Ikan Wader

Diposting pada

Ikan wader (rasbora jacobsoni) mempunyai bentuk tubuh memanjang, mempunyai garis hitam yang memanjang dikedua sisi tubuhnya, panjang ikan dewasa dapat mencpai 5-9 cm, ikan ini mempunyai laju pertumbuhan yang cepat. Ikan wader termasuk hewan jenis herbivora, penyebaran habitat perairan tawar dan dapat bertahan pada arus yang deras.

Ikan wader adalah jenis ikan air tawar yang paling gampang ditemukan di kolam–kolam dan waduk ataupun sungai yang airnya jernih. Ikan ini mempunyai kekhasan yakni adanya dua bintik yang terdapat dibawah badannya. Ikan wader termasuk kedalam suku cyprinidae dan terdapat diperairan tawar seluruh nusantara yang dalam bahasa inggris diberi nama spotted barb. Ikan ini mempunyai ukuran kecil sebesar jari kelingking dan yang paling besar dapat mencapai ukuran 2 jari manusia.

Dialam liar ikan wader memakan semua makanan yang ada dialam alias omnivora. Ia makan berbagai jenis makanan seperti telur ikan lain, lumut dan berbagai jenis serangga air. Ikan ini termasuk ikan yang rakus bahkan besifat karnivora karena ia juga makan telur ikan wader lainnya yang ada di perairan.

Memancing ikan wader merupakan hal yang cukup menyenangkan karena ikan ini gampang berkembangbiak di sungai atau selokan kecil sehingga hampir semua tempat dapat ditemukan jenis ikan wader. Cara memancingnya adalah dengan menggunakan mata pancing yang berukuran kecil sekali. Pakan yang berupa pelet yang sudah direndam kemudian buatlah bentuk kecil sebesar butiran nasi dan dipasang pada mata pancing. Pemberian mata pancing dan umpannya yang kecil akan membuat ikan wader akan lebih mudah menyambar pakan tersebut.

Ikan wader termasuk jenis ikan yang akan menyambar pada saat memakan umpannya. Oleh karena itu dibutuhkan ketepatan dan kecepatan pada saat menarik joran pancing sebelum umpan terlepas dari mata pancingnya. Rangkaian mata pancingnya pun dapat disusun dengan menggunakan pelampung maupun tidak. Penggunaan pelampung memang ditujukan sebagai indikator saat umpan disambar ikan, semakin cepat anda menarik joran anda maka semakin kecil kemungkinan ikan lolos.

Ikan wader di indonesia hanya digunakan sebagai ikan konsumsi alias dimakan, namun di negara eropa jenis ikan ini dipelihara sebagai ikan hias karena mempunyai warna keperakan yang indah, dan beberapa jenis lain dari wader juga mempunyai warna kehijauan sehingga lebih indah saat dipelihara di aquarium. Jenis lain dari ikan wader dapat berwarna merah dan kuning keperakan, namun semua mempunyai ciri yang sama yaitu adanya bintik hitam di bagian bawah tubuhnya.


Habitat Ikan Wader

ikan wader Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Saat curah hujan tinggi dan permukaan air meningkat, seluang lebih mudah ditemukan karena mereka bergerak bebas di permukaan air mengejar makanan. Akan tetapi ketika suhu air meningkat terutama pada musim kemarau, ikan wader akan cenderung berkumpul dan berteduh di bawah pohon. Ikan wader mampu bertahan hidup pada suhu air antara 22°c hingga 26°c.

Saat berkembang biak, ikan seluang akan melekatkan telur-telurnya pada tumbuhan air. Ikan seluang yang masih berukuran kecil bercorak putih keperakan dengan garis-garis kehitaman yang membentang di kedua sisi tubuhnya. Namun saat membesar, warnanya akan memudar menjadi putih kekuningan.


Makanan Ikan Wader

Ikan seluang adalah ikan omnivora. Makanan mereka beragam mulai dari zooplankton, lumut, crustacea kecil (seperti kutu air), telur ikan (termasuk telur dari jenis mereka sendiri), serangga, hingga cacing tanah.


Umpan Mancing Ikan Wader

  • Jenis ulat seperti ulat belimbing

Cari beberapa buah belimbing yang telah busuk , kupaslah kulitnya dan cari ulat-ulat di dalamnya.


  • Tahu

Cara membuat umpan dengan menggukan tahu caranya terbilang sangat simpel , potong tahu kecil-kecil kemudian kaitkan pada kail. Baiknya tahu di jemur terlebih dahulu sebelum di potong agar tidak mudah hancur saat masuk ke dalam air. Ada baiknhya menggunakan tahu yang masih baru terlebih lagi tahu yang baru keluar dari rumah produksi karena aroma kedelainya masih kuat.


  • Lumut basah

Gunakanlah lumut dengan jenis yang halus dengan warna hijau gelap, dapat juga di tambahkan dengan vanili atau garam agar aromanya lebih keluar dan teksturnya lebih lembut.


  • Umpan pelet

Umpan pelet lebih cocok di gunakan di perairan yang tenang seperti danau dan waduk , cara menggunakannya pelet di hancurkan kemudian tambahkan air hingga menjadi adonan yang kenyal agar tidak mudah hancur di dalam air. Adonan tadi di bentuk kecil-kecil di sesuaikan dengan kail serta ukuran ikan di tempat tersebut.


  • Umpan kroto

Kroto juga dapat di gunakan sebagai umpan ikan wader yang ampuh karena kroto mempunyai aroma khas yang dapat menarik perhatian ikan wader.

Cara memancing ikan wader sebenarnya sangat mudah, hal pertama yang harus kiata lakukan adalah menarik perhatian sekelompok ikan wader agar mendekat. Caranya adalah dengan ngeboom tempat tersebut menggunakan daun ketela yang di ikat dan diberi pemberat agar dapat tenggelam kedalam air, dapat juga menggunakan pelet atau roti yang di kasih sedikit air.

Karena mulut ikan wader sangat kecil, maka sebaiknya gunakan kail ukuran 0.3 atau yang lebih kecil lagi. Sebenarnya di setiap daerah mempunyai umpan mancing ikan wader yg ampuh dengan racikannya sendiri-sendiri. Berikut ini terdapat cara membuat umpan racikan ikan wader yang paling ampuh dari pengalaman para pemancing mania.

Bahan :

  • 6 sendok pelet.
  • 6 sendok pelet bom merk samurai ataupun stella product.
  • Kecap ikan.
  • Terasi bubuk.

Cara membuat :

Campurkan enam sendok pelet dan enam sendok pelet bom, tambahkan 1 sendok makan kecap ikan agar aroma semakin menggoda, masukan kedalam wadah dan beri air secukupnya. Tutup rapat dan biarkan selama kurang lebih 30 menit agar matang , apabila setelah matang adonan terlalu lembek dapat tambahkan pelet bom agar kenyal, terakhir tambahkan terasi udangnya. Umpan siap di gunakan

  • Kinoy di campur dengan bawang putih
  • Roti klik crackers

Roti di kasih air atau telur dan di remas-remas hingga terbentuk adonan yang kenyal. Kalau saya seringnya pakai ini, lebih simpel dan murah, dapat juga di tambahkan bahan lain agar aromanya semakin kuat, misal bawang putih, daun ketela, garam, masako, terasi udang , esen dan berbagai bahan lain. Dapat juga pakai biskuit lain seperti malkist dan sebagainya. Akan lebih baik apabila adonan umpan yang sudah jadi didiamkan terlebih dahulu minimal 3 hari sampai menghasilkan aroma harum seperti tape. Dijamin topcer untuk memancing wader dan uceng.


  • Tempe

Tempe busuk lebih ampuh + roti +bawang putih (separo siung aje) + terasi udang = aduk sampai pulen (siap tempur).


  • Mie instan

Seduh jangan sampai lembek atau dijadikan tepung sekalian lebih baik + tempe busuk + bawang putih (separo siung saja) + ikan tuna = aduk sampai pulen.

  • Roti + ikan tuna + cacing kering + bawang putih (separo siung aja) = aduk sampai pulen.
  • Tempe+mieinstan(dihaluskan)+bawang putih+kunyit, tambahkan air secukupnya hingga di peroleh adonan yang kenyal , umpan siap di gunakan.
  • Tempe dipencet-pencet hingga kenyal + biskuit regal + kunyit, semua bahan di campur kemudian ditambahkan sedikit air hingga menjadi adonan yang kenyal.
  • Buah kelapa sawit dan tepung kanci.
  • Tepung roti halus tambahkan gula merah, telur kuning, vanili dan kinoy.

Cara membuatnya adalah seduh vanili dan gula merah hingga hancur, tambahkan tepung roti, telur dan air hangat, kemudian aduk terus hingga menjadi adonan lalu tambahkan kinoy hingga adonan menjadi kenyal dan kalis.

  • Berbagai jenis cacing
  • Belatung ( biasanya belatung dari kandang ayam petelur ) menjijikkan tapi ampuh banget.
  • Colet t4i

Umpan ini paling jarang di gunakan namun banyak yang telah membuktikan ke ampuhannya.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Wader semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: