Ikan Zebra Danio

Diposting pada

Ikan zebra danio termasuk dalam keluarga cyprinidae. Biasa dikenal juga sebagai ikan zebra atau zebra danio yang berasal dari sungai di wilayah himalaya tenggara. Ikan zebra danio hidup di india, pakistan, bangladesh, nepal dan birma. Spesies ini mendiami sungai, kanal, selokan, kolam dan air yang mengalir lamban atau stagnan termasuk sawah. Zebra danio adalah organisme model vertebrata yang penting dalam penelitian ilmiah karena kemampuan regenerasinya yang menonjol. Ikan zebra danio mempunyai banyak sekali jenis warna yang cerah bersinar. Karena warnanya yang cerah maka ikan ini dinamai ikan zebra da   nio.


Perawatan Zebra Danio

Ikan Zebra Danio

Zebra danio adalah ikan tahan banting dan dianggap cocok untuk scaper pemula. Ikan ini mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium. Setidaknya tanki 50cm atau lebih besar diperlukan agar ransio danio kalian tetap sehat dan nyaman. Mereka juga suka bergerombol atau disebut schoolingfish. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di permukaan dan tengah tank. Ikan zebra adalah ikan yang damai dan harus disimpan dengan ikan damai lainnya seperti ikan danios, barbs, tetra, angelfish.

Akuarium adalah sistem tertutup dan selalu membutuhkan perawatan. Kadar bahan organik, nitrat dan fosfat terus meningkat di akuarium dan kekerasan air meningkat karena penguapan. Perawatan yang tepat harus dilakukan dan 25 hingga 50% air tanki harus diganti setidaknya sebulan sekali. Jika tanknya padat, 20-25% air harus diganti setiap minggu. Akuarium membutuhkan sistem filtrasi yang baik dan pergerakan air yang cukup.


Memberi Makan Zebra Danio

Zebra danio adalah omnivora dan mereka mendapatkan makanan dari air, terutama memakan zooplankton, ganggang, tanaman vaskular, spora, serangga, larva serangga, telur invertebrata dan berbagai makanan. Zebra danio juga bisa memakan makanan dari luar permukaan air seperti serangga darat. Di akuarium mereka makan hampir semua makanan akuarium, pelet atau pakan hidup. Makanan seperti pelet harus diberikan dalam takaran kecil 2 – 3 kali per hari. Mereka juga mau memakan tubifek. Burayak zebra danio awalnya bisa diberi makan paramecium atau mikroorganisme lainnya. Pada sekitar hari ke 9 mereka bisa diberi makan makanan yang lebih besar.


Pembibitan Zebra Danio

Danio rerio dianggap mudah berkembang biak di akuarium. Ini adalah ikan aktif dan sosial yang berkembang biak secara musiman selama musim hujan yang berkisar antara bulan april sampai agustus. Ini cenderung berkembang biak di kolam yang dingin dan tumbuh dengan baik. Pada kondisi pemijahan, lokasi pemijahan kerikil lebih disukai daripada lokasi pemijahan lumpur. Suhu air  akuarium harus dijaga dan berilah makan betina dengan makanan berkualitas tinggi.

Zebra danio melakukan pemijahan selama 1 hingga 6 hari yang terjadi setahun sekali. Perkawinan dipengaruhi oleh suhu dan ketersediaan makanan sebagai syarat untuk berkembang biak. Waktu penetasan juga tergantung pada suhu air sekitar 28,5c. Telur dapat menetas antara 48 hingga 72 jam setelah pembuahan. ikan zebra menetas berukuran sekitar 3 mm dan segera menjadi mandiri. Mereka dapat berenang, makan dan menunjukkan perilaku aktif dalam 36 hingga 72 jam.


Jenis Kelamin Zebra Danio

Zebra danio jantan sulit dibedakan dari betina selama tahap remaja namun pada tahap dewasa mudah untuk melihat perbedaan antara zebra danio jantan dan betina. Laki-laki memiliki tubuh berbentuk torpedo dengan garis-garis emas di antara garis-garis biru sementara betina memiliki garis keputihan dan perak yang lebih besar daripada garis-garis emas. Laki-laki juga memiliki warna kuning lebih banyak dan sirip dubur lebih banyak daripada betina. Betina dewasa menunjukkan papilla alat kelamin kecil di depan sirip dubur. Selama waktu berkembang biak, perut betina lebih terlihat mengembang karena membawa telur.


Klasifikasi Ikan Zebra Danio

Filum   : chordata

Kelas  : actynopterygii

Ordo  : cypriniformesikan zebra, zebra

Famili  : cyprinidae

Genus  : brachydanio

Spesies : brachydanio rerio


Morfologi Zebra Danio

Pada tubuh ikan ini ditutupi oleh garis-garis berwarna putih kekuningan dan hitam yang berawal dari pangkal ekor sampai operkulum. Garis horizontal ini memperlihatkan kesan langsing pada ikan jantan. Warna pada ikan jantan terlihat lebih cerah dan menarik dibandingkan dengan ikan betina. Bentuk tubuh pipih dengan perut sedikit membundar. Pada ikan zebra betina yang sudah matang gonad, perut akan tampak sangat membundar. Zebra danio tersebar dari india sampai asia tenggara terutama indonesia dan menyukai daerah yang bersuhu dingin (axelrod, 1997).


Fakta Zebra Danio

  • Nama ilmiah: danio rerio

Nama lain: barilius rerio, brachydanio frankei, brachydanio rerio, cyprinus chapalio, cyprinus rerio, danio frankei, danio lineatus, nuria rerio, perilampus striatus.


  • Asal

Awalnya diyakini berasal dari jangkauan yang lebih luas yang membentang dari myanmar di timur dan pakistan di barat, sekarang diyakini spesies ini berasal dari dari india dan bangladesh. Bagian dari perubahan ini dalam distribusi karena identifikasi spesies yang sama yang pernah salah diidentifikasi sebagai danio rerio, serta kerusakan lingkungan yang mengakibatkan pengurangan wilayah dihuni.

Ikan yang tersedia saat ini hampir selalu berasal dari penangkaran. Zebra sangatlah mudah dan murah untuk dipelihara, membuat mereka kandidat utama untuk pembibitan komersial. Sementara peternakan komersial telah memberikan pasokan besar dan tidak terbatas terhadap spesies ini, juga telah menghasilkan ikan yang kurang kuat dibandingkan yang ditangkap dialam liar.


  • Deskripsi Singkat Zebra Danio

Di antara ikan akuarium yang paling kuat dan aktif, zebra danio mudah dikenali dengan adanya garis-garis horizontal yang khas pada tubuhnya. Garis horisontal biru-ungu lari dari insang ke ekor, dengan tubuh ramping dan tipis berwarna perak-emas membuat ikan ini menarik.

Ukuran dari zebra danio tidak lebih dari 2,5 inci, hal itu membuat mereka cocok untuk akuarium komunitas. Kedua jenis kelamin memiliki dua pasang sungut dan garis-garis yang sama, tetapi betina biasanya lebih besar dan lebih berisi daripada jantan.


  • Mudah Digabung Dengan Ikan Lain

Zebra danios adalah ikan damai yang bergaul dengan hampir semua rekan dalam tangki, namun mereka akan menggigit sirip spesies ikan tertentu. Ikan dengan sirip mengalir panjang, seperti angelfish, betta (cupang), dan guppi, adalah target potensial dari zebra aktif mencari sesuatu untuk dilakukan.


Habitat / perawatan

Zebra adalah ikan yang tinggal di permukaan yang menyukai perairan bergerak. Secara teknis mereka dianggap ikan air dingin, lebih memilih air dalam kisaran 18 – 25 derajat celcius. Namun, mereka akan beradaptasi dengan berbagai kondisi air. Dengan munculnya peternakan komersial, spesies ini telah menjadi kurang kuat dibandingkan spesies di alam liar. Jika suhu air tetap rendah mereka ikan hasil peternakan cenderung menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Zebra sangat aktif, dan meskipun mereka memiliki preferensi pada akuarium di bagian atas, mereka akan bergerak ke seluruh tangki. Mereka harus diberi pencahayaan menyebar dan ruang terbuka untuk berenang, bersama-sama dengan vegetasi sekitar pinggiran habitat. Substrat gelap akan membantu menampilkan warna pada ikan ini, dan memberikan habitat yang merasa lebih alami.


Perbedaan Jenis Kelamin

Ikan zebra jantan sedikit lebih kecil dan lebih ramping daripada betina. Betina akan memiliki tubuh yang agak berisi, yang terutama terlihat ketika mereka terisi telur.


Pembiakan Zebra Danio

Zebra danios sangat cocok untuk pemula, karena mereka peternak produktif. Sebuah karakteristik unik dari zebra danio adalah mereka cukup setia kepada pasangan yang mereka pilih. Pasangan kawin tetap bersama-sama untuk hidup, dan jarang bertelur dengan ikan yang bukan pasangannya, bahkan jika salah satu pasangan meninggal. Cara terbaik untuk mendapatkan pasangan kawin adalah mulai dengan sekelompok setengah lusin atau lebih zebra muda, dan memungkinkan mereka untuk memilih pasangan.

Tangki pembibitan harus dibentuk dengan air dangkal, sekitar 15cm. Isilah tangki dengan tanaman berdaun atau kotak pemijahan di bagian bawah. Kerikil saja bekerja dengan baik, telur akan jatuh antara potongan-potongan kerikil dan akan terlindungi dari ikan dewasa, yang akan siap makan telur mereka sendiri.

Pemijahan membutuhkan suhu hingga 78°f / 26°c, dan dapat dipicu dengan meningkatkan air beberapa derajat mendekati matahari terbit, ketika pemijahan biasanya terjadi. 300 sampai 500 telur akan tersebar di seluruh bagian bawah dan pada tanaman. Singkirkan pasangan petelur setelah pemijahan, karena mereka akan mengkonsumsi telur mereka sendiri. Telur akan menetas dalam dua hari. Telur sangat kecil, dan dapat dengan mudah hilang ketika mengganti air, jadi berhati-hati ketika melakukan maintenance tangki.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Ikan Zebra Danio semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare 🙂

Baca juga artikel lainnya tentang: