Ikan Teri Nasi

Diposting pada

Ikan Teri Nasi – Indonesia merupakan Negara maritim yang kaya akan sumber daya alam, khususnya dari sector kelautan. Sumber daya alami ini merupakan potensi bagi negara Indonesia.  Potensi tersebut harus di dukung oleh kebijakan yang memacu perkembangan sector industry dengan berlandaskan pada pemanfaatan sumber daya yang ada. Ikan teri nasi merupakan salah satu hasil dari sector kelautan. Ikan teri nasi ini sangat banyak di manfaatnya. Sebagian besar dapat di manfaatkan sebagai makanan baik pada saat segar maupun kering.

Ikan teri (Stolepherusspp) merupakan jenis ikan kecil yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti jenis ikan laut lainnya, ikan teri sebagai bahan pangan mempunyai nilai gizi yang tinggi dengan kandungan mineral, vitamin, lemak tak jenuh dan protein yang tersusun dalam asam-asam amino esensial yang di butuhkan untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia. Dengan begitu ikan teri nasi memiliki potensi dalam sector industri di Indonesia.

Ikan teri nasi (StokphorusSpp) juga merupakan salah satu ikan favorit karena mulai dari kepala, daging sampai tulangnya dapat langsung di konsumsi. Ikan teri sejak lama di kenal oleh masyarakat Indonesia sebagai lauk makan sehari-hari Karena mudah di peroleh dan dapat di masak untuk berbagai menu.

Ciri-ciri ikan teri adalah badan silindris, bagian perut membulat, kepala pendek, moncong nampak jelas dan runcing, anal sirip dubur sedikit di belakang dan warna tubuh pucat. Jenis-jenis teri yang banyak di Indonesia adalah teri nasi (Stokphoruscommrsouli), teri japuh (Dussumieriaaccuta) dan teri jengki / kadrak (StokphorusInsularis). Pemasaran Teri Saat ini, permintaaan ikan teri mengalami peningkatan yang cukup tinggi, baik untuk ekspor maupun konsumsi dalam negeri.

Ikan teri merupakan salah satu sumber kalsium terbaikuntuk mencegah pengeroposan tulang. Ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Kandungan gizi teri segar meliputi energi 77 kkal; protein l6gr; lemak 1.0 gr; kalsium 500 mg; phosfor 500 mg; besi 1.0 mg; Vit A RE 47; danVit B 0.1 mg.


Morfologi Ikan Teri Nasi

gambar ikan teri nasi

Ikan teri yang  termasuk dalam family Engraulididae ini mempunyai banyak spesies. Spesies umum yang teridentifikasi adalah Stolephorusheterobolus, S. devisii, S. buccaneeri, S. indicus,dan S. commersonii.

Ikan teri termasuk ke dalam ordo Malacopterygii, family Clupeidae, genus Stolephorus dan spesies Stolephorus spp.  Ciri-ciri umum dari spesies ini adalah mempunyai panjang 40 – 145 mm, sisiknya tipis dan mudah terlepas, linie lateral terletak antara sirip dada dan sirip perut dan berwarna keperakan.

Ikan terinasi (Stolephorusspp) umumnya tidak berwarna atau agak kemerahan. Sepanjang tubuhnya terdapat garis putih keperakan yang memanjang dari kepala hingga ke ekor. Ukuran tubuhnya relative kecil sekitar 6 – 17.5 cm. Ikan ini kebanyakan hidup bergerombol sampai ratusan atau bahkan ribuan individu.


Klasifikasi Ikan Teri

Klasifikasi ikan teri berdasarkan ikan yang termasuk cartilaginous (bertulang rawan) atau bony (bertulang keras), klasifikasi ikan teri nasi adalah sebagaiberikut:

Filum                          :  Chordata

Sub-Filum                  :  Vertebrae

Class                           :  Actinopterygii

Ordo                           :  Clupeiformes

Famili                         :  Engraulididae

Genus                         :  Stolephorus

Species                        :  Stolephorusspp


Daerah PenyebaranIkan Teri Nasi

Ikan teri nasi (Stolephorussp) mempunyai daerah penyebaran yang luas di daerah Indo-Pasifik bahkan sampai ke daerah Tahiti dan Madagaskar. Daerah penyebaran ikan teri nasi (Stolephorussp) di Indonesia antara 950 BT-144 BT dan 100 LU-100 LS, dengan kata lain mencakup hamper seluruh wilayah Indonesia. Ikan teri nasi (Stolephorussp) juga pernah di temukan di Samudra Hindia.


Alat Tangkap Yang Di gunakan Untuk PenangkapanIkan Teri Nasi

Alat tangkap yang umum di gunakan untuk menangkap ikan teri adalah paying dan bagan, tapi alat tangkap yang sering di gunakan untuk menangkap ikan teri yang menduduki urutan hasil tangkapan pertama adalah Bagan. Alat tangkap bagan ini di kenal dengan nama jarring angkat (lift net), yang berdasarkan bentuk dan cara pengoperasiannya di bagi menjadi tiga macam, yaitu bagan tancap (stationar lift net), bagan rakit (raft lift net) dan bagan perahu (boat lift net). Opersional bagan di lalukan pada malam hari dengan bantuan lampu.


Manfaat Ikan Teri Nasi

Teri merupakan sumber kalsium, salah satu keistimewaan ikan teri di bandingkan dengan ikan lainnya adalah bentuknya yang kecil sehingga mudah dan praktis di konsumsi oleh semua umur. Ikan teri merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untuk mencegah pengeroposan tulang. Ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dan tidak mudah larut dalam air. Kandungan gizi ikan teri segar meliputi energi 77 kkal, protein 16 gr, lemak 1.0 gr, kalsium 500 mg, phosfor 500 mg, besi 1.0 mg, Vit A RE 47, danVit B 0.1 mg. Bahkan, berdasarkan Nutry Survey Indonesia, kandungan kalsium ikan teri lebih tinggi dari pada susu. Kandungan lain yang menonjol dari ikan teri adalah kandungan energinya, yaitu protein 74 % danlemak 26 %.

Kandungan gizi lain yang terdapat pada ikan teri adalah flour, yang berguna untuk  kesehatangigi. Fluor yang menempel pada email gigi akanmembentuk senyawa fluorapatit yang lebih kuat melindungi gigi dari asam. Kehadiran fluor pada gigi akan memperkuat lapisan gigi, mengurangi resiko karies dan lubang pada gigi yang di akibatkan dari zat asam. Itulah mengapa banyak pasta gigi menggunakan fluor sebagai salah satu bahan aktif dalam membuat pasta gigi.


Fakta Ikan Teri Nasi

  1. Ikan teri nasi ini sangat banyak di manfaatnya. Sebagian besar dapat di manfaatkan sebagai makanan baik pada saat segar maupun kering.
  2. Ikan teri nasi (StokphorusSpp) juga merupakan salah satu ikan favorit karena mulai dari kepala, daging sampa itulangnya dapat langsung di konsumsi.
  3. Ciri-ciri ikan teri adalah badan silindris, bagian perut membulat, kepala pendek, moncon gnampak jelas dan runcing, anal sirip dubur sedikit di belakang dan warna tubuh pucat.
  4. Ikan teri termasuk ke dalam ordo Malacopterygii, family Clupeidae, genus Stolephorus dan spesies Stolephorus spp. Ciri-ciri umum dari spesies ini adalah mempunyai panjang 40 – 145 mm, sisiknya tipis dan mudah terlepas, linie lateral terletak antara sirip dada dan sirip perut dan berwarna keperakan.
  5. Kandungan gizi ikan teri segar meliputi energi 77 kkal, protein 16 gr, lemak 1.0 gr, kalsium 500 mg, phosfor 500 mg, besi 1.0 mg, Vit A RE 47, danVit B 0.1 mg.
  6. Kandungan kalsium ikan teri lebih tinggi dari pada susu. Kandungan lain yang menonjol dari ikan teri adalah kandungan energinya, yaitu protein 74 % danlemak 26 %.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Teri Nasi semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: