur seperti di sungai Red yang melalui Vietnam dan Cina, gold barb mempunyai warna keemasan di seluruh tubuhnya dengan bintik – bintik gelap kehitaman yang membentang di sisi tengah tubuhnya.

Gold barb mempunyai sirip punggung, sirip anal, sirip dada dan ekor yang berwarna kemerahan, ikan ini hidup berkelompok dengan jumlah anggota tidak kurang dari 6 ekor, gold barb adalah ikan yang sangat aktif, selain membutuhkan tempat terbuka yang luas untuk berenang, ikan ini juga membutuhkan tempat untuk bersembunyi, jika dirawat tidak dalam kelompok kemungkinan ikan ini akan malu – malu.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Spotted Headstander

Spotted Headstander (Chilodus punctatus) Ikan ini diberi nama ikan headstander lantaran kepalanya senantiasa kebawah, ikan headstander terhitung kedalam famili alestidae, badannya dipenuhi bercak-bercak berwarna coklat.

Panjang badan meraih 3, 5 cm, perbedaan morfologi pada jantan serta betina sulit tampak lantaran tak ada lain ciri morfologisnya, sedikit perbedaan yang ada terdapat pada badan betina yang terlihat lebih gendut pada waktu masak gonad, ikan ini mulai masak gonad pada usia 4 bln.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Gurame Padang

Ikan Gurame Padang

Siapa sih yang gak tahu ikan gurame? Ikan gurame merupakan salah satu ikan favorit untuk dikonsumsi, ikan gurame terkenal memiliki rasa daging yang gurih dan renyah, bahkan beberapa tempat makan ternama pun menyediakan menu masakan dari ikan ini, namun gurame yang satu ini biasanya dipelihara sebagai ikan hias, yaitu gurame padang, terus bedanya sama gurame padang apa???

Gurame padang memiliki bentuk tubuh seperti ikan-ikan gurame lainnya, baik itu ikan gurame yang biasa di masak maupun ikan gurame hias seperti gurame mutiara maupun gurame malaysia, bedanya terletak pada warnanya.

Ikan gurame padang sewaktu kecil badannya berwarna kuning kemerah-merahan, mulutnya lancip dan bagian badan serta ekornya lebar, namun gurame padang dewasa mengalami perubahan bentuk pada bagian kepala dan warna tubuhnya memudar menjadi kuning pucat dan warna kemerah-merahannya menghilang.

Pada bagian kepala ikan gurame dewasa umumnya akan menjadi semakin aneh dengan tumbuhnya jidat dan dagu yang semakin besar, berbeda saat masih kecil, kepala ikan gurame lancip seperti ikan sepat.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Silver Dollar

Ikan Silver Dollar

Ikan hias Silver Dollar merupakan jenis ikan hias air tawar yang mendiami perairan Amazon yang berada di negara Brazil dan Paraguay, area sungai yang dijadikan tempat tinggalnya memiliki suhu sedang berkisar diantara 24 sampai 28 derajat celcius dengan tingkat pH 5 sampai 7.

Selain itu, ikan Silver Dollar berkerabat dekat dengan ikan ganas yang ada di perairan Amazon yakni ikan Piranha dan ikan Pacu, dikatakan memiliki hubungan kerabat dengan ikan Piranha dan Pacu dikarenakan terdapat kesamaan dari bentuk tubuhnya yang tampak pipih.

namun ukuran tubuh ikan Silver Dollar tidak sepanjang dan sebesar dua ikan kerabat dekatnya tersebut, selain itu, ikan hias berbadan pipih ini juga tidak memiliki gigi setajam dua ikan pemakan daging tersebut.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Marbled Hatchetfish

Ikan Marbled Hatchetfish

Ikan ini adalah penghuni habitat blackwater, yaitu habitat dimana terdapat vegetasi rapat, jalinan akar yang ruwet dan serasah dedaunan, serta air berwarna kecoklatan yang asam, ikan ini diketahui bermigrasi ke hulu dan daerah hutan yang banjir untuk bereproduksi.

Ikan marbled matchetfish tersebar luas di sungai amazon, persebarannya meliputi negara brazil, bolivia, peru, dan kolombia, ditambah sungai río orinoco di venezuela, ada kemungkinan ikan ini juga terdapat di guyana dan suriname.

Bila sedang terancam, ikan yang berukuran 3 cm ini dapat melompat keluar dari air dengan menggunakan otot sirip pektoralnya, sirip pektoral yang panjang tersebut digunakan ketika melompat keluar, peneliti berpendapat ikan ini hanya mampu melompat sekali atau dua kali sebelum akhirnya beristirahat karena melompat membutuhkan banyak energi.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Mas koki

ikan mas koki

Ikan maskoki carassius auratus, adalah ikan hias air tawar dari jenis familia cyprinidae dan ordo cypriniformes, ikan ini termasuk dalam ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi, dipelihara, dan dibudidayakan manusia, saat ini ikan mas hias atau kadang disebut secara singkat sebagai ikan mas, adalah salah satu ikan hias aquarium yang paling populer, varietas carassius auratus yang telah didomestikasi dan menampilkan mutasi tubuh bersirip serta ekor ganda dan berbentuk memampat bulat disebut ikan maskoki.

