Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gabus atau Ikan Kutuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on
Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gabus atau Ikan Kutuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 votes

Ikan Gabus – Manfaat dan juga nutisi yang ada pada ikan gabus, khususnya untuk kesehatan, menjadi cukup kontroversial belakangan ini.

Hal tersebut tercetus setelah banyak penelitian yang sudah membuktikan, bahwa didalam ikan gabus terdapat kandungan jenis protein albumin yang paling tinggi bila dibandingkan yang terdapat di dalam jenis ikan yang lainnya.

Dan tak tanggung- tanggung juga manfaatnya ini sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan untuk anak, dewasa bahkan juga ibu hamil.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, kalian bisa menyimak informasi yang ada dibawah berikut.

Manfaat Ikan Gabus

Ikan gabus atau Ikan Kutuk memiliki nama latin (Channa Striata) adalah salah satu jenis ikan tawar yang banyak dan bisa kita temukan di perairan Indonesia seperti sungai, danau, rawa bahkan persawahan.

Habitatnya yang mudah di temukan juga kandungan nutrisinya yang cukup melimpah ini, menjadikan ikan ini cukup populer dan juga banyak di gandrungi masyarakat.

Bahkan pada saat inipun tak sedikit juga dari pada masyarakat yang membudidayakan ikan bernutrisi yang satu ini, dengan harga pasaran yang cukup tinggi yakni Rp. 60.000 – Rp. 70.000 per kg nya.

Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, ikan ini memiliki panggilan yang berbeda- beda, seperti halnya di pulau jawa, ikan ini di sebut dengan nama ikan bogo.

Lantaran bentuknya yang besar hingga memiliki kepanjangan bisa mencapai 1 meter, selain itu, ikan ini juga sering kali di panggil ikan kutuk, dan lain sebagainya.

Selain habitatnya yang mudah di temukan di berbagai darah, kepopuleran ikan gabus juga semakin memuncak.

Setelah diketahui didalamnya mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Ikan ini sendiri sudah terbukti oleh bebrapa penelitian sebagai ikan yang memiliki protein albumin yang paling tinggi bila dibandingkan dengan jenis ikan lainnya seperti lele, ikan bandeng, ikan mas dan yang lainnya.

Apa itu albumin?

Albumin ini sendiri merupakan jenis protein utama yang terdapat di dalam didalam tubuh tepatnya pada darah manusia.

Adapun fungsi utama dari protein yang yang di produksi oleh hati ini adalah, bertujuan untuk mengatur tekanan osmotik yang terdapat di dalam aliran darah, menjaga kesimbangan cairan di dalam tubuh, hingga sebagai pengangkut berbagai nutrisi dan juga hormone pada tubuh manusia.

Bahkan tak hanya albumin, masih banyak kandungan ikan gabus lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut beberapa nutrisi dan juga kandungan dalam ikan gabus yang ada pada table berikut.

Komponen KimiaIkan Gabus SegarIkan Gabus Kering
Kalori (kal)6924
Protein (g)25,258,0
Lemak (g)1,74,0
Besi (mg)0,90,7
Kalsium (mg)6215
Fosfor (mg)176100
Vitamin A (SI)150100
Vitamin B1 (mg)0,040,10
Air (g)6924
BDD (%)6480

Nah, dari berbagai kandungan senyawa dan nutrisi yang ada di atas tersebut, tak heran jika ikan yang sering di sebut ikan kutuk ini, memiliki berbagai khasiat yang cukup melimpah dan lengkap baik untuk kesehatan tubuh, anak maupun juga ibu hamil.

Khasiat dan Juga Manfaat Pada Ikan Gabus, Untuk Kesehatan TubuhKandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gabus

1. Meningkatkan albumin tubuh

Seperti yang telah di jelaskan di atas sebelumnya, bahwa manfaat ikan gabus ini merupakan sumber protein albumin yang cukup tinggi bagi tubuh, sehingga bisa membantu meningkatkan kadar albumin yang ada didalam darah.

2. Membantu pembentukan dan pertumbuhan otot

Kandungan protein yang terdapat di dalam ikan gabus, di ketahui lebih tinggi di bandinkan yang ada pada ikan lele, daging ayam dan juga daging sapi.

Adapun hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi tubuh kalian, sebab banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh kita.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga diktahui dapat berfungsi dalam menjaga kestabilan regulasi cairan yang ada di dalam tubuh.

Jadi jiika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka protein yang masuk ke dalam tubuh kita akan pecah dan tidak dapat berfungsi dengan normal.

4. Membantu penyembuhan penyakit

Beberapa ahli menyebutkan bahwasannya, dengan kita mengonsumsi ikan yang kaya albumin ini, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis penyakit, seperti hepatitis, infeksi paru-paru, thyous, diabetes, stroke dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Nutrisi pendamping anak autis

Manfaat ikan gabus juga diketahui memiliki kandungan senyawa,dimana senyawa ini berfungsi sebagai asupan nutrisi sampingan untuk membantu penyembuhan anak yang mengidap autis.

6. Mengatasi pembengkakan pada tubuh

Selain untuk mempercepat penyembuhan luka, kadar albumin yang terdapat di dalam ikan gabus juga dapat membantu mengatasi pembengkakan yang terjadi pada tubuh kita.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Jika belakangan ini kalian memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik atau kurang fitt, sebaiknya kalian rajin mengonsumsi ikan bogo ini.

Hal tersebut di ketahui, bahwa ikan ini dapat membantu tubuh kita meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kita tidak akan mudah terserang berbagai jenis penyakit, baik akibat faktor cuaca maupun factor yang lainnya.

8. Menjaga kesehatan mata

Nah jika kalian ingin memiliki mata yang sehat, maka rajin- rajinlah untuk mengonsumsi vitamin A, adapun salah satu sumber vitamin A yang cukup tinggi, yakni terdapat didalam ikan gabus.

Menurut penelitian didalam ikan ini terkandung 150 g vitamin, kandungan ini tentu saja sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata kita.

9. Baik untuk penderi diabetes

Penderita diabetes sering kali bingung untuk mengonsumsi makanan yang dapat memenuhi kalori sehari- harinya.

Itu dikarenakan, penderita diabetes sendiri sudah tidak diperbolehkan makan nasi putih, sebab di khawatirkan mampu menaikan kadar gula pada darah, namun ternyata menurut ahli dengan kita  mengonsumsi ikan gabus, kita bisa memenuhi kebutuhan kalori kita sebagai penderita diabetes.

10. Baik untuk ibu hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, biasanya banyak yang menyarankan untuk banyak mengonsumsi protein hewani seperti ati ayam, ikan, susu dan juga telur.

Adapun dari sekian banyak jenis ikan air tawar yang dapat di konsumsi, ikan gabus di ketahui lebih banyak memiliki khasiat dan juga manfaat, karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

Banyak orang yang percaya bahwa ikan gabus sangat bagus untuk pertumbuhan rahim ibu hamil dan juga pada sang janin.

Selain manfaat yang ada di atasa ternyata ikan gabuspun masih memiliki banyak manfaat lainnya, seperti baik untuk penderita penyakit ginjal, memberantas kolesterol jahat LDL, asam urat,tbc , mengurangi rasa lelah akibat depresi, dan juga mampu mengatasi alergi hingga mencegah terkenannya penyakit kanker.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gabus atau Ikan Kutuk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.