Keuntungan dan Manfaat Memelihara Ikan Cupang Bagi Manusia

Diposting pada

Manfaat Ikan Cupang – Ikan cupang ini juga termasuk ikan hias juga, dengan warnanya yang bermacam -macam serta sirip yang panjang, membuat ikan yang satu ini banyak disukai para pecinta ikan hias.

Ikan cupang juga biasa digunakan untuk aduan, jadi terkadang bila ada yang mau membeli ikan maka akan disediakan satu ikan jantan yang telah mati.

Gunanya sendiri untuk mengetes apakah ikan yang kita ingin beli melawan atau tidak, apabila ikan tersebut melawan.

Pada saat ikan yang telah mati itu kita dekatkan dengan ikan cupang pilihan kita, maka ikan cupang pilihan kita tersebut dengan cepat menyerang si ikan mati tersebut dan langsung mengoyaknya.

Apabila tidak melawan maka ikan yang menjadi pilihan kita tersebut akan diam saja ataupun malah akan menjauhi ikan mati tersebut.

Manfaat Memelihara Ikan Cupang

ikan cupang

  • Selain ramah lingkungan, ikan cupang juga sangat mudah dipelihara, kita cukup menyediakan aquarium yang tidak perlu besar jika tidak ada bisa diganti pake wadah apa aja yang penting bisa di isi air. Lalu berikan oksigen dan juga saringan airnya, untuk makanan ikan cupang kalian cukup dikasih uget – uget jika kalian tidak tau, itu hewan sejenis cacing merah.
  • Memiliki daya tahan yang kuat, ikan cupang bisa bertahan hidup lama walupun tidak di tempat yang disukainya, seperi dalam tempat yang gelap dan juga kotor.
  • Sangat ramah akan lingkungan, maksudnya adalah mudah dirawat dan tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan disekitarnya.

Keuntungan Memelihara Ikan Cupang

Ikan cupang termasuk ikan yang kuat karena walaupun termasuk ikan dengan tubuh kecil, namun memiliki daya tahan terhadap lingkungan yang sangat luar biasa.

Ikan cupang awalnya hidup di iklim tropis namun ikan ini juga dapat hidup di berbagai macam belahan dunia.

Ikan cupang juga tergolong ikan yang agresif, sehingga ikan ini harus dipisahkan dari ikan cupang yang lain, fungsinya agar tidak menimbulkan kematian bagi salah satu ikan akibat perkelahian.

Jika dibandingkan dengan peliharaan ikan yang lainya, ikan cupang memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki ikan lainya.

Berikut beberapa kelebihan memelihara ikan cupang yang bisa kita dapatkan:

  • Harga Terjangkau

Selain memiliki banyak jenis, warna dan rupa ikan cupang yang menarik, kelebihan ikan cupang juga terletak pada harganya yang terjangkau alias murah meriah.

Untuk dapat memelihara ikan cupang, kalian tidak perlu menghabiskan uang yang banyak, itu karena ikan cupang dijual dengan harga yang sangat murah, sebab karena ikan ini mudah didapatkan.

Namun untuk ikan cupang jenis tertentu dan sudah dirawat secara baik sehingga menhasilkan warna serta bentuk yang lebih bagus, untuk harganya bisa dibandrol dengan harga jutaan.

Ini juga dapat menjadi kelebihan bagi kita yang ingin memelihara ikan cupang, yaitu dapat menambah penghasilan bila kita pintar merawatnya.

  • Tidak Membutuhkan Aerator.

Aerator adalah alat pemompa udara yang digunakan pada akuarium, ada beberapa jenis ikan hias yang tidak bisa hidup bila tidak ada udara dengan jumlah banyak di dalam air, salah satunya ikan koi.

Ikan cupang tidak memerlukan aerator, ini karena ikan cupang memiliki organ tubuh khusus yang biasa dikenal sebagai labirin, letaknya ada di atas sebelah kepala ikan tersebut.

Hal ini yang memungkinkan ikan cupang untuk bernafas dengan menghirup oksigen yang berasal dari permukaan air saja tanpa membutuhkan oksigen bantuan.

Sehingga ikan cupang mampu untuk mempertahankan hidupnya di dalam air dalam waktu yang lama, meskipun menghirup oksigen yang sangat sedikit.

  • Dapat Hidup Lama Tanpa Makanan.

Ikan cupang juga dapat bertahan hidup lama, walaupun kita tidak memberinya makan selama 14 hari (dua minggu).

Tetapi hal yang harus diingat oleh kita, ketika kita ingin meninggalkan ikan cupang dalam waktu yang ckup lama, maka ada baiknya jangan memberinya banyak makan sebelum berpuasa.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Keuntungan dan Manfaat Memelihara Ikan Cupang Bagi Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi. Kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Keuntungan dan Manfaat Memelihara Ikan Cupang Bagi Manusia
4.8 (96.67%) 6 votes