Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on
Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 votes

Manfaat Ikan Gurame – Ikan Gurame merupakan salah satu jenis ikan air tawar, dan menjadi  salah satu ikan yang memiliki nutrisi cukup tinggi, ikan ini cukup terkenal dan menjadi menu favorite masyarakat Indonesia.

Memakan ikan memang kadang di hindari oleh sebagian orang pada umumnya, alasanya cukup sederhana, karena sifatnya yang amis serta banyak duri yang mengganggu essensi makan meraka, menjadikan ikan kadang tidak disukai oleh kebanyakan orang.

Apalagi ikan gurame ini merupakan salah satu jenis ikan tawar, sehingga terdapat banyak duri -duri yang dihasilkan bila dibandingkan ikan laut.

Kedua alasan inilah yang menjadikan sebagian masyarakat malas memakan ikan air tawar yang satu ini.

Kandungan Nutrisi Ikan Gurame

Umumnya tubuh manusia membutuhkan protein, sebanyak 0,75 atau 0,80 gram perkilo dari berat badan, cukup banyak karena fungsinya yang sangat vital, untuk itu perlulah asupan protein setiap hari dalam tubuh.

Ikan Gurame terkenal sebagai salah satu makanan yang kaya akan proteinnya. Karena ikan gurame sendiri memiliki kandungan protein sebanyak 19% yang dapat kita serap.

Hasil ini jauh lebih tinggi dari jenis ikan yang lainya seperti ikan lele, ikan nila, dan ikan mas, terlebih kandungan asam amino essensial yang dihasilkan oleh ikan inipun cukup besar.

Selain protein yang ada di dalam ikan gurame, kandungan nutrisi lain yang terdapat dalam ikan inipun salah satunya adalah lemak, yakni sebesar 2,2%.

Hasil ini dinilai lebih tinggi daripada ikan mas, yang hanya memiliki kandungan 2% dan ikan juga brada di atas ikan nila yang memiliki kandungan hanya 0,49%.

Bukan hanya itu saja, gurame juga memiliki kandungan penting yang lainya, seperti vitamin dan zat makronutrien serta mikronutrien lainya.

Khasiat Ikan Gurame untuk KesehatanKandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Membantu Perkembangan Otak

Keunggulan nutrisi yang hanya dihasilkan oleh golongan pisces adalah adanya asam lemak omega 3, fungsi dari omega 3 sendiri sangat baik untuk perkembangan sel otak kita.

Apalagi untuk usia anak- anak dini sudah terbukti menurut penelitian terakhir oleh seorang ahli, bahwa anak yang diberi nutrisi minyak ikan atau asam lemak, yang berasal dari ikan mampu memicu perkembangan sel otak dan  kecerdasanya, anak akan mudah mengingat hal baru.

2. Meminimalisir Kemungkinan Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan penyakit yang biasanya dialami pada usia tua, atau biasa disebut penyakit menua, beberapa penyakit yang termasuk degenerative adalah jantung koroner, tekanan darah tinggi, serta kanker yang dapat menyerang tubuh.

Penyebab utama penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi adalah, kolestrol yang tidak terkontrol, sedangkan kebanyakan makanan yang memiliki nutrisi penting, juga memiliki kadar kolestrol yang tinggi untuk tubuh.

Salah satu makanan yang memiliki kolestrol tinggi juga adalah kerang, udang, gajih sapi, iga, dan sebagainya, agar nutrisi tetap terjaga, maka perlu makanan pengganti yang memiliki nutrisi serupa, namun memiliki kandungan kolestrol yang rendah.

Contohnya adalah ikan gurame, ia memiliki protein tinggi namun kadar lemaknya yang rendah, yakni 55mg/10 gr saja.

Sedangkan untuk penyakit kanker, kebanyakan karena pola makanan yang tidak teratur, zat kimia, rokok, dan minuman keras, kegiatan dan makanan tersebut sifatnya karsinogenik, atau dapat memicu terjadinya kanker pada tubuh.

Salah satu cara pencegahanya adalah, dengan mengonsumsi makanan yang cukup nutrisi, salah satunya adalah ikan gurame ini.

3. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kwashiorkor

Penyakit kwasiokhor atau lebih dikenal sebagai penyakit busung lapar, yakni penyakit malnutrisi protein yang biasanya menjangkau pada anak- anak dan juga balita.

Penyakit ini sangat banyak dijumpai di daerah pedalaman, yang masih tidak perduli akan kesehatan penduduknya, yang kurang asupan gizinya, tandanya adalah tubuh kurus kering. Bagian tangan dan kaki namun perutnya buncit, sedangkan bagian wajahnya bengkak lebam.

4. Mencegah Marasmus

Salah satu kekurangan gizi yang paling kerap kita temui, pada usia balita usia 0 -2 tahun adalah marasmus, yakni retardasi pertumbuhan tubuh dan kurangnya lemak serta otot dibawah kulit.

Sehingga anak – anak yang terjangkit penyakit ini memiliki tubuh yang sangat kurus dan lemas, seperti hanya tulang terbungkus kulit namun perutnya membesar.

Penyebabnya sendiri adalah, kurangnya asupan makanan bergizi yang mengandung protein dan kalori yang cukup, infeksi, genetis, prematuritas, atau masalah lingkungan, penyakit ini tergolong cukup serius.

5. Membantu Pertumbuhan Otot

Selain membantu pertumbuhan otak, protein jugasanagat  berperan penting dalam pembentukan otot manusia, usia anak -anak memang lebih mengutamakan rasa makanan dari pada gizinya, beberapa anak usia balita banyak yang alergi atau tidak suka mengonsumsi susu.

6. Menghindari Cachexia

Ada lagi penyakit serius mengenai kekurangan protein, yakni cachexia, penyakit yang membuat anda merasa gampang kelelahan padahal hanya melakukan aktivitas ringa saja, gejala yang timbul seperti penipisan otot, kurangnya protein, penuruman berat badan secara abnormal.

7. Menghaluskan Kulit

Sudah banyak sekali krim atau alat kosmetik yang didalamnya mengandung protein, mengapa ?, Karena salah satu fungsi protein adalah, untuk membantu meregenerasi kulit, protein akan lebih baik penyerapanya jika diolah didalam tubuh, sehingga jika anda bisa tetap tampil cantik, konsumsilah ikan gurame yang kaya protein ini.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Gurame Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.