Ikan Sepat: Makanan, Umpan Jitu, dan Jenis Hiasnya!

Diposting pada

Ikan Sepat: Makanan, Umpan Jitu, dan Jenis Hiasnya! – Ikan sepat siam atau rawa merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang termasuk dalam genus Trichogaster dengan famili osphronemidae atau ikan gurami. Ikan sepat ini mempunyai sebutan siamese gouram dalam bahasa inggris dan thalaind ikan ini sering disebut sebagai snake-skin gourami.

Biasanya ikan sepat siam ini mempunyai bentuk tubuh sedang, dengan panjang mencapai 20 hingga25cm bahkan lebih, berbentuk pipih dengan mulut yang meruncing. Berdasarkan penelitian dari beberapa pakar ikan sepat siam ini bisa diklasifikasikan sebagai berikut :


Klasifikasi Ikan Sepat

ikan sepat

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Famili : Osphronemidae
  • Genus : Trichogaster
  • Spesies : Trichogaster pectoralis

Morfologi ikan sepat siam

Ikan sepat siam secara umum memiliki ukuran sedang, dengan panjang antara 20 hingga 25cm, bahkan dapat lebih panjang tergantung dengan varietesnya, berbentuk lebar dan pipih serta mempunyai mulut yang meruncing. Pada bagian sirip punggung, ekors sirip dada da sirip dubur dewasa berwarna gelap.

Pada bagian sirip perut akan berupa menjadi alat peraba yang hampir menyerupai cambuk atau pecut, yang memanjang hingga ekornya, biasanya dilengkapi dengan sepasang duri dan 2-3 jumbai dengan ukuran yang pendek. Ikan sepat siam ini liar biasanya berwarna kusam kehitaman hingga kehijuaan yang menutupi seluruh tubuhnya.

Akan tetapi terkadang bagian sisi tubuh bagian belakang tampak belang – belang kemiringan yang sejalur dengan bintik besar kehitaman. Kemudian bagian sisi lainnya akan tampak lebih terang apabila dilihat dari belakang mata hingga kepangkal ekornya.

Informasi tambahan:

  • Pada umumnya ikan sepat siam atau rawa ini bisa di temukan pada rawa – rawa, daunau, sungai dan parit-parit yang berair serta di tumbuhi dengan tumbuhan air.

  • Ikan ini aslinya berasal dari asia tenggara, terutamanya sungai mekong, laos, thailand dan vietnam.


Makanan Ikan Sepat

  1. Kutu air

Dialam liar ikan sepat juga memakan kutu air sebagai makanan utamanya, hanya saja dalam mencari kutu air sangat sulit, kutu air memang bisa dikembangbiakkan hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama dan merepotkan.


  1. Cacing

Cacing juga bisa diberikan kepada ikan hias namu dalam memberi cacing lihat dulu ukuran dari ikan cepat yang anda pelihara dan sesuaikan ukuran cacing yang diberikan, jika ikan sepat masih kecil ada baiknya berikan ikan sepat yang kecil juga agar meyesuaikan dengan ukuran mulut dari ikan sepat.


  1. Jentik nyamuk

Jentik nyamuk juga bisa diberikan kepada ikan sepat sebagai makanan utamanya, dalam mencari jentik nyamuk kita bisa cari diselokan dan juga parit yang biasanya terdapat banyak jentik nyamuk.


Umpan Jitu Untuk Mancing Ikan Sepat Rawa

  1. Cacing Tanah

Cacing tanah adalah umpan yang paling bagus untuk memancing ikan air tawar, termasuk ikan sepat rawa. Kelebihan dari umpan ini yaitu mudah didapatkan, harganya murah dan gampang dipasang dikail. Cacing tanah juga mengandung bau anyir yang cukup kuat sehingga ampuh untuk mengundang agar segera memakannya. Mengingat ukuran mulut ikan sepat rawa yang kecil, kalian sebaiknya memilih cacing tanah yang juga berdiameter kecil agar ikan tersebut bisa memakannya.


  1. Telur Semut

Telur semut atau biasa disebut kroto juga bisa digunakan untuk menarik perhatian ikan sepat rawa. Kalian bisa membeli umpan ini dipasar burung terdekat karena kroto pun sering digunakan sebagai pakan burung kicauan. Usahakan pilihlah telur semut yang wujudnya masih mulus dan sempurna alias belum ada tanda bahwa semut di dalamnya akan segera menetas.


  1. Daging Ayam

Karena mempunyai bau amis yang sangat kuat, daging ayam dinilai efektif sebagai umpan mancing ikan sepat rawa. Kalian bisa menggunakan daging ayam yang baru saja dipotong. Apabila daging masih segar maka semakin besar pula peluang sepat rawa bakal melahapnya. Sebelum dipasang dikail, irislah daging tersebut menjadi ukuran yang kecil dengan diameter tidak lebih dari tubuh cacing tanah.


  1. Cacing Darah

Bagi kalian yang memelihara ikan hias di rumah tentu mempunyai persediaan cacing darah yang cukup banyak sebagai pakan dari ikan hias tersebut. Sekedar untuk menghilangkan kejenuhan, cobalah sekali-kali mancing ikan sepat rawa menggunakan persediaan cacing pita. Caranya mudah sekali karena kalian cukup memasangnya dikail, lalu menempatkan kail tersebut di spot yang terdeteksi banyak ikan sepat di dalamnya.


  1. Mie Rebus

Apabila sedang iseng tidak ada salahnya memancing ikan sepat rawa menggunakan mie rebus. Memang peluang keberhasilannya tidak terlalu tinggi seperti halnya umpan sebelumnya. Namun umpan mie ini juga ternyata bias menarik perhatian ikan sepat rawa untuk memakannya.

Kalian bisa merebus mie sebentar saja hanya untuk membuatnya mengembang dan teksturnya pun lebih lunak. Jangan terlalu lama dalam merebus mie untuk umpan ini agar teksturnya tidak kelewat empuk sehingga mudah terlepas dari mata kail.


Jenis Jenis Ikan Sepat Hias

Ada banyak sekali jenis ikan sepat hias dan mereka mempunyai warna dan corak yang indah, mulai dari warna merah, kuning, orange, biru dan masih banyak lagi.

  1. Ikan Sepat Mutiara

Di indonesia  khususnya bagi para pecinta ikan hias menyebut jenis ikan sepat hias yang satu ini dengan nama sepat mutiara. Sedangkan didalam bahasa inggris, sepat mutiara umum dengan sebutan pearl gourami, mosaic gourami atau lace gourami. Apakah kalian tau kenapa ikan sepat ini diberi nama sepat mutiara, Itu karena diseluruh tubuhnya banyak sekali bertaburan pola bintik-bintik kehijauan atau keperakan layaknya mutiara.

Taburan bintik-bintik tersebut berada di atas warna dasarnya, yakni berupa warna abu-abu atau kebiruan. Ataupun dengan tambahan garis horisontal hitam dari moncong mulut hingga ekornya menambah keserasian dan keindahannya. Karena keindahanya ini, sepat mutiara dikategorikan dalam 10 besar ikan hias air tawar terindah.

Terdapat banyak sekali penjual ikan sepat mutiara yang bertebaran di internet, kalian bisa memilih setiap penjual dan bandingkan harganya satu persatu. Cara merawat ikan sepat hias mutiara ini juga tergolong mudah, bahkan ikan sepat mutiara ini bisa dicampur dengan ikan hias lain.

Seperti ikan neon tetra, ikan cardinal tetra, ikan sapu-sapu, udang hias dan masih banyak lagi. Pemberian tanaman aquascape juga sangat direkomendasikan untuk merawat ikan sepat mutiara ini. Selain itu, ruang atau ukuran akuarium juga sebaiknya besar. Suhu air sebaiknya berkisar antara 22 hingga 28 cc, selain filter aquarium pompa udara dan juga jangan lupa untuk memberi lampu aquarium.

Ikan sepat mutiara sendiri merupakan ikan omnivora, jadi untuk makanan ikan sepat tidak sulit untuk diperoleh. Cacing kering atau pelet bisa menjadi makanan ikan sepat hias mutiara ini, selain itu pemberian pakan alami atau hidup juga sesekali bisa diberikan untuk menunjang kebutuhan nutrisinya.


  1. Ikan Sepat Biru

Yang kedua dari jenis ikan sepat hias merupakan ikan sepat biru. Sesuai dengan namanya, sepat hias yang satu ini mempunyai warna perak buram kebiriuan atau kehijauan. Ciri khas ikan sepat biru ini terdapat titik hitam agak besar pada bagian tengah disetiap samping tubuhnya. Selain di tengah, titik bulat ini juga ada di pangkal ekor setiap sisi tubuhnya.

Di dalam bahasa inggris ikan sepat biru ini disebut dengan nama three spot gourami, yang mengacu pada dua titik hitam tersebut dan mata sebagai titik ke tiganya. Selain disebut dengan nama Three spot gourami dan Blue gourami, ikan sepat biru juga mempunyai banyak nama sesuai dengan varian warnanya, seperti misalnya Cosby gourami, Gold gourami, Golden gourami, serta Opaline gourami. Sedangkan untuk dinegara kita sepat biru lazim disebut dengan nama sepat sawah, sepat jawa, sepat ronggeng, sepat rawa dan sapek.

Untuk merawat ikan sepat biru ini tidak jauh beda dengan ikan sepat mutiara. kemudian untuk harga ikan sepat biru lebih murah dibandingkan dengan ikan sepat mutiara. Habitat ikan sepat biru ini merupakan rawa-rawa, danau, aliran air yang tenang, dan lazim ditemukan di lahan basah dataran rendah termasuk sawah serta aliran irigasi. Ikan sepat biru ini mempunyai banyak varian warna dan banyak dipelihara hobiis ikan hias, seperti misalnya:

  • Three Spot Gourami, Blue Gourami atau Ikan Sepat Biru

Seperti penjelasan di atas, jenis ikan sepat biru ini mamiliki dua bulatan hitam di tengah dan pangkal ekor yang sejajar dengan mata.

  • Cosby gourami atau Opaline gourami

Untuk jenis ikan sepat biru yang satu ini mempunyai warna loreng dan pada umumnya disebut dengan ikan sepat brazil oleh para hobiis ikan hias.

  • Gold Gourami, Golden Gourami atau Ikan Sepat Kuning

Sesuai dengan namanya, ikan sepat biru ini mempunyai warna kuning atau emas dengan perpaduan corak yang sama dengan ikan sepat biru.

  • Silver gourami

Warna untuk ikan sepat biru yang satu ini merupakan biru keperakan.

  • Ikan Sepat biru Albino

 Ikan sepat biru albino ini mempunyai gen albino sehingga nampak terlihat putih


  1. Ikan Sepat Dahlia

Yang ketiga dari jenis ikan sepat hias merupakan ikan sepat dahlia. Untuk nama inggrisnya sepat dahlia ini lebih deikenal dengan nama honey gourami. Ikan sepat yang satu ini mempunyai warna kuning, atau lebih tepatnya oranye dengan warna biru pada sirip atasnya. Harga ikan sepat hias yang juga disebut dengan sepat hias merah ini hanya berkisar 4 ribuan saja.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Sepat: Makanan, Umpan Jitu, dan Jenis Hiasnya! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: