Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Posted on
Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
5 (100%) 5 votes

Manfaat Ikan Kembung – Berbagai resep makanan, yang menggunakan bahan dari ikan kembung sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Selain rasanya yang gurih dan juga enak, terkandung juga berbagai manfaat ikan kembung yang baik bagi kesehatan manusia.

Ikan kembung sendiri mengandung sumber gizi yang sangat penting buat tubuh kita, yaitu mineral dan vitamin nya yang kaya.

Vitamin yang terdapat pada ikan Kembung adalah, vitamin B kompleks, vitamin A,D, dan juga vitamin E.

Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Tubuh ManusiaKandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Selain itu, ikan kembung kaya akan asam lemak omega -3 nya dan omega 6, yang sangat penting untuk menjaga fungsi normal organ tubuh manusia, kedua asam omega tersebut tidak bisa diproduksi dalam tubuh manusia, namun hanya bisa diperoleh melalui sumber makanan saja, terutama dari ikan yang satu ini.

Dalam setiap 100 gram ikan kembung segar terkandung berbagai nutrisi, yaitu:

kandungan gizi ikan kembung

Ragam manfaat ikan kembung bagi kesehatan manusia yang lainnya adalah:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan omega 3, yang terdapat pada ikan kembung dapat membantu menurunkan berat badan manusia, berdasarkan penelitian para ahli, mengasup ikan kembung dapat mengatur metabolisme tubuh.

Namun jika dikombinasikan dengan berolahraga secara teratur, sering memakan ikan kembung juga dapat menurunkan lemak dalam perut secara signifikan, dan dapat membantu mengurangi gula darah bagi orang yang memiliki bobot tubuh berlebihan atau obesitas.

2. Mendukung Kekebalan Tubuh

Ikan Kembung sangat baik bila dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani proses perawatan medis dan yang baru sembuh dari terjangkitnya penyakit.

Kandungan anti inflamasi dalam asam lemak omega 3 yang ada pada ikan kembung, dapat mendukung dan juga membentengi sistem kekebalan tubuh manusia, karena imun bertambah, maka semakin kuat kapasitas tubuh untuk melawan serangan dari penyakit.

3. Kandungan Omega-3

Kadar omega 3 dalam ikan kembung, juga mampu untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia.

4. Mencegah Terjadinya Hipertensi

Sering mengkonsumsi ikan kembung, dapat membantu untuk menjaga tekanan darah manusia tetap stabil, sehingga mencegah terjadinya hipertensi.

Tingkat Kalium yang tinggi dalam ikan kembung adapat membantu tekanan darah menjadi normal,dan  juga dapat menurunkan risiko sakit, akibat kondisi tubuh yang kekekurangan kalium.

5. Kurangi Risiko Diabetes

Asam lemak tak jenuh tunggal, (MUFA) yang terdapat pada ikan kembung, mampu memberikan manfaat bagi manusia untuk kurangi risiko terkena gejala diabetes.

Mengkonsumsi ikan kembung secara teratur dapat mengatur kadar gula dalam tubuh dan mengurangi lemak visceral dalam tubuh kita.

6. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat ikan kembung yang lainnya adalah, dapat mencegah risiko terkenanya penyakit jantung, terdapat kandungan rendah lemak jenuh pada ikan kembung, dengan memakan ikan ini dapat bantu turunkan risiko komplikasi jantung.

7. Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial yang terdapat dalam ikan kembung, dapat bantu meminimalkan risiko terkenanya kanker payudara, umumnya penyakit ini menjangki kaum  wanita.

8. Antidepresan

Dalam satu penelitian yang di lakukan oleh para ahli, ditemukan fakta ikan kembung adalah antidepresan, orang yang gemar mengkonsumsi lemak omega -3 berisiko rendah terkena gangguan depresi, karena dalam ikan kembung berlimpah kandungan Docosahexaenonic acid (DHA).

Ikan kembung juga bisa menurunkan kemungkinan risiko penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

9. Cegah Rematik

Senyawa yang bersifat anti –inflamasi, yang terkandung dalam ikan kembung, dapat membantu mencegah terkenannya rematik, dan juga  mampu mengurangi rasa sakit bagi pengidap rematik (Rheumatoid arthritis) itu sendiri.

10. Mengontrol Kadar Tirigliserida Tetap Stabil

Mengkonsumsi ikan kembung juga sangat bagus untuk mengontrol kadar tirigliserida agar tetap stabil, karena mampu menghancurkan lemak -lemak trigliserida yang berlebihan, atau lemak yang  tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Kembung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.