Sebagai salah satu kumpulan keluarga ikan mas yang juga termasuk ikan koi dan karper krusia, ikan mas hias adalah versi domestikasi budidaya dari ikan spesies carassius auratus yang aslinya tidak terlalu berwarna yang daerah aslinya di asia timur, ikan ini pertama kali dipelihara di tiongkok lebih dari seribu tahun yang lalu, dan sejak itu beberapa ras berbeda telah dikembangkan, ikan mas hias memiliki variasi yang luar biasa, seperti perbedaan ukuran, bentuk tubuh, susunan sirip, dan warna (berbagai kombinasi warna antara lain putih, kuning, jingga, merah, cokelat, dan hitam).

Di Indonesia istilah “ikan mas” juga merujuk kepada ikan mas biasa atau “ikan karper” (Cyprinus carpio), yaitu kerabat ikan yang dapat dikonsumsi sebagai bahan pangan.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Discus

Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar Discus di Akuarium Untuk Pemula

Ikan Discus Merupakan salah satu jenis ikan hias akuarium air tawar yang termahal. Mahalnya harga ikan ini sebanding dengan keindahan yang diberikan oleh ikan discus mulai dari corak, bentuk tubuh, gaya berenangnya yang anggun dan warnanya yang indah menjadikan ikan ini sebagai salah satu ikan hias yang populer. Ikan discus memiliki nama ilmiah yaitu Symphysodon Discus.

Ikan Discuss termasuk kedalam spesies ikan Cichlid. Dihabitat aslinya Ikan ini juga senang dengan sungai yang memiliki arus airnya tenang dan tidak terlalu deras.

Di sungai Amazon yang merupakan habitat asli dari ikan discus, ikan ini senang sekali berada diantara ranting-ranting, daun-daun maupun akar pohon untuk menghindari serangan dari ikan predator. Cara tersebut digunakan untuk mempertahankan diri mereka.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Tinfoil Barb

Ikan Tinfoil Barb

Dari sekian banyak sekian jenis ikan hais yang telah dipaparkan diatas tinfoil barb memiliki sebutan yang paling banyak, diantaranya tengadak, kapiat atau lempam sedangkan untuk nama latinnya adalah Barbonymus schwanenfeldii. Tinfoil barb merupakan ikan hias jenis air tawar yang masuk dalam famili cyprinidae atau masih kerabat dengan ikan mas, tengadak banyak dijumpai di daratan Asia Tenggara khususnya di daerah Indonesia bagian barat.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Niasa

Ikan Niasa

Ikan Niasa adalah ikan carnivore yaitu ikan pemakan daging, ikan niasa diberi makan untuk pertumbuhan memelihara system kekebalan tubuhnya, untuk pemeriharaan larva dapat diberi makan kutu air,artemia dan cacing sutera atau cacing rambut, sementara induknya diberikan pakan udang atau rebon untuk memelihara kualitas telrunya.

Iakn niasa ini memiliki poster tubuh memanjang agak datar, sirip di punggungnya memanjang, dengan ekor yang berbentuk membualat, ikan niassa ini memiliki warna dasar kuning cerah, tetapi ada pula yang berwarna hitam pekat, ikan ini terlihat cantik karena garis kuning yang melintang horizontal yang berpangkal dari kepala sampai sirip ekor, ada yuang bergaris warna hitam yang diikuti dengan garis putih itu persis di tubuh, lalu di punggung namun ada pula di sirip.

hidup dan asal dari niasa (Melanochromis auratus) ini sama dengan venustus, tubuh jantan berwarna selangseling kuning dengan garis horisontal hitam sangat cemerlang, sedangkan betina berwarna agak biru dan sedikit pucat, ikan ini memerlukan air yang alkali (pH lebih dari 7) dan cukup keras (sekitar 12° dH).

Ikan dewasa sebenarnya sangat mempertahankan daerahnya sehingga perlu adanya tanaman air atau bebatuan yang cukup sebagai shelter, namun, pemeliharaan di kolam tanpa shelterpun tidak bermasalah, selain itu, karena sifatnya mouthbreeder maka tanpa sarang pun pemijahan masih tetap berjalan dengan baik.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Red Phantom Tetra

Ikan Red Phantom Tetra

Ikan Red phantom tetra bukanlah asli dari indonesia melainkan berasal dari amerika selatan, tepatnya di daerah aliran sungai Río Orinoco di Kolombia (departemen Meta, Casanare, Arauca, Vichada, dan Guainía) dan Venezuela (negara bagian Amazonas, Apure, Guárico, dan Bolivar).

Red Phantom memiliki kebiasaan berenang di tengah-tengah air dan seperti kebanyakan ikan dari keluarga tetra ikan ini juga suka hidup berkelompok, dalam setiap kelompok bisa terdiri dari 7 ikan atau lebih.

Kondisi suhu air untuk ikan ini di kisaran 20-28 derajat celcius dan tingkat keasaman air/pH di 4,5-7,5, ukuran standar tubuh red phantom antara 2-3,5cm dengan panjang tubuh maksimal 4cm, meskipun ukuran ikan ini kecil namun idealnya ikan ini di tempatkan dalam aquarium yang besar, paling tidak ukuran aquarium di atas 80×30.

Jumlah ikan juga jangan terlalu sedikit mengingat karakter ikan yang suka berkelompok, palet ikan bisa diberikan sebagai pakan, ada baiknya sesekali di kasih pakan cacing beku atau jentik nyamuk tau damia dll sebagai pakan alami ikan ini.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Tiger Barb

Ikan Tiger Barb

Ikan Sumatera (Tiger Barb), sesui dengan namanya ikan ini memang berasal dari sumatra, ciri ikan ini tampak jelas, badannya memanjang, pipih ke samping, pada tubuhnya yang berwarna kuning keperakan terdapat empat buah garis berwarna hitam secara vertikal , satu buah di bagian kepala melewati mata dan tutup insang, dua buah di bagian badan, dan satu buah lagi di pangkal ekor.

Ikan sumatera gerakannya lincah dan aktif berenang, ikan ini tergolong pendamai namun bila sudah mencapai usia dewasa ikan ini agak sedikit usil dan suka menggejar ikan lain jadi jangan heran bila dipelihara bersama ikan lain dalam satu akuarium akan ada ikan yang ekor atau sisiknya pada rusak akibat keusilan ikan sumatera ini, ikan ini cukup rakus, segala jenis pakan alami atau pakan buatan tak pernah ditolaknya.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Rosy Barb

Ikan Rosy Barb

Ikan Rosy barb puntinus conchonius merupakan ikan hias air tawar yang cukup umum dijumpai dijual di took-toko ikan hias, ukurannya yang kecil umumnya 1 hingga 3 inchi membuatnya gampang dipelihara dalam berbagai ukuran akuarium, ikan ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per ekornya.

Rosy barb memiliki warna kemerahan dengan sisik yang berkilau jika terkena cahaya, beberapa ras ada yang memiliki punggung kuning keemasan hingga agak hijau lumut, ikan jantan biasanya memiliki warna yang lebih cemerlang dibandingkan betina, ikan ini masih kerabat dengan ikan wader yang banyak dijumpai di sungai-sungai berair deras di pulau Jawa.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Naga atau Ikan Palmas

Ikan Naga atau Ikan Palmas

Ikan palmas menarik banyak simpati dari para pecinta ikan hias untuk memeliharanya dengan keunikan yang dimilikinya, siapa yang tidak tertarik jika sudah melihat gerakanya yang lincah dan anggun. Sifatnya yang seperti amfibi merayap bila berada di dasar akuarium dan sesekali berenang dengan anggunya. Sifatnya yang agresis karena ikan ini adalah karnivora.

Bukan hanya dari segi keunikanya ikan palmas memikat hati para pecinta ikan hias, harganya yang relatif cukup murah juga merupakan salah satu alasan kenapa ikan palmas banyak di pelihara oleh para pecinta ikan hias.


  1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium: Ikan Hias Mas koki Bubble Eye

ikan mas koki bubble eye

Ikan Mas Koki Buble Eye adalah sejenis ikan mas berbentuk bulat. Ikan ini memiliki ekor ganda, dan bentuk dan ukuran tubuhnya sangat mirip dengan Goldfish Celestial, yang juga sedikit lebih ramping daripada ikan mas koki lainnya.

Ikan mas ini memiliki berbagai warna yang meliputi merah, biru, coklat, dan hitam dan putih. Mereka umumnya akan mencapai panjang tubuh sekitar 5 inci (13 cm), meskipun beberapa penggemar melaporkan Bubble Eye mereka tumbuh jauh lebih besar. Kantong tata berisi cairan, mulai berkembang seperti gelembung di bawah matanya pada usia 6-9 bulan. Pada saat mereka berusia 2 tahun, gelembung tersebut akan sangat besar.

Bagaimana indah dan menawan bukan ikan-ikan tersebut? pastinya kalian yang melihat artikel ini akan terpikat oleh salah satu ikan yang sudah disebutkan diatas, dan kalian pastinya ingin memelihara ikan tersebut hehehehe.

Demikian sedikit pembahasan mengenai 52 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Mudah di Pelihara! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: