Ikan Tongkol: Manfaat, Potensi, kandungan Gizi, Klasifikasi!

Diposting pada

Ikan Tongkol: Manfaat, Potensi, kandungan Gizi, Klasifikasi! – Ikan tongkol merupakan salah satu penghuni perairan asia, di Indonesia, ikan ini banyak membentuk gerombolan-gerombolan besar terutama  di  perairan indonesia timur dan samudra indonesia, termasuk ikan pelagis perenang cepat sehingga untuk menangkapnya alat yang digunakan harus dioperasikan dengan kecepatan yang memadai.


Klasifikasi Ikan Tongkol

ikan tongkol

Kingdom : Animalia

Phylum : Chordata

Sub Phylum : Vertebrata

Class : Pisces

Sub Class : Teleostei

Ordo : Percomorphi

Family : Scombridae

Genus : Euthynnus

Species : Euthynnus affinis


Morfologi ikan tongkol

Bentuk tubuh dari ikan tongkol biasanya memanjang dengan penampang melintang bundar, bentuk kepala bagian atas sampai setelah mata hampir lurus , sampai awal dasar sirip punggung agak cembung , sirip dada pendek , ujunf sirip melewarti bagian depan area yang kurang bersisik.

Kepala dan badan bagian atas biru kehitaman , bagian bawah abu-abu keperakan, daerah yang kurang bersisik di atas garis rusuk dengan garis-garis menyilang kehitaman, hidup diperairan pantai atau oseanis, dapat mencapai ukuran 58 cm, tersebar luas di daerah tropis dan subtropis.

Ciri morfologi tongkol yaitu tubuhnya yang berbentuk fusiform, memanjang dan agak bulat, tapis insang (gill rakes) berjumlah 53- 63 pada helai pertama, mempunyai dua sirip punggung yang terpisah, pada sirip punggung yang pertama terdapat 14-16 jari-jari keras,sedangkan jari-jari lemah pada sirip punggung kedua diikuti oleh 7-9 finlet.

Sirip dada yang berukuran pendek, terdapat dua flops diantara sirip perut, sirip anal diikuti dengan 7-8 finlet, badan tidak bersisik kecuali pada barut badan (corselets) dan lateral line terdapat titiktitik kecil, bagian punggung berwarna biru kehitaman (gelap) disisi bawah dan 6 perut keperakan, dengan 4-6 buah garis-garis berwarna hitam yang memanjang pada bagian samping badan, tongkol termasuk ikan perenang cepat dan mempunyai sifat makan yang rakus.

Ikan tongkol terklasifikasi dalam ordo Goboioida, family Scombridae, genus Auxis, spesies Auxis thazard, ikan tongkol masih tergolong pada ikan Scombridae, bentuk tubuh seperti betuto, dengan kulit yang licin, sirip dada melengkung, ujungnya lurus dan pangkalnya sangat kecil.

Ikan tongkol ialah ikan perenang yang tercepat diantara ikan-ikan laut yang berangka tulang, sirip-sirip punggung, dubur, perut, dan dada pada pangkalnya mempunyai lekukan pada tubuh, sehingga sirip-sirip ini dapat dilipat masuk kedalam lekukan tersebut, sehingga dapat memperkecil daya gesekan dari air pada waktu ikan tersebut berenang cepat, sedangkan dibelakang sirip punggung dan sirip dubur terdapat beberapa sirip tambahan yang kecil-kecil yang disebut finlet.

Ikan tongkol dapat mencapai panjang 60-65 cm dengan berat 1.720 gr pada umur 5 tahun, panjang pertama kali matang gonad ialah 29-30 cm, ikan tongkol temasuk ikan pelagis yang dapat hidup pada kedalaman 50 m di daerah tropis dengan kisaran suhu 27-28oC.

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan migratory yang tersebar disekitar perairan samudera atlantik, hindia dan pasifik, ikan tongkol memiliki 10-12 jari-jari sirip punggung, 10-13 jari-jari halus sirip punggung, 10-14 jari-jari halus sirip dubur, dan mempunyai warna punggung kebiru-biruan, ungu tua bahkan berwarna hitam pada bagian kepala, sebuah pola 15 garis-garis halus, miring hampir horisontal, garis bergelombang gelap di daerah scaleless diatas gurat sisi (linea lateralis).

Bagian bawahnya agak putih cerah, sedangkan dada dan sirip perutnya berwarna ungu, sisi bagian dalam mereka berwarna hitam, badannya kuat, memanjang dan bulat, gigi kecil dan berbentuk kerucut, dalam rangkaian tunggal, sirip dadanya pendek tapi mencapai garis vertikal melewati batas anterior dari daerah scaleless atas corselet, sebuah flap tunggal besar (proses interpelvic) antara sirip perut.

Tubuhnya telanjang kecuali untuk corselet, yang dikembangkan dengan baik dan sempit di bagian posterior tidak lebih dari 5 skala yang luas di bawah asal sirip punggung kedua.


Kandungan Gizi Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut dan juga salah satu komoditas utama ekspor Indonesia. ikan tongkol dimasukkan dalam daftar ikan ekonomis karena telah memenuhi tiga persyaratan antara lain memiliki nilai pasar yang tinggi, volume produksi makro yang tinggi, luas, dan mempunyai daya produksi yang tinggi. Struktur daging ikan tongkol terdiri atas daging yang berwarna merah dan putih. Daging merahnya mengandung air 66,7%, protein 27,6%, dan lemak 2,6%, sedangkan Daging putihnya mengandung air 67,1%, protein 31%, lemak 0,7%

Kandungan Gizi Ikan Tongkol Dalam Setiap 100gram:

kandungan gizi ikan tongkol


Manfaat Ikan Tongkol

Kita semua tahu kalau ikan, terutama ikan di laut memiliki kandungangizi yang sangat tinggi dan baik dikonsumsi untuk menambahkecerdasan anak, bagi lidah Indonesia, ikan tongkol atau dalam bahasa latinnya adalahThunnus maccoyii sangatlah cocok.

Daging ikan tongkol sangat padat rasanya gurih dan mudah diolah menjadi berbagai menu makanan sehinggaikan ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi menu makanansehari-hari, selain itu, ikan tongkol juga memiliki kandungan proteinyang tinggi dan sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak dalam masapertumbuha, karena itulah ikan tongkol sebagai menu makanan laut sangatdisarankan karena rasanya sangat enak dan bergizi.

Bagi anda yangmemiliki alergi terhadap makanan laut, anda tidak usah khawatirkarena kalian bisa menangkalnya dengan minum air rebusan tanamankumis kucing, obat atau ramuan ini dapat menghambat gejala akibatalergi terhadap ikan tongkol.

Di pasar ikan, tongkol biasanya dijual dalam keadaan sudah matang atau diasap, namun jika yang kalian cari adalah kandungan gizinya, akan lebih baik jika kalian membeli ikan tongkol segar untuk dimasak sendiri dirumah, nilai gizi dari ikan tongkol terletak pada cairan tertentu yang keluar saat diolah, bisa direbus, dikukus atau digoreng.

Seandainya saja kalian membeli ikan tongkol asap, cairan yang terkandung dalam daging tongkol itu tentunya sudah menguap dan nilai gizinya berkurang banyak, selain lezat dan bergizi, ikan tongkol juga memiliki khasiat yang cukup spesifik, yaitu merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah dan menghambat proses penuaan, makannya, jika ingin awet muda,disarankan untuk mengkonsumsi daging ikan tongkol.

Jika dikonsumsisecara rutin, minimal tiga kali dalam seminggu sebagai menu utama,penyakit semacam rheumatic dan anemia akan sulit mengganggu kalian, khasiat tongkol lainnya adalah untuk mengobati penyakit antara lain :


  1. Rheumatic dan linu tulang

Kalian dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari, kalian bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera, karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kitamengolah ikan tongkol segar, untuk terapi rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup, sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu, selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawadingin, atau olah raga berlebihan.


  1. Anemia atau Lesu Darah

Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata, jika anemia menyerang, segera atasi, pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun, yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali, kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah, namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus, sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak, sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.


  1. Mencegah Ejakulasi Dini

Jika kehidupan pasutri kalian sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor, di sini apotek laut akan membantu kalian dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisatahan lama, caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih, minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan, sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri kalian.


  1. Kulit Kusam

Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam, bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan, resep berikut bisa dicoba, ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor, rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya, makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu, sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahanakan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.


Potensi Ikan Tongkol di Perairan Indonesia

Di indonesia sumber daya ikan pelagis kecil diduga merupakan salah satu sumberdaya perikanan yang paling melimpah merta, dkk, 1998 dan paling banyak ditangkap untuk dijadikan konsumsi masyarakat indonesia dari berbagai kalangan bila dibandingan dengan tuna yang sebagia besar produk unggulan ekspor dan hanya sebagian kelompok yang dapat menikmatinya, ikan pelagis umumnya hidup di daerah neritik dan membentuk schooling juga dapat berfungsi sebagai konsumen antara food chain antara produsen dengan ikan-ikan besar sehingga perlu upaya pelestarian.

Potensi ikan pelagis di perairan indonesia adalah 3,2 juta ton/tahun dengan hasil pemanfaatan 46,59 % sehingga peluang untuk pengembangannya masih mencapai 43,41% namun pemanfaatannya harus diperhatikan lokasi penangkapannya karena penangkapan ikan pelagis di Indonesia sebagian besar telah memperlihatkan tingkat penguasaan yang berlebih seperti di Laut Jawa dan selat malaka kecuali untuk Laut arafura dan laut sulawesi serta Samudera pasifik, hal ini berdasarkan hasil reevaluasi potensi, produksi dan tingkat pemanfaatan ikan pelagis di perairan Indonesia.

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan salah satu jenis ikan pelagis besar yang mempunyai sifat bergerombol, ikan tongkol biasanya membentuk schooling pada saat ikan tersebut dalam keadaan aktif mencari ikan. Ikan tongkol lebih aktif mencari makan pada waktu siang hari dari pada malam hari, ikan tongkol akan banyak muncul bila keadaan mendung dan hujan rintik–rintik, ikan tongkol biasannya memakan ikan–ikan yang berukuran kecil seperti ikan teri dan cumi–cumi.

Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan pelagis yang merupakan salah satu komoditas utama ekspor di indonesia, akan tetapi akibat pengelolaan yang kurang baik di beberapa perairan Indonesia, terutama disebabkan minimnya informasi waktu musim tangkap, daerah penangkapan ikan, disamping kendala teknologi tangkapnya itu sendiri, tingkat p emanfaat sumber daya ikan menjadi sangat rendah.

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang hidup pada lapisan paling atas dari suatu perairan, bentuk badannya memanjang yang kedua ujungnya meruncing, mempunyai dua sirip punggung dan 7-8 finlet, dari bentuk ikan adanya dua sirip punggung dan banyaknya finlet ini menujukan ikan tongkol termasuk jenis ikan perenang cepat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Tongkol: Manfaat, Potensi, kandungan Gizi, Klasifikasi! semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel tentang: