Ikan Toman

Diposting pada

Ikan toman merupakan jenis ikan buas dari suku ikan gabus, Ikan toman mempunyai bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus. Toman dapat tumbuh besar mencapai panjang yang lebih dari satu meter dan menjadi spesies yang terbesar dalam sukunya.

Dalam bahasa inggris ikan toman dikenal red snakehead, redline snakehead merujuk pada warna tubuh ketika muda atau malabar snakehead dan disebut pula giant snakehead pada toman yang berukuran besar. Nama snakehead mengacu pada bentuk kepalanya yang mirip dengan bentuk kepala ular. Dalam bahasa ilmiahnya ikan toman dikenal dengan nama channa micropeltes.


Klasifikasi Ikan Toman

Ikan Toman

  • Kerajaan : animalia
  • Filum : chordata
  • Kelas : atinopterygii
  • Ordo : perciformes
  • Famili : channidae
  • Genus : channa
  • Spesies : channa micropeltes

Morfologi Ikan Toman

Ikan toman mempunyai kepala dan mulut yang besar serta bentuk gigi yang runcing dan tajam. Bentuk tubuh ikan ini bulat dan panjang seperti torpedo dengan ekor membulat. Ikan dewasa berwarna hitam kebiruan dan pada bagian perut berwana putih atau keputihan.

Sedangkan pada ikan toman muda terdapat garis berwarna orange mulai dari moncong hingga ke sirip ekor pada bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh garis yang berwarna hitam dan kemudian terputus menjadi bintik-bintik yang tidak beraturan.

Induk ikan seringkali didapati berenang di sekitar kelompok anak-anak toman yang masih kecil-kecil. Induk ikan toman juga tidak akan segan-segan menyerang orang yang berenang terlalu dekat, karena dikhawatirkan akan mengganggu anak-anaknya.

Dengan kebiasaan yang sangat suka menyerang para pengganggu, kemudian prilaku ikan toman ini dimanfaatkan masyarakat banjar dipedesaan untuk memancing induk toman menggunakan belibis yang diikat dan dijadikan sebagai pengganggu agar induk ikan mendekat lalu diumpan dengan daging kodok.

Di indonesia bagian barat ikan toman menyebar luas pada daerah seperti sumatra, jawa, kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya yaitu, malaysia, thailand, laos, vietnam, india dan mungkin pula myanmar. Keberadaannya di india barat daya (tamilnadu dan kerala) terasa janggal, karena terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebarannya yang lain di asia tenggara.

Ikan ini diperkirakan masuk ke india dibawa oleh manusia sebelum abad ke 19. Di california us ia dikenali sebagai snakehead. Diketahui dibawa masuk oleh peniaga dari asia dan dilepaskan ke dalam sungai secara ilegal.

Di singapura toman dipelihara pada kolam-kolam dan saluran untuk rekreasi memancing. Ikan toman disukai pemancing karena tarikannya yang kuat ketika menyambar umpan di ujung kail. Ikan toman yang masih muda berwarna sangat indah dan banyak dijadikan sebagai ikan akuarium. Oleh karena itu ikan toman kerap diekspor sebagai ikan hias ke mancanegara, termasuk ke amerika serikat.

Belakangan ikan-ikan ini menimbulkan masalah di sana. Tahun 2002 hingga 2003 ditemukan empat ekor toman di perairan di maryland dan wisconsin. Diduga ikan-ikan ini terlepas atau dilepaskan dari akuarium. Keberadaan ikan toman sudah banyak membuat gelisah pihak yang berwenang dinegara itu, karena dikhawatirkan akan berkembangbiak dan menginvasi serta mengganggu keseimbangan komunitas alami di perairan setempat.

Ikan toman dalam dunia kuliner juga merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari. Toman juga kerap diasinkan dan dijual ke jawa sebagai ikan asin.


Kebiasaan dan Penyebaran

Ikan toman termasuk kedalam jenis ikan buas, yakni predator yang memangsa aneka jenis ikan lainnya, serta hewan-hewan lain seperti serangga dan kodok yang berada di lingkungannya. Ikan ini mempunyai kebiasaan mengasuh anak-anaknya. Induk ikan seringkali didapati berenang di sekitar kelompok anak-anak toman yang masih kecil-kecil.


Pemanfaatan

Ikan toman merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat. Dagingnya yang putih lembut menjadikan toman sebagai salah satu favorit untuk ikan bakar, digulai atau dimasak sup.Kekhawatiran ini juga mulai bisa dirasakan di indonesia tepatnya di pulau jawa. Komunitas atau masyarakat sudah banyak  yang menyebarkan ikan toman diperairan pulau jawa dengan alasan pelestarian ataupun sebagai hobby untuk pemancingan.

Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan, mengingat sifat toman yang merupakan predator yang sangat agresif dikhawatirkan akan mengganggu keanekaragaman hayati yang ada di pulau jawa karena memang toman bukanlah ikan native di pulau jawa.


Umpan Ikan Toman

Untuk dapat memancing ikan toman kalian dapat menggunakan umpan sebagai berikut:

  • Umpan Daging Ayam
  • Katak/Precil
  • Anakan Ikan Lele

Untuk dapat membudidayakan jenis ikan toman, jalan alternatif yang sangat baik kalian bisa mencari indukan yang bagus, kemudian kalian ternak mulai dari kecil. Selain murah harganya, juga mudah untuk menyediakan tempatnya. Sifat dasar dari jenis ikan toman adalah sangat agresif terhadap lingkungannya.

Keagresifan ikan toman akan begitu nampak, begitu buas bisa menyerang siapa saja yang mendekat ketika mereka sedang dalam keadaan memelihara anakannya, yang akan menjadi generasi penerus. Maka dari itu apabila kalian melihat binatang apapun dalam keadaan mengajak sang anakan, rata-rata akan terlihat sangat keras terhadap siapa saja yang mendekatinya.

Beberapa jenis makanan ikan toman ini bisa berupa ikan-ikan kecil, anakan ikan, anakan kodo atau precil, serta bisa cacing yang besar. Maka dari itu, tak heran jika banyak pemancing mania yang umpannya memakai anakan kodok percil, supaya mudah untuk memburu jenis ikan toman ini.

Ikan toman juga termasuk kedalam jenis ikan predator air tawar yang unik, karena ikan ini mampu hidup pada kondisi air yang sedikit oksigennya. Karena ikan toman mempunyai insang sekaligus juga mempunyai paru-paru primitif. Yang sering terjadi pada ikan toman adalah sering masuk kedalam lumpur yang airnya sedikit.

Disebut juga dengan snakehead, karena pada bagian kepala ikan toman ini sagat mirip dengan ular sanca. Dari mempunyai rahang yang kuat serta gigi-giginya yang tajam dan juga merupakan senjata yang sangat ampuh sebagai ikan predator.


Harga Ikan Toman Hias Maupun Ikan Toman Konsumsi

Untuk harga ikan toman hias berbeda dengan ikan toman konsumsi. Sebagai ikan hias, toman biasanya dijual pada saat masih kecil. Karena pada usia kecil atau anakan, ikan toman mempunyai warna yang sangat cantik, yakni ditandai denga mempunyai warna pada bagian tubuh berwarna kekuningan dan mempunyai garis berwarna merah dibagian tengah ekornya.

Sedangkan ikan toman yang yang dijadikan konsumsi sehari-hari  harganya cukup mahal, utuk 1 kg nya saja bisa mencapai 60 rb. Mahalnya ikan toman ini disebabkan kerena ikan toman mempunyai manfaat yang luar biasa, ya’ni membantu proses penyembuhan penyakit.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Toman semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: