Khasiat dan Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan Manusia

Diposting pada

Manfaat Ikan Baung – Ikan Baung memiliki bentuk fisik sedikit agak mirip Lele, hanya saja ikan ini memiliki kulit yang lebih halus dan perawakannya yang ramping.

Saking rampingnya tubuh ikan ini, nama lain ikan ini adalah Ikan Duri, baung adalah ikan air tawar yang dapat ditemukan di hulu sungai hingga hilir muara.

Ikan ioni akan sangat aktif pada malam hari, ada ciri khusus yang dapat kita kenali agar kita tidak salah mengenali ikan satu ini, yaitu ia memiliki tubuh yang licin tanpa sisik pada tubuhnya.

Satu keunikan dari Ikan Baung, ternyata ikan ini sangat digemari masyarakat karena serat dagingnya yang sangat lembut, rasanya gurih, dan harganya juga cukup terjangkau.

Tak heran bila ikan ini sangat terkenal di daerah Sumatera, Kepulauan Riau, dan Kalimantan, selain itu kandungan gizi dan nutrisinya pada ikan baung juga amat banyak.

Antara lain daging ikan baung dapat mencegah penyakit Anoreksia, yaitu penyakit yang menyerang nafsu makan kalian.

Sehingga seseorang yang mengalami hal ini, terutama perempuan seringkali tidak doyan untuk makan, hingga tubuhnya menjadi sangat kurus letih.

Manfaat dan Khasiat Ikan Baung untuk Kesehatan

Ikan baung Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Kalian juga harus memperhatikan manfaat Ikan Baung yang lainnya, dimana diantara lainnya sebagai berikut:

  • Sebagai Mood Stabilizer (Penstabil Mood)

Obat Penstabil Mood susah didapat bagi seseorang karena butuh resep dokter, beda dengan Mood Stabilizer alami, yang berasal dari makanan hewani, terutama ikan Baung.

  • Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Luka terkadang sangat susah sembuh karena banyaknya faktor, misalnya saja karena lambatnya regenerasi sel, bisa juga karena faktor buruknya darah yang rendah akan trombosit.

  • Meningkatkan Hormon Kewanitaan dan Pria

Manfaat ikan baung juga dapat terlihat dari bagaimana ia bisa mempengaruhi kadar hormon pada tubuh terutama hormon perempuan dan hormon laki -laki.

  • Manfaat Ikan Baung Mencegah Kanker Usus

Satu lagi yang perlu diketahui, sel kanker bisa tumbuh di manapun termasuk pada usus, maka dari itu kalian harus berhati -hati dalam menjaga saluran pencernaan agar terhindar dari penyakit kanker usus.

Kalian dapat mencoba makan ikan baung, dimana ikan ini memiliki serat daging yang halus, sehinga membuat usus terhindar dari terkenanya iritasi yang memungkinkan terjadinya mutasi sel.

  • Manfaat Ikan Baung Membuat Nafsu Makan Meningkat

Beberapa orang memikirkan bagaimana caranya untuk menurunkan berat badan, namun ada juga orang lain yang justru memikirkan bagaimana caranya meningkatkan berat badan.

Ketika seseorang ingin memiliki badan gemuk otomatis dia harus membuat nafsu makannya menjadi meningkat, ini agar dia menjadi lebih banyak makan.

Sehingga semakin banyak dia makan maka semakin banyak nutrisi yang diserap tubuh dan tubuh pun menjadi gemuk.

  • Mencegah Penyakit Asma

Asma adalah penyakit seperti penyempitan saluran nafas, sehingga menyebabkan penderitanya.

Kalian juga bisa melihat jenis ikan lain di sini, yang bisa digunakan untuk penyembuhan pada penyakit asma.

  • Sumber Protein Hewani

Protein hewani yang ada pada ikan Baung dapat digunakan untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Dengan makan ikan ini, tubuh kalian akan memiliki resistensi untuk melawan rasa sakit akibat racun, bakteri, maupun virus yang menyerang tubuh.

Protein ikan juga dapat berfungsi menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, mengatur PH tubuh, namun fungsi utama dari protein hewani adalah sebagai zat pembentuk massa otot pada tubuh.

  • Membuat Kulit Jadi Halus

Diet rendah lemak sering kali dapat memengaruhi kondisi kesehatan pada kulit dan juga rambut, yang tampak kering.

Asam lemak omega – 3 yang ada pada ikan baung, inilah yang dapat membantu menjaga kulit dan rambut tetap tampak sehat dan halus.

Penelitian menemukan adanya sebuah kemungkinan perbaikan kondisi kulit pada penderita psoriasis, caranya dengan mengonsumsi asam lemak pada ikan tersebut secara rutin.

  • Khasiat Ikan Baung Mengandung Lemak HDL untuk Memberantas Lemak LDL

Tiap jenis protein pada biota hewani pastilah memiliki lemak, tinggal kadarnya saja apakah banyak atau sedikit, dalam dunia medis dikenal ada 2 macam lemak, yaitu : LDL dan HDL

Ada fakta menurut ahli yang menunjukkan bahwa cara untuk memerangi atau mengurangi jumlah lemak jahat LDL adalah, dengan meningkatkan jumlah lemak baik HDL

Nah pada ikan baung ini ternyata kandungan lemaknya adalah yang HDL, sehingga aman dikonsumsi oleh tubuh, walaupun kita makannya dengan porsi yang banyak.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Khasiat dan Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan Manusia semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi. Kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang:

Khasiat dan Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan Manusia
Ikan baung Jenis Jenis Ikan Konsumsi air tawar Dan Gambarnya

Article Title: Khasiat dan Manfaat Ikan Baung Untuk Kesehatan Manusia

Short Description: Manfaat Ikan Baung - Ikan Baung memiliki bentuk fisik sedikit agak mirip Lele, hanya saja ikan ini memiliki kulit yang lebih halus dan perawakannya yang ramping

Author: semuaikan

Publisher - Orgnization: semuaikan.com

Publisher Logo: logo semuaikan.com

  • Rating On Google:
5