Jenis Ikan Salmon

Diposting pada

Jenis Ikan Salmon – Salmon merupakan nama biasa bagi beberapa spesies ikan dari keluarga salmonidae. Beberapa ikan lain di dalam keluarga ini dipanggil trout. Perbesarannya adalah disebabkan kehidupan migrasi ikan salmon dibandingkan dengan sikap perumahan ikan trout, satu perbezaan yang betul untuk genus salmo. Salmon hidup di dalam atlantik (satu spesies migrasi salmo salar) dan lautan pasifik, selain di tasik-tasik besar (kira-kira sedozen spesies dari genus oncorhynchus).

Secara tipikal, salmon adalah anadromous: ia menetas di air tawar, berpindah ke laut, kemudian kembali semula ke air tawar untuk membiak. Dan hanya terdapat beberapa spesies yang mampu hidup di habitat air tawar. Ia kemungkinan besar disebabkan oleh perternakan spesies-spesied tertentu ikan salmon. Folklore membuktikan bahawa salmon akan kembali ke lokasi sebenar di mana ia ditetaskan, kajian telah membuktikan kebenaran dakwaan ini, akan tetapi sifat bagaimana memori ikan ini berfungsi telah menjadi perdebatan panjang.


Klasifikasi Ikan Salmon

Ikan salmon

  • Kingdom: animalia
  • Filum:vertebrata
  • Subfilum: pisces
  • Superkelas: gnathostomata
  • Kelas: actinopteri
  • Ordo: salmoniformes
  • Famili: salmonidae
  • Subfamili: salmoninae
  • Genus: oncorhynchus
  • Spesies: oncorhynchus nerka

Morfologi Ikan Salmon

  • Memiliki sirip punggung lunak 10-15
  • Duri dubur dan duri punggung kesuluruhan 0
  • Memiliki tulang belakang berkisar 63-72
  • Terdapat bintk hitam besar dibagian belakang dan pada kedua lobus sirip ekor.
  • Bentuk tubuh fusiform, agak lateral kompres.
  • Bentuk mulut terminal.
  • Ikan ini berwarna biru kehijauan di bagian belakang, perak di sisi dan putih diperut, bintik oval besar ada dibelakang.
  • Pada jantan menjadi gelap dibagian belakang, berwarna merah dengan bercah hijau kecoklatan di sisinya
  • Pada betina serupa, namun warnanya kurang jelas

Ciri-ciri Ikan Salmon

  • Panjang total tubuh jantan 84 cm, sedangkan panjang total tubuh betina umumnya sekitar 71 cm.
  • Berat maksimal sekitar 7.710 gr. Usia maksimal sekitar 8tahun. Ikan ini termasuk ikan pelagis, hidup secara anadromus.
  • Habitat di air tawar, muara, dan air laut, dengan kedalaman antara 0-250 meter.
  • Temperatur optimal yang baik untuk pertumbuhan ikan salmon adalah 250 c.
  • Sirip punggung lunak berjumlah 11-16 buah. Sirip anus lunak berjumlah 13 hingga 18, sedangkan jumlah tulang punggung sekitar 56 sampai 67 buah.

Manfaat Ikan Salmon

Dengan sederet kandungan penting yang dimilikinya, salmon sangat disarankan untuk dikonsumsi sebagai menu makanan sehari-hari. Ikan salmon mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:


  • Baik Untuk Jantung

Salah satu kandungan ikan salmon yang penting untuk kesehatan jantung adalah asam lemak omega 3. Zat ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Jika tidak dikendalikan, peradangan bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Fungsi lain dari asam lemak omega-3 adalah membantu menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat, serta membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terjadinya stroke, gagal jantung, dan penggumpalan


  • Menunjang Perkembangan Otak

Salah satu manfaat ikan salmon untuk anak-anak adalah membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Hal ini dapat terjadi karena kandungan asam lemak omega 3 epa yang ada dalam ikan salmon. Bukan saja berguna bagi perkembangan otak anak-anak, asam lemak omega 3 pada ikan salmon juga kemungkinan berguna bagi anak dengan gangguan pemusatan perhatian. Konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.


  • Baik Untuk Kulit dan Rambut

Jika kalian sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusi. Asam lemak omega3 pada ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh, sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau. Mempertimbangkan manfaatnya untuk kesehatan kulit, asam lemak omega 3 sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.


  • Berperan Dalam Kesehatan Tulang

Sinar matahari bisa membantu proses sintesis vitamin d dalam tubuh kita. Vitamin d juga dapat diperoleh dari makanan, salah satunya yaitu dari ikan salmon ini. Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan sumber vitamin d, yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.


  • Mengatasi Depresi

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon yang dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan yang diberikan oleh dokter, diyakini berguna untuk membantu mengatasi depresi. Sesuai dengan penelitian, wanita hamil yang mengonsumsi asam lemak omega 3 selama mengandung akan menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.


Habitat Ikan Salmon

Salmon tergolong kedalam spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembang biak. Salmon lahir pada perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, kemudian kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menyatakan seperti itu, akan tetapi alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih menjadi misteri.

Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili salmonidae. Ikan salmon termasuk satu famili dengan ikan trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup ikan salmon, dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup didaerah samudra atlantik dan samudra pasifik.


Jenis-Jenis Ikan Salmon

Walaupun mengalami peningkatan konsumsi, salmon termasuk jenis ikan baru yang masuk di indonesia. Tidak seperti sebagian besar masyarakat eropa maupun amerika serikat, yang menjadikan salmon segar ke dalam kebutuhan pangan. Bagaimanapun, harga yang relatif mahal menjadikan peminatnya masih terbatas pada kalangan menengah ke atas. Tidak hanya tampilannya yang cantik, cita rasa salmon pun sangat lezat sekalipun disantap mentah-mentah. Terutama salmon asal norwegia, salah satu negara pengekspor hasil laut terbesar di dunia. Berikut adalah tujuh jenis ikan salmon:


  1. Salmon King (chinook salmon, oncorhynchus tshawytscha)

Beberapa menyebutnya dengan istilah salmon raja atau chinook. Sebagai salah satu spesies salmon paling besar, hewan ini dikenal lantaran tekstur yang rasanya yang mirip mentega. Tidak heran konsentrasi minyak omega 3 nya pun diklaim paling tinggi dibandingkan dengan salmon jenis lainya. Meski jadi salmon paling populer di amerika utara, salmon raja ini umum dibudidayakan di british columbia (kanada) dan selandia baru. Soal harga, jenis ini sendiri tergolong mahal, salah satu penyebabnya mungkin karena bobotnya yang berkisar antara sembilan hingga lebih dari 20 kilogram.


  1. Coho (silver salmon, oncorhynchus kisutch)

kalian mungkin akan mudah menemukan salmon jenis ini di banyak toko bahan makanan maupun swalayan. Pasalnya coho adalah jenis ikan yang sangat populer, dengan ketersediaan yang melimpah. Apalagi pada bulan-bulan sekitar agustus dan september. Di negara asalnya coho bahkan dapat dijumpai pada daerah perkotaan, dengan catatan kebutuhan mereka akan air bersih melimpah sepanjang tahun.

Satu ekor salmon coho mempunyai berat sekitar 2,5 hingga 5,5 kg. Lantaran rasanya yang ringan, coho kerap diolah menjadi daging asap. Coho sering kali disebut dengan silver salmon, karena umumnya mereka tidak mampu cepat mengubah warna ketika menuju sungai untuk berkembang biak.


  1. Sockeye (red salmon, oncorhynchus nerka)

Dinamakan lain red salmon atau salmon merah, sockeye dikenal lewat warna dagingnya yang merah terang cenderung oranye. Karena berwarna merah, salmon ini diyakini kaya akan kandungan lemak tidak jenuh dan omega 3. kalian dapat menemukan salmon jenis ini di beragam toko bahan makanan, sebab salmon jenis ini tergolong populer, dengan ketersediaan yang melimpah. Untuk jenis sockeye dipandang sebagai santapan salmon berkualitas terbaik. Dengan bobot yang dapat mencapai 2 hingga 2,5 kg, banyak orang menganggap salmon jenis ini amat cocok untuk dipanggang.


  1. Chum (dog salmon, oncorhynchus keta)

Julukan dog salmon atau salmon anjing, sebab umumnya salmon chum jantan akan mengembangkan gigi atau taring mereka selama proses pembuahan. Tidak hanya itu, terdapat ciri tersendiri yang bisa kalian temukan pada chum, yakni warna ungu, menyerupai lebam yang terdapat pada bagian badannya. Dengan berat rata-rata 3,5 hingga 7 kg dan ketersediaannya yang melimpah, chum dapat diolah menjadi daging asap.


  1. Pink (humpback pink salmon, oncorhynchus gorbuscha)

Salmon merah muda, memiliki daging yang berwarna pink, dengan bagian punuk agak menonjol atau humpback yang berarti punggung bungkuk. Ketersediaannya pun melimpah, mengingat salmon ini biasanya dikalengkan atau diasapi. Dengan mempunyai daging berwarna lebih terang, salmon jenis ini pun dinyatakan mempunyai rasa yang gurih dan lebih ringan. Adapun dengan berat mencapai 1,5 hingga 2,5 kilogram, salmon merah muda ini dipandang sebagai jenis salmon yang berukuran kecil. Apalagi, cara menangkap mereka pun tergolong mudah.


  1. Steelhead (rainbow trout salmon, oncorhynchus mykiss)

Salmon jenis ini dapat tubuh dengan bobot 1,5 hingga empat kilogram. Seperti jenis ikan salmon lainnya, steelhead memang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di laut. Sayangnya, cara menangkapnya pun tergolong sulit. Jumlah penangkapan dan penjualan untuk kebutuhan komersialnya bahkan dapat dikatakan amat terbatas. Meski begitu, terdapat pula beragam pembudidayaan di beberapa lokasi lautan pasifik dan atlantik.


  1. Salmon atlantik (salmo salar)

Sesuai namanya, salmon atlantik berasal dari lautan atlantik utara, lebih tepatnya dari perairan new england hingga skandinavia. Walaupun termasuk kedalam jenis yang paling banyak dibudidayakan, dapat dikatakan ikan berbobot 2 hingga 10 kg ini adalah satu-satunya jenis salmon yang hidup di lautan atlantik. Sayangnya, populasinya di alam liar kian menurun. Beberapa penyebabnya yakni, penangkapan yang berlebihan, proses penghangatan laut dan sungai, penyebaran parasit, pembangunan bendungan hingga hilangnya habitat.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Jenis Ikan Salmon semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami. Jika kalian merasa ulasan kami bermanfaat mohon untuk dishare :).

Baca juga artikel lainnya tentang: