9 Makanan Ikan Arwana Yang Menyehatkan dan Tips Memilihnya

Diposting pada

9 Makanan Ikan Arwana Yang Menyehatkan dan Tips Memilihnya – Ikan arwana banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias karena kecantikan yang dimilikinya, dari warna sisik dan coraknya yang idah itu seakan-akan menggoda mata, serta yang paling disukai oleh saya sendiri terutama adalah harga ikan tersebut.

Ketika kita telah berada di rumah baru akan menyadari keindahannya, pada dasarnya apapun barang yang indah dan berharga juga memiliki nilai mata uang yang tinggi pula, sama halnya arwana arwana juga mahal namun keindahannya juga sebanding dengan harganya.


9 Makanan Ikan Arwana Terbaik Agar Cepat Besar Dan Menyehatkan

ikan arwana

  1. Cacing Darah Beku-Cacing Sutra-Artemia dan Cacing Darah

Keempat makanan di atas sangat cocok diberikan pada arwana yang masih kecil, jika kalian memelihara ikan arwana kecil, pakan ini menjadi pilihan yang tepat untuknya, karena pakan ini mengandung protein dan lemak yang seimbang, selain itu ukurannya juga sesuai dengan besar mulutnya dan juga tidak keras.


  1. Kodok atau Katak

Adanya kandungan lemak maupun daging yang ada dalam katak dapat menjadikan ikan kalian cepat besar dan memiliki warna yang cerah, akan tetapi kalian tidak boleh menjadikan katak sebagai makanan utamanya, dikarenakan ikan arwana bisa berwarna pucat apabila sering diberi makanan katak dan ingat tidak semua jenis ikan arwana menyukai katak.


  1. Udang

Ikan arwana silver biasanya sangat menyukai udang dan untuk golden red juga sangat bagus, menurut kebanyakan para ahli udang juga bisa mencerahkan warna merah arwana red, jadi jangan ragu-ragu lagi untuk menjadikan udang sebagai makanan tambahan.

Oh iya disarankan agar memberikan udang masih segar ataupun sudah beku dan jangan yang busuk, kemudian apabila hendak memabukkan udang ke dalam akuarium, buang dulu srungut udangnya, karena dapat melukai ikan arwana kalian.


  1. Kecoa

Kecoa adalah jenis serangga yang menjijikan, akan tetapi ternyata makanan arwana jenis ini memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat cocok untuk meningkatkan nafsu makannya sehingga dapat menjaga stamina dan kesegaran ikan arwana, untuk mendapatkan kecoa kalian dapat membeli pada peternak, harganya memang agak mahal namun kandungnya sangat menguntungkan bagi si ikan.


  1. Jangkrik

Didalam tubuh jangkrik memiliki kandungan betacorotene, dengan kandungan inilah sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan utama baginya, jangkrik juga dapat meningkatkan warna merah pada ikan arwana, khususnya untuk jenis ikan arwana golden red dan super red, jika kalian ingin memberi pakan pada ikan arwana berupa jangkrik, maka pilih jenis jangkrik yang muda.

Selain itu, sebaiknya dipotong dulu semua kaki jangkriknya, karena kaki itu sangat runcing dan bisa melukai mulut ataupun perut ikan peliharaan kalian.


  1. IkanKecil

Sebagai ikan predator tentu ikan kecil dapat dijadikan makanan selingan untuk arwana, namun jangan memilih anakan ikan gabus atau ikan seribu seperti yang sudah saya jelaskan di atas, karena kedua ikan tersebut memiliki pergerakan yang sangat lincah sehingga membuat ikan arwana harus mengejar-ngejar terlebih dahulu untuk mendapatkannya dan bisa-bisa ikan arwana menabrak kaca aquarium lalu terluka.


  1. Kadal dan Cecak

Pakan ini juga dapat dijadikan sebagai makanan ikan arwana , namun makanan ini biasanya cuma dibuat sebagai makanan tambahan saja dan tidak semua ikan arwana suka dengan pakan ini, cobalah beberapa kali untuk memberi cicak, jika ikan kalian suka maka bisa meneruskan untuk member makan kadal ataupun cicak, kalau saya sendiri paling jijik dengan yang namanya cicak, jadi tidak pernah menjadikan sejak ini sebagai menu makannya.


  1. Kelabang

Jenis pakan selanjutnya ialah kelabang, fungsinya hampir sama dengan jangrik, yakni bisa mencerahkan warna merah pada ikan arwana karena kelabang juga mengandung betacarotene, akan tetapi harga kelabang lumayan mahal, apalagi jika ikan arwana kalian terbiasa makan pakan kelabang, maka ikan arwana selanjutnya akan pilih-pilih makanan serta tidak mau lagi makan dengan jenis pakan lain, oleh karena itu jangan terlalu sering memberi kelabang.


  1. Pellet

Apabila ketujuh makanan sebelumnya merupakan makanan alami maka untuk makanan ikan arwana yang terakhir ini adalah termasuk makanan buatan, tentu saja untuk mendapatkannya lebih mudah dibandingkan cacing sutra, jangkrik, belalang atau katak, tapi saat memilih makanan ini kalian harus menyesuaikan dengan kandungan yang ada di dalamnya, bacalah komposisi yang sudah tertulis di bungkusnya.


Tips Memilih Ikan Arwana Yang Bagus

  1. Memilih sesuai selera, budget, dan pengalaman pemelihara

Parameter ini sangat rasional, terutama dari sisi budget kalian bisa memilih jenis arwana sesuai dengan isi kantong, untuk bibit arwana jenis pino harganya mulai Rp250.000, sedangkan untuk jenis red berukuran 10 cm bisa mencapai Rp 2,5 juta.


  1. Memilih dari sisi ukuran

Ukuran Arwana yang disarankan dipilih antara 20—25 cm, bagi pemula ukuran arwana ini lebih mudah dipelihara dibandingkan dengan ukuran arwana yang lebih kecil.


  1. Memilih Tempat Membeli

Walaupun ikan Arwana bisa dibeli secara online, akan lebih baik jika langsung datang ke lokasi pembelian, dengan demikian kalian akan bisa melihat langsung sosok ikan Arwana yang akan dipilih.


  1. Fisik ikan

arwana-coverPastikan tidak ada sisik yang lepas atau rusak, selain itu kondisi ikan mesti sehat, hindari membeli anakan ikan dengan bibir cakil, sebab saat ikan tumbuh dewasa bibir yang cakil akan mengurangi keindahan fisiknya.

Itulah makanan ikan arwana lengkap dan menyehatkan, baik untuk yang sudah dewasa maupun yang masih anakan, semoga kalian dapat memahaminya dengan baik. Demikian sedikit pembahasan mengenai 9 Makanan Ikan Arwana Yang Menyehatkan dan Tips Memilihnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, dan kami ucapkan Terima Kasih telah menyimak ulasan kami.

Baca juga artikel lainnya tentang: