Kandungan Gizi, Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Belut Buat Kesehatan Manusia

Diposting pada

Manfaat Ikan Belut – Salah satu hewan yang hidup di daerah tropis memang memiliki sisik sedikit, juga dapat bernafas di dalam udara, memiliki tekstur yang cenderung licin.

Belut jenis hewan yang masuk didalam kelompok ikan, sehingga tidak sedikit juga dikonsumsi oleh masyarakat,eperti ikan lainnya belut juga memiliki nutrisi yang tinggi.

Terdapat dua jenis ikan belut yang banyak ditemukan di Indonesia, yaitu belut sawah dan juga belut rawa, perbedaan nya hanyalah belut rawa mmiliki daging lebih banyak dari belut sawah.

Kandungan Gizi Pada Daging Belut

Kandungan protein yang tinggi, serta mineral, vitamin juga lemak pada belut sama halnya seperti kandungan pada manfaat ikan yang lain, karena belut merupakan bagian dari jenis ikan.

Baca Juga: Kenali 10 Manfaat Penting Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh Manasia Yang Wajib Kalian Ketahui

Berikut dibawah ini tabel kandungan gizi dalam belut yang tidak kalah baik dari jenis daging ikan yang lainnya :

SatuanNilai Gizi
Kalori (cal)303
Protein (gr)14
Lemak (gr)27
Karbohidrat (g)0
Fospor (mg)200
Kalsium (mg)20
Zat besi (mg)20
Vitamin A (SI)1600
Vitamin B (mg)0,1
Vitamin C (mg)2
Air (gr)58

Belut juga berfungsi sebagai indikator cukup penting, yang dapat dipergunakan untuk mendeteksi terjadinya pencemaran lingkungan atau penurunan kualitas air, karena belut lebih suka bertelur di air yang dangkal.

Manfaat Mengkonsumsi Daging BelutKandungan Gizi, Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Belut Buat Kesehatan Manusia

1. Fosfor

Jika kalian menginginkan tulang yang kokoh serta kuat, dan juga ingin meminimalisir dari terjadinya pengeroposan pada tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis, maka daging belut ini bisa menjadi solusinya.

Karena kandungan fosfor yang terdapat pada daging belut, hamppir sama dengan yang ada pada, susu, youghurt, dan juga telur.

2. Zat Besi

Salah satu manfaat dari daging belut yang lainnya adalah, kanndungan zat besi yang terdapat pada daging belut ini,yakni berfungsi untuk mencegah terkenanya penyakit anemia.

Kekurangan zat besi akan mempengaruhi pembentukan hemoglobin pada sel darah, sehingga kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

3. Kalori

Kalori yang terkandung dalam belut juga sangat tinggi, kalori yang tinggi dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh dalammelakukan aktivitas kehidupan sehari -hari.

Namun disini kalian harus memperhatikan juga dalam mengkonsumsi daging belut ini, karena bila terlalu banyak mengkonsumsinya juga tidak baik bagi kesehata tubuh.

4. Kaya Vitamin

Belut juga bagus untuk kesehatan mata dan perkembangan fungsi jaringan saraf, dapat juga membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah yang ada pada otak.

Vitamin B pada belut dapat menurunkan resiko terkenanya pembekuan darah pada otak, sehingga sangat baik jika kalian ingin mengkonsumsi jenis ikan yang satu ini.

Selain itu, manfaat vitamin A pada belut mencapai 1600 SI, yang berguna bagi pertumbuhan tubuh, serta kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.

Baca Juga: Manfaat Ikan Nila

5. Arginin

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang paling ditakuti oleh kebanyakan masyarakat, termasuk kanker payudara.

Arginin yang terkandung didalam belut memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu dapat melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara.

bagi kita yang sangat sayang akan kesehatan jantung, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi belut, karena dengan rutin mengkonsumsi belut dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, dan juga penyempitan pada pembuluh darah.

Efek Samping Daging Belut

Dibalik manfaat daging belut diatas tersebut, belut juga memiliki efek samping yaitu bagi kalian yang mengidap kolesterol, sangatlah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan belut ini.

Bukan tidak ada alasan pelarangan terhadap penderita kolesterol, karena pada belut terdapat kandungan lemak yang tinggi, itulah yang menyebabkan penderita kolestrol sangat tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi nya.

Baca Juga: 12 Rahasia Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Cara Pengolahan Daging Belut yang Sehat

Jika kalian ingin mengkonsumsi belut namun kalian takut akan asam lemak dan kolesterolnya yang tinggi, disini kalian disarankan mengkonsumsi belut dengan cara di panggang.

Karena ikan belut yang di olah dengan cara di panggan memiliki resiko kolestrol yang lebih sedikit bila di bandingkan dengan belut yang di goreng.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Kandungan Gizi, Manfaat Serta Efek Samping Mengkonsumsi Ikan Belut Buat Kesehatan Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami di Semuaikan.com.